📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Beberapa Ciri Alternator Mobil Rusak Yang Perlu Diketahui 

Ciri alternator mobil rusak

Ciri alternator mobil rusak – Untuk bisa menghidupkan mesin mobil sebenarnya terdapat tiga bagian dasar yang harus diperhatikan.

Bagian tersebut salah satunya adalah alternator mobil, bagian ini sebenarnya salah satu bagian yang cukup penting.

Tetapi, kebanyakan orang lebih memperdulikan aki mobil daripada alternator. Komponen ini merupakan sebuah komponen penting yang terkait satu sama lain dengan komponen mobil seperti aki.

Aki yang bisa bekerja dengan baik, sebenarnya juga didukung oleh keadaan dari alternator mobil yang baik.

Beberapa Ciri Alternator Mobil Rusak

Ciri alternator mobil rusak

Oleh karenanya, kita perlu untuk mengetahui ciri alternator mobil yang rusak. ciri alternator mobil rusak ini sangat diperlukan untuk menghindari terjadinya masalah pada mobil yang bisa menyebabkan mobil mengalami macet.

Terlebih apabila kondisi kerusakan yang dialami cukup parah, tentunya kita juga akan membutuhkan lebih banyak biaya untuk melakukan perbaikan.

Lalu, apa saja ciri alternator mobil rusak yang perlu kita ketahui? Terdapat beberapa ciri yang yang mengindikasikan bahwa alternator mobil mengalami kerusakan.

  • Ciri Alternator Mobil Rusak Akan Mengeluarkan Bau terbakar

Sebagai salah satu bagian dari pembangkit listrik, alternator mobil tentu mengambil bagian penting. Bagian ini tentunya memiliki kaitan yang erat dengan berfungsi atau tidaknya aki mobil.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Selain itu, dari ciri alternator mobil rusak perlu sekali untuk melakukan pengecekan pada bagian dinamo ampere mobil apabila terjadi sesuatu pada fungsi aki mobil.

Ciri alternator mobil rusak yang pertama dan perlu diperhatikan adalah munculnya bau terbakar pada mesin mobil.

Hal ini dikarenakan alternator mobil memiliki fungsi sebagai pengisi setrum pada saat aki mobil bekerja.

Penyebab dari kerusakannya juga cukup beragam. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi, salah satunya adalah kerja dari mesin mobil yang terlalu berat.

Pada saat mesin bekerja dengan sedikit berat, tetapi aki tidak mau bekerja sesuai dengan yang seharusnya, maka kerusakan bisa saja terjadi pada alternator mobil.

Oleh karenanya kita perlu memperhatikan ciri alternator mobil rusak dengan benar. Terlebih komponen mesin mobil ini juga salah satu bagian yang cukup krusial untuk performa serta keamanan dari mobil.

  • Alternator Mobil Yang Rusak Akan Menimbulkan suara

Ciri alternator mobil rusak yang selanjutnya perlu Anda ketahui adalah timbulnya suara dari mesin mobil.

Suara yang dikeluarkan dari kerusakan pada alternator mobil ini adalah sebuah suara decitan.

Seperti yang diketahui bahwa setiap kerusakan yang dialami oleh mesin mobil, tentunya akan berdampak kepada performa sekaligus ketidak nyamanan dari mobil saat berkendara.

Sama seperti hal ini, pada saat mobil mengalami kerusakan pada bagian alternator maka suara decitan yang mengganggu akan terdengar.

Suara decitan ini adalah suara yang dihasilkan dari terpelintirnya beberapa kompetisi tertentu yang ada pada mobil.

Tentunya hal ini akan bisa menjadi semakin buruk apabila didiamkan. Alternator yang awalnya berfungsi dengan baik, lama-kelamaan akan bekerja dengan tidak maksimal.

Sehingga, sebelum terlambat sebaiknya apabila Anda mendengar suara decitan dari mesin mobil, Anda harus segera membawa mobil Anda ke bengkel servis yang terpercaya seperti di dokter mobil.

Hal ini tentunya untuk menghindari hal tidak diinginkan. Selain membuat kerusakan menjadi semakin parah, hal ini juga bisa menimbulkan bahaya bagi para penggunanya.

  • Ciri Alternator Mobil Rusak Lampu Sorotnya Meredup

Meski lampu sorot mobil bukanlah hal utama yang menjadi ciri kerusakan alternator. Tetapi bagian dari komponen mobil ini bisa memberikan sebuah peringatan kecil.

Sehingga Anda perlu memperhatikan Anda yang diberikan sekecil apapun itu. Terlebih, komponen mobil yang sebenarnya terkait satu sama lainnya membuat banyak kemungkinan seperti ini terjadi.

Takutnya apabila Anda abai dan merasa tidak peduli terhadap hal-hal kecil seperti ini, dampak dari kerusakan yang ditimbulkan semakin besar.

Selain itu, kerusakan mesin ini juga masih berkaitan dengan kenyamanan sekaligus keamanan dari penggunanya.

Jangan sampai apabila kelalaian yang Anda lakukan membuat kerusakan mesin mobil semakin parah dan juga bisa merembet ke bagian yang lainnya.

Apabila hal ini terjadi, sudah pasti biaya perawatan dan servis yang dilakukan akan sangat mahal.

  • Lampu Indikator Mobil Yang Menyala Bisa Menjadi Penanda

Setelah beberapa ciri alternator mobil rusak yang dijelaskan di atas, ada juga ciri yang mungkin lebih spesifik seperti menyalanya lampu indikator yang terdapat di dashboard mobil.

Yang perlu Anda ketahui adalah bahwa lampu indikator mobil ini langsung menuju kepada kondisi dari indikator.

Sehingga apabila terdapat masalah yang sekiranya terjadi pada mobil Anda, sebaiknya Anda langsung membawanya ke bengkel yang terpercaya seperti di dokter mobil.

Hal ini dikarenakan bengkel dokter mobil adalah salah satu bengkel yang cukup besar dan juga terpercaya.

Sehingga dengan membawa ke bengkel ini, akan bisa mengurangi risiko dari terjadinya salah prediksi.

Hal ini dikarenakan, seringkali kerusakan yang terjadi pada alternator mobil justru diartikan sebagai kerusakan pada aki mobil.

Sehingga, hal ini membuat kebanyakan bengkel justru mengganti aki mobil kita dan bukannya memperbaiki alternator mobil yang rusak, hal ini tentunya adalah langkah yang keliru.

  • Cek Kondisi Baterai Sebagai Indikasi Alternator Mobil Rusak

Banyak sumber yang mengatakan jika kerusakan yang terjadi pada sistem kerja dinamo ampere, akan bisa berdampak langsung pada kondisi dari baterai mobil.

Pada poin ini, hal yang perlu Anda perhatikan adalah bagaimana caranya membedakan gagalnya sistem alternator mobil dengan rusaknya baterai mobil.

Untuk mengetahui ciri alternator mobil rusak, ada langkah sederhana yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menyalakan mobil Anda kemudian memperhatikan kondisi dari jumper baterai.

Apabila sudah, coba lepas kabel yang terhubung pada bagian jumper. Jika setelah dilepas kendaraan Anda masih tetap menyala, maka terjadi masalah pada baterainya.

Namun jika setelah dicabut mobil Anda mati secara perlahan, kemungkinan yang terjadi adalah adanya kerusakan pada alternator mobil.

  • Kelebihan Pasokan Listrik Bisa Jadi Ciri Alternator Mobil Rusak

Ciri alternator mobil rusak yang selanjutnya adalah terdapat pada aliran listrik. Pasokan dari listrik yang terlalu berlebihan, bisa menjadi salah satu penyebab rusaknya alternator mobil.

Banyak sumber menjelaskan bahwa tegangan yang harus diterima alternator adalah sebesar 15 volt.

Tegangan ini sudah paten sehingga tidak boleh lebih, apabila tegangan yang diterima terlalu berlebihan dengan jangka yang cukup lama tentu akan menimbulkan kerusakan.

Apabila hal ini terjadi, tentunya Anda sebagai pemilik mobil tidak boleh hanya membiarkannya saja. Secepatnya harus segera di perbaiki.

Agar kemungkinan kerusakan yang parah dan bisa membahayakan tidak terjadi. Tapi dimana saya bisa mempercayakan servis mobil saya? Anda bisa membawanya ke dokter mobil.

Dibaca Juga: Beberapa Ciri Alternator Mobil Bermasalah

Memperbaiki Throttle Body Mobil yang Rusak

Ada beberapa cara untuk memperbaiki throttle body mobil yang rusak tanpa harus menggantinya dengan yang baru:

Membersihkan throttle body: Kotoran dan kerak pada throttle body dapat menyebabkan masalah seperti idle tidak stabil dan akselerasi lambat. Membersihkan throttle body dengan cairan pembersih khusus dapat membantu mengatasi masalah ini.

Memperbaiki sensor throttle body: Sensor throttle body yang rusak dapat menyebabkan masalah seperti lampu check engine menyala dan performa mesin menurun. Sensor yang rusak dapat diperbaiki atau diganti dengan yang baru.

Memperbaiki idle control valve: Idle control valve (ICV) yang rusak dapat menyebabkan masalah seperti idle tidak stabil atau bahkan mesin mati. ICV yang rusak dapat diperbaiki atau diganti dengan yang baru.

Perlu diingat bahwa:

  • Tidak semua kerusakan throttle body dapat diperbaiki. Jika kerusakannya parah, throttle body perlu diganti dengan yang baru.
  • Memperbaiki throttle body membutuhkan pengetahuan dan keterampilan khusus. Sebaiknya serahkan pekerjaan ini kepada bengkel terpercaya.

Merawat Throttle Body Mobil

Berikut beberapa cara untuk merawat throttle body mobil agar tidak mudah rusak:

  • Gunakan bahan bakar yang berkualitas: Bahan bakar yang kotor dapat menyebabkan throttle body kotor dan macet.
  • Lakukan servis rutin: Servis rutin mobil di bengkel terpercaya dapat membantu mendeteksi dan mengatasi kerusakan throttle body sejak dini.
  • Bersihkan throttle body secara berkala: Membersihkan throttle body secara berkala dapat membantu mencegah kotoran dan kerak yang dapat menyebabkan kerusakan.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/