📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Freon AC Mobil Habis tapi Tidak Bocor? Ini Faktor Penyebabnya

freon ac mobil habis tapi tidak bocor
freon ac mobil habis tapi tidak bocor

Freon ac mobil disebut juga sebagai refrigerant yang artinya adalah senyawa kimia yang digunakan sebagai fluida untuk menyerap panas suatu udara pada suatu ruangan sehingga suhu yang ada di dalam ruangan tersebut menjadi lebih rendah. Nah, freon sendiri diolah dalam bentuk gas, selain itu freon juga tidak memiliki warna atau bau tertentu. Bengkel Dokter Mobil kali ini akan membahas tentang freon ac mobil habis tapi tidak bocor.

Freon AC Bocor

freon ac mobil habis tapi tidak bocor

Freon AC mobil habis tapi tidak bocor merupakan masalah yang sering terjadi dan membuat kendaraan menjadi kurang nyaman karena akibatnya AC kurang dingin. Freon yang merupakan salah satu komponen AC mobil yang menjadi kunci indikator AC dingin. Wujudnya juga berupa gas yang mempunyai suhu 0° celsius. Freon juga sangat tahan terhadap radiasi panas. Jenisnya juga sangat beragam contohnya untuk AC mobil, yaitu jenis R12, R22, dan R134a.

Baca Juga: Inilah Tips Cara Mudah Mengganti Freon AC Mobil

Nah, bagi Anda sangat mudah untuk mengetahui apa saja penyebab freon AC mobil habis tapi tidak bocor, Anda hanya perlu mengeceknya di bengkel spesialis AC mobil terkemuka dan terpercaya, seperti Dokter Mobil. Cek apa saja ciri-ciri, penyebab, serta cara mengatasi freon AC mobil habis tapi tidak bocor akan Dokter Mobil jelaskan sebagai berikut ini.

Penyebab Freon AC Mobil Habis tapi Tidak Mengalami Kebocoran

Freon AC mobil habis tapi tidak bocor akan menimbulkan udara yang tentunya akan panas saat Anda berkendara melakukan perjalanan. Di bawah ini sudah Dokter Mobil rangkum, beberapa penyebab freon AC mobil habis tapi tidak bocor.

  • Terdapat lubang di beberapa saluran mobil

Freon AC mobil sebenarnya tidak mudah menguap dan habis layaknya oli pada kendaraan. Namun, jika saluran pada freon tidak terdapat kebocoran. Jadi, penyebab freon AC mobil habis tapi tidak bocor yaitu adanya lubang kecil pada saluran freon mobil tersebut. Untuk mengecek kebocoran, mobil harus dicek secara menyeluruh di bengkel spesialis service AC yang kredibel, seperti Dokter Mobil.

  • Kemampuan freon menurun

Tidak hanya itu saja, freon ac mobil habis tapi tidak bocor bisa terjadi karena penurunan kemampuan pada freon itu sendiri.

  • Sistem tekanan pada AC mobil terlalu kuat

Sistem tekanan pada AC mobil yang terlalu kuat justru sangat memicu terjadinya angin kencang menjadi udara yang panas, karena oli kompresor diisi terlalu banyak. Yang mengakibatkan, proses kondensasi atau pendinginan pada suhu ruangan mobil menjadi terhambat karena AC mobil tidak dingin.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  • Saluran pembuangan mampet atau tersumbat

Saluran pembuangan udara AC sangat rentan terhadap mampet atau tersumbat saat kotoran mulai menumpuk. Akibatnya, kotoran menyumbat udara dan memicu terjadinya kebocoran, sehingga AC mobil tidak dingin lagi.

  • Adanya kebocoran pada area evaporator

Evaporator yang merupakan salah satu komponen atau bagian pada AC mobil. Mempunyai fungsi untuk menyerap udara panas mobil lalu mengubahnya menjadi udara yang sejuk atau dingin.

  • Kipas pendingin mobil mati

Kipas pendingin mobil atau biasa disebut dengan kipas pendingin yang merupakan komponen pada AC mobil yang dapat mendinginkan kondensor serta membuat hembusan udara di dalam mobil.

  • Cairan freon tidak terlihat pada kaca

Sight glass yang merupakan kaca bulat transparan pada mobil yang mempunyai fungsi untuk melihat sirkulasi pada freon AC mobil. Biasanya terdapat pada filter freon atau pengering, Anda bisa melihat freon yang berupa cairan yang mengalir akibat tekanan udara.

  • Katup magnet rusak

Katup magnet pada mobil atau biasa disebut kopling magnet yang merupakan salah satu bagian dari kompresor AC mobil. Fungsinya untuk menghubungkan mesin mobil yang berputar dengan kompresor, melewati sabuk penggerak.

Ciri-ciri Freon AC Mobil Habis tapi Tidak Mengalami Kebocoran

  • Salah satu ciri-ciri yang sangat kentara dirasakan yaitu AC tidak berfungsi ketika dinyalakan.
  • AC hanya keluar angin tanpa adanya rasa dingin, hal ini bisa menjadi ciri-ciri adanya kerusakan AC mobil.
  • Ciri-ciri lainnya yaitu embun tidak muncul pada selang AC mobil. Jika normal, maka AC yang dingin akan menyebabkan munculnya embun pada selang tekanan rendah dari evaporator ke kompresor mobil.
  • Tidak ada bunga es pada pipa bagian AC mobil.
  • Munculnya tetesan-tetesan air dari evaporator AC mobil.

Cara Mengatasi Freon AC Mobil Habis tapi Tidak Terjadi Kebocoran

Mengatasi freon AC mobil habis tapi tidak bocor itu sangat penting. Karena, freon AC yang habis atau bocor tentunya akan menimbulkan kerusakan pada komponen atau bagian pada AC, lebih parahnya lagi bahkan membahayakan alat pernapasan pada pengendara itu sendiri.

  • Selidiki penyebab

Yang menjadi penyebab freon AC mobil habis tapi tidak bocor bisa dilakukan dengan  cara memastikan dan memerhatikan komponen pada AC di Bengkel Dokter Mobil. Cara ceknya yaitu dengan cara mengoleskan sabun pada saluran AC mobil. Jika muncul gelembung serta tetesan air, maka bisa jadi ada kemungkinan tidak ada kebocoran.

  • Gantilah suku cadang pada komponen AC mobil

Dengan mengganti suku cadang komponen AC mobil adalah hal yang sangat direkomendasikan oleh Bengkel Dokter Mobil. Selain untuk mencegah komponen mobil yang rusak dan berkarat, hal ini juga bisa menjaga bagian-bagian AC agar tetap berfungsi dengan normal.

  • Lakukan isi ulang freon

Anda bisa melakukan pengisian ulang freon secara mandiri atau di Bengkel Dokter Mobil. Mengisi ulang freon bisa mengembalikan rasa dingin AC untuk mobil Anda, lakukan pengisian ulang freon minimal setahun sekali untuk servis rutin AC mobil.

  • Perhatikan detail selang AC mobil

Dengan cara ini termasuk dalam minim alat, karena Anda hanya perlu memerhatikan setiap senti selang AC. Jika Anda menemukan rembesan pada selang, maka tandanya terjadi pada freon ac mobil habis tapi tidak bocor Anda. Namun, cara ini hanya bisa Anda lakukan saat freon baru saja bocor. Lalu, saat sudah mengering bocornya freon akan sangat sulit dideteksi. Untuk hal ini Anda bisa melakukan pengecekan di bengkel spesialis service AC mobil jika selang AC sudah mengering.

Cara Mendeteksi Kebocoran Freon AC Mobil

Selain mengoleskan sabun pada saluran AC, terdapat beberapa cara yang lebih efektif untuk mendeteksi kebocoran freon AC mobil:

1. Alat detektor freon: Alat ini dapat mendeteksi keberadaan freon yang bocor dengan cara mendeteksi perubahan warna pada sensor alat.

2. Lampu UV: Gunakan lampu UV dan kacamata khusus untuk melihat kebocoran freon. Freon yang bocor akan berpendar berwarna hijau saat disorot dengan lampu UV.

3. Alat ukur tekanan freon: Alat ini dapat menunjukkan tekanan freon pada sistem AC mobil. Jika tekanan freon rendah, kemungkinan terdapat kebocoran.

Mengidentifikasi Kerusakan Komponen AC Mobil

Berikut beberapa kerusakan komponen AC mobil yang dapat menyebabkan freon habis tapi tidak bocor:

  • Kompresor AC: Kompresor yang lemah atau bocor dapat menyebabkan freon tidak bersirkulasi dengan baik, sehingga freon habis.
  • Evaporator: Evaporator yang tersumbat atau kotor dapat menyebabkan freon tidak dapat menyerap panas dengan baik, sehingga freon habis.
  • Kondensor: Kondensor yang tersumbat atau kotor dapat menyebabkan freon tidak dapat mendingin dengan baik, sehingga freon habis.

Freon Habis Tapi AC Tidak Dingin

Jika freon AC mobil habis tapi tidak bocor, namun pengisian ulang freon tidak mengembalikan kinerja AC seperti semula, kemungkinan terdapat kerusakan pada komponen AC mobil lain. Berikut beberapa kemungkinan penyebabnya:

  • Katup ekspansi: Katup ekspansi yang tersumbat atau kotor dapat menyebabkan freon tidak mengalir dengan baik, sehingga AC tidak dingin.
  • Filter drier: Filter drier yang tersumbat atau kotor dapat menyebabkan freon tidak terfilter dengan baik, sehingga AC tidak dingin.
  • Kipas kondensor: Kipas kondensor yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan kondensor tidak dapat mendingin dengan baik, sehingga AC tidak dingin.

Tips:

  • Sebaiknya percayakan pemeriksaan dan perbaikan AC mobil kepada bengkel yang terpercaya dan memiliki teknisi yang berpengalaman.
  • Gunakan suku cadang yang asli dan berkualitas untuk memastikan performa AC mobil yang optimal.

Kesimpulan

  • Berapa lama mengisi freon AC Mobil habis namun tidak bocor? Nah, untuk durasi pengisian freon AC mobil Anda sekitar 30 menit. Waktu 10 menit untuk membuang freon yang lama, lalu 20 menit lagi untuk mengeluarkan udara pada kompresor, dan 10 menit lagi digunakan sebagai tekanan oli kompresor.
  • Kapan waktunya cek freon AC mobil habis tapi tidak bocor? Pertama Anda bisa memeriksa tampilan pada freon AC mobil minimal satu tahun sekali. Namun jika saat terjadi kebocoran atau kerusakan pada komponen AC, secepatnya Anda harus melakukan pemeriksaan, tentunya di bengkel spesialis service AC mobil yang terpercaya, seperti Dokter Mobil.

Tentu jika ac dingin, langkah pertama nya adalah harus di check terlebih dahulu, apakah cukup dibersihkan ac mobilnya, atau ada faktor lain. Dokter mobil melayani service ac dengan standar bengkel ISO 9001:2015. Datang sekarang, untuk lakukan General Checkup Mobil GRATIS. Konsultasi gratis ke CS kami sekarang.
Hal pertama yang akan dilakukan adalah melakukan GENERAL CHECKUP. Kemudian akan dijelaskan kendala, dan tindakan terbaik yang perlu dilakukan. Setelah itu akan dilakukan beberapa tahap lanjutan, salah satunya pembersihan evaporator, kondensor, dan flushing. Semua menggunakan teknologi mutakhir dengan standar bengkel internasional ISO 9001:2015. Konsultasi gratis ke CS kami sekarang.
Semua akan terlihat jika anda melakukan GENERAL CHECKUP MOBIL di Dokter Mobil. Mengenai pertanyaan ini, anda harus mulai mengecek Ruang Bakar Mesin Mobil. Lebih jelasnya, konsultasikan gratis ke CS kami.
Dokter Mobil menggunakan metode Karbon Clean dalam melakukan pengecekan Ruang Bakar Mesin Mobil. Sehingga anda tidak perlu khawatir lagi. Semua bisa dan datang ke Dokter Mobil PASTI BERES ! Konsultasi gratis ke CS kami sekarang.

Jadi, jangan lupa untuk sering memeriksa freon AC mobil, jangan sampai tak melakukan pemeriksaan freon ac mobil sama sekali, karena bisa menyebabkan kerusakan pada mobil. Nah, Anda sudah melihatnya bukan dampak buruk dari freon AC mobil habis tapi tidak bocor. Rutinlah melakukan pemeriksaan mobil di bengkel spesialis service AC mobil terpercaya dan kredibel, seperti Dokter Mobil.

Agar kondisi AC mobil Anda senantiasa terjaga, lakukan reservasi service AC mobil di Dokter Mobil (klik di sini) atau hubungi Kontak Dokter Mobil via WhatsApp untuk cari tahu lebih lanjut seputar layanan service AC pada mobil Anda. Anda juga bisa kunjungi langsung cabang-cabang Dokter Mobil terdekat.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/