📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Pipa AC Mobil Berembun? Jangan Panik!

pipa ac mobil berembun

Pipa AC mobil berembun sampai dengan beku bisa saja terjadi di saat sistem kerja AC mobil sedang bekerja. Seperti yang diketahui, untuk sistem AC mempunyai cairan fluida yang bernama freon.

Fungsi utama dari freon yaitu untuk mendinginkan kondisi dalam mobil supaya tetap sejuk di sepanjang perjalanan. Namun, untuk hal yang sering terjadi adalah pipa AC mobil berembun dan tidak mengeluarkan cairan freon secara tiba-tiba.

Saat Memperhatikan Pipa AC Mobil

pipa ac mobil berembun (2)

Pada saat hal pipa AC mobil berembun sedang terjadi, Anda tidak perlu merasa panik. Bahkan, tidak disarankan juga langsung membawa kendaraan atau mobil pada salah satu bengkel terdekat.

Diamkan sejenak kurang lebih 10 – 15 menit terlebih dahulu, ketika sudah menghilang berarti permasalahan tersebut bukan menjadi salah satu hal yang krusial. Berbeda lagi di saat bagian pipa sudah sampai dengan memunculkan es batu dan itulah menjadi salah satu permasalahan yang harus diperhatikan.

Pasti anda merasa bingung bukan dengan perihal bagian komponen AC mobil. Tidak perlu merasa bingung lagi, karena pada kesempatan kali ini akan dijelaskan secara jelas dan lengkap mengenai bagian komponen AC mobil tersebut. Sedangkan, untuk Anda yang penasaran dengan komponen AC mobil bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Permasalahan pada Pipa AC Mobil Berembun

Freon yang berada di dalam sistem kerja AC mobil akan terus mengalir dari arah kondensor sampai dengan evaporator. Selanjutnya, cairan freon tersebut akan dihembuskan oleh blower AC dan membuat udara di dalam kabin menjadi dingin.

Nah, untuk proses satu ini membutuhkan bantuan pipa guna mengalirkan freon dan menjadi salah satu komponen yang paling krusial Bahan dari pipa yang satu ini terbuat dari aluminium.

Lantas, satu pertanyaan yang sering muncul apakah pipa AC mobil berembun menjadi salah satu kondisi yang membahayakan? Jawabannya adalah tidak membahayakan sama sekali, karena proses memang terjadi pada cara kerja AC mobil.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Mesin kompresor yang ada di dalam mobil mempunyai fungsi untuk merubah suatu tekanan dari rendah ke tinggi. Proses perubahan tersebut juga dibantu dengan bahan pendingin atau yang dikenal dengan gas refrigerant.

Baca Juga: Mengenal Freon Zat Pendingin AC Mobil Anda

Sehingga, dengan hal tersebut suhu temperatur yang begitu rendah justru memberikan suhu dingin. Di saat suatu benda yang terkena suhu rendah, tentu akan keluar bintik-bintik air seperti embun.

Jadi sangat wajar sekali di saat pipa AC mobil berembun dan mengeluarkan air disaat operasional sedang berlangsung. Seiring berjalannya waktu, pipa khusus yang membantu dalam mengalirkan cairan freon ini akan terus berembun dan membeku.

Tentu saja, dengan kondisi tersebut menjadi salah satu cerminan bahwa kerja AC mobil sedang baik-baik saja. Sebaliknya, di dalam pipa AC mobil berembun ini terkadang terjadi suatu fenomena permasalahan yang harus dipahami oleh para pemilik mobil.

Pada saat membuka kap mesin mobil dan keadaan AC hidup, Anda bisa langsung saja melihat bagian pipa tersebut mempunyai es membeku atau tidak. Di saat ada pembekuan es, maka terdapat permasalahan pada bagian komponen thermistor cooler yang berada di di bagian ruang evaporator.

Komponen-komponen Pipa AC

Komponen thermistor cooler kali ini juga sudah banyak dipergunakan atau dimanfaatkan pada sistem kerja AC mobil. Bahkan, untuk komponen tersebut juga mempunyai fungsi untuk membaca ruang evaporator.

Terkadang bisa juga pada komponen tersebut memberikan sinyal cut off pada bagian kompresor AC supaya dapat mematikan aliran freon tersebut. Untuk pipa AC mobil berembun bisa saja terjadi, ketika thermistor cooler yang seharusnya bekerja optimal di dalam membaca suhu sedang mengalami kerusakan.

Kerusakan sensor kali ini tidak mampu lagi membaca suhu dengan tepat dan sehingga menyebabkan terjadinya cut off pada bagian kompresor AC. Pada kondisi kali ini dapat membuat bagian kompresor AC akan terus memberikan tekanan di bagian freon dan evaporator.

Tentu saja, dengan cara tersebut bisa membuat pipa AC mobil berembun dan terdapat es di bagian permukaanya. Langkah yang diambil di saat kondisi pipa AC mobil berembun adalah diamkan saja sampai dengan air tersebut benar-benar hilang.

Akan tetapi, disaat bagian pipa sudah menjadi es sudah membutuhkan perhatian secara khusus. Pada saat bagian pipa sudah muncul es, maka suhu di dalam kabin mobil menajdi tetap dingin atau bisa juga lebih dingin.

Kondisi Terbaik Pipa AC

Dengan kondisi tersebut dapat membuat bagian komponen evaporator ikutan menjadi beku. Sedangkan, untuk hasil akhirnya aliran udara dari komponen blower ke dalam kabin mobil akan terhalangi dan sehingga proses pendinginan tidak bisa berjalan secara maksimal.

Untuk fenomena yang satu ini jangan sampai pernah dilupakan, khususnya di saat kondisi mobil sudah terasa dingin. Kebanyakan orang berpikir, bahwa untuk masalah AC tidak dingin dikarenakan ada permasalahan di bagian kondensor kotor atau freon perlu diisi. Padahal, kondisi pipa AC mobil berembun inilah menjadi salah satu penyebab dari permasalahan tersebut.

Kondisi pipa AC mobil berembun jangan pernah didiamkan begitu saja. Akibat dari diamkan terlalu lama bisa membuat komponen pipa AC tersebut mengalirkan udara dingin ke dalam kabin secara tidak optimal.

Penyebab lainnya membuat para penumpang di dalamnya merasa kurang nyaman dan kepanasan. Cari saja bengkel mobil yang dapat mengatasi permasalahan pipa AC mobil berembun.

Kemungkinan besar untuk para pemula akan merasa bingung disaat harus menentukan mana bengkel yang terbaik. Apalagi, di era seperti sekarang ini ada banyak sekali macam-macam jenis bengkel mobil yang bermunculan.

Akan tetapi, perlu diingat lagi Anda tidak disarankan untuk memilih bengkel mobil secara sembarangan. Terdapat satu alasan kenapa hal tersebut bisa terjadi, karena untuk permasalahan yang ada di dalam komponen AC harus ditangani pada ahli dalam bidangnya.

Salah satu bengkel mobil yang dapat mengatasi permasalahan tersebut adalah Dokter Mobil. Kemungkinan besar untuk beberapa dari kalangan masyarakat sudah tidak asing lagi dengan tempat bengkel tersebut.

Dokter Mobil adalah salah satu tempat bengkel yang sangat cocok dipilih, ketika ingin melakukan perbaikan pada komponen AC mobil. Di dalam bengkel tersebut juga mempunyai banyak pilihan layanan yang dapat dipilih oleh semua konsumen, terutama service AC yang sudah menjadi spesialisasinya dan dipercaya oleh ribuan mobil untuk mengentaskan permasalahan AC mobilnya.

Tidak hanya itu saja, di dalam Bengkel Dokter Mobil juga sudah mempunyai teknisi yang ahli dalam bidangnya serta dibekali oleh peralatan-peralatan dengan teknologi yang canggih dan mutakhir. Sehingga, untuk Anda yang melakukan perbaikan pada sistem komponen AC mobil tidak perlu lagi ragu atau merasa khawatir.

Tentu jika ac dingin, langkah pertama nya adalah harus di check terlebih dahulu, apakah cukup dibersihkan ac mobilnya, atau ada faktor lain. Dokter mobil melayani service ac dengan standar bengkel ISO 9001:2015. Datang sekarang, untuk lakukan General Checkup Mobil GRATIS. Konsultasi gratis ke CS kami sekarang.
Hal pertama yang akan dilakukan adalah melakukan GENERAL CHECKUP. Kemudian akan dijelaskan kendala, dan tindakan terbaik yang perlu dilakukan. Setelah itu akan dilakukan beberapa tahap lanjutan, salah satunya pembersihan evaporator, kondensor, dan flushing. Semua menggunakan teknologi mutakhir dengan standar bengkel internasional ISO 9001:2015. Konsultasi gratis ke CS kami sekarang.
Semua akan terlihat jika anda melakukan GENERAL CHECKUP MOBIL di Dokter Mobil. Mengenai pertanyaan ini, anda harus mulai mengecek Ruang Bakar Mesin Mobil. Lebih jelasnya, konsultasikan gratis ke CS kami.
Dokter Mobil menggunakan metode Karbon Clean dalam melakukan pengecekan Ruang Bakar Mesin Mobil. Sehingga anda tidak perlu khawatir lagi. Semua bisa dan datang ke Dokter Mobil PASTI BERES ! Konsultasi gratis ke CS kami sekarang.

Cara Terbaik Mengatasi Masalah Pipa AC Mobil Berembun

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai perihal pipa AC mobil berembun. Besar harapan, dengan adanya informasi diatas bisa memberikan informasi kepada para pemilik mobil.

Pastikan untuk mempercayakan permasalahan AC mobil Anda di bengkel spesialis service AC yang kredibel, seperti Dokter Mobil. Telah dipercayakan oleh ribuan dan berbagai jenis mobil, Dokter Mobil memiliki kualitas yang terjamin mutunya jika terkait service AC mobil terpercaya. Lakukan service AC dari mulai pemeriksaan hingga penggantian komponen di Dokter Mobil (klik di sini) atau hubungi Kontak Dokter Mobil via WhatsApp untuk cari tahu lebih lanjut seputar layanan service AC pada mobil Anda. Anda juga bisa kunjungi langsung cabang-cabang Dokter Mobil terdekat.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8758

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
100% potongan-500-ribu

AC mobil butuh diservis? 🔧 Tapi dompet sedang kritis? Dokter Mobil hadir bawa promo HEMAT 500 ribu 💸 hubungi CS sekarang! 👇👇👇👇👇