New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Cara Kerja Kopling Hidrolik

Cara Kerja Kopling Hidrolik Yang Perlu Anda Tahu!

Cara kerja kopling hidrolik yang berada di pertengahan sistem transmisi dan mesin mobil merupakan bagian dari sistem penggerak mobil. Tenaga awal berasal dari komponen mesin mobil yang kemudian diubah menjadi tenaga gerak melalui sistem kopling yang dilanjutkan ke sistim transmisi. Lalu menuju propeller shaft hingga  menuju roda.

Bagi Anda yang ingin mengetahui tentang cara kerja kopling hidrolik, bisa simak artikel ini

Apa itu Kopling Hidrolik

Cara kerja kopling hidrolik - Apa itu Kopling Hidrolik

Sebelum kita membahas secara lengkap  cara kerja kopling hidrolik, maka marilah kita mengenal dulu apa itu kopling hidrolik. Kopling hidrolik diberi nama demikian disebabkan dalam melaksanakan suatu kegiatan perubahan tenaga menggunakan daya hidrolik. Adapun daya hidrolik yang muncul dipicu oleh adanya minyak atau cairan dalam satu tempat yang kemudian bersirkulasi berputar. Yang membuat terjadinya peristiwa gaya sentrifugal.

Bentuk kopling mobil hidrolik mirip dengan piringan yang bermanfaat dalam memindahkan tenaga di bagian mesin mobil. Bagian ini sangat penting yang berfungsi sebagai media pemindah daya dari mesin ke transmisi mobil.

Kopling hidrolik biasanya  dipakai pada mobil matic. Yang menjadi penggerak dengan bantuan minyak atau cairan yang tersimpan pada tempat penampungan yang tersirkulasi pada putaran mesin. Yang menjadi keunggulan dari menggunakan kopling hidrolik, antara lain:

1.Ringan pada bagian tuas kopling

2.Dalam kondisi macet sangat nyaman dipergunakan

3.Tenaga yang dibutuhkan relatif kecil pada tuas kopling yang ditarik

Baca Juga : 5 Cara Jitu Meningkatkan Performa Mesin Diesel Tua

Kekurangan Cara Kerja Kopling Hidrolik

Disamping keunggulan atau kelebihan kopling hidrolik itu terdapat sebuah kelemahan. Apa pun yang menjadi kekurangan kopling hidrolik perlu disimak secara baik apalagi mobil anda sudah terpasang dengan kopling hidrolik mobil. Dengan demikian, anda bisa mengendarai mobil dengan lebih tenang, aman dan nyaman. Pada saat ada sesuatu kendala, anda bisa mengatasinya dengan baik. Dimana dengan cepat yang menjadi kekurangan dan kelemahan serta kerusakan pada kopling hidrolik maka anda bisa tangani secara cepat dan baik. Lalu apa saja yang menjadi kekurangan kopling hidrolik mobil?

Kekurangan kopling hidrolik mobil terletak pada komponen yang terdapat di dalam sistem itu yang terbilang sangat rumit dan banyak komponen. Sehingga jika terdapat  komponen yang rusak akan merusak cara kerja kopling hidrolik secara semuanya. Salah satu contoh kerusakan yang bisa terjadi pada kopling hidrolik adalah pada mobil sukar sekali masuk pada bagian gigi persnelling.

Yang menjadi bagian komponen-komponen kopling dari kopling hidrolik, antara lain: minyak, stator, turbin runner dan pump impeller. Adapun Pump Impeller berfungsi melakukan pemompaan yang menimbulkan daya hidrolik di bagian fluida. Kemudian daya hidrolik yang dimunculkan oleh Pump Impeler kemudian ditangkap oleh Turbin Runner. Sedangkan Stator berperan sebagai pengarah supaya aliran tenaga menjadi menguntungkan dengan diubah untuk meningkatkan torsi. Kopling hidrolik dan minyak kopling hidrolik dijual di pasaran dengan harga terjangkau.

Cara kerja kopling hidrolik memakai kabel baja yang mengkaitkan tuas kopling dan pedal kopling. Pada waktu pedal kopling ditekan secara kuat maka dengan sendirinya kabel kopling tertarik yang dilanjutkan bergeraknya pada bagian tuas pembebas hingga kopling pegas tertekan kuat yang menggunakan minyak.

Fungsi Kopling

Kopling  mempunyai peranan dan fungsi yang sangat penting bagi sebuah mobil. Berikut ini beberapa fungsi kopling hidrolik, antara lain:

1.Mengubah level kecepatan mesin berdasarkan keperluan pengemudi

2.Meningkatkan kinerja performa mesin mobil memiliki perputaran gerakan yang halus

3.Meningkatkan kinerja rem menjadi  lebih bagus dan mudah

4.Pergerakan mobil menjadi lebih halus dan lebih nyaman dikendarai pada saat melaksanakan proses pindah gigi pada waktu kendaraan mobil sedang melaju di jalan

5.Bisa membantu dalam proses melakukan rem  tanpa harus mesin mobil dimatikan terlebih dahulu.

Kopling mempunyai beberapa macam dan jenis yaitu kopling otomatis dan kopling manual. Kemudian ada juga kopling hidrolik. Cara kerja kopling hidrolik sangat sederhana dan terstruktur dengan baik.

Cara Kerja Kopling Hidrolik

Cara Kerja Kopling Hidrolik

Cara kerja kopling hidrolik adalah berperan sebagai penghubung sekaligus pemutus antara transmisi dengan putaran mobil. Untuk kopling hidrolik dapat bekerja secara baik dengan menggunakan minyak atau zat cair lainnya dalam pemindahan tenaga piston menuju master rem.

Lebih mudahnya untuk memahami cara kerja kopling hidrolik dapat dilihat pada sistem rem cakram. Piston dan minyak rem berfungsi supaya dapat melakukan pendorongan pada bagian rem kampas. Seorang pengemudi tak memerlukan tenaga yang banyak untuk hanya melakukan injakan dan pengereman.

Cara kerja kopling hidrolik diawali pada waktu seseorang melakukan penarikan pada bagian tangan kopling. Dengan demikian position master mendapatkan tekanan dan seiring itu sirkulasi minyak masuk menuju selang. Minyak akan terus mengalir sampai tiba di bagian piston bawah. Pada akhirnya pada bagian stut kopling tuas pembebas ikut terdorong.

Dengan demikian, yang menjadi inti dari cara kerja kopling hidrolik adalah pemanfaatan tekanan hidrolik yang berasal dari zat cair minyak. Kemudian pedal kopling memiliki kegunaan untuk melakukan tekanan pada minyak  yang terdapat pada silinder master. Minyak akan menuju ke silinder kopling.

Penekanan terus berlangsung hingga dapat melakukan pendorongan pada bantalan dan tuas hingga kopling dapat berperan sebagai pemutus sistem transmisi dan mesin.

Kerusakan Kopling Hidrolik

Berbagai kerusakan bisa saja terjadi pada bagian kopling hidrolik. Penyebab kerusakan bisa dikarenakan beberapa penyebab. Berikut ini beberapa faktor penyebab kerusakan pada kopling hidrolik, antara lain:

1.Pemakaian yang berlebihan

2.Umur kopling yang sudah tua

3.Terendamnya kopling oleh air

4.Penggerak kopling fluida yang diisi secara salah

Sedangkan kerusakan umum  pada bagian kopling yang dapat terjadi yaitu kesukaran kopling untuk melakukan pemasukan gigi. Kopling sukar dapat dikendalikan dengan baik dikarenakan timbulnya udara dalam sistem hidrolik. Kerusakan untuk masuk gigi di bagian kopling hidrolik menjadi permasalahan yang bisa diatasi dengan membuang udara yang terdapat dalam sistem hidrolik atau melakukan step celah pada bagian kopling.

Kerusakan berikut yang bisa terjadi pada kopling hidrolik adalah munculnya bau di bagian kopling seperti bau terbakar. Khususnya kejadian ini bisa mungkin terjadi pada waktu anda sedang berkendara di daerah pegunungan yang mempunyai jalan menanjak dan menurun.

Jika mobil matic anda mengalami masalah atau mempunyai berbagai kerusakan pada bagian kopling hidrolik maka anda bisa memeriksakan pada bengkel mobil setempat. Dokter Mobil adalah bengkel mobil terpercaya dan berpengalaman yang bisa menjadi solusi yang bisa mengatasi segala kerusakan pada bagian kopling hidrolik pada mobil anda. Yang juga melayani jasa tune up, servie AC, penggantian oli mobil dll.

Pelayanan bengkel Dokter Mobil  sangat memuaskan dan cepat dengan standar ISO menggunakan sistem teknologi canggih dengan garansi. Ada 17 cabang Dokter Mobil yang tersebar di Indonesia meliputi Makasar, Lampung, Bandung, Cirebon, Surabaya dan Jabodetabek. Situs resminya dapat anda kunjungi di  Doktermobil.com.

Untuk menjaga kenyamanan dalam berkendara menggunakan mobil maka anda harus rutin melakukan pengecekan bagian kopling hidrolik pada mobil. Untuk pengecekan kopling hidrolik di mobil matic, maka anda bisa memeriksakan mobil anda ke Dokter Mobil.

Untuk kopling hidrolik mobil yang mengalami kerusakan berat dan tak bisa dipergunakan lagi maka anda dapat  ganti dengan kopling hidrolik yang baru. Adapun harga kampas atau kopling hidrolik mobil baru bervariasi dari mulai ratusan ribu rupiah sampai jutaan rupiah. Semua itu mesti dilakukan agar berfungsi baik dari cara kerja kopling hidrolik.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 44585

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bingung Check Up Beli Mobil Bekas? Dokter Mobil adalah Solusinya
Menyimpan Hand Sanitizer Gel di Mobil, Bolehkah?
Daya Tarik Hyundai Palisade Terhadap Pecinta Mobil Indonesia
8 Alasan Anda Harus Menggunakan Produk Anti Limbung Mobil di Dokter Mobil
Ciri Kipas Radiator Lemah Yang Mulai Terjadi Pada Mobil Anda