New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
penyebab mobil bergetar saat jalan.

Begini Cara Membuat Mesin Mobil Halus yang Benar dan Tepat!

Ada berbagai cara membuat mesin mobil halus yang beredar di Youtube atau Website. Tapi tahukah sobat cara yang paling mudah dilakukan? Yap, cara paling mudah dilakukan adalah tidak membutuhkan banyak alat atau mengeluarkan kocek dalam. Namun tentu saja, anda harus memperhatikan beberapa komponen pendukung agar mesin halus seperti baru. Beberapa caranya adalah sebagai berikut.

Cara Membuat Mesin Mobil Halus yang Tepat

cara membuat mesin mobil halus

  1. Menggunakan Oli Berkualitas

Cara membuat mesin mobil halus yang paling pertama adalah tentu saja pemilihan oli. Oli mobil yang dipilih haruslah berkualitas. Namun bagaimana caranya mencari oli dengan kualitas yang diinginkan. Sebelumnya, anda perlu tahu bahwa di dunia ada banyak jenis oli. Setiap oli punya fungsinya masing-masing. Misalnya oli mineral, oli semi sintetis dan oli sintetis serta kekentalan setiap oli.

  • Pengertian Oli Mineral

Oli mineral adalah oli yang harganya lebih murah dibandingkan oli semi sintetis dan full sintetis. Hal ini dikarenakan seluruh komponen oli mineral berasal dari hasil alam di perut bumi, yaitu mineral. Cara penambahannya pun tidak sesulit kedua oli lainnya, oli ini hanya diberikan zat aditif sebesar 10% agar bisa bekerja dengan baik. Oli mineral paling sering digunakan pada mesin alat berat seperti excavator atau forklift.

  • Oli Semi Sintetis

Sedangkan oli semi sintetis adalah oli yang harganya masih dapat dijangkau dan paling banyak tersedia dipasaran. Oli ini merupakan campuran dari oli mineral dan oli sintetis. Sedangkan oli full sintetis adalah oli yang harganya terlampau mahal. Namun memiliki kelebihan yang tidak dimiliki kedua oli lainnya yaitu dapat dimodifikasi sesuai kebutuhan pengguna. Jika seandainya mobil anda ingin meningkatkan performa laju mobil, sobat dapat mencoba oli full sintetis ini. Karena oli ini biasanya memiliki kemampuan yaitu . Menangani suhu yang terlampau ekstrim seperti terlalu dingin atau terlalu panas. Oli ini juga sering digunakan dalam kejuaraan bermotor tingkat dunia. Contoh oli full sintetis adalah Ravenol dan 9 Circle. Ini bisa merupakan cara membuat mesin mobil halus dengan oli full sintetik.

Nah, setelah anda mengetahui jenis oli. Saatnya sobat tahu oli yang berkualitas itu seperti apa? Yang pertama, oli yang berkualitas bisa melumas mesin dengan baik. Saya yakin, setiap oli bisa melumasi mesin dengan baik. Namun, ada kalanya oli tidak dapat bekerja dengan baik di suhu ekstrim, misalnya pada suhu diatas 150 derajat Celsius biasanya viskositas pelumas akan berkurang, sehingga mengakibatkan oli harus menguap dan menyebabkan volume oli berkurang.

Cara membuat mesin mobil halus kedua, mampu menjaga mesin tetap dingin bahkan dalam kondisi ekstra panas sekalipun. Di bagian ini kekentalan oli menjadi hal yang cukup penting. Karena dengan kemampuan oli untuk menjaga mesin tetap dingin dan stabil akan membuat akselerasi mesin menjadi ringan. Sehingga dengan kata lain mobil mudah mencapai kecepatan yang diinginkan. Selain itu, oli yang berkualitas juga bersamaan akan mampu meminimalisir gesekan antar komponen dan melindungi komponen satu sama lain akibat panas berlebih. Mesin mobil kan dibuat dari besi, ketika panas terlalu banyak maka besi akan memuai sehingga jika oli tidak mampu melumas antar komponen maka bukan tidak mungkin gesekan terjadi dan menyebabkan hal fatal.

  1. Perhatikan Kompresor AC

Salah satu cara membuat mesin mobil halus adalah sering mengecek kompresor AC. Hal ini dikarenakan jika pada kompresor AC terdapat banyak tumpukan kotoran . Maka akan menyebabkan kompresor AC berisik. Selain itu, suara ngorok pada kompresor AC bisa juga terjadi  . Karena kurangnya oli kompresor , jadi sering-seringlah mengecek kompresor AC ya sobat otomotif. Jika sobat sedang ganti oli mesin jangan lupa untuk bertanya, apakah oli kompresor juga diganti atau tidak kepada bengkel resmi.

  1. Hati-hati Pedagang Oli Nakal

Untuk mendapatkan untung yang besar. Terkadang ada beberapa pedagang oli nakal menggunakan oli bekas pada mesin mobil yang terdengar kasar. Hal ini cara membuat mesin mobil halus yang sangat tidak dibenarkan ya. Jadi anda perlu hati-hati terhadap hal seperti ini. Pasalnya oli bekas merupakan limbah buang dari mesin lain dan tentunya oli tersebut pasti sudah mengalami pengurangan nilai viskositas dan sudah tercampur dengan air. Jika justru oli bekas yang dipakai untuk menutupi suara bising mesin, akibatnya malahan lebih fatal bahkan bisa membuat mesin mati total sampai harus turun mesin. Begitulah cara membuat mesin mobil halus.

Baca Juga : Contek Cara Perawatan Mesin Diesel yang Benar dan Tepat

Cara membuat mesin halus memang salah satunya menggunakan oli mesin. Pemilihan oli mesin yang berkualitas dan sesuai prosedur bengkel resmi adalah sebuah keharusan yang tidak dapat disangkal dan diganti dengan oli lain. Biasanya oli yang diberikan memang oli dengan jenis semi sintetik namun jika  anda ingin menggantinya dengan oli full sintetik pastilah bisa.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1236

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

6 Cara Memeriksa Mobil sebelum Perjalanan Liburan Natal
Disiplin Rawat Mobil dapat Memperpanjang Usia Pakai Mobil
Fungsi Portable Power Grinder dan Cara Penggunaannya
Apa itu Fungsi Pompa Oli Pada Mobil dan Bagaimana Dokter Mobil dapat Menjadi Pilihan Anda
Bengkel Para Artis Dokter Mobil dan 8 Alasan Mengapa Wajib Mengunjunginya