New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Yuk Intip 7 Langkah Tips Beli Mobil Bekas Sebelum Membeli

Tidak harus selalu tampil baru, nyatanya sebagian mobil bekas atau second pun masih dalam kondisi prima serta layak untuk digunakan. Mobil bekas atau second dapat menjadi opsi terakhir untuk mendapatkan sebuah kendaraan dengan harga lebih murah. Untuk mendapatkan kualitas terbaik memang tidak luput dari ketelitian serta kejelian. Namun apa saja yang harus diteliti lebih lanjut?

Berikut simak tips beli mobil bekas yang dapat anda lakukan sebelum deal kepada si penjual mobil. Jangan sampai timbul penyesalan jika anda tidak melakukan beberapa pengecekan berikut ini;

1. Dongkrak Mobil dari Depan

Hal ini semata bertujuan untuk mengecek semua rembesan atau kebocoran yang disebabkan oleh oli. Anda dapat mengecek blok mesin, seal, atau bekas debu menempel yang mengandung lendiran oli. Jika anda memukan rembesan oli, maka sudah dipastikan oli mengalami indikasi kebocoran dari luar.

2. Nyalakan Mobil

Cek suara mesin dari mobil apakah terdapat suara asing atau tidak. Lalu cobalah untuk gas secara kencang,  perhatikan apakah terdapat asap yang timbul ketika digas. Jika terdapat asap putih maka kompresi mengalami kebocoran.

3. Cek Pinggiran Disc Brake

Sudahkah anda mengatahui komponen disc brake? Disc Brake merupakan part berbentuk piringan rem cakram yang berputar dan menempel pada hub roda. Jika mobil sering digunakan, maka imbasnya part disc brake menjadi masuk kedalam sebab bergesekan dengan kampas rem.

Baca Juga : Beli Mobil Bekas, Hindari Ciri Ciri Mobil Bekas Banjir

4. Pengecekan AC Mobil

Selanjutnya anda dapat melakukan pengecekan AC mobil. Indikator dalam mengecek yakni AC haruslah dingin, tidak berbau, tidak ada suara bising, disela-sela terdapat embun. Jika anda tidak mendapati salah satu diantara indikator ini, maka sudah dipastikan terdapat kerusakan pada part AC mobil.

5. Penyok pada Body Mobil

Kemudian, cobalah untuk memperhatikan body eksterior mobil. Pengecekan dapat dilakukan dibawah pantulan sinar matahari untuk lebih jelasnya meliha kepenyokan. Jika mobil sudah pernah mengalami tabrakan, maka air brake mobil sudah tidak dalam kondisi utuh.

Dan juga jangan lupa cek lekukan dipinggiran pintu, pinggiran kap mesin. Umumnya lekukan pasti rapih karena dari pabrikan. Jika sudah dalam kondisi tidak rapih, maka kondisi mobil tersebut patut dipertanyakan.

6. Test Drive

Hakikat dari istilah Test drive bukan untuk mengecek atau mengetahui tarikan namun untuk mengetes suspensi, power steering, atau komponen-komponen lainnya terutama ketika belok.

Ketika melakukan test drive sangat disarankan untuk mematikan audio agar suara mesin dapat terdengar lebih jelas. Cobalah untuk melewati jalan berlubang untuk mengetahui reaksi dari mesin.

7. Meminta Mekanik Untuk Mengecek

Jika memungkinkan tidak ada salahnya untuk meminta jasa mekanik melakukan pengecekan mobil yang akan anda beli. Hal ini bertujuan untuk memastikan mobil yang anda gunakan nanti tidak mengalami permasalahan.

Itulah tips beli mobil bekas yang dapat anda lakukan. Semoga bermanfaat untuk anda dan dapat dijadikan sebagai rujukan. Bijak dan teliti sebelum membeli merupakan langkah menjadi konsumen cerdas.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!