New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Hal yang Sebaiknya Tidak Boleh Dikatakan Kepada Mekanik

Hal yang Sebaiknya Tidak Boleh Dikatakan Kepada Mekanik

Selama anda melakukan servis ke bengkel mobil, apa yang anda lakukan? Apakah anda menjadi konsumen aktif atau pasif? Aktif disini ialah giat memperhatikan serta bertanya kepada mekanik ketika pengerjaan servis mobil anda sedang berlangsung. Sebaliknya, konsumen pasif ialah hanya duduk dan menunggu di ruang tunggu, ditemani hp bahkan secangkir kopi dan koran. Apapun yang dilakukan mekanik, anda hanya pasrah terhadap hasil pengerjaan. Sing penting beres dan yaqin..

Untuk konsumen aktif, sering sekali melucuti beragam pertanyaan dan kritikan sebab mendapati pengerjaan yang diarasa kurang maksimal. Tidak jarang pertanyaan inilah yang membuat mekanik kesal hingga tidak jarang berimbas pada kualitas pengerjaan mobil anda.

Berikut akan diulas 5 hal yang sebaiknya tidak boleh dikatakan kepada mekanik, apa saja itu? Selengkapnya yuk simak uraian berikut ini;

1. Jangan Mengkritisi 

Tips yang pertama adalah, jangan pernah ngomong ke mekanik anda dengan ucapan “Oh, kenapa sih kalian gak kerjain seperti ini? Kenapa sih gw gak begitu, Kenapa kok gak begini begitu?”
Hal ini tentu membuat mekanik merasa kesal. Sebab mekanik tahu apa yang terbaik dan apa yang harus dilakukan. Sebagus apapun tools yang digunakan, tidak dapat menjamin potensi baut putus atau slek. Inilah sialnya yang dihadapi mekanik, jadi mekanik harus tetap memperbaiki dan membutuhkan waktu ekstra.
Disarankan, selagi mekanik bekerja, biarkan ia berkonsentrasi. Anda dapat mengecek hasil akhirnya sebelum membayar biaya servis keseluruhan.

2. Jangan Membawa SparePart Sendiri

Tips yang kedua adalah, jangan pernah dateng bawa part anda sendiri. Mengapa? Simak salah satu kasus diabwah ini.

Ada salah satu customer dengan mobilnya bermerk PEUGEOT 408 Turbo. Permasalahannya yakni AC tidak dingin sebab kompresor serta kondensor sudah rusak. Permasalahan melanda lainnya adalah sparepart jarang tersedia di Indonesia, sebab bengkel resmi Korea pun dapat dihitung dengan jari tiap daerah. Akhirnya, sang customer mengambil jalan dengan membeli sparepart di Chine melalui Ebay. Alasannya murah dan mudaj didapatkan.

Mekanik pun menyarankan sebaiknya tidak dipasang sebab kualitasnya sangat tidak menjamin hanya melihat dari bentukannya saja. Setelah terpasang, na’as menimpanya. Tiga hari setelah terpasang, komponen tersebut jebol parah. Mekanik berdalih dan menjelaskan bahwa quality sudah jelek dan murah. Sebab itu tidak bisa bertahan lama di Indonesia.

Disarankan jangan membawa sparepart sendiri sebab mekanik tahu mana part terbaik untuk mobil anda. Jika anda membawa part dengan kualitas jelak dan anda tetap memaksa untuk memasang, maka garansi diluar tanggung jawab mekanik.

Ibaratkan saat anda pergi ke restoran, gak mungkin dong anda bawa ayam, anda bawa kangkung, suruh orang restorannya masakin, sama lah, mekanik juga sama.. Jangan pernah bawa part anda sendiri..

3. Jangan Pernah Berbohong Pada Mekanik

Tidak sedikit sebagian customer melakukan ‘dramatisir’ kepada mekanik. Sebab hal ini dapat membuang waktu lebih. Mekanik hanya ingin membenarkan mobil anda secepatnya, dan berlanjut ke mobil-mobil yang lain karena jam sibuk antrian panjang.

Salah satu kasusnya yakni ketika mendapat customer Mercy S280 dengan permasalahan AC tidak dingin. Katanya “Oh gak tau nih, tiba-tiba lagi di lampu merah, tiba-tiba gak dingin”
Setelah melakuakan pengecekan, keterdapatan kompresornya jebol. Hal ini bisa saja gejala umur dan tidak berpengaruh ke part lainnya.

Baca Juga : 10 Hal Utama Penyebab AC Mobil Kadang Dingin Kadang Tidak

Saat di pressure lagi, customer bilang “Iya, waktu itu jebolnya saya lagi bawa 200 lebih di jalan tol, saya geber-geber makanya tiba-tiba AC nya gak dingin”
Bukan hanya kompesor, namun kondensor dan semua selang-selang juga harus dicabut serta dibersihkan menyeluruh. Ternyata samapi mengenai Evaporator dan Ekspansi, jadi semuanya harus ikut diebrsihkan juga.

Setiap kerusakan tentu berbeda, tergantung rusaknya kapan. Jadi jangan pernah berbohong. Mekanik tidak akan mau menjudge customernya, “Oh lu bawa mobilnya jelek” atau gimana, nggak.. Itu bukan urusan kita, kita kan cuman mau beresin mobil anda secepatnya..”

4. Memaksa Menggunakan Part Murah

Tidak jarang sebagian customer saat mekanik ingin melakukan penggantian dengan persetujuan customer, justru customer ingin part yang murah-murah saja dengan alasan hemat duit.

Hal ini bukannya meringankan justru menambah beban mekanik. Mengapa? Sebab tidak lama kemudian mobil kembali rusak. Belum juga genap sebulan sudah harus bolak balik ke bengkel lagi dengan kerusakan yang sama, padahal sumber rusak ialah part murah yang anda pilih.

5. Jangan Minta Cepat Terselesaikan

Ingin cepat tapi imbasnya tidak maksimal. Masih mau minta buru-buru? Tidak jarang customer ingin cepat mobilnya terselesaikan oleh mekanik. Setiap mobil mempunyai porsi waktu masing-masing sesuai jenis kerusakan. “Oke, tolong diselesaikan dengan baik”. ucapan ini akan membangkitkan mekanik sekaligus mengahrgai kinerja mekanik agar hasilnya berkualitas. Jangan pernah bilang, “Oh gapapa, santai aja, gw gak buruburu kok”.. Justur dapat disangka ingin cepat-cepat.

Itulah ulasan mengenai 5 hal yang tidak boleh dikatakan kepada mekanik. Semoga ulasan ini dapat menyadarkan kita semua sebagai pengguna mobil agar dapat lebih menghargai kinerja mekanik bengkel terhadap mobil anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!