New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Benarkah Ukuran Velg Mobil Bikin Mobil Kurang Tenaga ?

Modifikasi merupakan proses melakukan beberapa perubahan pada mobil semata demi kesenangan si penggunanya. Modifikasi pun beragam, bisa dilihat dari sisi penampilan hingga manfaat yang dirasakan secara langsung.

Beberapa alasan pengguna mobil melakukan modifikasi pada mobilnya yakni ingin lebih terlihat sporty dalam sisi eksterior salah satunya dengan mengganti ban serta velg mobil. Namun isu mengenai ukuran velg mobil bikin mobil kurang tenaga membuat beberapa pengguna resah dan bingung. Alhasil kadangkala modifikasi yang telah dilakukan malah menambah beban si pengguna. Benarkah demikian?

Penjelasannya di Rumus Fisika Ini

Masih ingatkah anda mengenai rumus keliling lingkaran? Rumusnya yakni diameter π x d atau jari-jari menggunakan π x 2 x r. Jika permukaan lebih kecil otomatis kelilingnya pun juga lebih kecil. Hal ini juga berlaku kondisi sebaliknya.

Baca Juga : Tips Cara Merawat Ban Mobil Supaya Awet

Coba Eksperimen Berikut Ini

Untuk menerapkan sekelumit hukum fisika diatas sangatlah mudah. Cukup sediakan benda ini

  • Dua jenis tutup yang berbeda

Langkah selanjutnya yakni anda coba gerakkan untuk mendapat satu putaran dengan menggunakan masing-masing tutup tersebut. Dapatkah perbedaannya?

Kesimpulannya yakni jarak yang ditempuh untuk roda tersebut untuk berputar satu putaran menjadi bertambah panjang. Odometer bukan menghitung dari bannya, sebab ia menghitung dari sensor ahas roda. Satu kali perputaran ahas roda maka dianggap satu perputaran.

Ketika roda diperbesar, otomatis jarak tempuh menjadi lebih besar sehingga perputaran lebih sedikit. Ketika ban menjadi besar otomatis speedometer dan odometer sudah mengalami kekacauan dalam mengukur jarak, Mengapa? Sebab tidak dilakukan kalibrasi antara jarak sisa selsisih tidak dimasukkan kembali dalam progamnya. Progam tetap membaca data sebelum anda mengganti ban serta velg.

Itulah ulasan mengenai penjelasan ukuran velg mobil bikin mobil kurang tenaga atau ngempos. Kesimpulannya yakni pergantian velg dan ban tidak mempengaruhi kinerja menjadi ngempos, namun hal ini dipengaruhi oleh speedometer dan odometer yang belum terkalibrasi semenjak pergantian ban atau velg baru.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Disiplin Rawat Mobil dapat Memperpanjang Usia Pakai Mobil
Fungsi Portable Power Grinder dan Cara Penggunaannya
Apa itu Fungsi Pompa Oli Pada Mobil dan Bagaimana Dokter Mobil dapat Menjadi Pilihan Anda
Bengkel Para Artis Dokter Mobil dan 8 Alasan Mengapa Wajib Mengunjunginya
Rekomendasi Bengkel Kaki-Kaki Mobil di Indonesia