📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Penyebab Speedometer Mobil Mati Dan Cara Untuk Mengatasinya 

Speedometer Mobil Mati

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penyebab Speedometer Mobil Mati rupanya bukan hanya satu atau dua faktor melainkan terdapat beberapa faktor. Salah satu faktornya biasanya berasal dari listrik mobil. Konslet listrik mobil, bisa menjadi salah satu penyebab dari matinya spedometer mobil ini. Oleh karenanya, kita juga perlu melakukan penanganan yang tepat untuk hal ini.

Seperti yang diketahui bahwa speedometer mobil berfungsi sebagai pemberi informasi terkait mobil yang sedang dikendarai, baik kecepatan hingga bensin. Sehingga, apabila kita berkendara dengan keadaan spedometer yang mati, bukanlah sebuah pilihan yang tepat karena dapat membahayakan. Dengan matinya speedometer, maka kita tidak akan tahu berapa kira-kira kecepatan dari mobil kita yang saat itu sedang melaju panel yang mati ini tentunya bisa menjadi sebuah risiko yang tinggi. Oleh karenanya akan sangat penting untuk mengetahui penyebab dari indikator panel mobil yang mati.

Penyebab Speedometer Mobil Mati Serta Fungsinya

Speedometer Mobil Mati

Seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan, fungsi dari speedometer adalah untuk mengetahui tentang informasi kecepatan, kapasitas bensin, dan juga beberapa hal lainnya tentang mobil yang sedang kita kendarai. Speedometer ini memiliki fungsi yang cukup penting yang pasti dibutuhkan pada saat kita berkendara di jalan raya. Dengan adanya speedometer ini, maka perjalanan berkendara yang sedang anda lakukan bisa terasa lebih aman serta nyaman. Karena anda bisa melihat seberapa cepat mobil anda melaju dan apakah pada saat itu anda memerlukan bahan bakar tambahan atau masih cukup tersedia.

Tetapi sayangnya, speedometer mobil terkadang juga mengalami gangguan. Terdapat beberapa penyebab speedometer mobil mati, penyebab inipun juga bisa sangat beragam seperti yang berkaitan dengan sistem listrik mobil karena terjadinya konslet, ataupun terjadinya kerusakan pada beberapa komponen didalamnya. Maka dari itu, penting bagi anda untuk selalu mengecek kondisi dari speedometer mobil anda dan mengetahui tentang apa saja penyebab speedometer tersebut mati, untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa penyebab dari speedometer mobil yang mati.

Sistem Kelistrikan Pada Mobil

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa kondisi listrik mobil bisa menjadi salah satu penyebab matinya speedometer mobil. Panel yang terdapat pada dashboard, memiliki hubungan yang cukup erat terkait dengan sistem listrik pada mobil. Sehingga, kedua hal ini tentu tidak akan bisa dipisahkan. Oleh karenanya, apabila pada sistem kelistrikan mobil mengalami konslet listrik mobil hal ini akan sangat berdampak pada speedometer.

Konslet listrik yang terjadi, akan bisa mengganggu kinerja speedometer mobil karena speedometer ini bisa bekerja karena adanya aliran listrik yang diatur oleh sistem kelistrikan mobil. Anda bisa membayangkan sendiri apabila terjadi konslet listrik, maka secara otomatis aliran listrik yang pada mobil dan dialirkan ke arah speedometer akan terhenti. Hal inilah yang menyebabkan speedometer menjadi tidak berfungsi. Sehingga untuk memastikan apakah benar terjadi konslet listrik yang terjadi pada sistem kelistrikan mobil, Anda haruslah mengeceknya.

Untuk mengecek guna memastikan masalah konslet listrik mobil ini bisa dengan mengecek jalur kabel menuju speedometer mobil, apakah kabel tersebut terputus, atau bahkan terlepas. Apabila hal itu terjadi, sebaiknya anda bisa langsung memperbaikinya dengan membeli beberapa komponen baru yang dibutuhkan di bengkel resmi seperti dokter mobil Indonesia.

Tetapi, apabila kabel tersebut masih aman dan tidak terputus ataupun terlepas, bisa dipastikan bahwa masalahnya terdapat pada listrik mobil.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Selain Konslet Listrik Mobil, Panel Eror Juga Bisa jadi Penyebab

Apabila sebelumnya penyebab dari speedometer mobil mati adalah karena terjadi konslet listrik mobil, maka hal selanjutnya yang mungkin menjadi penyebab adalah erornya panel mobil. Seperti yang diketahui, panel mobil yang eror merupakan sebuah faktor yang paling besar yang menyebabkan speedometer mobil mati. Hal ini karena, panel speedometer yang rusak akan membuat indikator dari penunjuk otomatis mobil menjadi tidak bergerak. Bahkan, meskipun hanya terdapat satu panel yang tidak bekerja secara semestinya, speedometer mobil akan tetap mengalami imbasnya.

Terlebih lagi saat ini, pengecekan kondisi dari panel speedometer bisa dilakukan dengan mudah melalui bantuan alat. Maka anda bisa lebih sering memperhatikan kondisi panel speedometer ini agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

Meskipun saat ini sudah ada scan tool yang berguna untuk mengetahui kerusakan pada speedometer dengan menunjukkan letaknya, tetapi cara untuk menanganinya juga tetap tidak bisa sembarang. Apabila terjadi kerusakan panel, sebaiknya anda langsung mengganti komponen panel tersebut secara total atau membawanya ke bengkel servis seperti dokter mobil Indonesia. Tapi, anda tetap akan diminta untuk mengganti panel speedometer tersebut dengan yang baru, tujuannya adalah agar speedometer bisa bekerja secara optimal kembali.

Selain Eror Pada Sistem Kelistrikan Kerusakan Sensor Juga Bisa Menjadi Salah Satu Faktor

Faktor speedometer mobil mati selanjutnya adalah adanya kerusakan pada bagian sensor mobil yang bernama vehicle speed sensor. Umumnya, semua mobil memang memiliki sensor kecepatannya sendiri-sendiri yang terletak pada sistem transmisi. Tapi sayangnya, banyak masalah yang ditimbulkan dari bagian tersebut. Salah satunya adalah rusaknya speedometer mobil.

Pada sebuah mobil yang menggunakan sensor elektronik, sensor speedometer merupakan hal yang bisa anda temui dengan mudah. Sensor mobil yang terletak di bagian transmisi ini terkadang sering mengalami kerusakan. Hal ini bisa terjadi apabila sensor rusak, ataupun soket yang terlepas dan longgar. Beberapa hal itulah yang kemudian menyebabkan gear transduser pada mobil menjadi aus, akibatnya kecepatan dari laju mobil tidak lagi bisa diidentifikasi.

Pada umumnya, gear transduser yang mengalami aus akan membuat speedometer menjadi tidak bekerja. Pada kerusakan ini, biasanya juga bisa ditandai dengan menyalanya lampu check engine pada mobil EFI.

Cara Memperbaiki Speedometer Mobil Yang Mati

Penyebab speedometer mobil mati terdapat 3 faktor seperti yang sebelumnya sudah dijelaskan. Oleh karena itu, ada beberapa hal pula yang diperlukan untuk memperbaiki speedometer mobil mati tersebut. Lalu bagaimana cara untuk melakukannya?

Pertama yang harus anda ingat pada speedometer mobil mati adalah bahwa sekring mobil adalah salah satu komponen yang langsung terhubung dengan speedometer. Sehingga, apabila komponen yang satu ini mengalami kerusakan, secara otomatis speedometer juga akan mengalami masalah. Solusinya adalah apabila komponen yang satu ini mengalami masalah, sebaiknya segera ganti komponen tersebut dengan yang baru.

Tetapi, mengganti komponen ini juga buka hal mudah karena ukurannya yang kecil akan membuat anda sedikit kesulitan untuk menemukannya. Sehingga anda perlu membawa mobil anda ke bengkel resmi untuk meminta bantuan ahli, salah satu bengkel tersebut adalah bengkel dokter mobil Indonesia. Dengan membawa mobil anda ke tempat yang tepat, maka masalah mobil anda bisa ditangani dengan prosedur yang benar.

Selanjutnya, anda juga perlu memperhatikan komponen lain yang sekiranya memberikan dampak besar pada kinerja speedometer mobil mati atau hidup  yang Anda miliki. Apabila anda sudah berhasil untuk menemukannya, Anda bisa langsung mencoba menggantinya.

Dibaca Juga: 20+ Daftar Cabang Bengkel Terdekat di Kota Anda 2022

Lakukan Servis Di Bengkel Dokter Mobil Ahli Sistem Mobil

Permasalahan pada mobil terkadang terlihat cukup sederhana seperti speedometer mobil mati, namun nyatanya cara untuk memperbaikinya tidak semudah seperti yang selalu kita kira. Salah satunya adalah masalah yang terjadi pada speedometer mobil mati. Masalah ini terjadi karena beberapa hal, meskipun terlihat mudah tapi penganannya haruslah tepat. Sehingga, apabila anda mengalami masalah seperti ini, akan lebih baik apabila anda langsung membawa mobil anda ke dokter mobil Indonesia, servis spesialis kelistrikan mobil yang sudah ahli dan juga terpercaya, sehingga mobil anda bisa mendapatkan penanganan tepat. Anda bisa langsung saja menggunakan layanan dari Bengkel Dokter Mobil dengan hubungi langsung kontak Dokter Mobil (klik di sini) kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat. Dan anda juga bisa langsung reservasikan mobil anda di link berikut.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *