New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Agar Tidak Tertipu Bengkel AC, Tanyakan 9 Hal Wajib Ini

AC mobil merupakan faktorĀ  terpenting dalam memberikan kenyamanan dalam berkendara. Tanpa kinerja AC yang optimal, sama saja seperti menaiki angkutan umum yang pengap serta panas. Namun hingga saat ini sebagain pengguna mobil masih mendapati dirinya salah kaprah hingga berdampak pada kemoloran perawatan AC. Alhasil dirinya baru melakukan perawatan AC mobil ketika sudah terindikasi gejala tidak beres pada mobil miliknya.

Umumnya, standarisasi perawatan AC secara berkala untuk mobil berkisaran 6 bulan sekali atau tiap menempuh perjalanan 10 ribu kilometer. Hal ini mengingat beberapa part AC harus mendapatkan pengecekan dan pergantian terutama pada oli kompresor.

Sebelum anda hendak melakukan perawatan AC, ada baiknya tanyakal 9 hal wajib ini agar tidak tertipu bengkel AC. Bukan tanpa sebab, hal tersebut bersifat mengetahui keredibilitas kualitas bengkel. Semakin baik kualita sbengkel maka hasil servis yang anda dapatkan pun dapat diancungi jempol dalam sisi kualitas.

1. Jenis Oli Kompresor

Jenis oli kompresor yang digunakan pun bermacam-macam. Tiap jenis oli sudah didesain untuk tiap jenis mobil. Jenis tersebut diantaranya PAG 46, 100 dan 115. Jadi gunakan oli yang sesuai untuk mobil anda.

2. Takaran Oli Komprsor

Kira-kira berapa banyak oli kompresor yang digunakan? Setiap jenis mobil memiliki takaran oli kompresor masing-masing. Jika jawaban yang anda temukan salah satunya seperti ini “Oli yang penting ada dan bla bla..”, maka anda patut waspadai bisa saja takaran oli yang dimasukkan tidak sesuai pedoman.

Dokter Mobil mempunyai data air conditioning filling chart yang digunakan untuk mengetahui tiap takarang oli serta jenis yang digunakan untuk tiap jenis mobil. Jadi sudah pasti akurat bukan? Salah-salah dalam memasukkan jenis oli maka akan menyebabkan kompresor anda menjadi jebol alias rusak.

3. Jenis Freon

Umumnya mobil tua dibawah tahun produksi 95 kerap menggunakan freon jenis R22 atau R12. Lain halnya dengan jenis R134A merupakan jenis freon yang dipakai untuk mobil jenis universal, namun tidak berlaku untuk mobil BMW. Pastikan freon yang digunakan memang asli bukanlah abal-abal.

4. Merk Freon

Selain jenis freon, pastikan juga merk yang dipakai memang bagus dan sesuai untuk jenis mobil anda. Tak dapat dipungkiri sebab hingga saat ini masih marah freon palsu yang beredar. Jadi alangkah baiknya teliti sebelum membeli.

5. Cara Baca Magnifolt

Magnifolt juga bisa disebut dengan meteran AC. Namun beberapa diantaranya masih minim dalam membaca part ini. Lalu bagaimana caranya?

Pada bagian biru bernama low preassure, sedangkan untuk merah dinamakan high preassure. Fokuskan untuk membaca angka yang didalam. Low preassure dicolok sebelum dihubungkan melalui kompresor sedangkan High preassure untuk membaca tekanan ketika telah didorong oleh kompresor.

Baca Juga : Pengertian Kompresor AC Mobil dan Cara Kerjanya Seperti Ini

Low dan high memiliki standarisasi tekanan ukuran yang tidaklah terlalu memiliki perbedaan terlalu jauh. Dalam tekanan normal, untuk low preassure berkisar 20 – 40, sementara untuk high preassure berkisar 200 – 250.

6. Kecepatan Diagnosis

Kecepatan diagnosis yang dimaksud ialah seberapa cepat anda mengetahi jenis kerusakan serta berapa lama durasi perbaikan pada mobil anda. Semakin cepat justru semakin bagus namun hal ini tidak terlepas dari alat bantu diagnosis agar hasil kerusakan pun terbilang lebih akurat.

7. Kualitas Oli Kompresor

Ketahui ini. Oli AC mobil yang sudah sering terpakai akan lebih asam hingga menimbulkan korosi pada pipa, evoporator, kondenso dan beberapa part lainnya. Hal ini disebabkan oleh oli yang sudah kotor atau sudah rusak.

Dokter Mobil menggunakan alat bernama Universal indikator yang dapat digunakan untuk mengetes kadar kualitas oli kompresor mobil.

Sebaiknya ganti oli kompresor ketika telah mencapai angka 20 ribu kilometer agar oli tidak berubah menjadi asam hingga menimbulkan korosi.

8. Part Original

Gunakan part original yang sudah terbukti kualitasnya. Jangan tergiur oleh harga murah sebab kualitas sangat berdampak pada kinerja yang dirasakan.

9. Garansi Servis

Terakhir, jangan lupakan untuk menanyakan perihal durasi garansi terhadap bengkel anda. Jika garansi hanya sebentar saja, maka dapat dipastikan kualitas masih dipertanyakan.

Dokter Mobil menyediakan garansi servis yang bervariasi dari 3 bulan hingga satu tahun untuk tiap jenis servis.

Agar tidak tertipu bengkel AC yang beredar di daerah anda, tidak ada salahnya untuk menerapkan sekelumit tips diatas. Yuk bijak dan selektif sebelum bertindak sebagai langkah awal menjadi konsumen cerdas.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bingung Check Up Beli Mobil Bekas? Dokter Mobil adalah Solusinya
Menyimpan Hand Sanitizer Gel di Mobil, Bolehkah?
Daya Tarik Hyundai Palisade Terhadap Pecinta Mobil Indonesia
8 Alasan Anda Harus Menggunakan Produk Anti Limbung Mobil di Dokter Mobil
Ciri Kipas Radiator Lemah Yang Mulai Terjadi Pada Mobil Anda