New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
kompresor ac mobil bocor

Penyebab dan Ciri Kompresor AC Mobil Bocor serta Solusinya

kompresor ac mobil bocor
Penyebab dan Ciri Kompresor AC Mobil Bocor serta Solusinya

Penyebab dan Ciri Kompresor AC Mobil Bocor serta Solusinya – Kasus kompresor AC mobil bocor seringkali dialami pemilik mobil yang sering merokok di dalam mobil. Juga lalai dalam melakukan perawatan AC. Apakah anda salah satunya?

Apakah saat hujan anda merasa udara sudah cukup dingin lalu menonaktivkan AC mobil? Ternyata AC mobil dianjurkan untuk tetap menyala saat musim hujan agar kabin tidak berembun.

Nah, bagaimana jika saat musim hujan tiba-tiba AC mobil tidak berfungsi normal karena ada kebocoran di kompresor AC mobil? Tentu saja berkendara menjadi sangat berbahaya karena embun akan menghalangi pandangan. Juga dapat merembes dan merusak komponen elektronik.

Jika sudah mengalami hal tersebut, bersiaplah anda menyiapkan budget lebih untuk memperbaiki AC mobil anda. Berapa biaya? Yang pasti akan jauh lebih besar ketimbang rutin melakukan perawatan pada komponen-komponen AC mobil.

Penyebab Kompresor AC Mobil Bocor 

Kompresor ac mobil bocor disebabkan oleh berbagai faktor. Mengetahui apa saja faktor penyebab akan sangat membantu kita dalam menentukan langkah perbaikan. Juga akan membantu mengetahui apa saja kesalahan-kesalahan yang kita perbuat sehingga menyebabkan masalah ini.

Adapun beberapa hal yang menjadi sumber masalah kebocoran pada komponen utama AC mobil ini antara lain adalah:

1. Bagian Fan lemah atau Mati

Apabila dibagian fan AC ini mati atau bisa fan dari radiator mati atau lemah akan membuat satu tekanan ke freon pada jalur high press. Hal ini dapat menimbulkan overheat dan otomatis ini akan membuat kompresor akan cepat panas hingga kompresor ac bocor jika dibiarkan saja. Sebab inilah berpotensi membuat kompresor AC mobil menjadi bekerja ekstra keras. Menyebabkan bunyi berisik dan kemudian jebol atau bocor.

2. Freon yang Terlalu Sedikit

Apabila di bagian selang freon AC terdapat lubang atapun terdapat retakan maka AC akan cepat mengalami kebocoran. Setelah beberapa saat mungkin freon akan cepat habis dan kompresor akan bekerja lebih keras untuk bisa memompa freon untuk bisa mendinginkan kabin.

Karena kompresor bekerja ekstra keras, usia kompresor akan lebih cepat habis. Hal ini menyebabkan potensi jebolnya kompresor akan semakin lebih besar.

3. Freon yang Terisi Berlebihan

Dan jika AC mobil kita terlalu banyak diisi freon ini pun tidak baik, hal tersebut ini akan mengakibatkan atau berefek kompresor akan langsung mati.

Oleh sebab itu, saat melakukan pengisian freon di bengkel AC mobil, pastikan freon diisi dengan volume yang tepat sesuai buku panduan. Selain itu, pastikan freon diisi dengan freon jenis yang tepat.

4. Mampet

Sistem AC pada dasarnya ialah sirkulasi untuk freon yang secara terus-menerus di dalam sistemnya. Jika aliran sirkulasi ini terhambat atau mampet akan membuat kerja dari kompresor semakin berat tapi sirkulasi nya tidak normal dan kemungkinan besar kompresor akan jebol.

Untuk menghindari mampet, ada baiknya secara berkala melakukan flushing sehingga kompresor akan bersih layaknya baru kembali. Tidak ada kotoran atau hal-hal yang menyebabkan performa mesin kompresor terganggu.

5. Kurangnya Oli Kompressor

Jika oli pelumas ini tidak cukup atau kurang, maka sistem tidak dapat bekerja dengan baik dan masalah yang lainnya akan muncul yang termasuk juga kerusakan pada kompresor. Dan bagian ini juga sangat perlu diperhatikan ketika kita servis di bengkel supaya mengecek oli pelumas ini.

Oli kompresor tidak boleh sembarangan. Pastikan PAG oli sesuai dengan jenis kompresor. Kesalahan penentuan PAG pada oli dapat menyebabkan performa kompresor menjadi terbebani. Pelumasan tidak sempurna. Resiko kebocoranpun akhirnya meningkat.

6. Usia Pemakaiannya

Sebaiknya mengikuti perawatan dan prosedur pemakaiannya yang rutin yang tentunya bisa memperpanjang usia dari komponen kompresor. Namun demikian, sebaik apapun perawatan, resiko kebocoran akan terjadi seiring dengan waktu.

Jika memang kebocoran terjadi karena kompresor sudah dipakai lebih dari 10 tahun, tidak ada solusi lain selain mengganti baru. Berusaha menambal kebocoran hanya akan menyebabkan anda harus lebih sering bolak-balik ke bengkel AC mobil.

Ciri Kompresor AC Mobil Sudah Bocor

kompresor ac mobil bocor

Setelah mengetahui penyebab diatas, ketahui juga ciri-ciri kompresor bocor. Ya, banyak sekali masalah AC mobil, namun belum tentu penyebabnya karena ada masalah pada kompresor AC mobil.

Biasanya, kompresor AC mobil bocor akan menyebabkan munculnya gejala-gejala seperti:

  • AC Mobil Jadi Kurang Dingin

    Sebenarnya banyak penyebab AC mobil kurang dingin. Misalnya freon berkurang, atau magnetic clutch tidak lagi berfungsi dengan baik.

    Lihat Juga: Fungsi Magnetic Clutch

    Tetapi bisa jadi kebocoran kompresor menyebabkan AC mobil kurang dingin. Biasanya gejala ini terjadi ketika kebocoran belum cukup besar.

  • Muncul Suara Berisik

    Kebocoran akan menyebabkan oli kompresor berkurang perlahan-lahan. Hal ini akan menyebabkan pelumasan di dalam kompresor menjadi berkurang. Hal ini juga akan secara otomatis menyebabkan munculnya gesekan yang menimbulkan bunyi-bunyi kasar.

    Ketika muncul suara berisik di dalam kompresor AC mobil, maka sebaiknya segera melakukan pengecheckan. Kemungkinan besar oli kompresor sudah berkurang. Jika dibiarkan, kompresor bisa jebol dan biaya servicenya akan sangat besar.

  • Kompresor AC Mobil Mogok / Tidak Bisa Nyala

    Kerusakan pada kompresor AC mobil akan menyebabkan kompresor mogok atau tidak bisa menyala. Jadi jika hal ini terjadi, anda patut curiga ada kerusakan dan kebocoran pada kompresor AC mobil.

    Namun untuk lebih memastikan ada tidaknya kebocoran, lakukan pemeriksaan secara mendetail. Karena bisa jadi penyebabnya adalah magnetic clutch rusak, atau fan belt putus.

Meskipun anda sudah mengalami gejala-gejala di atas, sebaiknya lakukan dahulu pengecheckan di bengkel. Mekanik spesialis AC mobil akan memeriksa secara mendetail penyebab masalah tersebut. Namun pastikan untuk datang ke bengkel AC mobil yang memang sudah reccomended sehingga hasil pengecheckannya memang dapat dipertanggungjawabkan.

Biasanya bengkel akan melakukan pemeriksaan tekanan high dan tekanan low pada kompresor AC mobil. Hasil pemeriksaan ini dapat membantu mencari tahu ada tidaknya masalah pada kompresor AC mobil.

Selain itu, kebocoran juga dapat dicari tahu dengan menggunakan leak tester. Alat ini dapat memeriksa ada tidaknya kebocoran dengan cepat dan mudah.

Solusi Mengatasi Kebocoran pada Kompresor AC Mobil

Jika sampai bocor, maka akan ada gejala seperti AC mobil kurang dingin, tidak dingin, atau bahkan tidak menyala sama sekali. Oleh sebab itu, kebocoran ini harus segera diatasi. Jangan biarkan anda dan segenap penumpang merasakan panas di dalam mobil.

Ada beberapa solusi yang bisa anda ambil, di antaranya adalah:

Menambal Kompresor AC Mobil yang Bocor

Jika tingkat kebocorannya kompresor ac mobil bocor masih kecil dan menurut mekanik bisa ditambal, maka kompresor bisa ditambal. Solusi ini cukup hemat. Namun bukan solusi paling efektif karena biasanya performa AC mobil akan turun jauh. AC mobil tidak lagi bisa dingin seperti semula.

Mengganti Baru

Jika kompresor ac mobil bocor dan kompresor memang sudah tidak bisa ditambal, atau jika anda ingin kompresor bisa berfungsi secara optimal, maka kebocoran bisa dilupakan. Anda bisa melakukan penggantian kompresor AC mobil. Namun tentunya solusi ini membutuhkan biaya yang cukup besar. Karena anda harus membeli kompresor baru dan harus membayar biasa bongkar pasang.

Jika anda ingin sedikit berhemat, anda bisa mencoba membeli kompresor bekas namun dengan performa masih baik (bagus). Agak sulit memang dalam mencarinya, namun banyak yang berhasil menemukannya kok.

Dokter Mobil

Dokter Mobil adalah bengkel AC mobil dengan pengalaman lebih dari 7 tahun di dunia otomotif. Khususnya AC mobil. Dengan mekanik handal dan proses pengerjaan menggunakan mesin-mesin canggih. Dapat menyelesaikan masalah AC mobil 6 kali lebih cepat dari bengkel lainnya. Masalah kompresor ac bocor dapat di  atasi dengan cepat.

Untuk anda yang membutuhkan service dan perawatan AC mobil, silahkan menghubungi cabang Dokter Mobil terdekat. Apapun masalah AC mobil anda, di Dokter Mobil pasti beres.

Demikianlah beberapa hal seputar masalah AC mobil yang disebabkan adanya kompresor AC mobil bocor dan bagaimana menanganinya. Semoga informasi ini sudah cukup lengkap untuk menjadi solusi terhadap semua masalah anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5638

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Solusi Permasalahan AC di Bengkel AC Terbaik untuk Mobil 
Tanda Kerusakan serta Apa Fungsi Stator pada Alternator
Dokter Mobil Pilihan Tepat Meningkatkan Kenyamanan Selama Berkendara
 Ini Rekomendasi Service AC Mobil di Bekasi: Buka Akhir Pekan, Masalah AC dan Keunggulan 
Permasalahan Mobil: Mesin Mobil Keluar Asap