New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Fungsi Fuel Pump

Fungsi Fuel Pump Pada Mobil Anda

Fungsi fuel pump adalah salah satu bagian yang sangat penting di dalam kendaraan bermotor seperti mobil ataupun sepeda motor. Komponen ini berfungsi untuk memompa bahan bakar yang terdapat di tangki supaya dapat bersirkulasi dengan baik sehingga menuju bagian mesin dan ruangan pembakaran bahan bakar. Pada akhirnya terjadi proses pembakaran yang membuat terjadinya tenaga yang mampu menghidupkan mesin mobil atau motor.

Beberapa pabrikan mobil sangat memperhatikan komponen ini. Suatu waktu pabrikan mobil seperti Mitsubishi yang memproduksi Xpander dan Toyota yang memproduksi Avanza terpaksa harus melakukan recall karena setelah diteliti fuel pump yang dipasang di mobil buatannya mempunyai resiko bermasalah di masa datang.

Fungsi Fuel Pump

Fungsi Fuel Pump

Setiap komponen di dalam kendaraan bermotor mempunyai fungsi tersendiri . Seperti fuel pump. Fuel pump yang terdapat pada mobil berfungsi sebagai pompa bahan bakar seperti bensin yang mempunyai peranan sangat penting dalam sistem kendaraan bermotor. Dengan komponen ini, bahan bakar pada mobil di dalam tangki bisa terus mengalir menuju ruangan pembakaran sehingga dapat menghasilkan tenaga untuk menggerakkan mobil.

Fuel pump atau diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia adalah pompa bahan bakar merupakan bagian dari sistem pembakaran di dalam mobil. Tanpa adanya komponen ini sebuah bahan bakar tidak dapat mengalir dari tangki ke ruangan pembakaran. Sehingga mobil tak dapat dinyalakan.

Macam Macam Fuel Pump

Fuel Pump yang terdapat pada setiap mobil berbeda-beda macam dan jenisnya. Berikut ini macam-macam fuel pump pada mobil, antara lain:

1.Fuel Pump Mekanis

Fuel Pump Mekanis umumnya terdapat di mesin diesel. Fuel pump jenis ini bekerja dengan baik menggunakan pergerakan mesin yang berputar berkait dengan sambungan belt pada silinder head.

2.Fuel Pump Elektrik

Fungsi fuel pump adalah pompa bahan bakar yang memakai sistem motor listrik yang menghasilkan arus listrik untuk dapat mengalirkan bahan bakar. Sehingga mesin mobil dapat bergerak. Untuk fuel pump elektrik terdiri dari sejumlah tipe. Ada tipe fuel pump elektrik model platina dan diafragma. Kemudian ada pula fuel pump elektrik tipe biasa yang umum terpasang pada mobil injeksi. Namun seiring dengan perkembangan jaman, penggunaan fuel pump elektrik model platina sangat jarang dipakai lagi sekarang ini.

Salah satu hal yang paling banyak ditanyakan orang  pemilik mobil adalah bagaimana jika fuel pump mengalami kerusakan? Jika bagian fuel pump mengalami rusak maka dampaknya adalah pasokan bahan bakar tak sampai mengalir dengan baik sehingga pengendara harus menyalakan mesin berkali-kali. Hal tersebut terjadi karena biasanya pada bagian fuel pump terjadi sumbatan karena kotoran. Kalau sumbatannya sangat besar tentu saja membuat pasokan bahan bakar akan tersendat dan tidak mengalir, pada akibatnya mobil akan mengalami mogok. Untuk mengatasi fuel pump yang rusak seperti ini caranya dengan membersihkan bagian fuel pump dari sumbatan dan kotoran.

Fungsi Fuel Pump

Setiap mobil umumnya sudah terpasang komponen fuel pump atau pompa bahan bakar bensin atau solar . Namun tak mesti selamanya sebuah mesin mobil harus menggunakan teknologi fuel pump. Ada beberapa mobil yang tak menggunakan teknologi  fuel pump dalam menyalurkan bahan bakarnya menuju mesin dan pembakaran. Tapi mereka mengandalkan menggunakan sistem bahan bakar yang mengalir dengan sendirinya lewat gaya gravitasi.

Fungsi fuel pump pada sepeda motor maupun mobil sangat sama yakni melakukan pemompaan terhadap bensin sebagai bahan bakar hingga mengalir ke dalam tangki. Yang kemudian dilanjutkan menuju area pembakaran dengan melakukan terjadinya proses pembakaran. Tanpa adanya fuel pump, bahan bakar yang berada di dalam tangki tak dapat tersirkulasi dengan baik. Aliran bahan bakar dapat menuju tangki disebabkan adanya fungsi komponen fuel pump.

Sistem yang dijalankan oleh fuel  pump berbeda-beda sesuai dengan teknologi yang diterapkan. Untuk mesin yang menggunakan karburator maka bensin dipompa ke semua bagian karburator. Sedangkan pada mesin menggunakan injeksi maka bensin sebagai bahan bakar dilakukan pemompaan sampai memasuki injektor.

Namun terkadang Fungsi fuel pump tidak dapat bekerja dengan baik.  Faktor penyebabnya sangat banyak. Salah satunya adalah fuel pump mengalami penyumbatan dikarenakan banyaknya kotoran di dalamnya. Ini mengakibatkan mobil sering mengalami mogok di jalan. Jika anda mendapatkan gejala-gejala fuel pump tidak berfungsi dengan baik dan sering mengalami mogok maka anda bisa memeriksakan mobil anda ke bengkel mobil terdekat. Seperti ke Dokter Mobil( doktermobil.com) akan membantu anda memperbaiki bagian fuel pump yang mengalami kerusakan sehingga mobil anda bisa kembali baik performanya seperti sedia kala.

Mengenal Fuel Pump, Kerusakan dan Fungsinya

Apa itu fuel pump ? fuel pump adalah salah satu bagian penting di dalam mobil yang berbentuk sebuah peralatan kecil yang berfungsi untukmelakukan pemompaan terhadap bahan bakar diesel atau bensin dari dalam tanki mobil untuk menuju ke bagian mesin mobil.

Namun dalam prakteknya, fuel pump pada mobil terkadang mengalami gangguan dan masalah kerusakan. Contohnya tersumbat saluran fuel pump yang mengakibatkan pasokan bahan bakar ke mesin terputus sama sekali. Adapun yang menjadi penyebab secara umum terputusnya pasokan bahan bakar bensin atau solar ke mesin mobil adalah tersumbatnya saluran fuel pump. Hal tersebut bisa dikarenakan oleh kotoran yang berasal dari kualitas bahan bakar yang tidak bagus di dalam tangki ataupun endapan kotoran dari tangki bahan bakar.

Gejala fuel pump yang rusak seperti tersumbat kotoran harus diketahui sejak dini supaya dapat ditangani secepat mungkin. Sebab kalau dibiarkan berlarut, mesin mobil bisa mengalami mati secara mendadak di jalan atau mogok. Sebenarnya dari sini, sudah dapat kita ketahui secara singkat gambaran fungsi fuel pump yakni sebagai perantara atau pengangkut bahan bakar dari tanki menuju ke mesin mobil.

Dibaca Juga: Mesin Mobil Mati Ketika Gas Dilepas ? Ini Dia Penyebabnya

Tanda-tanda yang paling umum dari sebuah mobil mengalami gangguan kerusakan pada bagian fuel pump adalah pada saat mobil dikendarai dan melaju di jalan maka mesin mobil seolah kosong atau mengeluarkan bunyi brebet walaupun telah diinjak secara kuat pada bagian pedal gas.

Dari penjelasan ini, jelas sekali bahwasanya sangat berbahaya bagi kendaraan mobil yang mengalami kerusakan pada fuel pump. Lalu apa saja yang mengakibatkan fuel pump menderita kerusakan dan bagaimana agar terhindar dari kerusakan fuel pump?

Berikut ini penyebab utama Fungsi fuel pump mengalami kerusakan, yaitu penggunaan bahan bakar yang memiliki kualitas yang rendah. Bahan bakar kualitas rendah akan lebih banyak kotoran dan endapan yang bisa menyumbat aliran bahan bakar pada saluran Fungsi fuel pump.

Kemudian perlu diperhatikan pula bahwa Fungsi fuel pump ada salah satu komponen yang terdapat di fuel pump yakni selenioid yang bertugas sebagai pengatur dalam sirkulasi bahan bakar. Komponen ini  bisa rusak dikarenakan penggunaan bahan bakar yang mempunyai kualitas rendah. Yang bisa membuat banyak endapan. Endapan yang berlebihan dapat merusak fuel pump hingga jebol.

Kemudian bahan bakar yang memiliki kualitas rendah akan lebih banyak kandungan air. Kandungan air yang terdapat pada bahan bakar berkualitas buruk dapat mengakibatkan kerusakan pada selenoid. Hingga akibatnya sirkulasi bahan bakar ke bagian mesin mobil tak lancar, boros bahan bakar dan lemot.  Pada akhirnya tidak bekerja secara baik dari fungsi fuel pump.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4123

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Daya Tarik Hyundai Palisade Terhadap Pecinta Mobil Indonesia
8 Alasan Anda Harus Menggunakan Produk Anti Limbung Mobil di Dokter Mobil
Ciri Kipas Radiator Lemah Yang Mulai Terjadi Pada Mobil Anda
Fungsi Master Silinder Kopling Pada Kendaraan Anda
Rekomendasi Service AC Mobil Surabaya Untuk Mobil Anda