📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Fungsi Pompa Bensin Mobil Berdasarkan Jenis Kendaraan

Fungsi pompa bensin mobil

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Pompa bensin atau dikenal juga dengan sebutan fuel pump merupakan salah satu komponen terpenting yang ada dalam mobil. Fungsi pompa bensin mobil yang utama yaitu sebagai alat bantu untuk memompa bensin kendaraan dengan bantuan mesin. Pompa bensin harus selalu dicek secara berkala agar kerusakan dapat langsung ditangani.

Hal tersebut dikarenakan, pompa bensin yang rusak akan membuat mobil tidak bisa melaju dengan sempurna dan dapat membahayakan penumpang juga. Dibawah ini merupakan informasi mengenai pompa bensin yang wajib diketahui oleh setiap orang agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan dan dapat merugikan.

Berbagai Fungsi Pompa Bensin Mobil Berdasarkan Jenis Kendaraan

Fungsi pompa bensin mobil

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fungsi pompa bensin mobil yakni sebagai ‘alat’ untuk memompa bensin kendaraan dengan bantuan mesin. Namun, bukan hanya itu saja, fungsi pompa bensin mobil ini juga dapat dikategorikan berdasarkan jenis kendaraannya. Berikut merupakan, penjelasannya!

  1.     Fungsi pompa bensin secara umum

Secara umum, fungsi pompa bensin mobil  dan berbagai kendaran bermotor lainnya yaitu, untuk memompa bahan bakar yang berasal dari tangki penyimpanan menuju mesin kendaraan. Bahan bakar atau bensin yang ada lama tangki penyimpanan tersebut akan dipompa menuju bagian ruang pembakaran.

Kemudian, di dalam ruang pembakaran tersebut, bahan bakar bensin akan berubah menjadi energy yang dapat membuat mesin dari kendaraan bermotor jadi menyala. Secara umum fungsi pompa bensin mobil ini sama, hanya saja proses pengaliran bahan bakar akan berbeda-beda sesuai dengan jenis kendaraan yang digunakannya.

  1.     Fungsi pompa bensin mobil untuk jenis mesin mobil karburator dan injeksi

Fungsi pompa bensin mobil jenis karburator. Pompa bensin ini memiliki fungsi untuk mengalirkan bahan bakar bensin menuju bagian karburator. Sedangkan, untuk mobil yang berjenis injeksi, pompa bensin ini berfungsi sebagai komponen yang bertugas untuk memompa bahan bakar bensin dari tangki menuju injektor.

Ciri-Ciri Pompa Bensin Mobil Mengalami Kerusakan

Setelah mengetahui berbagai fungsi pompa bensin mobil, selanjutnya kamu juga harus dapat mengenali ciri atau tanda-tanda terjadinya kerusakan pada bagian pompa bensin mobil. Dibawah ini merupakan cara untuk mengecek kondisi pompa bensin mobil dengan mudah.

  1. Mobil menjadi susah di-starter atau dinyalakan

Ciri pertama terjadinya kerusakan pada pompa mobil yaitu, mobil menjadi susah dinyalakan atau di-starter. Cara ini merupakan cara yang paling mudah dilakukan untuk mengecek kondisi pompa bensin. Meskipun mesin mobil akan tetap bisanya menyala, tetapi suara yang dikeluarkan mesin akan terdengar sangat berbeda. Sehingga dapat dipastikan terdapat masalah pada bagian pompa bensinnya.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  1. Bagian lampu indikator injeksi mobil berkedip-kedip

Ciri berikutnya yang menunjukan terdapat permasalahan pada fungsi pompa bensin mobil yaitu, bagian lampu indikator di dashboard menyala atau berkedip-kedip. Jika, pada lampu penanda check engine menyala maka, terjadi permasalahan di bagian pompa bensin yang menyebabkan bagian tersebut tidak dapat menyalurkan bahan bakar ke injector.

  1. Suara pada pompa menjadi lemah

Cara berikut ini juga merupakan cara yang termudah dalam mengecek kondisi pompa bensin yaitu, kamu hanya cukup mendengar suara yang dikeluarkannya saja. Jika saat kamu menyalakan mobil suara yang dikeluarkannya lebih lemah dari biasanya, maka itu berarti terdapat permasalahan yang terjadi pada bagian pompa bensin yang menyebabkan asupan bahan bakar tidak terpenuhi.

  1. Mesin mobil brebet

Selanjutnya, cara untuk mengecek kondisi fungsi pompa bensin mobil bermasalah atau tidak yaitu dengan mengecek kondisi mesin mobilnya, apakah brebet atau tidak. Mesin mobil yang brebet tersebut diakibatkan karena bagian pompa bensin tersumbat kotoran yang berasal dari tangki bensin karena kualitas dari bahan bakar yang buruk. Sehingga, mengakibatkan mesin terasa kosong.

  1. Bau bensin menyengat yang keluar dari knalpot

Ciri berikut ini merupakan ciri yang sangat mudah untuk dirasakan yaitu, bau mesin yang dikeluarkan oleh mobil melalui knalpot akan terasa lebih menyengat dibandingkan sebelumnya juga akan keluar asap. Adapun penyebab dari bau yang menyengat ini disebabkan oleh proses pembakaran yang dilakukan oleh mesin tidak sempurna.

Sebaiknya, kamu harus mulai lebih memperhatikan hal ini dari sekarang sebagai langkah awal dalam upaya untuk mengecek kondisi pompa bensin dengan cara yang cukup sederhana. Sehingga, jika terjadi kondisi yang janggal kamu dapat langsung memeriksakannya ke bengkel terpercaya agar kerusakan tidak semakin parah atau memburuk.

  1. Sekring pada pompa bensin gosong

Tanda terakhir yang menunjukan terjadinya kerusakan pada bagian pompa bensin yaitu, sekring pompa bensin yang gosong. Kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh bagian pompa bensin tersumbat oleh endapan kotoran dari bagian tangki. Sehingga kinerja sekering jadi lebih berat, dan pompa bensin jadi tidak normal atau mengalami kerusakan.

Yang Harus Dilakukan Ketika Terjadi Kerusakan Pada Pompa Bensin Mobil

Setelah mengetahui terkait informasi mengenai fungsi pompa bensin mobil dan beberapa ciri yang menunjukkan tanda-tanda kerusakan pada pompa mobil, berikutnya kamu juga harus mengetahui beberapa cara yang mesti dilakukan data terjadi kerusakan pada bagian pompa bensin. Adapun, cara-cara tersebut diantaranya.

  1.     Hubungkan fuel pump pressure gauge secara seri ketika mobil mati

Perlu diperhatikan, saat kamu hendak memperbaiki pompa bensin sebaiknya dalam keadaan pasokan bahan bakar bensin yang rendah. Pertama, kamu harus memastikan kondisi mobil dalam keadaan mati, lalu lepas kunci selang yang menghubungkan antara bagian injektor dan fuel.

Baca Juga : Inilah Fungsi Kunci Kontak Mobil Pada Kendaraan Anda

Setelah itu, kamu harus menghubungkan bagian fuel pump pressure gauge. Kemudian, susun bagian tersebut secara seri atau bisa juga dengan cara di bolak balik. Pastikan untuk menyusunnya secara tepat, lalu nyalakan mesinnya.

  1.     Periksa tekanan standby dan angka yang tertera

Cara selanjutnya yaitu, perhatikan tekanan standby dan angka yang tertera. Jika jarum menunjukan angka antara 2 atau 3 kpa, maka kondisi pompa mobil tersebut dapat dipastikan aman dan kamu tidak perlu khawatir.

Namun, jika jarum menunjukan angka pergerakan pada angka kisaran 100 atau 200 kpa, maka sudah dapat dipastikan bahwa kondisi pompa bensin mengalami permasalahan dan butuh diperiksa pada bengkel yang bagus.

  1.     Bawa mobil ke bengkel terpercaya

Terakhir, agar perbaikan dapat dilakukan secara maksimal sebaiknya kamu bawa mobil ke bengkel yang terpercaya. Pastikan juga untuk memilih bengkel yang berkualitas agar perbaikan kerusakan pompa bensin mobil kamu dapat ditangani secara tepat dan profesional oleh tenaga ahlinya.

Mobil harus di-service secara berkala agar tidak terjadi kerusakan terutama pada bagian pompa bensinnya. Bagi kamu yang hendak melakukan service mobil, pastikan untuk memilih bengkel berkualitas dan terpercaya.

Kamu bisa melakukan service mobil tersebut di bengkel seperti Dokter Mobil yang memberikan fasilitas free general checkup mobil (cek kondisi umum mobil gratis). Sudah menjadi salah satu pelayanan terbaik dari Dokter Mobil, agar para pemilik mobil merasa puas dengan hasilnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1124

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *