📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

5 Kerusakan yang Diakibatkan oleh Oli Mesin Mobil

kerusakan yang diakibatkan oleh oli mesin

Sebagai komponen vital yang berfungsi sebagai pelumas, menjaga suhu mesin tetap stabil, dan mencegah korosi, oli mesin memiliki peran krusial dalam memastikan kinerja dan umur panjang mesin.

Namun, penggunaan oli mesin yang tidak tepat atau keterlambatan dalam pergantian oli bisa menyebabkan sejumlah kerusakan serius yang tidak hanya merugikan secara finansial tetapi juga mengurangi efisiensi dan keamanan kendaraan.

Melalui salah satu konten Youtube reguler di kanal milik Dokter Mobil Indonesia, Ko Lung Lung menyampaikan beberapa kerusakan yang yang diakibatkan oleh oli mesin mobil.

Apa saja jenis kerusakannya? Berikut informasi lengkapnya untuk Anda!

Kerusakan yang Diakibatkan oleh Oli Mesin

Inilah 5 (lima) jenis kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh oli mesin mobil:

1. Engine Lock

Kerusakan yang dikenal sebagai “Engine Lock” sering kali menimbulkan kepanikan di kalangan pemilik kendaraan.

Jenis kerusakan ini terjadi ketika mesin mobil terkunci dan tidak bisa beroperasi karena adanya masalah dengan oli mesin.

Ko Lung Lung mengungkapkan bahwa kondisi seperti ini biasanya disebabkan oleh pemakaian oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi, atau karena oli tersebut sudah habis.

“Enginenya nge-gym itu karena olinya tidak sesuai dan olinya mungkin tidak ada, mungkin habis, mungkin menguap, mungkin lengket,” kata Ko Lung Lung.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hal ini menunjukkan pentingnya pemilihan oli mesin yang tepat dan pemeliharaan rutin untuk menghindari kerusakan parah pada mesin yang dapat menghambat fungsi kendaraan.

2. Overheat

Overheat adalah salah satu jenis kerusakan yang sering dihadapi oleh para pemilik mobil, terutama di wilayah beriklim tropis seperti Indonesia.

Menurut Ko Lung Lung masalah ini umumnya terjadi ketika oli mesin tidak berfungsi secara optimal dalam melumasi mesin.

“Overheat biasanya terjadi ketika si oli tidak melumasi dengan baik, mau tidak mau si oli itu juga menjadi sarana untuk mengeluarkan panas atau hitsevation,” jelas Ko Lung.

Lebih lanjut, Ko Lung Lung menambahkan bahwa oli yang berkualitas tinggi memiliki peran penting dalam sistem pendinginan mesin.

“Karena kalau misalkan olinya itu bagus, dia itu akan membantu mendinginkan cn-nya juga secara tidak langsung, makanya ada yang namanya oil cooler,” ujarnya.

Dengan adanya oil cooler, suhu oli dapat dipertahankan pada level yang lebih rendah, sehingga mengurangi penguapan dan memungkinkan mesin beroperasi dengan lebih optimal.

“Ketika mobil pakai mobil cooler olinya itu jauh lebih dingin, juga biasanya penguapannya jauh lebih rendan dan si engine berjalannya jauh lebih optimal,” tambahnya.

Ini menunjukkan betapa pentingnya memilih oli mesin yang tepat dan memastikan sistem pendinginan bekerja dengan baik untuk menghindari overheat yang dapat merusak mesin.

3. Klep Rusak

Kerusakan klep pada mesin kendaraan dapat menjadi masalah serius yang kerap diakibatkan oleh penggunaan oli mesin yang kurang tepat.

Menurut Ko Lung Lung,  kondisi oli yang berkerak bisa menimbulkan efek domino pada berbagai komponen mesin.

“Beberapa waktu lalu, ada kasus di mana ketika mobil itu berkerak masuk kita tune up alias kita karbon cleaningnya di silinder head, itu biasanya karbon-karbon yang di silindernya itu ketika hilang biasanya sih dia ngebul putih nih karena kenapa, kadang-kadang keraknya menutupi silinderliner supaya tidak bocor ketika keraknya itu kita bersihkan dia biasanya tembus nih si oli-olinya,” ungkap Ko Lung Lung mengenai pengalaman kerjanya.

Kerusakan tersebut, meskipun tampak sederhana, bisa menunjukkan adanya masalah yang lebih dalam pada mesin.

“Nah tapi ya nggak ada masalah, balik lagi karena itu kan disebabkan karena si keraknya itu sudah terjadi ya dan itu sudah lecet, itu kan hal yang susah untuk diketahui,” tambahnya.

Penting untuk menjaga kondisi oli mesin agar tetap bersih dan bebas dari kerak.

“Jadi, yang penting jangan sampai oli lu itu berkerak, karena ketika oli lu itu berkerak, biasanya sih udah ada problem lain-lainnya,” tegas Ko Lung Lung.

Perawatan yang baik dan pemilihan oli yang tepat adalah kunci utama untuk menghindari kerusakan seperti klep rusak ini.

4. Boros BBM

Boros bahan bakar merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pemilik kendaraan. Masalah ini bisa terjadi karena berbagai faktor, salah satunya adalah kondisi oli mesin yang tidak optimal.

Ko Lung Lung menjelaskan bahwa salah satu penyebab dari boros bahan bakar adalah kompresi mesin yang tidak sesuai standar.

“Misalnya nih ketika kompresi lu tidak sesuai, biasanya tenaga lu drop nah ketika tenaga lu drop ya lalu sebagai yang nyetir biasanya injek gas lebih dalam itu yang bikin boros,” ujar Ko Lung Lung.

Kondisi ini memaksa pengemudi untuk menginjak pedal gas lebih dalam agar mendapatkan tenaga yang dibutuhkan, yang pada akhirnya meningkatkan konsumsi bahan bakar.

Penanganan masalah ini tidak hanya melibatkan penggantian oli mesin, tapi juga pengecekan komprehensif terhadap sistem kompresi dan performa mesin secara keseluruhan.

Dengan perawatan yang tepat dan rutin, masalah boros bahan bakar dapat diminimalisir, sehingga efisiensi kendaraan dapat terjaga.

5. Mesin Jebol

Kerusakan mesin kendaraan bermotor, seperti “mesin jebol”, sering kali diakibatkan oleh pemilihan oli mesin yang kurang tepat.

Menurut Ko Lung Lung, kualitas oli mesin memiliki peran penting dalam menjaga performa dan keawetan mesin. Melalui konten di kanal Youtube Dokter Mobil tersebut Ko Lung Lung menekankan pentingnya membeli oli dari sumber yang terpercaya.

“Jadi, intinya sih gini lu beli oli belilah di tempat yang lu percaya ya kan,” ujarnya.

Dia juga menambahkan bahwa setiap merek oli pasti telah melalui riset yang mendalam.

“Yang pengen gua kasih tahu merk apapun olinya nggak mungkin nggak bagus kan gitu kan mereka udah pasti meriset gitu kan,” kata Ko Lung Lung.

Lebih lanjut lagi, Ko Lung Lung menjelaskan bahwa perbedaan harga oli seringkali mencerminkan kualitas aditif dan jenis base oil yang digunakan.

“Cuman memang ada harga ada barang, makanya kan kenapa ada oli yang biasa ada oli yang luar biasa gitu kan, sebenarnya sih perbedaannya di adiktif dan di jenis base oil-nya gitu loh,” paparnya.

Memilih oli yang tepat bukan hanya tentang merek, tetapi juga memahami kebutuhan spesifik mesin kendaraan Anda.

Baca Juga: Hal yang Wajib Diketahui sebelum Remap ECU Mobil

Jangan Tunggu Mobil Rusak! Periksa di Dokter Mobil Sekarang!

Menunda servis mobil dapat membawa konsekuensi yang besar. Kerusakan kecil yang dibiarkan tanpa penanganan dapat berkembang menjadi masalah yang lebih serius dan mahal.

Oleh karena itu, penting untuk memeriksakan mobil Anda secara berkala, bahkan jika Anda tidak merasakan adanya masalah.

Dokter Mobil, bengkel terpercaya di Indonesia, menawarkan layanan general check up secara GRATIS.

Layanan ini memungkinkan Anda untuk mendeteksi potensi masalah pada mobil Anda sedini mungkin, sebelum masalah tersebut berkembang menjadi lebih besar dan mahal untuk diperbaiki.

General check up di Dokter Mobil mencakup pemeriksaan menyeluruh terhadap berbagai komponen penting mobil Anda, seperti:

  • Mesin
  • Rem
  • Ban
  • Suspensi
  • Kelistrikan
  • Aki
  • Oli
  • Filter
  • Dan masih banyak lagi

Dengan general check up, Anda dapat mencegah kerusakan yang lebih besar dan mahal, meningkatkan performa dan efisiensi bahan bakar mobil Anda, memperpanjang usia pakai mobil Anda, serta mengemudi dengan lebih tenang dan aman

Jangan tunggu mobil Anda rusak! Segera bawa mobil Anda ke Dokter Mobil untuk general check up GRATIS dan rasakan manfaatnya.

Reservasikan kedatangan Anda melalui link berikut ini!

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!