📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Ternyata Ini 5 Jenis Masalah Mobil yang Sering Kena Macet

Ternyata Ini 5 Jenis Masalah Mobil yang Sering Kena Macet

Macet adalah salah satu masalah yang kerap dihadapi oleh pengendara mobil di kota besar. Kemacetan lalu lintas dapat menyebabkan banyak masalah bagi mobil, mulai dari kerusakan mesin hingga masalah kelistrikan.

Dalam artikel ini, kita akan membahas 5 jenis masalah mobil yang sering kena macet, serta memberikan beberapa tips untuk menjaga mobil tetap prima meski sering terjebak macet.

Jenis-jenis Masalah Mobil yang Sering Kena Macet

Beberapa kawasan daerah di Indonesia seringkali ruas jalannya mengalami kemacetan parah, salah satunya di waktu jam berangkat dan pulang kantor di Jabodetabek.

Selain itu, di momen-momen tertentu – seperti masa mudik Idul Fitri – juga kerap kali muncul masalah macet ini.

Ternyata, macet juga berdampak buruk pada kondisi mobil, lho. Berikut ini adalah masalah mobil yang sering kena macet agar Anda bisa waspada terhadap kondisi mobil kesayangan Anda.

  1. Overheat

Terjebak dalam lalu lintas yang padat dapat menyebabkan mobil menjadi panas berlebihan dan mesin menjadi overheat.

Overheat dapat terjadi ketika mesin mobil terlalu panas dan tidak mampu mendinginkan dirinya sendiri.

Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kondisi pendingin yang buruk, air radiator yang berkurang, atau terlalu banyak beban pada mesin.

Overheat dapat menyebabkan kerusakan serius pada mesin, seperti retak atau pecahnya kepala silinder, sehingga memerlukan biaya perbaikan yang mahal.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Selalu periksa kondisi pendingin dan radiator mobil secara teratur. Pastikan juga agar kondisi air radiator selalu terjaga dengan baik, dan jangan lupa untuk memeriksa keberadaan pendingin udara atau kipas pendingin mobil.

  1. Kerusakan pada Sistem Pendingin

Kemacetan lalu lintas dapat menyebabkan sistem pendingin mobil menjadi tidak efektif, terutama jika mobil berhenti dalam waktu yang lama.

Ini dapat menyebabkan mesin mobil menjadi overheat dan merusak komponen penting lainnya. Sistem pendingin yang tidak berfungsi dengan baik dapat mengakibatkan mesin mobil menjadi panas berlebihan dan berdampak pada kinerja mesin yang buruk.

Kerusakan pada sistem pendingin dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti air radiator yang berkurang, kebocoran pada pipa atau selang air, atau kerusakan pada termostat.

Pastikan agar sistem pendingin mobil selalu dalam kondisi baik dengan rutin melakukan pemeriksaan dan penggantian air radiator secara teratur.

Jangan lupa untuk memeriksa keberadaan pipa atau selang air, serta melakukan penggantian termostat jika diperlukan.

  1. Kerusakan pada Sistem Kelistrikan

Mobil yang sering terkena macet lalu lintas dapat mengalami masalah pada sistem kelistrikan, terutama jika lampu-lampu mobil sering dinyalakan dalam waktu yang lama.

Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada baterai mobil dan generator, serta berdampak pada sistem pengisian listrik dan sistem penyalaan mobil.

Kerusakan pada sistem kelistrikan dapat mengakibatkan mobil sulit dihidupkan atau bahkan mati total.

Periksa kondisi baterai mobil secara teratur dan pastikan untuk mengganti baterai yang sudah habis masa pakainya.

Selain itu, jangan biarkan lampu-lampu mobil menyala dalam waktu yang lama dan pastikan untuk mematikan semua perangkat listrik yang tidak digunakan.

  1. Kerusakan pada Sistem Transmisi

Berhenti dan berjalan dalam kemacetan dapat membebani sistem transmisi mobil dan menyebabkan kerusakan pada komponen-komponen seperti kopling dan transmisi otomatis.

Hal ini dapat mengakibatkan mobil sulit dioperasikan dan berdampak pada kinerja mesin yang buruk. Kerusakan pada sistem transmisi juga dapat disebabkan oleh penggunaan oli yang salah atau penggunaan yang terlalu lama.

Selalu periksa kondisi oli transmisi secara teratur dan pastikan untuk menggantinya sesuai dengan rekomendasi pabrik mobil.

Selain itu, jangan gunakan kopling secara berlebihan dan pastikan untuk mengganti kopling yang sudah habis masa pakainya.

Baca Juga: 6 Gejala Transmisi Mobil Matic Bermasalah

  1. Berkurangnya Performa Bahan Bakar

Mobil yang terjebak dalam kemacetan lalu lintas akan menghabiskan bahan bakar lebih banyak, dan konsumsi bahan bakar menjadi tidak efisien.

Hal ini dapat berdampak pada kinerja mesin mobil dan dapat menyebabkan kerusakan pada sistem bahan bakar.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh banyak faktor, seperti penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai atau mesin yang tidak teratur.

Pastikan agar mesin mobil selalu dalam kondisi baik dengan rutin melakukan tune up Jet Clean di Dokter Mobil. Selain itu, gunakan bahan bakar berkualitas baik dan sesuai dengan rekomendasi pabrik mobil. Jangan lupa untuk melakukan penggantian filter bahan bakar secara teratur.

Tips Mobil Selalu Prima Meski Sering Terjebak Macet

Selain itu, ada beberapa tips tambahan yang dapat membantu menjaga kondisi mobil tetap prima, di antaranya:

  • Jangan biarkan mesin mobil terlalu lama hidup dalam kondisi diam. Matikan mesin mobil jika Anda berhenti lebih dari 10 menit untuk menghemat bahan bakar dan mencegah mesin mobil overheat.
  • Pastikan untuk memeriksa kondisi ban mobil secara teratur, terutama jika Anda sering terjebak dalam kemacetan lalu lintas. Ban yang sudah aus dapat mengurangi kinerja mobil dan meningkatkan risiko kecelakaan.
  • Lakukan perawatan rutin pada sistem rem mobil, terutama jika Anda sering terjebak dalam kemacetan. Rem mobil yang tidak berfungsi dengan baik dapat meningkatkan risiko kecelakaan dan merusak komponen penting lainnya.
  • Pastikan untuk menggunakan oli dan bahan bakar yang sesuai dengan rekomendasi pabrik mobil. Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai atau oli yang salah dapat menyebabkan kerusakan pada mesin mobil.
  • Jangan biarkan mobil terlalu lama terkena sinar matahari langsung. Sinar matahari dapat merusak kualitas kain dan permukaan interior mobil, dan juga dapat meningkatkan suhu dalam mobil yang berpotensi menyebabkan overheat.
  • Pastikan untuk membersihkan mobil secara teratur, terutama jika Anda sering terjebak dalam kemacetan lalu lintas. Debu dan kotoran yang menempel pada permukaan mobil dapat merusak cat mobil dan menyebabkan korosi.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form