📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Jenis dan Penyebab Kerusakan pada Mesin Mobil

penyebab kerusakan pada mesin mobil

Diketahui mobil memiliki banyak sistem dan mekanisme yang tentunya memberikan kenyamanan bagi pengendaranya. Ketika sebuah mobil mengalami masalah, itu akan mempengaruhi semua sistem tenaga mobil di jalan.

Masalah mobil bisa membuat Anda frustrasi dan memakan waktu. Akhirnya karena tidak ingin tahu penyebab kerusakan pada mesin mobil, keputusan untuk membawanya langsung ke bengkel menjadi sebuah keputusan yang tepat, meski biaya yang harus dikeluarkan tidak sedikit untuk memperbaikinya.

Padahal, memahami dasar-dasar komponen dan perbaikan teknis adalah suatu keharusan untuk mengetahui penyebab kerusakan pada mesin mobil.

Jadi jika Anda mengalami masalah, Anda dapat mencoba memperbaikinya sendiri terlebih dahulu. Namun jika tidak memungkinkan, mobil bisa langsung dibawa ke bengkel terdekat untuk diperbaiki.

Bagi Anda yang belum mengetahui apa saja masalah umum mobil, Anda bisa menyimaknya pada uraian di bawah ini. Berikut  tanda serta penyebab kerusakan pada mesin mobil yang umum dijumpai.

Tanda dan Penyebab Kerusakan pada Mesin Mobil

penyebab kerusakan pada mesin mobil

Mesin Sering Hidup dan Mati Tidak Jelas

Apakah mesin mobil Anda tiba-tiba mati setelah Anda menyalakannya? Masalah ini sering terjadi pada pengendara mobil.

Penyebab kerusakan pada mesin mobil  ini terjadi karena beberapa komponen mesin yang mengalami kerusakan. Misalnya, baterai (aki), kabel alternator, atau terminal baterai longgar, rusak, atau putus.

Selain itu, masalah pengapian yang terjadi di mesin juga menyebabkan keterlambatan perintah yang dikirim dari pengapian kepada bagian mesin.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Percikan dari mesin menunjukkan adanya komponen yang salah didalam mesin mobil dan ini juga salah satu penyebab kerusakan pada mesin mobil

Tenaga Mesin yang Melemah

Penyebab kerusakan pada mesin mobil  yang terjadi pada mobil adalah mesin yang melemah.

Jika kinerja mesin mobil Anda berbeda dari biasanya, itu berarti komponen di dalam mesin mengalami kerusakan.

Sampai timing belt atau filter bahan bakar macet atau pengatur tekanan bahan bakar rusak.

Jika Anda memiliki masalah dengan regulator, filter bahan bakar atau pompa bahan bakar, segera bawa mobil Anda ke bengkel terdekat dan penyebab kerusakan pada mesin mobil dapat segera diketahui.

Saya bisa memperbaikinya sendiri jika saya tahu cara memperbaikinya. Namun, perbaikan bengkel jauh lebih disarankan.

  Terutama ketika suku cadang perlu diganti agar pemasangan lebih presisi dan kokoh.

Mesin Mobil Sulit Dinyalakan saat Dingin

Tak heran jika mobil Anda mengalami kesulitan saat start di pagi hari. Terdapat tiga alasan untuk ini: Seringkali sulit untuk menghidupkan mobil saat mesin dingin.

Ini disebabkan oleh arus atau tegangan baterai (aki) yang tidak mencukupi. Sehingga mesin tidak bekerja maksimal.

Penyebab kerusakan pada mesin mobil  adalah terminal aki yang longgar, kotor, atau berkarat juga dapat mempersulit Anda untuk menghidupkan kendaraan.

Oleh karena itu, bersihkan baterai dan kontak secara teratur untuk mencegah kotoran menumpuk.

Celah antara busi dan poros busi mengurangi kompresi mesin. Bisa juga disebabkan oleh fuel regulator yang rusak, yaitu hilang komponen yang menghubungkan autostarter dengan mesin saat mobil distarter.

Mesin Mobil Sulit Dinyalakan saat Panas

Penyebab poin 2 adalah kebalikan dari poin 1. Mesin mobil otomatis memanas secara otomatis dengan penggunaan terus menerus, terutama saat perjalanan jauh.

Dalam penggunaan dan kurangnya waktu istirahat juga menjadi alasan mengapa mesin memanas dan menjadi penyebab kerusakan pada mesin mobil

Efek paling serius dari penggunaan terus menerus adalah mesin mobil yang terlalu panas. Ada sebuah mobil yang mogok di tengah jalan saat mesin mobil tersebut berjalan sangat panas dan penyebab kerusakan pada mesin mobil.

Salah satu komponen mesin juga rusak. Artinya hubungan antara starter dan mesin tidak optimal.

Lampu Indikator yang Terus Menyala

Lampu indikator digunakan sebagai panduan dalam menunjuk jalan. Lampu ini biasanya hanya akan menyala ketika perintah diberikan.

Lampu ini kemudian akan padam. Jika Lampu Periksa Engine kendaraan Anda terus menyala tanpa perintah, mungkin karena oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi jenis kendaraan Anda.

Selain itu, hal ini juga terjadi karena ukuran volume oli tidak memenuhi rekomendasi pabrikan dan teknisi mobil. Jadi gunakan jenis oli asli yang keluar dari mobil Anda. Jika suatu saat oli habis maka sebaiknya oli diganti dengan oli baru.

AC Mobil yang Kurang Dingin

Apalagi saat matahari terik, kerusakan AC sangat merepotkan. Dampak kerusakan pada AC yaitu kipas angin yang tidak dingin.

Bahkan dengan A/C maksimal, sering kali terasa panas di dalam mobil. Pendingin udara tidak dingin biasanya disebabkan oleh katup, kondensor, dan evaporator yang kotor.

Penumpukan kotoran pada evaporator menghambat sirkulasi udara di dalam kabin dan menjadi penyebab kerusakan pada mesin mobil.

Oleh karena itu, filter kabin harus dibersihkan secara rutin. Misalnya, setiap enam bulan sekali. Pembersihan secara teratur juga dipercaya dapat memperpanjang umur AC mobil. Jadi Anda tidak perlu bolak-balik mengganti AC Anda setiap tahun.

Mesin yang Menggelitik

Mesin yang menggelitik juga penyebab kerusakan pada mesin mobil  biasanya terjadi saat pengendara ingin berakselerasi di tanjakan.

Sebenarnya baik-baik saja jika Anda ingin menerobos jalan yang menanjak, tetapi Anda membutuhkan pendekatan yang tepat. Jika Anda membuat kesalahan dalam prosedur, sabuk bergigi (timing belt) akan terbakar.

Ketukan dan gelitik mesin juga sering menjadi keluhan pemilik mobil, terutama saat mencoba meningkatkan laju akselerasi atau meratakan jalan menanjak.

Ada beberapa faktor kunci untuk ini, termasuk spesifikasi bahan bakar yang tidak tepat, tingkat bahan bakar yang tidak mencukupi, dan peringkat oktan penelitian (RON) yang menyebabkan waktu pengapian tidak akurat.

Ada penyebab lain, seperti masalah injektor atau karburator mobil, terlalu jauhnya jarak antara kepala dan sumbu busi, kevakuman karburator, throttle body, intake manifold, dan kebocoran selang.

Tidak hanya faktor kecepatan mesin, penyebab kerusakan pada mesin mobil  juga dapat disebabkan oleh:

  • Spesifikasi bahan bakar tidak sesuai untuk jenis kendaraan. Misal BBM mobil harus Pertamax, tapi dengan Premium.
  • Tingkatan Research Octane Number (RON) yang tidak terdapat kecocokan

Kondisi Kabin yang Kotor

Penyebab utama kabin kotor jarang dibersihkan. Seperti yang Anda ketahui, partikel debu dan kotoran sangat kecil. Menembus bahkan retakan kecil yang juga menjadi penyebab kerusakan pada mesin mobil.

Ketika bagian dalam mobil menjadi kotor, debu dan kotoran yang menempel akan otomatis masuk ke AC mobil. Alhasil, ada AC yang tidak dingin.

Juga, jika kabin kotor, akan sulit untuk membersihkan kabin. Jika Anda tidak ingin mobil Anda terlihat buruk, pertimbangkan untuk mengganti aksesori kabin.

Baca Juga: Cara Merawat Kabin Mobil Tetap Bersih, Bikin Berkendara Jadi Lebih Nyaman

Suara Mesin Berisik/Kasar

Ketika bagian dalam mobil menjadi kotor, debu dan kotoran yang menempel akan otomatis masuk ke AC mobil. Alhasil, ada AC yang tidak dingin.

Juga, jika kabin kotor, akan sulit untuk membersihkan kabin. Jika Anda tidak ingin mobil Anda terlihat buruk, pertimbangkan untuk mengganti aksesori kabin agar terhindar dari penyebab kerusakan pada mesin mobil  .

Mesin Tersendak Setiap Kali Gas Diinjak

Masalah ini biasanya terjadi pada mobil tua atau mobil yang sudah berusia di atas 5 tahun. Jika mobil Anda sudah tua, penting untuk memperbarui komponen mesin. Bagian-bagian yang dapat menyebabkan mesin mati antara lain:

  • Busi yang sudah aus dan berkarat serta kotor
  • Jarak busi yang renggang dan aliran listrik ke bagian mesin yang kurang optimal
  • Terdapat bagian seperti karburator, throttle body, aki, dan selang vacuum yang mengalami mampet dikarenakan kotor atau bisa juga karena terdapat kebocoran.
  • Injektor mobil tersumbat karena terdapat debu serta kotoran yang menumpuk

Cara Mengatasi Penyebab Kerusakan pada Mesin Mobil

Beberapa orang mungkin merasa lelah untuk menyervis mobil mereka di garasi karena jadwal mereka yang sibuk. Meskipun ini tidak baik untuk mobil Anda.

Tidak hanya menurunkan performa mobil Anda, hal ini dapat dengan cepat menyebabkan mesin mobil Anda mati jika tidak mendapatkan servis tepat waktu.

Dan tentu saja, jika rusak, Anda harus mengeluarkan lebih banyak uang untuk memperbaikinya.

Inilah masalah umum yang menyebabkan mobil mogok. Sebelum itu terjadi, mengapa tidak mulai merawat mobil Anda?

Bawa mobil Anda ke Dokter Mobil yang telah dikenal sebagai bengkel mobil berkualitas dengan layanan perawatan profesional.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Mending Beli Mobil Bekas atau LCGC Baru

Mending Beli Mobil Bekas atau LCGC Baru?

Membeli mobil menjadi salah satu kebutuhan bagi banyak orang untuk memenuhi aktivitas harian, baik untuk bekerja, belanja, atau hanya sekadar berkendara. Namun, ketika memutuskan untuk

Links

‼️ PROMO SERVICE AC 149RB (CUCI AC + TAMBAH FREON)

https://www.doktermobil.com/r/promo-149

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!