📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Tips Nyaman Mengemudi Mobil di Cuaca Panas

tips mengemudi mobil di cuaca panas

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Mengemudi mobil di cuaca panas memang menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi para pengemudi. Terlebih lagi beberapa pada beberapa waktu lalu, cuaca memang terasa sangat panas. Hal ini tentunya sangat menggangu jika kita memiliki sebuah pekerjaan yang memang mengharuskan kita untuk berkendara di siang hari. Dengan cuaca yang sangat panas ini, bukan hanya bisa menggangu pengemudi dan juga penumpang tetapi juga bisa mengalihkan fokus mereka.

Belum lagi jika berkendara di siang hari dengan cuaca yang sangat panas menyengat. Selain bisa membuat beban tambahan untuk pengemudi mobil, juga bisa berdampak pada mobil itu sendiri. Untuk mengatasi tantangan tersebut, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menambah kenyamanan Anda saat mengemudi. Berikut adalah beberapa tips untuk tetap nyaman pada saat mengemudi mobil di cuaca panas.

Tips Mengemudi Mobil di Cuaca Panas

tips mengemudi mobil di cuaca panas

Pastikan untuk Tetap Terhidrasi pada saat Mengemudi Mobil di Cuaca Panas

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk menjaga kenyamanan pada saat mengemudi mobil di cuaca panas adalah dengan tetap terhidrasi. Menjaga cairan tubuh jelas menjadi hal yang sangat penting terutama pada saat cuaca yang panas. Sering kali saat berada di bawah terik matahari, kita sering merasa kehausan. Untuk itu, untuk menjaga agar tubuh Anda tidak kehilangan banyak cairan pada saat berkendara di bawah terik matahari.

Pastikan untuk selalu menyediakan cukup air dan meminumnya dengan cukup agar tetap terhidrasi. Hal ini dikarenakan, kehilangan cairan tubuh dalam jumlah yang banyak jelas bukanlah hal yang baik. Banyak penelitian yang mengatakan bahwa kekurangan cairan tubuh bisa menggangu fungsi kognitif dari seseorang. Bahkan tak jarang terdapat kasus orang meninggal yang disebabkan karena dehidrasi yang parah.

Sehingga untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti itu, terlebih jika Anda harus mengemudikan sebuh mobil. Anda harus tetap memastikan tubuh Anda terhindar agar tetap fokus. Karena jika Anda tidak fokus dan kehilangan konsentrasi karena dehidrasi, hal itu bukan hanya akan membahayakan untuk keselamatan Anda. Tetapi, hal ini juga bisa membahayakan untuk penumpang dan juga pengendara lain.

Pentingnya Cairan Tubuh saat Mengemudi Mobil di Cuaca Panas

Tetap menjaga agar tubuh terhidrasi jelas menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan. Tetapi sayangnya, tidak semua orang perhatian dan juga peka terhadap hal tersebut. Masih banyak orang yang menyepelekan tentang pentingnya menjaga tubuh agar terhidrasi di saat mengemudi mobil di cuaca panas. Banyak pengendara mobil yang kehilangan cairan tubuh sampai dengan 2% dari tubuhnya dan baru merasa haus.

Padahal menurut sebuah penelitian, ada sebuah hubungan yang jelas terkait dengan suhu panas di siang hari yang menyebabkan dehidrasi untuk para pengemudi dengan tingkat konsentrasi mereka yang menurun. Pada sebuah data, mereka juga membuktikan jika banyak sekali keputusan teknik yang terhambat pada saat seseorang mengalami dehidrasi. Dimana pada saat seseorang mengemudi mobil di cuaca panas yang kemudian membuat temperatur dari badannya meningkat. Hal ini akan bisa menimbulkan efek yang sangat jelas terhadap tingkat konsentrasi untuk membuat sebuah keputusan, sampai dengan koordinasi mata dan juga tangan.

Dan hal inilah yang kemudian menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas. Karena tingkat konsentrasi yang menurun dikarenakan dehidrasi, pengemudi akan cenderung kehilangan fokusnya. Hal ini jelas sangat berbahaya bagi banyak orang. Sehingga untuk mengatasinya, Anda perlu sering berhenti untuk minum dan memastikan tubuh terhidrasi dengan baik.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Memiliki Bahan Pakaian yang Sesuai untuk Kenyamanan Mengemudi Mobil di Cuaca Panas

Selain dengan hal yang pertama, terkait dengan memastikan jika tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Hal selanjutnya yang bisa berpengaruh terhadap kenyamanan pada saat mengemudi mobil di cuaca panas adalah dengan menggunakan pakaian dengan bahan yang pas. Maksudnya adalah, Anda harus bisa memilih pakaian yang sekiranya bahannya bisa cocok untuk digunakan mengemudi di siang hari. Karena pakaian juga menjadi salah satu faktor yang bisa mempengaruhi kenyamanan.

Sebagai contohnya adalah untuk tidak menggunakan pakaian dengan bahan kulit pada saat berkendara di siang hari yang terik. Pakaian dengan bahan dasar kulit memang memiliki tingkat keamanan yang lebih terjamin jika digunakan berkendara. Tetapi bahan ini juga akan bisa membuat suhu tubuh Anda meningkatkan dengan cepat. Sehingga sangat tidak cocok jika harus digunakan untuk berkendara di siang hari yang panas.

Untuk itu, Anda perlu memiliki pakaian yang sekiranya mampu mengalirkan udara dengan baik. Dengan pakaian dengan bahan ringan yang bisa mengalirkan udara denga baik, maka Anda bisa merasakan lebih nyaman saat mengemudi mobil di cuaca panas. Selain dengan itu, Anda juga bisa menggunakan sebuah pakaian yang sedikit lebih longgar seperti T-shirt. Pakaian dengan bahan dasar katun juga akan cocok karena bisa menyerap keringat dengan sangat baik.

Memastikan Jika Sistem AC Mobil Bekerja dengan Baik

AC jelas menjadi bagian paling penting pada saat mengemudi mobil di cuaca panas. Hal ini karena dengan adanya AC, kondisi panas di dalam mobil akan bisa sedikit lebih teratasi. AC mobil yang memang berfungsi sebagai pendingin mobil jelas sangat dibutuhkan pada saat cuaca sedang terik. Sehingga sebelum berkendara di cuaca yang sangat panas dan juga terik di siang hari, mematikan kondisi AC mobil bekerja jelas menjadi hal penting.

Anda harus sering melakukan pengecekan terhadap AC Mobil sebelum Anda berkendara. Hal ini tentunya berguna untuk memberikan kenyamanan pada Anda saat harus mengemudi mobil di cuaca panas. Karena jika AC mobil mengalami kendala dan bahkan rusak, jelas hal tersebut bukan menjadi hal yang menyenangkan. Anda bisa membayangkan sendiri betapa menyebalkannya jika harus berkendara di siang hari yang panas tanpa adanya pendingin.

Baca Juga: Solusi Kondensor AC Mobil Rusak yang Wajib Anda Ketahui!

Memanfaatkan Jendela Mobil Selain AC Jika Cuaca Panas

Selain dengan sistem AC yang perlu dipastikan untuk kenyamanan pada saat mengemudi mobil di cuaca panas. Anda juga bisa menggunakan jendela mobil sebagai alternatif lain untuk mengurangi hawa panas. Terkadang, menggunakan AC mobil secara berlebihan juga bukan hal yang baik. Selain bisa membuat bensin menjadi lebih boros, penggunaan AC berlebihan bisa berdampak pada aki mobil.

Untuk itu, Anda bisa menggunakan jendela mobil sebagai alternatif lainnya. Pada saat cuaca panas yang terik, Anda bisa membuka sedikit kaca jendela mobil Anda agar udara dari luar masum. Dengan begitu, maka mobil juga bisa menjadi lebih dingin karena adanya angin alami dan udara juga bisa tersirkukasi dengan baik. Ditambah lagi, dengan begitu Anda juga bisa lebih hemat bahan bakar.

Rutin Melakukan Servis AC Mobil di Dokter Mobil

Untuk memberikan kenyamanan pada saat mengemudi mobil di cuaca panas AC jelas menjadi hal yang penting. Karena itu, menjaga AC agar tetap bekerja dengan baik juga perlu dilakukan. Hal yang perlu dilakukan untuk menjaga AC agar tetap baik adalah dengan rutin melakukan servis AC mobil. Salah satu tempat servis yang terpercaya dan ahli di bidang AC Mobil adalah Dokter Mobil.

Seluruh proses pengerjaan di Dokter Mobil menggunakan peralatan berteknologi canggih serta ditangani oleh teknisi yang ahli dan mumpuni, sehingga layanan servis AC di Dokter Mobil minim risiko dan kualitas mutunya terjamin tuntaskan permasalahan pada AC mobil akurat hingga ke akar permasalahannya.

Tentu jika ac dingin, langkah pertama nya adalah harus di check terlebih dahulu, apakah cukup dibersihkan ac mobilnya, atau ada faktor lain. Dokter mobil melayani service ac dengan standar bengkel ISO 9001:2015. Datang sekarang, untuk lakukan General Checkup Mobil GRATIS. Konsultasi gratis ke CS kami sekarang.
Hal pertama yang akan dilakukan adalah melakukan GENERAL CHECKUP. Kemudian akan dijelaskan kendala, dan tindakan terbaik yang perlu dilakukan. Setelah itu akan dilakukan beberapa tahap lanjutan, salah satunya pembersihan evaporator, kondensor, dan flushing. Semua menggunakan teknologi mutakhir dengan standar bengkel internasional ISO 9001:2015. Konsultasi gratis ke CS kami sekarang.
Semua akan terlihat jika anda melakukan GENERAL CHECKUP MOBIL di Dokter Mobil. Mengenai pertanyaan ini, anda harus mulai mengecek Ruang Bakar Mesin Mobil. Lebih jelasnya, konsultasikan gratis ke CS kami.
Dokter Mobil menggunakan metode Karbon Clean dalam melakukan pengecekan Ruang Bakar Mesin Mobil. Sehingga anda tidak perlu khawatir lagi. Semua bisa dan datang ke Dokter Mobil PASTI BERES ! Konsultasi gratis ke CS kami sekarang.

Untuk nikmati layanan servis AC mobil kesayangan Anda, lakukan reservasi di Dokter Mobil sekarang (klik di sini) atau hubungi via WhatsApp untuk dapatkan informasi seputar layanan-layanan yang ada di Dokter Mobil hingga diskon-diskon menarik yang ditawarkan. Anda juga bisa langsung kunjungi cabang Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 7362

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *