New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Perawatan Salon Mobil

Jenis-jenis Perawatan Salon Mobil Untuk Kendaraan Kesayangan!

Ternyata bukan cuma manusia yang membutuhkan perawatan di salon, kendaraan seperti mobil yang sering Anda pake untuk berpergian pun perlu di bawa ke perawatan salon mobill.

Ada beberapa perawatan salon mobil yang bisa Anda manfaatkan agar mobil tetap terlihat cantik, harum, dan nyaman digunakan.

Tentang Perawatan Salon Mobil

Perawatan Salon Mobil

Mungkin sebagian dari Anda akan berpikir bahwa perawatan salon mobil itu terkesan berlebihan dan membuang-buang uang untuk hal yang tidak berguna. Tapi coba Anda pikir-pikir lagi apakah benar merawat kendaraan kesayangan Anda adalah hal yang tidak berguna?

Mobil Anda adalah aset yang setiap hari nilainya akan terus mengurang, perawatan merupakan bagian dari menjaga nilai tersebut agar tetap tinggi jika nanti akan dijual kembali. Anda juga yang selalu memakai kendaraan untuk kegiatan dan aktifitas penting yang bukan hanya melibatkan Anda sendiri tapi mungkin orang lain juga sebagai penumpangnya.

Bayangkan saja jika mobil Anda kurang bersih atau tidak terawat, pasti akan berpengaruh pada reputasi Anda. Namun dibandingkan dengan itu semua, kenyamanan Anda dan keluarga adalah yang terpenting.

Sebenarnya perawatan mobil bisa Anda lakukan sendiri di rumah, dengan mengandalkan alat dan fasilitas yang tersedia. Namun masalahnya adalah hasil yang akan diperoleh tentu kurang maksimal, belum lagi waktu yang Anda miliki cukup terbatas untuk sekedar melakukan perawatan besar pada mobil.

Untuk itulah dalam artikel ini sangat direkomendasikan untuk menggunakan jasa perawatan di salon mobil untuk penampilan interior dan eksterior yang menarik.

Jenis-jenis Perawatan Salon Mobil

Ada beberapa jenis perawatan salon mobil yang bisa Anda manfaatkan untuk memperoleh hasil terbaik dan memuaskan. Mulai dari pembersihan dan pencucian mobil, detailing, hingga coating, dan lain sebagainya. Lebih lengkapnya akan dijelaskan di bawah ini.

Cleaning

Pelayanan yang pertama kali saat Anda membawa kendaraan kesayangan pada perawatan di salon mobil adalah cleaning. Cleaning adalah layanan untuk membersihkan semua bagian mobil, seperti interio, eksterior, dan bagian mesin. Beberapa cara atau layanan yang digunakan adalah cuci mobil biasa, snow wash, dry wash dan masih banyak lagi.

Pencucian mobil harus dilakukan dengan hati-hati karena bisa beresiko, apalagi jika melakukan cuci mesin, ada beberapa tempat sensitif yang jika air masuk ke ruang udara maka otomatis akan sampai ke ruang pembakaran  yang nantinya akan menimbulkan masalah pada mesin mobil Anda. Satu tambahan lagi yang perlu Anda ketahui tentang melakukan cuci mobil, jika salah cara atau penggunaan alat dan air yang tidak tepat, maka akan menimbulkan karatan.

Membawa mobil ke perawatan salon mobil merupakan bagian dari usaha untuk menghindari berbagai resiko di atas.

Detailing

Teknik detailing berfungsi untuk mempercantik dan memperbagus tampilan mobil Anda.

Biasanya di salon mobil akan menerapakan polish atau poles dan waxing. Hal ini bertujuan untuk memperbaiki cat yang sudah kusam dengan cara melakukan pengikisan lapisan cat. Pemolesa tidak boleh dilakukan secara sering karena bisa membuat mobil jadi lebih tipis.

Sementara waxing merupakan perawatan dan perlindungan untuk cat mobil. Pelayanan ini menjaga permukaan cat mobil Anda dari serangan jamur tanda air, bercak noda, bart halus, dan, lain sebagainya.

Jika warna cat mobil Anda sudah memudar, maka dengan melakukan waxing bisa mengembalikan kecerahan catnya dan jadi lebih berkilau. Anda tidak perlu khawatir karena di salon mobil profesional sudah menggunakan mesin canggih untuk mengaplikasikan wax ke seluruh bodi mobil.

Coating

Setelah melakukan pemolesan  dan waxing, selanjutnya ialah memanfaatkan layanan coating juga. Jenis coating yang bisa digunakan, yaitu nano coating dan ceramic coating.

  • Nano Coating

Nano coating adalah salah satu cara  untuk melakukan pelapisan bodi mobil dengan cairan khusus berukuran nano. Tujuannnya adalah agar dapat melindungi cat mobil dari oksidasi dan paparan zat kimia lainnya.

  • Ceramic Coating

Sedangkan ceramic coating akan memberikan proteksi yang maksimal dengan cara memberikan pelapisan di permukaan cat mobil menggunakan cairan yang memiliki kandungan keramik khusus.

Dibandingkan dengan nano coating, ceramic coating memiliki perlindungan yang lebih baik.

Oh iya, kelebihan dari ceramic coating ini juga membuat air hujan jadi lebih mudah mengalir seperti air pada daun talas.

Fogging

Bagi Anda yang ingin memperoleh perawatan interior yang lebih wangi dan segar, maka solusinya adalah fogging. Fogging adal proses penguapan yang dilakukan ke dalam interior mobil sehingga semua bau bau yang menyengat di mobil bisa hilang dan kembali harum.

Sebelum melakukan fogging, mobil aka dibersihkan terlebih dahulu agar kotoran-kotoran yang ada tidak bercampur dengan penguapan dari proses fogging. Biasanya setelah melakukan fogging, mobil akan dinyalakan agar Hembusan AC mobil membantu adanya sirkulasi udara.

Selain wangi dan segar, bakteri-bakteri yang ada di kabin juga bisa musnah seketika.

Fumigator

Fumigator adalah cara yang digunakan untuk membasmi serangga-serangga yang sembunyi di dalam kabin mobil. Mungkin kadang Anda sering makan di dalam mobil dan ada sisa-sisa makan yang tertinggal, atau juga membuka pintu dan jendela mobil terlalu lama yang mengakibatkan masuknya serangga-serangga. Dengan melakukan fumigator maka mobil Anda akan terbebas dari seangga-serangga tersebut.

Nah itulah beberapa pelayanan yang bisa Anda dapatkan dari perawatan salon mobil. Namun Anda perlu ketahui juga bahwa perawatan salon mobil bukanlah satu-satunya perawatan terhadap mobil yang harus Anda lakukan. Ada banyak tindakan dan perawatan yang bisa di optimalkan agar mobil jadi lebih awet dan nyaman digunakan sepanjang hari untuk waktu yang lama.

Baca Juga : Informasi Terbaru Bengkel Mobil Terdekat di Kota Anda!

Perawatan Mobil Secara Menyeluruh

Penting sekali melakukan perawatan mobil secara menyeluruh untuk mencari tahu apakah ada masalah pada koponen-komponen mobil dan perlu tidak untuk diperbaiki? Mobil yang bagus dari tampilan luar saja tidaklah cukup, harus juga di berikan perawatan secara mendalam demi kenyamanan dan keamanan Anda dan keluarga tercinta.

Anda bisa membawa mobil ke bengkel mobil terdekat untuk melakukan general chek-up terlebih dahulu. Ini berguna agar Anda bisa tahu secara detail masalah yang dialami mobil, setelah itu barulah Anda bisa meminta jasa perawatan mobil untuk mengambil tindakan.

Untuk menemukan bengkel mobil yang tepat, Anda bisa mengunjungi langsung bengkel Dokter Mobil yang juga menyediakan layanan general chek-up secara gratis dan meminta teknisis untuk melakukan perbaikan.

Selain gratis layanan general chek-up, aa juga berbagai layanan yang harganya lebih murah dibanding bengkel resmi, namun kualitasnya bersaing. Dokter mobil adalah jasa bengkel mobil specialist Tune-up dan AC yang memiliki 19 cabang yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia. Teknisi yang berpengalaman dan handal telah dilatih untuk memberikan service mobil terbaik sesuai kebutuhan Anda, alat yang digunakan juga adalah peralatan canggih untuk memudah proses pengerjaan yang lebih cepat dengan hasil maksimal.

Hubungi sekarang!
Costumer Service Rangga : +62 813-9860-1800

Semoga artikel dan pembahasan tentang perawatan salon mobil ini bermanfaat untuk Anda semua, sampai jumpa lagi di permbahasan selanjutnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 48562

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!
Tanda Oli Mobil Kurang Dan Manfaat Mengganti Oli Mobil Anda!
Service Ac Mobil Secara Rutin! Ini Alasan Dan Manfaatnya