📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

AC Mobil Tidak Keluar Angin Sama Sekali? Periksa Komponen Ini!

ac mobil tidak keluar angin

AC mobil tidak keluar angin sama sekali ini menjadi salah satu ciri bahwa sistem komponen AC mobil Anda mengalami masalah cukup serius. Sebab, masalah tersebut tidak berkaitan dengan penyebab AC mobil tidak dingin.Melainkan ada komponen-komponen yang bermasalah ataupun rusak.

Sehingga, Anda perlu mencari penyebab AC mobil ini tidak mengeluarkan angin sama sekali. Meskipun, saklar AC telah Anda hidupkan dan menggunakan blower AC nomor 1 hingga nomor 3. Maka dari itu, kenali terlebih dahulu beberapa penyebab mengapa AC mobil Anda tidak mengeluarkan angin sama sekali.

Penyebab AC Mobil Tidak Keluar Angin Sama Sekali

Ada beberapa penyebab mengapa AC mobil Anda ini tidak mengeluarkan angin. Sebab, terdapat dua jenis kendala AC mobil yang tidak mengeluarkan angin ini. Yakni, AC mobil tidak dingin sama sekali sejak AC dihidupkan atau AC tidak dingin sama sekali sesaat AC mobil dihidupkan.

 Untuk itu, ini dia beberapa penyebab mengapa AC mobil tidak keluar angin yang perlu Anda ketahui. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

AC Mobil Tidak Mengeluarkan Angin Sejak Saklar Blower AC Dihidupkan

  1. Kerusakan Di Bagian Resistor Blower AC Mobil

Apabila AC mobil Anda tidak mengeluarkan angin sejak saklar blower AC ini dihidupkan. Maka, penyebabnya ada pada resistor blower AC mobil.  Bisanya, resistor blower AC tersebut ada bagian kabel yang putus atau justru resistor blower AC mobil Anda rusak.

Kerusakan tersebut mengakibatkan terputusnya aliran listrik dari panel AC ke saklar blower. Akibatnya, uap dingin dari evaporator ke blower AC mobil ini mengalami gangguan. Sehingga, blower AC mobil tidak dapat menyalurkan udara dingin dari evaporator.

AC Mobil Tidak Mengeluarkan Angin Setelah Saklar AC Mobil Dinyalakan

  1. Kotornya Komponen Evaporator

Kotornya evaporator ini menjadi salah satu penyebab mengapa angin AC mobil tidak keluar. Sebab, angin AC mobil ini terhambat oleh debu dan kotoran yang terdapat pada komponen evaporator.

Alhasil, AC mobil tidak mengeluarkan angin setelah blower AC dinyalakan. Sehingga, pengemudi merasa kurang nyaman apabila AC mobil tidak mengeluarkan angin dan menyebabkan kabin mobil terasa panas.

Bagian yang seringkali terasa sangat panas adalah bagian belakang mobil karena udara AC mobil tidak sampai ke bagian belakang mobil.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

  1. Kerusakan Pada Katup Expansi

Komponen katup expansi merupakan salah satu komponen penting AC mobil. Sebab, katup expansi (expansion valve) merupakan komponen yang mengubah cairan freon dari saringan filter ke bentuk gas uap dingin. Uap dingin inilah yang nantinya ditampung oleh evaporator guna disalurkan ke blower AC mobil Anda.

Baca Juga : Ganti Oli Mobil

Apabila komponen katup expansi ini mengalami kerusakan. Maka, cairan freon pun tidak bisa diubah menjadi gas. Akibatnya, AC mobil tidak dapat mengeluarkan angin setelah saklar blower AC dinyalakan.

Cara Mengatasi Masalah AC Mobil Tidak Mengeluarkan Angin

Apabila Anda telah mengetahui sumber masalah dari AC mobil yang tidak mengeluarkan angin. Maka, Anda perlu tahu pula bagaimana cara mengatasi masalah tersebut. Sehingga, AC mobil Anda dapat kembali digunakan. Untuk itu, inilah beberapa cara mengatasi masalah AC mobil tidak keluar angin. Diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  1. Membongkar Bagian Blower AC Mobil

Apabila masalah AC mobil tidak dingin sejak blower AC dihidupkan. Maka, Anda dapat membongkar bagian blower AC. Cek bagian resistor blower tersebut. Pastikan bahwa tidak ada kabel yang terputus. Apabila ada kabel yang terputus. Maka, Anda dapat mengganti resistor blower AC mobil di bengkel mobil terdekat.

  1. Membersihkan Evaporator

Apabila masalah angin AC mobil sempat keluar dan kemudian lama kelamaan tidak keluar angin sama sekali ini disebabkan oleh kotornya evaporator. Untuk itu, Anda perlu membersihkan komponen evaporator terlebih dahulu. Anda dapat ke bengkel terdekat untuk membersihkan komponen penampung gas uap dingin AC mobil ini.

  1. Memperbaiki Katup Expansi

Selain disebabkan oleh kotoran evaporator. Masalah tersebut juga disebabkan oleh rusaknya katup expansi. Untuk itu, Anda perlu membawa ke bengkel terdekat guna mengganti katup expansi.

Masalah AC mobil tidak mengeluarkan angin ini menjadi salah satu ciri dari adanya kerusakan yang cukup parah pada komponen AC mobil. Sebab, tidak keluarnya angin AC mobil ini dapat menyebabkan kabin mobil terasa panas. Untuk itu, Anda perlu mengetahui penyebab dan solusi AC mobil tidak keluar angin dingin.

Kerusakan AC Mobil Tidak Mengeluarkan Angin

Berikut cara mengetahui apakah kerusakan pada AC mobil yang tidak mengeluarkan angin sama sekali tergolong serius atau tidak:

1. Periksa Sekering AC:

  • Periksa apakah sekring AC putus atau tidak.
  • Sekering AC yang putus dapat menyebabkan AC tidak menyala sama sekali.

2. Periksa Relay AC:

  • Periksa apakah relay AC masih berfungsi dengan baik.
  • Relay AC yang rusak dapat menyebabkan AC tidak menyala sama sekali.

3. Periksa Kompresor AC:

  • Periksa apakah kompresor AC berputar dengan baik.
  • Kompresor AC yang tidak berputar dapat menyebabkan AC tidak mengeluarkan angin.

4. Periksa Tekanan Freon:

  • Periksa tekanan freon pada sistem AC.
  • Tekanan freon yang rendah atau tinggi dapat menyebabkan AC tidak mengeluarkan angin.

Jika kerusakan AC mobil terletak pada sekring, relay, atau kompresor, maka kerusakan tersebut tergolong ringan dan mudah diperbaiki.

Namun, jika kerusakan AC mobil terletak pada tekanan freon, maka kerusakan tersebut tergolong serius dan membutuhkan pemeriksaan dan perbaikan yang lebih mendalam.

Perbedaan Perbaikan AC Mobil

Terdapat perbedaan dalam proses perbaikan antara kasus AC mobil yang tidak mengeluarkan angin sama sekali sejak blower dihidupkan dengan kasus AC mobil yang anginnya berhenti setelah beberapa saat:

Kasus 1: AC Mobil Tidak Mengeluarkan Angin Sejak Blower Dihidupkan

  • Periksa sekring, relay, dan kompresor AC.
  • Jika terdapat kerusakan pada salah satu komponen tersebut, lakukan perbaikan atau penggantian.
  • Isi ulang freon jika tekanan freon rendah atau tinggi.

Kasus 2: AC Mobil Mengeluarkan Angin Sejenak Lalu Berhenti

  • Periksa filter AC, evaporator AC, dan expansion valve.
  • Filter AC yang kotor, evaporator AC yang tersumbat, atau expansion valve yang rusak dapat menyebabkan AC tidak mengeluarkan angin setelah beberapa saat.
  • Lakukan pembersihan atau penggantian komponen yang rusak.

Tanda-tanda Kerusakan Katup Expansi

Berikut tanda-tanda lain yang dapat menunjukkan kerusakan pada katup expansi selain AC mobil tidak mengeluarkan angin sama sekali setelah blower dihidupkan:

  • Angin AC tidak dingin.
  • Terdengar suara mendesis dari evaporator AC.
  • Evaporator AC membeku.
  • Tekanan freon pada sistem AC tidak stabil.

Jika Anda mengalami salah satu tanda-tanda di atas, sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel AC terpercaya untuk diperiksa dan diperbaiki.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/