New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
turbo mobil bensin

Apa Saja Keuntungan Turbo Mobil Bensin Atau Turbocharger

Memasang turbo mobil bensin bukanlah tindakan yang wajib dilakukan. Namun bisa menjadi pertimbangan lain untuk torsi. Jika Anda berpikiran untuk menambah torsi mesin, bila tune up sudah tidak bisa mendongkrak performa maka cara lainnya adalah memasang turbo mobil bensin. Cara pemasangan turbo mobil bensin dilakukan dengan mengambil dari prinsip kerja dari mesin diesel yaitu turbocharger. Turbocharger memang sedang populer di kalangan pemilik mobil berbahan bakar bensin, karena dikenal bisa menaikkan tenaga mobil bensin itu sendiri.

Namun jangan salah, Pemasangan yang tidak profesional dan tidak sesuai prosedur justru akan berakibat fatal. Apalagi jika turbocharger yang dipasang tidak sesuai dengan kapasitas mesin, bukannya membuat tarikan lebih responsif, malah membuat tarikan jadi lemot. Oleh sebab itu, perlu ditanyakan dulu ke ahlinya yaitu Dokter Mobil.

Dokter Mobil punya banyak teknisi berpengalaman. Jadi, Anda gak perlu bingung dan khawatir, pengin pasang turbocharger tapi mobilnya bensin. Makanya konsul dulu sama teknisi Dokter Mobil. Hebatnya lagi Dokter Mobil akan mengarahkan Anda untuk memilih parts yang sesuai dengan budget dompet, jadi Anda tidak akan merasa tertipu. Tentunya suku cadang yang dipasangkan ke mobil Anda akan ada masa garansinya. Jadi masih ada waktu jika Anda ingin menggantinya atau merasa tidak cocok.

4 Keuntungan dari Turbo Mobil Bensin

service dinamo starter mobil

 

Nah, Ada beberapa keuntungan kalau Anda memasang turbo mobil bensin. Tentunya, jika turbo yang dipasangkan tidak mengalami kendala atau masalah pada sistem firing atau pembakaran utama dan dipasang oleh teknisi Dokter Mobil. Beberapa keuntungannya yaitu :

  1. Meningkatkan Performa dan Tenaga Mesin

Turbo mobil bensin yang dipasangkan pada mobil otomatis akan meningkatkan performa dan tenaga mesin. Hal ini bisa terjadi karena cara kerja dari turbocharger itu sendiri, dimana udara yang tersedot akan dimampatkan dan dipaksa untuk ikut terbakar pada ruang kompresi bakar. Sehingga kondisi ini membuat masuknya udara pada intake manifold lebih banyak dan menghasilkan peningkatan performa mesin dan tenaga mesin itu sendiri.

  1. Meningkatkan Nilai Efisiensi Bahan Bakar

Turbo mobil bensin juga bisa meningkatkan nilai efisiensi dari bahan bakar itu sendiri. Karena udara yang dimampatkan dan dipaksa masuk itu akan ikut masuk ke ruang bakar, dengan begitu suplai bahan bakar dan udara sama-sama banyak. Sehingga dengan kata lain, udara dan bahan bakar yang bertekanan tinggi ini akan menghasilkan nilai output kebutuhan kalori lebih sedikit sehingga lebih ekonomis. Misalnya jika mobil Anda sekalian sebelum menggunakan turbocharger menghabiskan 13 kilometer per liter, maka dengan menggunakan turbocharger Anda otmotif bisa menghemat 15 kilometer per liter.

Pada dunia otomotif perbensinan, angka 15 sampai 17 kilometer per liter merupakan angka yang cukup fantastis ,. Karena secara praktikal atau secara perhitungan di jalanan, angka ini adalah angka yang paling benar bisa diperoleh di jalanan dalam kota. Sedangkan in paper claim yang sering digadang-gadangkan oleh pabrikan tidak terbukti ketika di jalanan. Jadi, angka 15 atau 17 kilometer per liter, merupakan rekor yang baru.

  1. Lebih Ramah Lingkungan

Turbo mobil bensin yang dipasangkan pada mobil  juga akan membantu menekan tingkat gas buang dan polusi udara. Memang yang terdengar pada kalangan bensin-ers mengatakan bahwa mesin mobil dengan kecepatan tinggi (baca: menggunakan turbo) memiliki anggapan lebih banyak negatif daripada positifnya. Namun, jangan salah sangka ya. Kenyataanya di lapangan berbeda dengan apa yang orang lain katakan. Justru, penggunaan turbocharger itu sendiri membantu mengurangi emisi yang berbahaya.

  1. Mobil Menjadi Lebih Irit

Keiritan dari turbo mobil bensin boleh dipertanyakan kok. Namun, pada dasarnya turbocharger ini dapat mengirit bahan bakar ssebesar 30% dan pengujian ini dilakukan pada tahun 2018 awal. Jika mobil bensin yang tidak dipasangi turbocharger dapat menghasilkan 15 kilometer per liter dengan dipasangkan turbocharger maka akan menghemat 30% bahan bakar sehingga lebih irit sebanyak 4 kilometer per liter jadi totalan yang bisa diberikan adalah 19 kilometer per liter. Ini merupakan angka yang cukup fantastis yang bisa diraih oleh mesin berkapasitas bensin. Tentunya jika variabel yang sudah saya sebut sebelumnya berhasil dilakukan, yaitu pemasangan dilakukan dengan teknisi  berpengalaman seperti Dokter Mobil dan kedua, pemasangan turbo benar-benar sesuai dengan kapasitas mesin itu sendiri.

Lalu bagaimana kalau Anda memasang turbo namun tidak dilakukan oleh tenaga ahli langsung dan kira-kira apa dampak buruk yang ditemui. Pertama yang paling jelas akan terasa adalah bukannya tambah irit tapi lebih boros. Turbocharger yang dipasang asal-asalan akan membuat kalori intake pada mesin terbuang hal ini karena udara yang masuk ke dalam intake manifold tidak bisa dikompresi menjadi tekanan tinggi sehingga perbandingan antara udara dan bensin, akan memakan bensin lebih banyak (baca perbandingan 1:2). Sehingga pembakaran tidak stabil dan menghasilkan gas buang yang justru melewati emisi karbon yang berbahaya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Mobil Injeksi Brebet

Paling terlihat adalah bau bensin yang sangat menyengat. Selain boros bahan bakar, efek lain dari pemasangan turbo mesin bensin yang tidak sesuai prosedur adalah membengkaknya biaya perbaikan. Hal ini bisa diakibatkan karena cepat atau lambat turbocharger yang tidak sesuai dengan kapasitas mesin ini akan merusak beberapa komponen mesin, seperti piston, kruk as dan pulley.

Dokter Mobil Adalah Bengkel Paling Tepat

Kesimpulannya, turbo mobil bensin memang dapat menambah tenaga dan membuat irit bahan bakar, jika penggunaannya dan pemakaiannya disesuaikan dengan kapasitas mesin mobil itu sendiri. Selain itu, untuk mendapatkan keempat keuntungan diatas tentunya,  harus memiliki tenaga ahli profesional di bidangnya, seperti di Dokter Mobil. Hal ini tentunya akan berkaitan dengan dompet  sekalian. Memang harga turbocharger atau supercharger tidak terlalu mahal, tapi jangan salah kalau pemasangannya tidak tepat malah akan mengocek dalam-dalam kantung  sekalian, . Jadi kapan Anda datang ke Dokter Mobil?

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!