New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
cara membersihkan mesin mobil yang kotor

Wajib Tahu, Cara Membersihkan Mesin Mobil yang Kotor

Cara membersihkan mesin mobil yang kotor ada berbagai jenis dan bervariasi. Tapi tahukah Anda cara paling efektif membersihkan mesin? Cara paling efektif untuk membersihkan mobil dengan memanaskan mesin mobil Anda terlebih dahulu. Jika kondisi mobil Anda dingin ada baiknya dipanaskan terlebih dahulu 15 menit sampai 30 menit. Namun, untuk cara bersihkan mesin mobil yang kotor setelah mesin dipanaskan jangan langsung Anda siram air ya. Justru dibuka lebih dulu kap mesinnya dan dianginkan sekitar 5-10 menit. Setelah itu ikuti cara berikut ini.

5 Cara Membersihkan Mesin Mobil Yang kotor

Bersihkan Mesin Mobil

  • Degreaser

Untuk cara bersihkan mesin mobil yang kotor yaitu semprotkan degreaser terlebih dulu pada sebagian mobil atau keseluruhan ya. Karena hal ini akan membantu untuk meluruhkan kerak membandel dan pecahan aspal yang sering menempel terutama pada bagian mesin bagian bawah. Tunggu sebentar kisar 2-3 menit agar cairan degreaser dapat bekerja sempurna setelah itu  bisa membilasnya dengan air mengalir.

Jika noda masih tetap membandel lap dulu sampai tidak ada air lagi menggunakan kanebo lalu setelahnya semprotkan degreaser lagi nih, tapi kali ini Anda jangan langsung bilas pakai air. Direkomendasikan sih memang untuk noda membandel agak lebih lama dari 3 menit Anda, kisaran waktu yang diperkirakan bisa 5-7 menit.

  • Usap dengan Kuas dan Sikat

Nah, cara membersihkan mesin mobil yang kotor bagian kedua kalau sekiranya Anda sudah memberikan atau meyemprotkan larutan degreaser dan menunggu sampai minimal 7 menit, saatnya  sekalian mengeluarkan jurus andalan yaitu dengan melaukan pembersihan menggunakan sikat berbulu tebal dan kuas dengan ujung yang bervariasi.

Saya sarankan sih menggunakan kuas yang memiliki ujung lancip dan ujung lebar. Tentunya bukan tanpa sebab ya, tapi dengan menggunakan kuas ujung lancip bisa membersihkan bagian yang tidak bisa dijangkau menggunakan sikat. Sedangkan kuas yang berujung lebar fungsinya untuk membersihkan bagian mesin yang lebar. Jadi Anda, tidak perlu susah dan repot untuk membersihkan bagian mesin yang lebar dengan skiat yang jangkauannya lebih kecil dibanding kuas tadi.

  • Bersihkan sampai Tuntas

Setelah Anda yakin betul meratakan semua bagian degreaser atau cairan khusus pembersih mesin. Tahapan atau cara membersihkan mesin mobil yang kotor berikutnya adalah menyemprotkan dengan air mengalir atau jika Anda memiliki jet steamer bisa sekalian semprotkan dengan tekanan rendah. Mengapa harus tekanan rendah tidak boleh tekanan tinggi? Hal ini dikarenakan cara bersihkan mesin mobil yang kotor dengan jet steamer jika tekanannya tinggi, bisa memungkinkan air masuk ke dalam celah melalui gasket yang sekiranya ada celah masuk.

Baca Juga : Penyebab Mobil Nyendat Nyendat

Jika hal ini terjadi maka bisa mempengaruhi ketika mesin dihidupkan, dimana oli bekerja melumasi mesin dan bisa saja oli tercampur dengan air bilas cucian mesin tadi. Sehingga saya sangat sarankan menggunakan air dengan tekanan rendah.

  • Keringkan Mesin Mobil

Tahap berikutnya cara membersihkan mesin mobil yang kotor adalah dengan mengeringkan mesin mobil menggunakan kanebo atau lap microfiber. Pada bagian ini Anda HARUS mengeringkan dengan benar. Untuk daya serap terhadap air yang lebih bagus gunakan lap chamois atau yang kita sebut dengan kanebo. Gunakan kanebo yang bersih, ya. Jangan gunakan lap kanebo bekas, tentunya agar kondisi mesin tetap kinclong tidak baret-baret.

  • Panaskan Mesin Kembali 

Cara bersihkan mesin mobil kotor yang terakhir adalah setelah Anda otmotif sangat yakin bahwa sudah tidak ada water spot lagi yang mengelilingi mesin mobil.  dapat memanaskan mesin mobil selama 10 menit sampai 15 menit. Namun sebelum itu Anda dapat menutup kap mobil. Fungsinya adalah untuk mempercepat proses pengeringan menggunakan sumber panas dari mesin itu sendiri. Namun, jika Anda memilih untuk tidak dipanaskan bisa juga, namun waktu yang dibutuhkan lebih lama dibandingkan dengan dipanaskan.

Cara membersihkan mesin mobil yang kotor lebih mudah dengan alat-alat yang sederhana dan seadanya, bukan? Jadi, tidak akan punya alasan lagi, bahwa mencuci mobil itu ribet ya. Jangan lupa untuk ke Dokter Mobil ya Anda, karena di Dokter Mobil sedang ada promo besar-besaran lho menyambut natal dan tahun baru. Oleh sebab itu, ayo ke Dokter Mobil sekarang.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!