New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
mobil susah hidup

Mobil susah hidup di pagi hari? Segera cek komponen ini

Pernahkah Anda mengalami mobil susah hidup terutama di pagi hari?. Jika iya apa yang pertama kali Anda lakukan? Apapun itu, tentunya Anda harus tahu bahwa mobil susah hidup bukan karena masalah aki soak, Anda. Bisa saja karena masalah lain. Oleh sebab itu, saya sebagai penulis yang baik sudah merangkumkan beberapa penyebab mobil susah hidup. Kita simak bersama yuk.

Cek Komponen ini Apabila Mobil Susah Hidup di Pagi Hari

penyebab mobil nyendat nyendat

  1. Cek Busi dan Koilnya

Busi dan koil merupakan komponen yang tidak bisa dikesampingkan. Hal ini dikarenakan busi dan koil sama-sama bekerja untuk menghasilkan percikan api untuk kebutuhan pembakaran bahan bakar dan udara yang terkompresi. Busi yang kotor bisa menjadi penghambat terciptanya bunga api, sehingga mobil susah hidup.

Oleh sebab itu, harus sering-sering melakukan pengecekan terhadap busi. Cara mengecek busi kotor atau tidak dengan mengetahui dari warnanya. Jika warna busi merah atau abu-abu maka pembakarannya bekerja dengan sempurna dan tidak ada kendala. Jika warna hitam pekat maka businya kotor.

    • Busi Kotor

Cara membersihkan busi yang kotor juga cukup mudah. cukup menyemprotkan busi yang kotor dengan bensin sembari disikat menggunakan sikat kawat. Jika dirasa sudah bersih Anda bisa mengeringkannya dengan kompresor dan menaruh busi kembali. Namun hal yang perlu Anda perhatikan ya, untuk membersihkan busi pastikan bahwa kondisi mesin mobil dalam keadaan dingin dan tidak panas.

    • Busi Sudah Tidak Berfungsi 

Selain karena busi kotor, penyebab mobil susah hidup bisa karena kondisi busi yang sudah mati. Hal ini bisa  cek dengan cara menyalakan mesin mobil, lalu mencabut salah satu kabel busi secara bergantian. Jika RPM mobil naik maka tandanya busi berjalan normal. Namun, jika saat kabel busi dicabut dan RPM tidak naik maka dapat dipastikan busi mati. Solusinya adalah ganti baru.

    • Koil Bermasalah

Tahap berikutnya adalah cek koil. Sama halnya dengan busi, koil juga perlu dicek. Koil sendiri fungsinya selain sebagai penerus pembakaran, juga berfungsi untuk menyalakan mesin mobil. Jika koil rusak maka dapat menyebabkan mobil susah hidup. Cara mengecek koil cukup mudah , namun perlu  ketahui, ada baiknya membawa satu buah busi yang masih gress. Fungsinya sebagai penanda apakah koil mesin masih bagus atau perlu diganti.

Cara mengecek koil adalah pertama lepaskan semua soket injektor. Kedua gunakan kunci 10 untuk membuka seluruh koil. Ketiga, lepas koil mobil namun jangan dilepas kabel koilnya. Keempat, pasang busi gress tadi ke koil yang sudah dilepas. Kemudian, pegang bagian belakang koil dan tempelkan badan busi ke bagian badan mesin untuk mendapatkan grounding. Setelah itu, minta seorang teman untuk menyalakan mesin mobil. Jika percikan api kuat dan stabil maka koilnya tidak perlu diganti, itu pun berlaku sebaliknya. Jika percikan api lemah dan mati maka koil perlu  ganti dengan komponen yang baru.

  1. Cek ECU Unit

ECU atau yang kita kenal sebagai Electronic Control Unit merupakan komponen penting pada mobil keluaran 5 tahun dari sekarang. ECU sendiri merupakan prosesor atau otak yang mengatur semua sensor yang berkaitan pada mobil . Untuk mengecek ECU terdapat dua cara yaitu dengan scanner ECU atau yang kedua dengan ECU yang masih bagus kondisinya.

Untuk cara pertama, mengecek ECU dengan scanner.  cukup mencolokkan scanner ke ECU mobil, maka scanner akan menunjukkan masalah yang dialami ECU. Harga scanner ECU sendiri bervariasi mulai dari RP. 500.000,- sampai Rp. 5.000.000,-. Sedangkan untuk cara kedua dengan mengganti ECU utama dengan ECU cadangan yang sudah disiapkan tadi. Jika, mobil dinyalakan dan tidak ada kendala maka dapat dipastikan ECU mobil rusak. Oleh karena itu, barulah dilakukan pemeriksaan ECU secara detail.

  1. Cek Dinamo Ampere

Dinamo Ampere atau alternator berfungsi untuk memberikan supply listrik pada kendaraan . Supply listrik yang dimaksud seperti untuk menyalakan AC, radio, lampu dashboard mobil, cas hp dan sebagainya. Selain sebagai supply listrik alternator juga berfungsi sebagai charger aki sehingga aki tetap menerima tegangan yang stabil sehingga aki tidak mudah drop dan menjadi soak. Jika dinamo starter atau alternator soak bisa menjadi salah satu penyebab mobil susah hidup terutama di pagi hari. Oleh sebab itu,  perlu melakukan pengecekan.

Cara pengecekan alternator yang pertama kali biasanya spesialis dinamo mengetes kemagnetan yang ada pada body dan pulley alternator itu sendiri. Caranya seperti ini :

  • Sediakan alat panjang seperti obeng atau kunci pas
  • buka kap mesin dan pastikan sudah tahu posisi alternator
  • putar kunci kontak ke posisi “ON”
  • Tempelkan obeng pada bagian pulley, jika obeng tertarik dan menempel maka dinamo ampere berfungsi normal. Jika obeng tidak tertarik maka bisa jadi dinamo ampere mati.
  • Kemudian, mengecek kemagnetan di stator coil, coba hidupkan mesin mobil dan tempelkan bagian bodi luar dynamo amper. Jika obeng menempel berarti kondisi stator coil normal. Namun jika tidak ada magnet maka stator coil yang bermasalah.

Cara diatas adalah cara untuk mengecek kemagnetan kondisi stator coil dan rotor coil apakah kabel kumparan yang ada putus atau tidak. Jika putus maka sudah jelas, dinamo ampere rusak yang menyebabkan mobil susah hidup.

  1. Cek Pompa Bahan Bakar atau Fuel Pump

Fuel pump atau pompa bahan bakar memiliki fungsi untuk menghisap bensin dari tangki kemudian dialirkan lewat selang bahan bakar untuk kemudian disemprot oleh injektor. Fuel pump juga berfungsi menjaga tekanan bensin ke injektor agar tetap tinggi dan stabil. Ciri-ciri fuel pump kotor atau rusak adalah tarikan mobil brebet atau tidak lancar. Untuk itu, perlu melakukan pengecekan pada komponen ini, tentunya untuk meminimalisir mobil susah hidup terutama saat pagi.

Cara melakukan pengecekan fuel pump pertama adalah merasakan getaran dan bunyi dengung dari pompa bensin saat kunci kontak berada pada posisi “ON”. Lalu, dengarkan dengan seksama apakah terdapat suara dengungan dan terasa getaran? Jika ada suara dan dengungan maka fuel pump bekerja dengan baik. Namun jika terdengar dengungan dan getaran lebih terasa pada badan fuel tank maka bisa jadi fuel pump tidak berputar dan tidak memompa bahan bakar ke injektor. Untuk itu, jika  tidak menemukan dengungan dan getaran maka Anda perlu melanjutkan ke tahap berikutnya, yaitu tahap kedua.

Pada tahap kedua ini,  perlu membuka selang fuel supply. Selang fuel supply sendiri adalah selang yang terhubung langsung dengan pompa bensin. Untuk mengetahui fuel pump rusah atau tidak,  bisa membuka jalur bahan bakar dan menghidupkan pompa bensin. Setelah itu, masukkan selang ke dalam wadah agar bensin tidak tumpah. Lalu putar kunci kontak pada posisi “ON” dan perhatikan pada selang, apakah bensin keluar pada selang? Jika ya, maka fuel pump bekerja dengan baik. Namun, jika tidak maka bisa dipastikan fuel pump yang rusak.

  1. Cek WTS atau Water Temperature Sensor

WTS atau yang sering disebut Water Temperature Sensor merupakan komponen dari sistem Electronic Fuel Injection (EFI) yang termasuk dalam golongan sensor pada mobil  semuanya. Water Temperature Sensor atau WTS berfungsi untuk mendeteksi suhu air pendingin mesin. Semua perubahan suhu yang terjadi pada air pendingin mesin akan terdeteksi oleh WTS ini yang kemudian nantinya akan diinput oleh ECM (Engine Control Module).

Baca Juga : Cara Membersihkan Mesin Mobil Matic

Cara mengecek WTS (Water Temperature Sensor) atau ECT (Engine Coolant Temperature) adalah sebagai berikut. Pertama buka WTS seperti membuka baut, hati-hati ya Anda saat membukanya karena bagian plastiknya mudah rusak. Jika WTS sudah dibuka, tahap selanjutnya adalah cabut perlahan WTS dari rumahnya. Lalu siapkan cairan seperti carburator cleaner, kemudian rendam ujung WTS dengan cairan carburator cleaner tadi selama 30 menit. Setelah itu, bersihkan ujung WTS sampai benar-benar mengkilap. Terakhir pasang kembali WTS/ECT dengan hati-hati.

Dokter Mobil, Bengkel Paling Tepat Untuk Masalah ini

Penyebab utama mobil susah hidup di pagi hari memang berasal dari komponen yang sudah saya sebutkan diatas. Itulah sebabnya  perlu tahu dan meluangkan waktu beberapa saat untuk melakukan pengecekan keseluruhan. Namun, jika anda tidak memiliki waktu sama sekali, jangan khawatir karena Dokter Mobil siap kapanpun dan dimanapun. Cukup hubungi Dokter Mobil lewat instagram @Doktermobil_indonesia. Dokter Mobil, kapanpun dimanapun siap melayani anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!