📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Penyebab & Solusi Ac Mobil Keluar Serbuk Putih

AC Mobil Keluar Serbuk Putih

Sebagai pengguna mobil, pernahkah Anda mengalami masalah pada bagian AC mobil seperti AC mobil keluar serbuk putih?

Biasanya AC mobil yang performanya normal hanya akan mengeluarkan udara sejuk saja dari dalam ventilasi AC mobilnya.

Karena jarang terjadi, para pengguna mobil akan panik saat masalah ini muncul.

Kalau masalah AC keluar serbuk putih ini terjadi di mobil Anda, tak usah khawatir!

Karena solusinya bisa Anda dapatkan dengan service AC mobil di Dokter Mobil (dengan cara klik di sini) dan simak paparan infonya di bawah ini!

Penyebab AC Mobil Keluar Serbuk Putih

Saat AC mobil keluar serbuk putih, biasanya hal ini terjadi karena beberapa faktor penyebab, seperti:

  1. Koil Evaporator yang Rusak

Ketika AC mobil Anda telah berusia cukup lama atau sering digunakan, koil evaporator dalam sistem AC mungkin mengalami kerusakan.

Faktor seperti korosi atau penggunaan berlebihan dapat menyebabkan koil ini menjadi rusak dan mengelupas, menyebabkan AC mobil keluar serbuk putih melalui ventilasi.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus mencari bantuan bengkel service AC mobil terbaik yang dapat melakukan inspeksi menyeluruh pada sistem AC.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Setelah kondisinya dievaluasi, teknisi dapat menentukan apakah koil evaporator perlu dibersihkan atau bahkan diganti untuk mengembalikan kinerja AC yang optimal.

Selain itu, perawatan rutin juga dapat membantu memperpanjang umur koil evaporator. Pastikan untuk menjadwalkan perawatan teratur pada sistem AC Anda, termasuk pembersihan dan pemeliharaan yang memadai.

  1. Jamur dan Lumut di dalam AC Mobil

Masalah kelembapan yang berlebihan dalam sistem AC dapat menjadi sarang bagi pertumbuhan jamur dan lumut.

Saat AC dihidupkan, partikel dari jamur dan lumut ini dapat terbawa oleh aliran udara dan muncul seperti serpihan berwarna putih atau abu-abu.

Untuk mengatasi masalah ini, penting untuk melakukan pembersihan dan pemeliharaan rutin pada sistem AC Anda.

Ganti atau bersihkan filter ACsecara teratur, karena ini akan membantu mencegah penumpukan jamur dan lumut.

Selain itu, perbaiki masalah kelembapan dalam sistem AC, yang mungkin melibatkan perbaikan kebocoran atau peningkatan ventilasi.

Jika jamur dan lumut sudah parah, sebaiknya Anda konsultasikan dengan bengkel AC mobil terbaik untuk membersihkannya dan menghilangkannya sepenuhnya.

  1. Filter AC Tersumbat

Filter AC adalah komponen penting dalam menjaga udara yang masuk ke dalam sistem AC menjadi bersih.

Seiring berjalannya waktu, filter ini akan ditempeli oleh debu dan partikel lainnya, menyebabkannya tersumbat dan bahkan rusak.

Hasilnya, partikel putih mungkin terlepas melalui ventilasi. Solusi sederhana untuk masalah ini adalah dengan secara rutin mengganti filter udara.

Namun, perlu dicatat bahwa filter AC yang tersumbat dapat mengurangi efisiensi sistem AC dan mempengaruhi kualitas udara dalam kendaraan Anda.

Oleh karena itu, selain mengganti filter, pastikan juga untuk membersihkan bagian lain dari sistem AC yang mungkin terkena dampaknya.

Baca Juga: Filter AC Mobil Bisa Dicuci atau Mending Ganti Baru?

  1. Kerusakan Bahan Isolasi

Komponen bahan isolasi dalam sistem AC, seperti busa, dapat mengalami degradasi seiring berjalannya waktu.

Kerusakan ini dapat menghasilkan partikel putih yang tertiup keluar dari ventilasi. Untuk mengatasi masalah ini, langkah pertama adalah melakukan inspeksi yang teliti.

Seorang teknisi AC yang berpengalaman dapat menilai kondisi bahan isolasi dan menentukan apakah perlu diganti. Perbaikan yang tepat waktu dapat mencegah partikel-partikel berbahaya masuk ke dalam kabin kendaraan Anda.

Di samping itu, selalu perhatikan perawatan dan pemeliharaan sistem AC secara berkala.

Dengan mengidentifikasi dan mengatasi masalah bahan isolasi dengan cepat, Anda dapat meminimalkan risiko partikel putih yang muncul dari ventilasi.

  1. Kebocoran Freon

Kebocoran freon dalam sistem AC mobil, meskipun jarang terjadi, juga dapat menjadi penyebab masalah serpihan putih yang muncul.

Kebocoran ini dapat menyebabkan residu yang terlihat seperti serpihan putih. Jika Anda mencurigai adanya kebocoran freon, segera konsultasikan dengan spesialis AC mobil yang berpengalaman.

Teknisi akan melakukan pengecekan komprehensif pada sistem AC, mengidentifikasi sumber kebocoran, dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Jangan biarkan kebocoran freon diabaikan begitu saja, karena dapat mengganggu kinerja keseluruhan sistem AC dan bahkan menyebabkan kerusakan yang lebih serius.

Atasi Masalah AC Mobil Keluar Serbuk Putih, Service AC Mobil ke Dokter Mobil Solusinya!

Masalah AC mobil keluar serbuk putih tak bisa Anda tangani sendiri, karena rata-rata pengerjaannya memerlukan peralatan tertentu dan penanganan orang yang sudah ahli soal AC mobil.

Jika Anda sedang cari bengkel AC mobil untuk atasi masalah AC mobil keluar serbuk putih, service AC mobil ke Dokter Mobil adalah pilihannya.

Sebab Dokter Mobil bisa berikan keunggulan yang beda dari bengkel AC mobil pada umumnya, seperti:

Kelebihan Service AC Mobil di Dokter Mobil

Selain itu, Dokter Mobil juga sering hadirkan promo service AC mobil yang sayang untuk Anda lewatkan, lho!

Jadi jika Anda alami masalah AC mobil keluar serbuk putih, atasi masalahnya dengan service AC mobil ke Dokter Mobil sekarang!

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/