📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Lakukan Perawatan AC Mobil Berkala, Pastikan Cek 7 Hal Ini!

Lakukan Perawatan AC Mobil Berkala, Pastikan Cek 7 Hal Ini!

Perawatan AC mobil berkala adalah langkah yang sangat penting dalam menjaga kenyamanan dan kinerja optimal sistem pendinginan di kendaraan Anda.

Dalam artikel ini, kami akan membahas dengan lebih rinci tentang hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukan perawatan AC mobil berkala.

Perawatan yang tepat akan membantu memastikan bahwa AC mobil Anda berfungsi dengan baik, memberikan udara sejuk yang nyaman di dalam kabin, dan mencegah kemungkinan kerusakan lebih lanjut.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Perawatan AC Mobil Berkala

Perawatan berkala pada AC mobil membantu mencegah penumpukan kotoran dan debu di dalam sistem, menjaga kebersihan filter udara, memastikan pendinginan yang efisien, serta meningkatkan kualitas udara di dalam mobil.

Selain itu, perawatan yang tepat juga dapat memperpanjang umur pakai komponen AC dan mengurangi risiko kerusakan yang dapat berdampak pada biaya perbaikan yang tinggi.

Agar perawatan AC mobil berkala bisa dilakukan dengan maksimal dan performa AC mobil pun kembali optimal berikut adalah beberapa komponen yang diperhatikan saat perawatan AC mobil berkala:

1. Pembersihan dan Penggantian Filter Udara

Filter udara pada AC mobil berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke dalam sistem. Seiring waktu, filter udara dapat terkumpul dengan debu, serbuk, serangga, dan kotoran lainnya.

Penumpukan kotoran pada filter udara dapat menghambat aliran udara yang masuk ke dalam sistem AC, sehingga mengurangi kinerja pendinginan dan kualitas udara di dalam kabin.

Untuk menjaga kinerja optimal AC mobil, periksa filter udara dan bersihkan atau ganti sesuai dengan rekomendasi perawatan AC mobil berkala.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Jika filter udara terlihat kotor dan tidak dapat dibersihkan dengan efektif, segera gantilah dengan filter udara yang baru.

Pembersihan dan penggantian filter udara secara rutin akan memastikan udara yang bersih dan segar mengalir ke dalam kabin mobil Anda.

2. Periksa dan Bersihkan Kondensor

Kondensor adalah komponen penting dalam sistem AC mobil yang bertugas untuk mendinginkan refrigeran. Kondensor sering terkena kotoran, debu, serangga, dan kerak dari jalan atau lingkungan sekitarnya.

Penumpukan kotoran pada kondensor dapat menghambat aliran udara dan menyebabkan kinerja AC menjadi tidak optimal.

Untuk menjaga kinerja kondensor yang baik, periksa kondensor secara rutin dan bersihkan dari kotoran yang menempel sebagai perawatan AC mobil berkala.

Anda dapat menggunakan air bertekanan rendah atau kuas lembut untuk membersihkan kondensor dengan hati-hati. Pastikan kondensor dalam kondisi bersih dan bebas dari hambatan agar dapat berfungsi dengan efisiensi maksimal.

3. Periksa dan Isi Refrigeran

Refrigeran adalah zat yang digunakan dalam sistem AC mobil untuk mendinginkan udara yang dihasilkan. Seiring waktu, refrigeran dalam AC mobil dapat berkurang akibat kebocoran atau penguapan alami.

Tingkat refrigeran yang rendah dapat menyebabkan kinerja AC menjadi buruk dan mengurangi efektivitas pendinginan.

Untuk memastikan kinerja yang optimal, periksa tingkat refrigeran sebagai tips perawatan AC mobil berkala. Jika diperlukan, isi ulang refrigeran sesuai dengan rekomendasi produsen atau bawa mobil Anda ke bengkel yang ahli dalam perawatan AC mobil.

Penting untuk menggunakan refrigeran yang direkomendasikan oleh produsen untuk menjaga kualitas pendinginan dan mencegah kerusakan pada komponen AC.

4. Periksa Kompresor AC

Kompresor adalah komponen yang memampatkan refrigeran dalam sistem AC mobil. Kompresor yang berfungsi dengan baik sangat penting untuk menciptakan tekanan yang diperlukan dalam sistem dan menghasilkan udara dingin.

Jika kompresor mengalami masalah, seperti kebocoran, kerusakan pada bagian internal, atau suara yang tidak wajar, kinerja AC akan terganggu.

Lakukan pemeriksaan rutin pada kompresor AC untuk memastikan tidak ada kebocoran refrigeran atau tanda-tanda kerusakan lainnya sebagai perawatan AC mobil berkala.

Jika Anda mencurigai adanya masalah pada kompresor, segera bawa mobil Anda ke bengkel AC yang terpercaya untuk diagnosis dan perbaikan yang tepat.

Memperhatikan kondisi kompresor secara berkala akan membantu memperpanjang umur pakai komponen AC dan menjaga kinerja optimalnya.

5. Bersihkan Saluran Pembuangan Air

Saat AC mobil beroperasi, terjadi proses kondensasi yang menghasilkan air. Saluran pembuangan air yang berfungsi dengan baik akan mengalirkan air kondensasi keluar dari kendaraan.

Namun, seiring waktu, saluran pembuangan air dapat tersumbat oleh kotoran, daun, atau serangga yang masuk melalui ventilasi.

Periksa dan bersihkan saluran pembuangan air secara rutin untuk mencegah penyumbatan dalam perawatan AC mobil berkala.

Anda dapat menggunakan pipa kecil atau alat pembersih lainnya untuk membersihkan saluran pembuangan air dengan hati-hati.

Pastikan aliran air lancar dan bebas dari hambatan untuk mencegah kelembaban berlebih di dalam mobil yang dapat menyebabkan bau tidak sedap atau kerusakan pada karpet dan komponen elektronik.

Baca Juga: Di Mana Letak Selang Pembuangan AC Mobil?

6. Periksa Kipas AC

Kipas AC berfungsi untuk mengalirkan udara dingin ke dalam kabin mobil. Pastikan kipas beroperasi dengan baik dan tidak ada hambatan yang menghalangi aliran udara.

Periksa keberadaan kerusakan pada kipas, seperti baling-baling yang rusak atau kabel yang putus. Selain itu, periksa juga koneksi kabel yang terhubung dengan baik untuk memastikan kipas berfungsi secara efektif.

7. Tes Sistem AC

Selain melakukan perawatan rutin, lakukan tes sistem AC secara berkala untuk memeriksa kinerjanya. Tes ini melibatkan pemeriksaan suhu keluaran udara, kecepatan kipas, dan fungsi pendinginan secara keseluruhan.

Dengan melakukan tes ini, Anda dapat mengetahui apakah AC berfungsi dengan baik atau membutuhkan perhatian lebih lanjut.

Jika Anda mencurigai adanya masalah pada sistem AC mobil, seperti suhu yang tidak mencapai tingkat yang diinginkan atau kinerja yang menurun, segera bawa mobil Anda ke bengkel AC Dokter Mobil.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form