📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Ragam Masalah Mobil Kebanjiran Jadi Rusak yang Sering Dialami beserta Solusinya

mobil kebanjiran jadi rusak

Masalah mobil kebanjiran jadi rusak adalah salah satu problematika yang sering dikeluhkan oleh para pemilik kendaraan di Indonesia, terutama di daerah yang rawan banjir. Bencana alam ini dapat menyebabkan masalah serius pada kendaraan ketika terendam air pada kedalaman tertentu.

Mengapa Mobil Kebanjiran Jadi Rusak?

mobil kebanjiran jadi rusak

Secara umum, mesin mobil memang erat kaitannya dengan kelistrikan. Kelembaban yang terjadi akibat mobil terendam banjir dapat merusak sistem kelistrikan mobil dan membahayakan fitur keselamatan seperti airbag dan rem anti-lock. Mobil yang rusak akibat banjir juga dapat menghadirkan masalah lainnya seperti timbulnya jamur, kerusakan rem, hingga korosi.

7 Masalah Mobil Kebanjiran Jadi Rusak

Bencana banjir memang sering terjadi secara tiba-tiba. Oleh sebab itu, banyak sekali orang yang mengeluhkan masalah mobil kebanjiran jadi rusak. Masalah mobil kebanjiran seperti ini tidak hanya terdiri dari satu bentuk masalah saja, melainkan beberapa bentuk masalah dari yang sederhana hingga yang serius. Berikut ini 7 masalah mobil kebanjiran jadi rusak:

  1. Kerusakan pada Sistem Elektronik dan Kelistrikan Mobil

Komponen elektronik dan kelistrikan kendaraan selalu mengalami kerusakan paling parah setelah banjir. Kelembaban dapat menyebabkan korsleting pada sistem kelistrikan, yang mengakibatkan kegagalan fungsi komponen kritisnya, termasuk berikut ini:

  • Unit kontrol listrik (ECU)
  • Lampu depan, lampu rem, lampu sein, dan lampu otomotif lainnya
  • Sistem pendingin udara
  • Sistem audio dan video
  • sekering
  • Sistem rem anti-lock

Sebelum menyalakan komponen listrik ini untuk pemeriksaan, pastikan mesin aman untuk dihidupkan. Semua colokan, sakelar, dan relai harus dikeringkan. Jika Anda melihat ada yang salah dengan cara kerja komponen tertentu, itu adalah tanda yang jelas dari masalah listrik. Selain itu, jika ECU basah, sebaiknya segera periksa ke bengkel.

  1. Kerusakan Mekanis pada Mesin

Mesin adalah bagian penting lain dari mobil Anda yang membutuhkan perhatian penuh setelah kebanjiran. Ketika mobil kebanjiran jadi rusak, air banjir mencapai bagian-bagian mesin seperti saluran masuk udara dan silinder, piston akan mencoba mengompresnya. Karena air tidak memampatkan, itu dapat mematahkan batang piston dan menyebabkan mesin mati.

Untuk mengetahui apakah air banjir sudah masuk ke mesin, periksa dipstick oli apakah ada tetesan air dan oli yang terlihat seperti susu.

  1. Jamur dan Lumut di Interior

Selain masalah mobil, banjir juga menimbulkan masalah kesehatan bagi pengemudi dan penumpang. Ketika mobil terendam dalam air banjir, interior mobil dapat dengan cepat mengembangkan jamur dan lumut yang dapat menyebabkan penyakit pernapasan seperti asma dan alergi.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Ketika tercium bau apek di dalam mobil, maka hal ini mengindikasikan adanya jamur di area tertentu. Lepaskan dan periksa bagian-bagian ini di mobil Anda yang kebanjiran:

  • Tempat duduk
  • Karpet dan keset lantai
  • Sistem AC
  • Panel pintu

Beberapa bagian yang basah, seperti karpet, panel pintu, dan jok, bisa diganti. Anda dapat meletakkan handuk di lantai dan kursi untuk menyerap air. Jangan biarkan air mengendap di mobil Anda terlalu lama.

  1. Lumpur dan Puing-puing di Area yang Sulit Dibersihkan

Air banjir dapat meninggalkan lumpur dan kotoran di area mobil Anda yang tidak mudah terlihat. Periksa tempat-tempat yang sulit dibersihkan di mana lumpur atau kotoran dapat bersarang. Ini termasuk kompartemen mesin, roda, rem, bagian bawah bodi mobil, dan celah di bawah kap dan di antara panel di bagasi.

  1. Suku Cadang Mobil Terkorosi

Karat membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun untuk terbentuk di berbagai bagian mobil yang terendam air. Ini dapat melemahkan struktur mobil Anda dan memengaruhi fungsi seperti pengereman dan perpindahan gigi. Ketika melihat tanda-tanda karat setelah mobil Anda kebanjiran, segera bersihkan untuk menghilangkan karat dari kendaraan Anda sebelum menyebar.

Selain itu, jangan lupa untuk memeriksa area rawan karat ini di mobil Anda:

  • Sekrup dan baut
  • Bagian-bagian mesin
  • Knalpot
  • Tangki bahan bakar
  • Kopling
  • Bantalan rem
  • Spatbor
  • Casis
  • Velg roda
  1. Rem Licin

Setelah terendam air banjir, rem cenderung kehilangan cengkeraman karena hilangnya kontak antara bantalan rem dan rotor rem yang basah. Injak pedal rem berulang kali sebelum Anda mengemudi. Jika terasa licin, bawalah mobil Anda ke bengkel untuk memeriksa rem mobil Anda.

  1. Cairan Terkontaminasi

Air yang mengkontaminasi cairan transmisi, minyak rem, power steering, dan reservoir cairan pendingin dapat menimbulkan masalah bagi kinerja mobil Anda. Bagian-bagian ini akan rusak karena korosi dan kurangnya pelumasan. Misalnya, ketika air banjir bercampur dengan bahan bakar, injektor bahan bakar, busi, dan mesin akan rusak parah.

Jadi, periksa cairan mobil Anda di filter dan tangki bahan bakar, serta power steering, cairan pendingin, kopling, dan reservoir minyak rem untuk kontaminasi air banjir.

Dibaca Juga: Bengkel Turun Mesin Terbaik untuk Mobil Kesayangan Anda No.1

Hal yang Dapat Dilakukan Ketika Mobil Kebanjiran Jadi Rusak

  • Periksa tingkat kerusakannya

Ketika Anda mengalami masalah mobil kebanjiran jadi rusak, lihatlah seberapa besar kerusakan yang terjadi. Saat melakukan cek, ambil juga beberapa gambar untuk berjaga-jaga jika Anda akan membutuhkannya.

Harus selalu diingat bahwa jika menghidupkan mesin mobil tanpa mengetahui apakah ada air di dalam mesin atau tidak dapat merusak mesin kendaraan. Saat Anda menghidupkan mesin yang terkena air banjir, itu bisa mengakibatkan hidrolock di mana piston gagal mengompres sebagaimana mestinya. Hydrolocks dapat mengakibatkan masalah yang lebih serius pada mesin kendaraan.

  • Keringkan mobil sebisa mungkin

Saat Anda mengalami mobil kebanjiran jadi rusak, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan Anda mengeluarkan kelembapan sebanyak mungkin dari mobil. Jika Anda tidak mengeringkan kendaraan Anda, jamur akan tumbuh, dan itu akan selalu memunculkan bau apek. Jika mobil Anda masih berada di area banjir, bawa ke tempat yang lebih tinggi menggunakan layanan derek, lalu keringkan.

Mengeringkan mobil Anda secepat mungkin dapat menghindari lebih banyak kerusakan di lain waktu. Anda dapat menggunakan penyedot debu basah atau kering untuk menyedot semua genangan air. Menggunakan penyedot debu biasa dapat menyebabkan sengatan listrik. Pastikan untuk mengeluarkan air sebanyak mungkin.

  • Beri ventilasi pada mobil

Saat cuaca cerah, buka semua pintu mobil Anda setelah mengeringkan dan membersihkan mobil. Aliran udara yang baik di dalam kendaraan akan membantu menghilangkan bau tidak sedap, mengeringkan mobil, serta mencegah jamur dan lumut. Jika cuaca tidak begitu baik, Anda bisa menggunakan kipas angin untuk mengeringkan interior mobil.

Jika kursi mobil dapat dilepas, maka jemurlah di bawah sinar matahari. Ada barang-barang di mobil Anda yang mungkin perlu diganti, termasuk karpet, keset, pelapis, dan panel pintu. Jamur dan bau busuk di kendaraan Anda dapat menyebabkan penurunan nilai dan akan menjadi sulit untuk menjualnya nanti.

  • Periksakan mobil dengan layanan profesional

Selanjutnya ada solusi terbaik yang dapat Anda lakukan setelah mengalami masalah mobil kebanjiran jadi rusak, yaitu dengan periksakan mobil melalui layanan profesional. Sebenarnya, memang memungkinkan untuk memeriksa mobil sendiri. Namun setelah mobil kebanjiran jadi rusak, memeriksakan mobil sendiri menggunakan peralatan yang terbatas sangat memakan waktu dan tidak menjamin terjangkaunya keseluruhan mobil. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk mendapatkan layanan pemeriksaan kendaraan profesional.

Salah satu penyedia layanan pemeriksaan serta servis mobil profesional yang bisa Anda pilih untuk mobil yang baru kebanjiran adalah Domo Electric dari Dokter Mobil. Sesuai dengan namanya, Domo Electric merupakan bengkel mobil yang dapat menangani segala macam masalah kelistrikan pada mobil Anda. Pemeriksaan di bengkel Domo Electric dikerjakan oleh para profesional dan menggunakan alat serta bahan yang sudah sesuai standar, sehingga layanan ini dijamin dapat menangani permasalahan kelistrikan pada kendaraan akibat banjir secara mendetail.

Akhir Kata

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai masalah mobil kebanjiran jadi rusak beserta solusi terbaiknya. Dari penjelasan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa air banjir yang merendam kendaraan bisa membawa dampak serius jika tidak ditangani dengan baik. Oleh sebab itu ketika Anda mengalami masalah mobil kebanjiran jadi rusak, segeralah bawa mobil Anda ke bengkel profesional seperti Domo Electric untuk pemeriksaan dan servis. Anda bisa menghubungi admin Dokter Mobil di (klik disini) untuk mengetahui informasi lebih lanjut dan promo-promo terbaru dari Dokter Mobil.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 9028

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.