📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Dampak Berbahaya serta Tips Aman Menyalakan AC Mobil saat Parkir

menyalakan ac mobil saat parkir

Apakah menyalakan AC mobil saat parkir ini berbahaya atau tidak. Berikut penjelasannya yang akan Dokter Mobil rangkum demi menjaga keselamatan Anda dan juga keluarga  tercinta tentunya juga mobil kesayangan Anda juga dalam keadaan baik-baik saja.

Situasi cuaca panas saat ini dengan adanya AC mobil akan sangat membantu meredam panas, sehingga perjalanan Anda dengan mobil kesayangan Anda akan menjadi lebih nyaman dan sejuk.

Jika menggunakan AC mobil saat mobil dalam keadaan berjalan, pastinya tidak akan menimbulkan masalah. Namun apakah boleh menyalakan AC mobil saat parkir di suatu tempat? Mengingat adanya sejumlah kejadian yang tidak mengenakan saat menyalakan AC mobil dalam keadaan mobil sedang parkir. Di mana ada juga yang sampai menelan korban jiwa.

Bahaya Menyalakan AC Mobil saat Parkir

menyalakan ac mobil saat parkir

Saat Anda atau orang lain harus menunggu di parkiran agar tidak terlalu membosankan, biasanya Anda atau orang lainnya melakukan dengan tetap menyalakan mesin dan AC mobil disertai hiburan pada head unit kendaraan Anda. Sebenarnya juga tidak masalah menyalakan mesin dan juga AC mobil tersebut karena arus pada aki mobil akan terus terisi dan tergantikan selama mobil dalam keadaan terus menyala.

Namun, jika mesin mobil terus menyala, termasuk AC mobil dan juga audio sebenarnya tidak ada masalah jika Anda melakukan dalam waktu yang singkat dan sebaiknya juga tidak dilakukan dalam kurun waktu yang lama. Saat mobil menyala juga gas buang pada knalpot bisa membahayakan orang-orang yang ada di sekitar mobil.

Gas buang dari mesin mobil terutama karbon monoksida (CO) akan berbahaya bagi manusia jika dihirup terus-terusan dengan paparan yang tentunya berlebihan. Jika gas buang tersebut masuk ke kabin mobil lewat berbagai celah sempit yang masih tersedia, terutama saat mobil parkir dan mesinnya masih menyala, hal ini akan sangat membahayakan bagi penumpang di dalamnya juga.

Baca Juga: Waspada Bahaya AC Mobil Bocor Bagi Kesehatan

Bahayanya juga akan semakin bertambah jika jendela kabin mobil berada dalam kondisi tertutup rapat karena menyalakan AC mobil atau mesin saat parkir di suatu tempat. Akibatnya, gas berbahaya tersebut akan terperangkap di dalam kabin mobil lalu akhirnya terhirup oleh penumpang atau pengemudi mobil itu sendiri.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Agar tidak berbahaya jika tetap ingin menyalakan AC mobil saat parkir dan mesin mobil masih dalam keadaan hidup, usahakan untuk membuka jendela mobil. Sehingga gas buang yang ada di dalam kabin akan terdorong keluar.

Namun sebaiknya, jika hendak menyalakan AC mobil saat parkir dilakukan dalam kondisi mesin menyala jangan dilakukan dalam kurun waktu yang lama. Lebih baik menyalakan AC mobil saat parkir atau menyalakan mesin mobil saat berhenti dalam kondisi yang tidak lama agar gas buang tidak masuk ke dalam kabin mobil.

Perjalanan jauh dengan mobil tentunya mengharuskan Anda sebagai pengemudi untuk istirahat sementara di tempat perhentian. Sayangnya, jika cuaca yang kurang bersahabat membuat Anda atau orang lain akan menyalakan AC setiap waktu, walau dalam keadaan mobil yang sedang di parkir. Pertanyaannya, bolehkah menyalakan AC mobil saat parkir agar suasana di dalam kabin mobil tetap sejuk atau dingin?

Pertanyaan tersebut terus muncul di benak Anda, terutama saat melakukan perjalanan jauh tentunya. Nah, Dokter Mobil akan menjawab rasa penasaran Anda secara lengkap pada artikel ini. Mari simak!

Menyalakan AC Mobil saat Parkir

Menyalakan AC mobil saat parkir tidak hanya Anda atau orang lain lakukan saat dalam istirahat dari perjalanan jauh. Hal ini juga akan dilakukan saat menunggu di dalam mobil. Mobil dalam keadaan yang terparkir, tapi mesinnya tetap terus menyala sehingga otomatis AC mobil tetap berembus. Menunggu di dalam mobil tidak akan membosankan jika ada AC dan head unit yang terus menyala sebagai hiburan di dalam mobil.

Mesin mobil yang terus menyala, termasuk AC dan juga audio sebenarnya tidak akan ada masalah jika dilakukan dalam waktu yang singkat terhadap kondisi mesin dan kelistrikan mobil. Namun, sebaiknya menyalakan AC mobil saat parkir atau berhenti tidak dilakukan dalam waktu yang lama.

Baca Juga: Tips Penggunaan AC Mobil dengan Benar

Namun ingat, Anda harus senantiasa memperhatikan lingkungan yang ada di sekitar mobil. Dengan kondisi mesin yang menyala, berarti gas buang dari knalpot akan terus keluar dan bisa membahayakan orang di sekitar mobil atau bahkan penumpang dan pengemudi mobil. Hal ini sangat fatal berbahaya jika sampai terhirup gas buang mobil.

Mesin Mobil Mengeluarkan Gas Buang yang Berbahaya

Mesin mobil yang menyala tentu akan mengeluarkan gas buang melalui knalpot mobil, seperti gas hidrokarbon (HC), karbon monoksida (CO), dan Nitrogen Oksida (NO). Di antara ketiga gas tersebut, gas CO merupakan gas yang paling berbahaya bagi manusia jika terhirup dengan keadaan yang berlebihan dan lama. Gas buang ini bisa sangat berbahaya jika dihirup terus menerus oleh orang di dekat mobil maupun pengemudi dan penumpang mobil tersebut.

Bahaya ini akan semakin bertambah jika jendela kabin mobil berada dalam kondisi yang tertutup rapat. Akibatnya, gas buang tersebut terperangkap di dalam kabin mobil lalu akhirnya terhirup oleh penumpang atau pengemudi mobil. Masalahnya tidak hanya sekedar pada pemborosan bahan bakar bensin, tetapi kesehatan dan keselamatan penumpang juga akan terancam berbahaya.

Jika tetap ingin menyalakan AC mobil saat parkir harus tanpa penumpang di dalamnya, karena masalah ini masih sangat berisiko. Gas buang yang terkumpul di dalam kabin mobil membutuhkan waktu yang lama untuk sepenuhnya hilang. Penumpang atau pengemudi lainnya yang langsung masuk ke mobil dalam kondisi gas buang masih ada pun, secara tidak sengaja akan menghirup gasnya.

Bukalah Sedikit Jendela Anda untuk Ventilasi Udara

Jika tetap ingin menyalakan AC mobil saat parkir usahakan untuk membuka jendela pada mobil. Saran ini harus Anda lakukan agar gas buang yang ada di dalam kabin terdorong keluar. Selain alasan itu, sirkulasi udara juga akan tetap lancar sehingga pernapasan penumpang tidak akan terganggu. Namun, potensi masalah ini tidak akan terjadi jika mobil dalam keadaan berjalan. Saat mengendarai mobil atau mobil berjalan maka, gas buang dari mobil tidak ikut naik dan masuk ke dalam kabin mobil karena sudah terdorong ke belakang mobil.

Bahaya jika Anda atau orang lain tidur dalam mobil tertutup apalagi saat menyalakan AC mobil saat parkir dalam waktu yang lama, maka bisa menyebabkan sirkulasi udara menjadi tidak berfungsi. Keracunan gas refrigeran bisa terjadi jika seseorang terlalu lama menghirup atau mengonsumsi bahan kimia, dikenal juga dengan nama merek Freon dari peralatan pendingin sesuatu, seperti lemari es dan AC. Keracunan gas Carbon Monoksida (CO) bisa saja terjadi ketika pengendara berdiam di dalam mobil dalam keadaan berhenti serta bersamaan menyalakan AC mobil saat parkir dan mesin mobil dinyalakan. Gas CO yang merupakan salah satu hasil dari pembakaran mesin mobil yang lalu dibuang melalui saluran knalpot kendaraan.

Kesimpulan

Jadi, jika Anda ingin menyalakan AC mobil saat parkir dalam kondisi mesin menyala jangan dilakukan dalam kurun waktu yang lama. Jika ada orang yang ada di sekitar mobil, sebaiknya jangan melakukan hal tersebut. Gas buang serta suara mesin mobil tentu bukan hanya berisik, namun sangat mengganggu kenyamanan orang sekitar mobil.

Hindari menyalakan AC mobil saat parkir, terutama saat Anda beristirahat dalam perjalanan yang cukup jauh. Sebelum berkendara, pastikan mobil dalam kondisi yang prima dengan membawanya untuk servis di Dokter Mobil, spesialis service AC terkemuka yang telah dipercaya berbagai jenis mobil. Lakukan reservasi service AC mobil di Dokter Mobil (klik di sini) atau hubungi Kontak Dokter Mobil via WhatsApp untuk cari tahu lebih lanjut seputar layanan service AC pada mobil Anda. Anda juga bisa kunjungi langsung cabang-cabang Dokter Mobil terdekat.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8976

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers 👋
Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️