๐Ÿ“ข Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   โฉ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Ternyata Tidak sulit! Inilah Cara Mengatasi Kebocoran Arus Listrik Mobil

Cara Mengatasi Kebocoran Arus Listrik Mobil

Saat ini, masalah kendaraan seperti kebocoran arus listrik memang sering ditemukan, sehingga diperlukan cara mengatasi kebocoran arus listrik mobil yang efektif. Namun sebelum membahas lebih lanjut tentang cara mengatasi kebocoran arus listrik mobil, yuk kita simak bersama pembahasan singkat mengenai masalah kebocoran arus listrik kendaraan di bawah ini.

Sekilas Mengenai Kebocoran Arus Listrik Mobil

Cara Mengatasi Kebocoran Arus Listrik Mobil

Meskipun cara mengatasi kebocoran arus listrik mobil tidak banyak diketahui, namun banyak pemilik kendaraan menghadapi masalah saat menyalakan mobil saat komponen kelistrikan mobilnya bermasalah. Biasanya, gejalanya seperti starter hampir tidak menggulir/berputar, suara klik karakteristik relai dari bawah kap, sampai indikator dasbor mati saat kunci kontak diputar.

Dibaca Juga: Kumpulan Penyebab Mobil Terbakar Akibat Korsleting Listrik!

Lebih buruk lagi, baterai aki mungkin sangat terkuras sehingga bahkan kunci sentral tidak dapat diaktifkan. Singkatnya, situasinya pasti tidak menyenangkan, terutama ketika itu terjadi di malam hari ketika Anda harus pergi bekerja paginya. Alasannya mungkin sepele, misalnya Anda lupa mematikan lampu mobil. Dalam hal ini, cukup menggunakan jump starter, untuk meminta bantuan pemilik mobil lain dalam menstarter kendaraan Anda atau sebagai alternatif untuk mengisi baterai dan menghabiskan hari Anda menggunakan transportasi umum.

Penyebab Kebocoran Arus Listrik Mobil

Jika baterai aki terkuras, maka fungsinya akan terpengaruh. Namun, jauh lebih buruk jika situasinya terjadi berulang kali. Dalam hal ini, ada baiknya mempertimbangkan mengapa mesin kendaraan Anda berperilaku sedemikian rupa. Sebenarnya, beberapa penyebab utamanya adalah sebagai berikut:

  • pemakaian baterai aki yang kurang cocok
  • ketidakcocokan rasio pengisian / pengosongan saat mengisi daya dari alternator
  • kegagalan alternator
  • arus bocor eksternal.

Cara Mengatasi Kebocoran Arus Listrik Mobil

Berdasarkan beberapa penyebab kebocoran arus listrik mobil seperti yang dijelaskan di atas, maka ada beberapa cara mengatasi kebocoran arus listrik mobil yang dapat dilakukan oleh para pemilik kendaraan. Ragam cara mengatasi kebocoran arus listrik mobil tersebut antara lain:

  1. Memeriksa Kecocokan Aki Kendaraan

Cara mengatasi kebocoran arus listrik mobil yang pertama adalah memilih Aki yang cocok. Memilih baterai aki yang tepat untuk mobil Anda sangat penting untuk pemakaian yang tahan lama. Tanpa aki yang sehat, maka pengoperasian kendaraan yang benar tidak mungkin dilakukan karena aki adalah komponen kunci dalam membantu menghidupkan mesin dan menjaga semua komponen elektronik tetap berjalan.

Mengganti aki kendaraan adalah sesuatu yang harus kita lakukan sepanjang masa pakai mobil. Adalah hal yang norma bagi aku untuk kehilangan daya secara bertahap dari waktu ke waktu, dan kondisi mengemudi serta cuaca bisa sangat sulit pada masa pakainya. Idealnya, aki Anda harus diuji di dealer setempat untuk menentukan mana yang terbaik untuk kendaraan dan kebutuhan mengemudi Anda.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers ๐Ÿ‘‹, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin โค๏ธ

Loading...
Cabang :
Service :
  1. Memperhatikan Kecocokan Rasio Pengisian / Pengosongan saat Mengisi Daya dari Alternator

Cara mengatasi kebocoran arus listrik mobil yang kedua adalah dengan memperhatikan kecocokan rasio pengisian/pengosongan saat mengisi daya dari alternator. Dalam hal ini, tingkat pengisian dan pengosongan diberikan oleh kapasitas baterai (dalam Ah) dibagi dengan jumlah jam yang diperlukan untuk mengisi/mengosongkan baterai. Sebagai contoh, sebuah baterai berkapasitas 500 Ah yang secara teoritis dikosongkan ke tegangan putusnya dalam 20 jam akan memiliki laju pengosongan 500 Ah/20 jam = 25 A.

  1. Merawat Komponen Alternator Mobil

Cara mengatasi kebocoran arus listrik mobil yang ketiga adalah merawat komponen alternator mobil. Alternator adalah apa yang bertanggung jawab untuk mengisi sistem kelistrikan kendaraan Anda dengan bekerja bersama dengan aki mobil. Pengapian, lampu interior dan eksterior, sistem stereo, AC, dan sistem navigasi Anda adalah contoh fitur yang sangat bergantung pada komponen vital ini untuk menyediakan energi yang dibutuhkan untuk beroperasi.

Jika Anda mengalami salah satu gejala alternator buruk yang disebutkan di atas, maka sebaiknya Anda segera memeriksakan kendaraan Anda. Seperti yang disebutkan sebelumnya, membiarkan sabuk yang terentang atau bantalan yang aus tanpa undealt dapat menghabiskan lebih banyak biaya daripada mengganti komponen ini satu per satu. Jadi, jika Anda ingin menghindari biaya perbaikan yang besar sekaligus menjaga kondisi kendaraan Anda, pastikan untuk segera mengatasi tanda-tanda awal sebelum menjadi masalah serius.

Jika alternator Anda menjadi kotor, maka komponen ini dapat dengan cepat menjadi terlalu panas. Ini dapat menyebabkannya melambat, dan akhirnya mati. Di sisi lain, Anda dapat menghindari situasi ini dengan berupaya menjaga alternator Anda tetap bersih dan bebas dari kotoran, debu, atau serpihan. Periksa kotoran organik yang biasanya masuk ke mesin selama perjalanan, dan usahakan untuk menjaganya agar bebas dari penghalang dan karenanya, potensi panas berlebih.

Cara Mengatasi Kebocoran Arus Listrik Mobil dengan Pemeriksaan Mandiri

Pertama, Anda perlu memeriksa aki. Jika Anda menggunakannya selama lebih dari 3-5 tahun, aki mungkin kehilangan kemampuannya untuk menahan muatan. Untuk memeriksa, lepaskan terminal aki, biarkan selama 2-3 jam dan periksa tegangan pada kontak. Anda dapat menggunakan multimeter biasa. Sambungkan ke konektor baterai sambil mengamati polaritas (plus ke plus, minus ke minus). Nilai tegangan optimal adalah 12,65 V, dan tegangan minimum yang diijinkan adalah 11,9 V.

Tergantung pada sifat penggunaan mobil, aki mungkin tidak dapat memulihkan daya saat mengisi daya dari alternator. Ini mungkin terjadi karena mobil berjalan singkat, waktu idle dalam kemacetan lalu lintas, serta seringnya menghidupkan dan mematikan mesin.

Jika kendaraan memiliki jarak tempuh yang tinggi, alasannya mungkin cukup sering karena kegagalan alternator. Biasanya, peringatan yang sesuai akan muncul di dasbor, tetapi terkadang kita mungkin tidak menyadarinya. Starter juga mungkin menjadi alasannya, yaitu karena bantalan rundown atau kemacetan lengan/bushing, mulai mengambil lebih banyak daya saat berputar. Dalam kasus seperti itu, Anda perlu mengganti suku cadang dengan yang baru atau melakukan service di bengkel mobil.

Kebocoran Arus Listrik

Jika pengujian Anda belum menemukan salah satu masalah yang tercantum di atas, Anda perlu melanjutkan ke langkah berikutnya – mencari arus bocor. Mungkin ada arus bocor karena hal berikut:

  • kontaminasi dan oksidasi terminal baterai;
  • kegagalan isolasi kabel mobil;
  • koneksi yang salah dari peralatan tambahan (radio mobil aftermarket, sistem alarm).

Dua masalah pertama dapat ditentukan secara visual, dan untuk memeriksa yang terakhir, Anda memerlukan peralatan pengujian tambahan. Sekali lagi, Anda dapat menggunakan multimeter biasa atau clamp meter.

Secara umum, cara mengatasi kebocoran arus listrik mobil tidaklah sulit. Namun, sangat disarankan untuk memeriksakan mobil ke bengkel profesional apabila ditemukan tanda-tanda awal ataupun gejala kerusakan sistem kelistrikan mobil, termasuk kebocoran arus listrik mobil.

Untuk mendapatkan layanan pengecekan dan servis komponen kelistrikan mobil termasuk cara mengatasi kebocoran arus listrik mobil, sangat disarankan untuk mendapatkan layanan professional dari bengkel terkemuka seperti Bengkel DOMO ELECTRIC dari Dokter Mobil. Sesuai dengan namanya, DOMO ELECTRIC merupakan bengkel mobil yang menyediakan ragam jenis layanan pengecekan, dan perbaikan berbagai masalah kelistrikan pada kendaraan Anda. Proses pemeriksaan dan perbaikan di bengkel DOMO ELECTRIC semuanya dikerjakan oleh para profesional dan menggunakan alat serta bahan yang sudah sesuai standar, sehingga dijamin kualitasnya akan sangat memuaskan.

Akhir Kata

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai masalah kebocoran arus listrik mobil, penyebabnya, dan cara mengatasi kebocoran arus listrik mobil. Berdasarkan penjelasan di atas dapat diketahui bahwa ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kebocoran arus listrik kendaraan, salah satunya yakni dengan memeriksakan mobil ke bengkel profesional. Namun dalam hal memilih bengkel, sangat disarankan untuk memilih bengkel yang sudah berpengalaman seperti DOMO ELECTRIC untuk hasil terbaik. Anda bisa langsung saja menggunakan layanan dari Bengkel Dokter Mobil dengan hubungi langsung kontak Dokter Mobil (klik di sini) kunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat. Dan anda juga bisa langsung reservasikan mobil anda di link berikut.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8922

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers ๐Ÿ‘‹, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin โค๏ธ

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Halo Domo Lovers ๐Ÿ‘‹
100% potongan-500-ribu

AC mobil butuh diservis? ๐Ÿ”ง Tapi dompet sedang kritis? Dokter Mobil hadir bawa promo HEMAT 500 ribu ๐Ÿ’ธ hubungi CS sekarang! ๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡๐Ÿ‘‡