πŸ“’ SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   πŸ“’ Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Tanda Throttle Body Mobil Bermasalah dan Cara Mengatasinya

throttle body bermasalah

Tanda throttle body mobil bermasalah kadang akan mengakibatkan mesin menjadi tidak normal. Ini tentu saja akan menimbulkan berbagai macam tanda atau gejala.

Lantas apa saja gejala atau tanda throttle body bermasalah tersebut?

Throttle body adalah elemen dari mekanisme penghasilan udara atau intake air system. Agar performa mesin lebih optimal karenanya gabungan udara dan bahan bakar yang masuk dalam ruang bakar harus sesuai jumlah atau gabungan yang cocok.

Mengenal Serta Memahami dari Fungsi Throttle Body

Pada mesin karburator, throttle body mobil yaitu bagian dari sistem air intake yang mengontrol jumlah udara yang masuk pada ruang bakar mesin.

Bagian ini terdiri dari unit housing yang berisi pelat throttle atau katup kupu-kupu atau butterfly valve yang berputar pada porosnya, bagian ini dibuka dan ditutup melalui kabel yang terhubung pada pedal gas serta vacuum mesin.

Kuatnya pengemudi saat menekan pedal gas, maka akan semakin banyak udara yang dibiarkan masuk oleh katup membuat aliran bahan bakar semakin banyak, hal ini menyebabkan mobil melaju dengan cepat.

Baca Juga: Gas Mobil Tidak Stabil Memicu Hal Fatal

Kendaraan yang menggunakan mesin fuel injection ditambahkan pada throttle position sensor serta airflow sensor yang melaporkan pada ECU jika pengemudi sudah menginjak gas.

Membuat sensor mendeteksi jika ada lebih banyak udara yang masuk serta mengirim pesan ke komputer mobil untuk meningkatkan jumlah bahan bakar oleh injector.

Throttle body mobil menerima udara yang sudah diarahkan pada intake manifold, proses ini terjadi jika adanya pencampuran udara pada bahan bakar.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers πŸ‘‹, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❀️

Airflow sensor pada bagian itu dipasang sebagai pendeteksi volume udara yang masuk pada mesin.

Sensor berfungsi untuk mengirimkan informasi tentang jumlah udara untuk menyesuaikan bahan bakar yang ditambahkan agar rasio bahan bakar-udara berada pada jumlah yang sama pada proses pembakaran dalam silinder mesin kendaraan.

Posisi Throttle Body pada Kendaraan

throttle body bermasalah

Mesin karburator pada mobil throttle body, dibangun ke dalam karburator, untuk membuka dan menutup katupnya ada kabel yang terhubung ke pedal gas dan vakum mesin seperti yang Dokter Mobil sampaikan diatas.

Baca juga: Lampu Indikator / Check Engine Tidak Menyala saat Kontak On

Pada mesin injeksi, throttle body terleta diantara filter udara dan intake manifold, filter udara yang bagus sangat penting untuk proses pengoperasian throttle body.

Karena jika terdapat kotoran yang menumpuk maka butterfly valvo menjadi lengket yang berakibat pada masalah kendaraan yang sangat mengganggu termasuk juga tanda throttle body bermasalah.

Jumlah Throttle Body pada Mesin Kendaraan

Kebanyakan jenis mobil jumlah throttle body hanya ada 1 dan mempunyai ukuran yang cukup besar, namun mobil dengan mesin yang besar akan memiliki banyak silinder maka menggunakan 1 throttle body pada setiap bank silindernya.

Hal ini perlu karena mobil dengan keadaan mesin tersebut dibuat dengan tenaga yang lebih besar. Sehingga diperlukannya pembakaran lebih banyak untuk proses tersebut.

Peran Throttle Body pada Mesin Kendaraan

Throttle body inilah yang berperan untuk mengatur jumlah udara yang masuk di dalam ruang bakar seperti besarnya bukaan throttle saat pedal gas diinjak.

Waktu pedal gas diinjak karenanya udara bersih yang semula sudah disaring oleh filter udara akan masuk ke dalam intake air chamber lalu ke intake manifold dan ke ruang bakar untuk tiap-tiap silinder mesin.

Disamping itu pada throttle body juga terpasang katup ISC (Idle Speed Control) yaitu untuk mengendalikan jumlah udara yang masuk sejauh kendaraan ada untuk status idle atau stasioner.

Selain itu, throttle body juga sudah dilengkapi sensor TPS (Throttle Position Sensor) yang mempunyai peran untuk menyensor bukaan katup throttle.

Jika tanda throttle body bermasalah dan kerusakan itu juga akan bisa mengusik performa mesin karena supply udara tidak cocok dengan keperluan mesin.

Kerusakan atau persoaalan pada tanda throttle body bermasalah juga akan memunculkan berbagai macam tanda atau gejala yang bisa dirasakan serta juga bisa dilihat.

Agar untuk memperjelas terkait tanda throttle body bermasalah akan kami ulas lebih lanjut pada penjelasan di bawah ini.

Tanda Jika Throttle Body Bermasalah

throttle body bermasalah
throttle body bermasalah

Tanda throttle body bermasalah bisa beragam bentuknya.Β  Berikut ini adalah berbagai tanda throttle body bermasalah pada mobil kesayangan Anda:

  • Lampu check engine pada speedometer berpijar

Pada throttle body mempunyai banyak sensor yang memiliki peranan utama pada kendaraan.

Jika ini bermasalah tentu akan mengakibatkan cek engine berpijar atau menyala karena ecu mengetahui adanya kerusakan.

Karena itu perlunya pengecekan selanjutnya atau scanning dengan memakai scanner untuk mengetahui throttle body apa yang bermasalah.

  • Kinerja pada mesin akan menurun

Throttle body berfungsi untuk mengendalikan sejumlah udara yang masuk ada ruang bakar seperti keperluan pada mesin kendaraan.

Jika terjadi tanda throttle body bermasalah tentu akan mengakibatkan jumlah udara yang masuk tidak sesuai dalam kata lain air fuel ratio tidak sesuai dengan kondisi mesin sebenarnya dan bisa mengakibatkan proses pembakaran menjadi tidak maksimal sepenuhnya.

  • Mesin akan terasa kurang bertenaga

Proses pembakaran yang tidak maksimal akan mengakibatkan tenaga yang dibuat juga tidak maksimal.

Salah satu pemicunya adalah tanda throttle body bermasalah pada saat jalan naik kendaraan berasa lemah saat dikendarai.

Karena itu perlunya pengecekan dan pembaruan secara berkala agar elemen ini bisa berperan dengan maksimal.

  • Tarikan pada mesin terasa berat

Throttle body yang tertutup kotoran adalah persoalan yang umum terjadi. Tentu saja akan menutup aliran masuk udara.

Yang mengakibatkan pedal gas dipijak mentok tetapi top speed yang dibuat hanya sampai 70 – 80km/jam, karena itu tanda throttle body bermasalah adalah tarikan mesin yang terasa berat.

  • Putaran idle atau langsam menjadi tidak stabil

Throttle body terdapat idle speed sensor (ISC) yang biasa dipakai untuk mengendalikan perputaran mesin ketika status idle, jika terjadi masalah tentu saja bisa berakibat pada perputaran stasioner jadi kurang stabil.

  • Campuran pada bahan bakar mesin

Throttle body mesin EFI rusak atau bermasalah mengakibatkan kombinasi bahan bakar menjadi minim, karena jumlah udara yang masuk di dalam ruang bakar semakin sedikit dari keadaan biasanya.

Dampak dari keadaan ini mesin akan susah sekali untuk berakselerasi, dan mungkin sekali akan tersendat-sendat sampai mati disaat mesin sedang warming up atau yang sering disebut juga dengan keadaan idle.

Penyebab yang memungkinkan dari keadaan ini karena adanya kotoran pada throttle body, yang paling sering karena adanya debu yang terbawa saat berkendara atau saat udara masuk dari saringan udara atau filter udara ataupun kerak-kerak karbon yang menumpuk sisa hasil pembakaran. Sehingga throttle body bermasalah.

Untungnya, kotoran berupa debu hingga kerak karbon ini dapat dibersihkan hingga optimal dengan layanan Jet Clean di Dokter Mobil.

Jet Clean akan membersihkan seluruh komponen yang berhubungan dengan aktivitas pembakaran dari kotoran berupa debu hingga kerak karbon yang mengganggu proses pembakaran tanpa harus melalui proses bongkar mesin.

Kotoran-kotoran yang luruh ini nantinya akan disedot keluar, sehingga aktivitas pembakaran di ruang bakar mesin pun jadi optimal kembali.

Pertanyaan Seputar Jet Clean Dokter Mobil

Jet Clean adalah membersihkan seluruh bagian yang berhubungan dengan ruang bakar, seperti piston, valve dan intake, injector, throttle body, catalytic converter dan EGR untuk mobil bermesin diesel.
Untuk harga yang dibanderol terkait layanan Jet Clean di Dokter Mobil, anda bisa langsung menghubungi kontak CS Dokter Mobil. CS kami akan senang hati untuk menjelaskan berbagai pertanyaan Anda seputar layanan Jet Clean ini.
Jet Clean bertujuan untuk mengembalikan performa mobil lama anda seperti baru kembali. Proses Jet Clean merupakan pembersihan kerak karbon sisa dari pembakaran, di beberapa komponen yang terhubung ruang bakar hingga saluran Injector. Karena kerak karbon yang menumpuk merupakan penyebab dari tenaga mobil berkurang, mengelitik, dan boros.
Tune up di bengkel-bengkel lain juga turut serta melakukan proses pergantian oli. Proses pergantian oli secara konvensional ini umumnya masih menyisakan sisa oli di pompa oli dan dinding mesin hingga mencapai 900 ml! Dokter Mobil memiliki cara mutakhir untuk mengganti oli agar lebih maksimal, yakni Cuci Darah. Cuci Darah merupakan metode penggantian oli mesin dengan cara dirontokkan sisa oli dan disedot hingga oli terkuras dengan bersih. Untuk performa yang lebih memuaskan untuk mobil kesayangan Anda, disarankan untuk mencoba layanan Jet Clean serta Cuci Darah di Dokter Mobil.

  • Campuran bahan bakar terlalu berlebih

Bahan bakar udara yang terlalu banyak menjadi salah satu tanda lainnya jika tanda throttle body bermasalah.

Hal ini berarti udara yang masuk terlalu banyak didalam ruang bakar dibanding dengan keadaan normal.

Jumlah bahan bakar yang diinjeksikan oleh injeksi bahan bakar atau efi tidak memenuhi untuk rasio yang ditentukan, dampaknya yaitu mesin tersendat disaat akselerasi.

Penyebab dari permasalahan ini yaitu adanya kebocoran udara yang masuk pada ruang bakar, bisa saja disebabkan oleh aliran udara yang rusak atau bocor, pemicu yang lainnya yaitu penempatan throttle body yang tidak tepat.

Membersihkan Throttle Body yang Kotor dan Lengket

Langkah-langkah:

1. Siapkan alat dan bahan:

  • Kunci pas
  • Obeng
  • Cairan pembersih throttle body (carb cleaner)
  • Lap kain bersih
  • Sikat gigi bekas (opsional)

2. Lepaskan throttle body:

  • Matikan mesin dan tunggu hingga dingin.
  • Lepaskan kabel aki negatif.
  • Lepaskan filter udara.
  • Lepaskan selang yang terhubung ke throttle body.
  • Lepaskan baut yang menempelkan throttle body ke intake manifold.
  • Tarik throttle body dengan hati-hati.

3. Bersihkan throttle body:

  • Semprotkan cairan pembersih throttle body ke seluruh permukaan throttle body, termasuk bagian dalam lubang throttle.
  • Gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan kotoran yang membandel.
  • Lap seluruh permukaan throttle body dengan kain bersih hingga kering.

4. Pasang kembali throttle body:

  • Pasang kembali throttle body ke intake manifold dan kencangkan bautnya.
  • Pasang kembali selang yang terhubung ke throttle body.
  • Pasang kembali filter udara.
  • Sambungkan kembali kabel aki negatif.

5. Nyalakan mesin dan lakukan reset ECU:

  • Nyalakan mesin dan biarkan idle selama beberapa menit.
  • Lakukan reset ECU dengan cara mencabut kabel aki negatif selama 30 detik, kemudian pasang kembali.

Tips:

  • Gunakan cairan pembersih throttle body yang berkualitas.
  • Jangan gunakan bensin atau thinner untuk membersihkan throttle body karena dapat merusak komponen.
  • Bersihkan throttle body secara rutin, idealnya setiap 20.000 km.

Memperbaiki Throttle Body yang Bermasalah

Gejala kerusakan throttle body:

  • Mesin idle tidak stabil.
  • Putaran mesin naik turun sendiri.
  • Mesin tersendat-sendat saat akselerasi.
  • Lampu check engine menyala.

Langkah-langkah perbaikan:

1. Lakukan diagnosa:

  • Gunakan alat scan untuk mengetahui kode error yang tersimpan di ECU.
  • Periksa kondisi fisik throttle body, apakah ada kerusakan atau kotoran.

2. Perbaiki kerusakan:

  • Jika throttle body kotor, bersihkan dengan mengikuti langkah-langkah di atas.
  • Jika throttle body rusak, ganti dengan yang baru.

3. Lakukan reset ECU:

  • Setelah melakukan perbaikan, lakukan reset ECU dengan cara mencabut kabel aki negatif selama 30 detik, kemudian pasang kembali.

Tips:

  • Jika Anda tidak yakin dengan kemampuan Anda untuk memperbaiki throttle body, bawalah mobil Anda ke bengkel yang terpercaya.
  • Gunakan suku cadang yang asli dan berkualitas untuk memastikan performa mesin tetap optimal.

Mencegah Kerusakan pada Throttle Body

Tips:

  • Gunakan bahan bakar yang berkualitas.
  • Lakukan servis rutin di bengkel yang terpercaya.
  • Bersihkan throttle body secara rutin, idealnya setiap 20.000 km.
  • Hindari kebiasaan mengemudi yang buruk, seperti sering menstut dan over-revving.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat menjaga throttle body tetap bersih dan berfungsi dengan baik, sehingga performa mesin tetap optimal.

Kesimpulan

Demikian rangkuman informasi tanda seputar throttle body bermasalah dari Dokter Mobil juga tentang pengertian, fungsi, posisi, jumlah serta tanda-tanda kerusakan pada throttle body bermasalah.

Jika Anda atau orang lain mengalami masalah atau tanda throttle body bermasalah, seperti yang diakibatkan oleh kotoran menumpuk di komponen dekat ruang bakar mesin, lakukanlah pembersihan ruang bakar dengan optimal melalui Jet Clean di Dokter Mobil.

Untuk pembersihan ruang bakar, seperti throttle body bermasalah, agar kondisinya selalu optimal, reservasi Jet Clean Dokter Mobil (klik di sini) atau hubungi Kontak Dokter Mobil viaΒ WhatsApp untuk cari tahu lebih lanjut seputar layanan Jet Clean tentang permasalahan di throttle body mobil Anda.

Anda juga bisa mengunjungi langsung cabang-cabang Dokter Mobil terdekat untuk melihat dan merasakan layanan Jet Clean dalam membersihkan berbagai kotoran di ruang bakar mobil Anda hingga maksimal.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers πŸ‘‹, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!