💕Selamat Hari Kasih Sayang Domo Lovers💕  📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Cara Perawatan Evaporator AC Mobil Suzuki, Agar Dingin Selalu

Cara Perawatan Evaporator AC Mobil Suzuki, Agar Dingin Selalu

Bagi para pemilik mobil Suzuki, cara perawatan evaporator AC mobil Suzuki tentu menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Meski demikian, masih banyak pemilik mobil Suzuki yang belum mengetahuinya. Oleh sebab itu, yuk kita simak penjelasan lengkap mengenai komponen evaporator mobil Suzuki dan cara perawatannya di bawah ini!

Sekilas Mengenai Evaporator Mobil

Evaporator AC adalah komponen utama dari sistem AC mobil Suzuki Anda. Komponen evaporator AC sangat dibutuhkan untuk mengubah cairan pendingin (freon) menjadi gas dengan menguapkannya. Evaporator AC menggabungkan gas ini dengan melewatkan udara hangat yang mendinginkan udara. Udara sejuk ini nantinya akan didistribusikan ke seluruh kabin mobil Suzuki Anda saat AC dihidupkan.

Selain itu, evaporator juga merupakan komponen yang digunakan untuk memisahkan beberapa jenis pelarut dari campuran bahan. Pelarut perlu dipecah menjadi senyawa yang lebih murni, sehingga evaporator akan menghilangkan komponen yang tidak diinginkan melalui berbagai cara.

Masalah pada Evaporator Mobil

Cara Perawatan Evaporator AC Mobil Suzuki untuk Memeriksa Adanya Masalah pada Evaporator AC Mobil Suzuki

Sama seperti komponen mobil Suzuki lainnya, komponen evaporator AC juga dapat mengalami penurunan kondisi dari waktu ke waktu, dalam jangka waktu yang lama. Hal ini tentu wajar, mengingat keseluruhan komponen kendaraan pada akhirnya dapat mengalami kemunduran kualitas seiring dengan pemakaiannya. Beberapa masalah yang kerap terjadi pada komponen evaporator mobil Suzuki antara lain adalah:

Evaporator AC Mobil Suzuki Tersumbat

Inti evaporator mobil Suzuki dan mobil lainnya dapat tersumbat karena debu, pasir, daun, serangga, dan kotoran lainnya. Ketika ini terjadi, Anda akan melihat bahwa air menumpuk di dalam kendaraan Anda ketika Anda menghidupkan sistem AC Anda. Hal ini berarti mungkin ada beberapa jenis penyumbatan di saluran air atau tabung yang terhubung dengannya. Inti evaporator terletak di belakang dasbor, jadi jika Anda akan membersihkannya sendiri, pastikan kendaraan Anda memiliki panel akses yang dapat diservis di area tersebut. Ada tabung pembuangan di bagian bawah inti evaporator; pastikan tidak terhalang oleh tabung vakum atau kabel.

Tugas lain dari komponen evaporator adalah untuk mendinginkan udara yang masuk sehingga tidak terjadi kondensasi pada permukaan yang dingin seperti kaca depan atau kaca spion. Ketika sistem AC bekerja dengan baik, uap air meninggalkan tetesan air di dalam kumparan di dalam inti evaporator. Hal ini dapat menyebabkan noda jamur pada karpet dan lantai jika tidak dibersihkan secara teratur dengan air atau larutan cuka menggunakan lap bersama dengan bubuk soda kue yang ditaburkan di sekitar kumparan sebelum menyedotnya setelah itu.

Saluran Evaporator AC Suzuki Membeku

Saluran evaporator AC dapat membeku sebagai akibat dari evaporator AC yang rusak. Seperti yang dinyatakan sebelumnya, komponen evaporator bertanggung jawab atas banyak fungsi, dan ketika menjadi terlalu dingin, efeknya juga akan terasa pada unit saluran AC. Jika mekanisme penyerapan panas evaporator AC tidak bekerja dengan lancar, maka evaporator hanya menghasilkan udara dingin atau es yang akan mengendap di saluran.

Sementara itu, berikut adalah alasan lain saluran evaporator AC mobil Suzuki bisa beku:

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  • Kipas blower dinonaktifkan
  • Kebocoran evaporator
  • Refrigeran yang rusak
  • Akumulasi kotoran dan kelembapan di dalam koil
  • Saluran udara rusak dan sebagainya
  • Ventilasi udara tertutup

Baca Juga: Evaporator AC Mobil Mitsubishi Kotor? Penting Untuk Segera Ditangani

Cara Perawatan Evaporator AC Mobil Suzuki

Untuk mencegah masalah pada evaporator AC seperti yang sudah dijelaskan di atas, Anda perlu melakukan langkah-langkah cara perawatan evaporator AC mobil Suzuki. Anda sudah tidak perlu khawatir, karena langkah-langkah dalam cara perawatan evaporator AC mobil Suzuki tidaklah rumit, yaitu:

Langkah 1: Temukan sistem pendingin udara dan inti evaporator

Untuk memulai cara perawatan evaporator AC mobil Suzuki, Anda harus menemukan sistem pendingin udara di kendaraan Suzuki Anda. Itu biasanya di bawah kap dan di dekat firewall, yang memisahkan mesin dari kursi penumpang. Dari sana, tentukan inti evaporator. Lebih khusus lagi, itu akan terbungkus dalam kotak plastik yang muncul dari firewall. Anda akan menemukan motor blower pemanas terpasang padanya.

Langkah 2: Temukan jalur yang jelas ke inti evaporator dan kenakan alat pelindung

Langkah kedua dalam cara perawatan evaporator AC mobil Suzuki adalah menemukan jalur yang jelas ke inti evaporator dan kenakan alat pelindung. Jika ada unit resistor atau kipas blower yang dipasang di atas atau di samping kotak pemanas, mencegah masuknya inti evaporator, lepaskan dengan bantuan obeng dan perkakas tangan dasar lainnya. Setelah Anda mengidentifikasi area yang akan Anda kerjakan dan memiliki gagasan yang jelas tentang jalur akses terbaik, kenakan sepasang sarung tangan pelindung. Anda juga bisa memakai kacamata dan masker wajah untuk perlindungan ekstra.

Langkah 3: Periksa inti evaporator AC dan tentukan masalahnya

Langkah ketiga dalam cara perawatan evaporator AC mobil Suzuki adalah memeriksa inti evaporator. Jika Anda melihat tanda-tanda kerusakan parah, Anda mungkin harus mencari perbaikan atau penggantian daripada hanya sesi pembersihan sederhana. Dalam hal ini, profesional telepon. Jika tidak, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Langkah 4: Oleskan cairan pembersih dan diamkan selama 30 menit

Pada langkah keempat dalam cara perawatan evaporator AC mobil Suzuki, di sinilah cairan pembersih evaporator diperlukan. Gunakan cairan ini untuk menyemprot melalui inti evaporator. Lakukan ini secara menyeluruh, pastikan tidak ada bagian yang dibiarkan terbuka. Biarkan pembersih mengendap selama 30 menit dan selesaikan bagiannya dalam disinfektan.

Langkah 5: Bilas inti evaporator AC dengan air dan kain atau lap

Langkah kelima dalam cara perawatan evaporator AC mobil Suzuki adalah membilas inti evaporator. Pada titik ini, Anda dapat membilas area yang dirawat menggunakan air dan kain lembut atau lap. Akan sangat membantu jika menggunakan botol semprot yang berisi air atau selang khusus. Pastikan Anda hanya membuat semprotan ringan, dan jangan gunakan aliran bertekanan tinggi.

Langkah 6: Bersihkan semua kelebihan air dan keringkan inti evaporator dengan kipas angin

Langkah keenam dalam cara perawatan evaporator AC mobil Suzuki adalah membersihkan kelembapan berlebih. Untuk ini, gunakan kain atau handuk mikrofiber berkualitas. Kemudian gunakan kipas portabel untuk mengeringkannya. Namun, jangan mengganti kipas dengan sumber panas lain, seperti pengering rambut karena panas dapat merusak sistem evaporator mobil Anda.

Langkah 7: Kembalikan sistem pendingin udara ke pengaturan aslinya

Bagian pembersihan dari prosedur ini selesai. Anda dapat memasang kembali bagian mana pun yang telah Anda lepaskan sebelumnya, seperti unit resistor dan kipas blower. Intinya, pada langkah ini, Anda mengembalikan unit ke pengaturan awal.

Rekomendasi Pengecekan dan Servis Komponen Evaporator Mobil Suzuki

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa evaporator AC merupakan salah satu komponen penting dalam sistem pendingin kendaraan Suzuki. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu memelihara kondisi komponen evaporator agar sistem pendinginannya dapat bekerja dengan baik. Dalam hal ini sangat disarankan untuk melakukan pengecekan dan servis komponen pendingin kendaraan di bengkel terpercaya seperti Dokter Mobil.

Menggunakan peralatan canggih dan ditangani oleh teknisi yang ahli, berbagai macam permasalahan AC mobil bisa diatasi di sini, termasuk cek komponen evaporator AC mobil Suzuki. Dokter Mobil juga mengantongi sertifikasi standar ISO 9001:2015 Quality Management System sebagai ‘penjamin’ kualitas mutunya dalam melayani berbagai permasalahan pengguna mobil seputar AC mobil.

Tertarik untuk lakukan servis rutin guna melakukan cara perawatan evaporator AC mobil Suzuki Anda di Dokter Mobil? Reservasi layanan service AC mobil di Dokter Mobil sekarang melalui WhatsApp (klik di sini) atau mengisi formulir reservasi online (klik di sini). Lakukan reservasi dengan mudah hanya dari rumah, customer service Dokter Mobil akan mencatat reservasi Anda dan Anda pun bisa langsung menuju cabang Dokter Mobil yang dituju untuk lakukan cara perawatan evaporator AC mobil Suzuki Anda tanpa harus antre melakukan reservasi layaknya bengkel biasa.

Akhir Kata

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai evaporator AC mobil Suzuki, mulai dari permasalahan, cara perawatan evaporator ac mobil Suzuki, hingga rekomendasi bengkel AC mobil yang patut untuk dituju. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pemeriksaan berkala dan perawatan komponen evaporator mobil adalah hal yang sangat penting dilakukan untuk menjaga keberlangsungannya. Oleh sebab itu, lakukanlah beberapa langkah perawatan di atas dan bawalah kendaraan Anda ke bengkel terpercaya seperti Dokter Mobil untuk pemeriksaan berkala atau servis agar Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5467

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya