💕Selamat Hari Kasih Sayang Domo Lovers💕  📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

14 Faktor Penyebab AC Mobil Wuling Mudah Panas

14 Faktor Penyebab AC Mobil Wuling Mudah Panas

Saat ini, banyak beredar mitos yang menyatakan bahwa AC Mobil Wuling mudah panas. Ternyata, mitos ini tidak benar adanya. Memang, komponen AC dapat mengalami penurunan kondisi dari waktu ke waktu karena penyebab tertentu, tetapi ini bukan berarti bahwa AC mobil Wuling pasti panas. Untuk mengetahui apa penyebab AC mobil Wuling mudah panas, simak informasi selengkapnya di bawah ini.

Sekilas Mengenai Komponen AC Mobil Wuling

Dalam bentuk yang paling sederhana, sistem AC mobil Wuling menggunakan freon untuk menarik panas dari interior mobil dan kemudian membuang panas keluar melalui eksterior mobil Anda, melepaskan panas ke udara. Freon akan didaur ulang melalui loop tertutup, dimulai di bawah kap dan melewati interior kendaraan sebelum kembali untuk putaran ekspansi dan kompresi lainnya.

Secara lebih detail, AC mobil Wuling menggunakan tekanan untuk memulai perpindahan panas ini. Refrigeran AC dikompresi, yang menambah tekanan dan menyebabkannya memanas. Proses pemanasan itu berlaku dengan menarik panas dari sekitarnya, yang dalam hal ini menarik panas dari interior kendaraan Anda. Meskipun AC mobil Wuling sudah dirancang dengan komponen terbaik, tak jarang pemilik kendaraan akan menemukan masalah, salah satu masalahnya yaitu AC mobil yang panas.

Penyebab AC Mobil Wuling Mudah Panas

Penyebab AC Mobil Wuling Mudah Panas

Adapun penyebab AC mobil Wuling mudah panas bisa terjadi karena beberapa hal, faktor penyebabnya antara lain adalah sebagai berikut.

Tingkat Freon Rendah

Tingkat freon yang rendah dapat menjadi penyebab AC mobil Wuling mudah panas, tetapi beberapa hal lain juga dapat menyebabkannya. Misalnya, Anda telah mengisi bensin mobil Anda dan mengemudi selama lebih dari 10 jam. Dalam hal ini, mesin akan melepaskan karbon dioksida ke dalam sistem pendingin. Hal ini dapat meningkatkan keasaman, menurunkan titik didihnya dan membuatnya sulit untuk menghilangkan uap air di sistem pendingin udara.

Katup Ekspansi Tersumbat

Katup ekspansi merupakan bagian integral dari sistem pendingin kendaraan Anda; memungkinkan cairan freon mengalir melalui lubang-lubang kecil di samping radiator Anda. Ketika katup ini tersumbat atau rusak, hal ini dapat menjadi penyebab AC mobil Wuling mudah panas dan mempengaruhi seberapa baik AC mobil Wuling Anda bekerja dengan mencegah sirkulasi gas yang tepat ke seluruh sistem.

Pengering atau Akumulator Tersumbat

Jika Anda memiliki unit AC berdaya tinggi dan masih mengeluarkan udara hangat meskipun sudah beroperasi beberapa lama, maka Anda harus memeriksa pengering atau akumulator Anda dari kebocoran atau kerusakan yang dapat menyebabkan masalah dengan komponen sistem pendinginan hingga menjadi penyebab AC Mobil Wuling mudah panas.

Kompresor Rusak

Kompresor adalah bagian dari AC Anda yang menjadi panas dan mengeluarkan udara dingin, dan dapat rusak oleh filter yang kotor atau tersumbat, saluran gas yang buruk, termostat yang rusak, dan banyak lagi. Jika Anda memperhatikan bahwa kompresor mobil Anda mengeluarkan udara panas, lihat tips kami untuk membersihkan filter A/C mobil Anda.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Resistor Motor Blower Buruk

Untuk mencari penyebab AC mobil Wuling mudah panas, periksalah resistor motor blower Anda apakah ada sekring yang putus atau masalah lainnya. Jika Anda menemukan bahwa resistornya tidak berfungsi dengan benar, maka gantilah dengan komponen yang identik.

Kondisi Motor Blower Buruk

Motor blower adalah perangkat yang mengontrol aliran udara melalui sistem ventilasi mobil Anda. Jika ada masalah dengan komponen ini, itu dapat menyebabkan AC Mobil Wuling mudah panas dan juga menyebabkan aliran udara berkurang. Motor blower perlu dicek secara berkala dan diganti jika perlu.

Baca Juga: Penyebab Blower AC Mobil Lemah dan Cara Mengatasinya

Blend Door Actuator Rusak

Blend door actuator terletak di bawah kap Anda, dan komponen ini bekerja dengan cara membuka dan menutup saat Anda ingin menyesuaikan aliran udara melalui ventilasi Anda. Ketika komponen tersebut rusak atau tidak berfungsi dengan baik, maka hal ini dapat menyebabkan panas yang berlebihan di dalam kendaraan Anda dan menyulitkan Anda untuk mendinginkan dengan benar. Jika Anda melihat masalah ini, pastikan untuk menggantinya sesegera mungkin sehingga Anda dapat menghindari kerusakan lebih lanjut yang disebabkan oleh panas berlebih di dalam mobil Wuling Anda.

Inti Pemanas Bocor

Inti pemanas mobil Anda bisa bocor dan menjadi penyebab AC mobil Wuling mudah panas. Ini biasanya akibat kebocoran di inti pemanas daripada kegagalan unit kontrol iklim. Namun, jika Anda memperhatikan bahwa AC Mobil Wuling mudah panas, periksa apakah ada freon di sekitar inti pemanas. Jika demikian, ini bisa menunjukkan bahwa inti pemanas Anda mungkin bocor.

Unit Pengendali Suhu Rusak

Unit kontrol suhu mengontrol suhu di kendaraan Anda. Ini adalah unit tertutup yang berisi inti evaporator dan terkadang panci air. Jika bagian sistem ini rusak, itu bisa menjadi penyebab AC mobil Wuling mudah panas. Untuk memperbaiki masalah ini, Anda harus mengganti seluruh bagian sistem, termasuk unit kontrol dan panci air.

Sistem Kelistrikan Gagal Bekerja

Jika ada masalah dengan bagian sistem kelistrikan mobil Anda ini, maka hal itu akan menyebabkan AC Anda terus beroperasi meskipun tidak ada orang yang mengemudi atau menggunakannya. Hal ini dapat menyebabkan masalah panas berlebih serta masalah lain seperti efisiensi bahan bakar yang buruk karena kehilangan daya akibat penurunan level tegangan di dalam setiap komponen dalam sistem kelistrikan kendaraan Anda (termasuk motor starter).

Tidak Ada Daya ke Relai Kopling AC atau Relai Rusak

Anda mungkin tidak dapat menghidupkan mobil Anda karena tidak ada daya ke relai kopling AC atau kabelnya. Jika masih mengeluarkan udara panas, ini mungkin penyebab AC mobil Wuling mudah panas, tetapi Anda tidak dapat menyalakan AC Anda.

Unit AC Terkontaminasi dan Perlu Dibersihkan

Seiring dengan berjalannya waktu, komponen pendinginan AC kendaraan dapat tersumbat dengan kotoran di dalamnya. Kotoran ini harus dibersihkan dari unit AC kendaraan sebelum dapat mengeluarkan udara dingin kembali. Anda dapat menggunakan udara bertekanan atau penyedot debu untuk membersihkan kotoran di dalam unit AC sebelum menyalakannya kembali.

Kumparan Kondensor AC Kotor

Ketika Anda memiliki kumparan kotor pada unit kondensor AC Anda, Anda akan melihat bahwa komponen tersebut akan tertutup debu dan kotoran. Kotoran ini bisa masuk ke elemen pemanas kompresor Anda, menyebabkan korosi yang dapat menyebabkan kebocoran dan tetesan. Jika ini pernah terjadi sebelumnya, maka kemungkinannya untuk terjadi lagi akan semakin besar.

AC Tidak Dinyalakan di Komputer Mobil

Dalam keadaan tertentu, penyebab AC mobil Wuling mudah panas dan tidak bekerja dengan benar karena tidak menyala secara otomatis saat Anda menyalakan listrik mobil Anda. Dalam hal ini, kemungkinan besar ada masalah dengan salah satu kabel atau koneksi di dalam sistem komputer mobil Anda.

Rekomendasi Pengecekan dan Servis Komponen AC Mobil Wuling

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa ada banyak sekali penyebab AC mobil Wuling menjadi panas. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu melakukan pemeriksaan dan memelihara kondisi komponen AC agar sistem pendinginannya dapat bekerja dengan baik. Dalam hal ini sangat disarankan untuk melakukan pengecekan dan servis komponen pendingin kendaraan di bengkel terpercaya seperti Dokter Mobil.

Sudah dikenal reputasinya sebagai bengkel spesialis AC mobil terpercaya, layanan service AC mobil di Dokter Mobil hanya menggunakan peralatan canggih berteknologi tinggi dan ditangani oleh para teknisi yang berpengalaman dan ahli, sehingga kualitas penanganannya memang sudah sangat terjamin.

Tertarik untuk atasi penyebab AC mobil Wuling mudah panas di Dokter Mobil? Reservasi layanan service AC mobil di Dokter Mobil sekarang melalui WhatsApp (klik di sini) atau mengisi formulir reservasi online (klik di sini). Lakukan reservasi dengan mudah hanya dari rumah, customer service Dokter Mobil akan mencatat reservasi Anda dan Anda pun bisa langsung menuju cabang Dokter Mobil yang dituju untuk atasi penyebab AC mobil Wuling mudah panas tanpa harus antre layaknya bengkel biasa.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Akhir Kata

Jadi seperti itulah penjelasan lengkap mengenai penyebab AC mobil Wuling mudah panas. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pemeriksaan berkala dan perawatan komponen AC mobil adalah hal yang sangat penting dilakukan untuk menjaga fungsi pendinginan mobil agar dapat terus bekerja dengan sempurna. Oleh karena itu, lakukanlah beberapa cara perawatan dan bawalah kendaraan Anda ke bengkel terpercaya seperti Dokter Mobil untuk pemeriksaan berkala atau servis agar Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4574

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya