💕Selamat Hari Kasih Sayang Domo Lovers💕  📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Penyebab dan Cara Mengatasi AC Mobil KIA Menetes

Penyebab dan Cara Mengatasi AC Mobil KIA Menetes

Sampai saat ini, salah satu kendala yang sering dialami oleh para pemilik mobil KIA adalah AC mobil KIA menetes. Sebenarnya, masalah ini cukup wajar mengingat semua komponen kendaraan, apapun itu mereknya, pasti akan mengalami penurunan kualitas dari waktu ke waktu. Meski demikian, bagaimanapun juga masalah ini bisa cukup mengganggu.

Penyebab AC Mobil KIA Menetes

Penyebab AC Mobil KIA Menetes

Penyebab AC mobil KIA menetes ini bisa terjadi karena beberapa faktor. Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini faktor-faktor yang dapan menyebabkan AC mobil KIA menetes.

Penyumbatan pada pipa pembuangan kondensat

Sistem pendingin udara mobil Anda dirancang untuk membuang semua air di luar mobil Anda melalui saluran pembuangan kondensat. Jika saluran air tersumbat oleh kotoran dan debu, hal ini dapat mencegah air mengalir keluar dari kendaraan Anda. Ini akan menyebabkan air meluap di dalam mobil.

Jika Anda melihat AC mobil KIA menetes setiap kali Anda menghidupkan AC, ini mungkin menunjukkan penyumbatan di pipa pembuangan kondensat. Partikel kotoran dan serpihan berinteraksi dengan kelembapan unit AC dan mengeras di dalam saluran pembuangan.

Saluran kondensat tidak terpasang dengan benar

Hal serupa dapat terjadi ketika saluran kondensat Anda tidak dipasang dengan benar, menyebabkan AC mobil KIA mulai menetes. Fungsi saluran kondensat Anda adalah mengalirkan air di luar mobil Anda. Jika terjadi kebocoran, air dapat menumpuk di dalam mobil Anda dan merusak komponen lainnya.

Tingkat freon rendah

Mobil Anda membutuhkan freon untuk tetap mengalirkan udara dingin di dalamnya. Jika sistem memiliki tingkat freon yang rendah atau tidak ada sama sekali, ini dapat menurunkan tekanan pada sistem Anda dan menyebabkan kumparan evaporator membeku dan mengeras. Ketika kumparan dipanaskan lagi, es mencair dan mengakibatkan AC mobil KIA menetes.

Pembekuan pada kumparan evaporator selalu merupakan pertanda buruk. Kadang-kadang menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki sendiri bersama dengan bagian lain. Itu sebabnya perawatan rutin sangat dianjurkan.

Baca Juga: Cara Merawat AC Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Filter udara kotor atau tersumbat

Tugas filter udara pada mobil adalah untuk menyaring dan mengumpulkan debu dan kelembapan yang tidak diinginkan dari sistem. Seiring waktu, residu menumpuk dan menghalangi filter udara. Filter udara yang tersumbat dapat membekukan kumparan evaporator AC mobil Anda, yang pada gilirannya akan menyebabkan air meluap dari saluran kondensat ke interior mobil Anda.

Panci pembuangan kondensat rusak

Panci pembuangan kondensat Anda mungkin rusak karena keausan seiring waktu atau karena hal lainnya. Ketika panci pembuangan kondensat pecah, maka ini dapat menyebabkan AC mobil KIA menetes.

Masalah dengan evaporator

Evaporator adalah bagian dari sistem AC Anda yang terlihat seperti radiator. Saluran evaporator yang tersumbat dapat menyebabkan air menumpuk di inti evaporator. Selain itu, struktur evaporator membantunya menyaring daun dan bahan biodegradable lainnya di dalamnya. Semua bahan biodegradable ini dapat menyebabkan inti evaporator berkarat dan menimbulkan masalah kebocoran. Jika Anda melihat air keluar melalui ventilasi AC, ini adalah alasan yang paling mungkin di baliknya.

Sealant yang rusak

Sistem pendingin udara mobil Anda menggunakan sealant plastik atau karet untuk membuat sistem anti bocor. Jika satu atau lebih segel rusak, maka air akan mulai menetes dan menumpuk di dalam kabin mobil Anda.

Di Mana Lokasi AC Mobil KIA Menetes?

Di dalam

Apabila kebocoran AC mobil KIA terjadi di dalam, maka ini adalah tanda kebocoran yang jelas (selain masalah yang tidak terkait dengan AC). Jika Anda melihat air menggenang di dalam mobil Anda selama hari-hari yang panas dan cerah saat Anda menggunakan AC mobil Anda paling banyak, itu mungkin disebabkan oleh kebocoran. Periksa mobil Anda sesegera mungkin ketika itu terjadi.

Di luar

Sistem drainase untuk mobil Anda dirancang untuk membuang air di luar mobil. Jika Anda melihat sedikit air menetes saat Anda menyalakan AC di hari yang terik, itu normal. Melihat genangan air di bawah mobil Anda tidak apa-apa. Jika tidak ada air yang keluar meskipun AC Anda dihidupkan dengan daya penuh, itu juga tidak baik. Bawalah mobil Anda ke bengkel profesional sesegera mungkin ketika Anda mulai melihat genangan air di luar mobil Anda.

Cara Mengatasi Masalah AC Mobil KIA Menetes

Beberapa perbaikan dari masalah yang disebutkan di atas sangat sederhana. Pemahaman yang baik dan beberapa alat sudah cukup untuk menyelesaikan sebagian besar masalah yang disebutkan di atas.Namun, sistem pendingin udara mobil bisa sedikit rumit untuk ditangani. Itulah mengapa sangat disarankan untuk memanfaatkan bantuan profesional. Jika Anda merusak pipa pendingin saat mencoba membuka sumbatannya, itu akan menimbulkan lebih banyak masalah, bukan menyelesaikan masalah yang sudah ada.

Setiap mobil seharusnya melalui pemeriksaan rutin setidaknya setahun sekali. Kami menyarankan Anda memeriksa sistem AC secara menyeluruh pada saat itu untuk memastikan semuanya berjalan lancar. Membersihkan saluran pembuangan kondensat cukup mudah. Anda hanya memerlukan gelas ukur, corong, larutan pembersih (baik komersial atau buatan sendiri), sikat kaku,dan obeng untuk membantu mengeluarkan kotoran yang terkumpul serta kontaminan lain yang tersangkut di dalamnya.

Jika Anda tidak ingin mengambil risiko melubangi selang pembuangan, alternatif yang lebih baik adalah membersihkan saluran pembuangan Anda dengan kotak evaporator setidaknya sebulan sekali untuk mencegah pertumbuhan jamur, lumut, dan bakteri.

Di bawah ini adalah langkah-langkah tentang cara membersihkan saluran pembuangan kondensat untuk panduan Anda:

  • Matikan unit AC Anda dan dongkrak kendaraan Anda.
  • Bersihkan kelebihan air, terutama di sekitar area yang akan Anda kerjakan.
  • Temukan pipa pembuangan kondensat dan identifikasi titik aksesnya.
  • Lepaskan sumbat/tutup dari pipa.
  • Periksa apakah ada sumbatan pada selang pembuangan dan singkirkan kotoran yang terlihat (tanpa mengeluarkan paksa apa pun yang tersangkut) menggunakan obeng atau sikat kaku.
  • Tuangkan larutan pembersih Anda ke dalam selang pembuangan. Saat membersihkan saluran pembuangan kondensat Anda, hanya gunakan jenis komersial atau campuran cuka-air alami (1 bagian cuka banding 4 bagian air). Jangan pernah menuangkan pemutih ke saluran pembuangan, karena dapat merusak sistem.
  • Tunggu hingga penyumbatan larut selama sekitar 10 menit hingga satu jam. Setelah itu, bilas pipa pembuangan dengan larutan buatan sendiri (atau hanya air biasa).
  • Uji ulang pipa pembuangan untuk melihat apakah itu mengalir dengan benar. Jika tidak, Anda mungkin harus mengulangi langkah keempat dan kelima sampai pipa pembuangan benar-benar terbebas dari penyumbatan.
  • Ganti tutup pembuangan.
  • Jika Anda sudah lama tidak membersihkan saluran pembuangan kondensat, Anda mungkin memerlukan penyedot debu basah/kering untuk pendekatan yang lebih agresif dalam menghilangkan sumbatan dari pipa. Gunakan selotip untuk mengencangkan selang vakum ke ujung saluran pembuangan, lalu sedot kotoran dari pipa pembuangan selama sekitar satu menit.

Rekomendasi Pengecekan dan Servis Komponen AC Mobil KIA Menetes

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat diketahui bahwa masalah AC mobil KIA yang menetes memang cukup mengganggu. Masalah ini pada dasarnya terjadi karena beberapa penyebab utama, oleh karena itu sangat penting untuk selalu melakukan pemeriksaan dan memelihara kondisi komponen AC agar sistem pendinginannya dapat bekerja dengan baik. Dalam hal ini sangat disarankan untuk melakukan pengecekan dan servis komponen pendingin kendaraan di bengkel terpercaya seperti DOKTER MOBIL.

DOKTER MOBIL adalah bengkel spesialis AC mobil kualitas profesional yang sudah tersebar di berbagai kota besar di Indonesia. Layanan pemeriksaan komponen dan servis di DOKTER MOBIL semuanya akan dikerjakan oleh teknisi yang handal dan berpengalaman sehingga tidak perlu diragukan lagi kualitasnya.

Reservasi layanan service untuk atasi AC mobil KIA menetes di DOKTER MOBIL sekarang via WhatsApp (klik di sini) atau melalui pengisian formulir daring (klik di sini).

Akhir Kata

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai masalah AC mobil KIA menetes. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pemeriksaan berkala dan perawatan komponen AC mobil adalah hal yang sangat penting dilakukan untuk mencegah masalah AC mobil KIA menetes sekaligus menjaga fungsi pendinginan mobil agar dapat terus bekerja dengan sempurna. Oleh sebab itu, lakukanlah beberapa langkah perawatan dan bawalah kendaraan Anda ke bengkel terpercaya seperti DOKTER MOBIL untuk pemeriksaan berkala atau servis agar Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4367

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya