New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Penyebab gas mobil kosong

Ketahui Ini 3 Penyebab Gas Mobil Kosong dan Detailnya

Ketahui Ini 3 Penyebab Gas Mobil Kosong dan Detailnya! Penyebab gas mobil kosong ini bisa terjadi karena banyak faktor lho, bisa karena mesin atau masalah lain. Yang jelas anda harus simak penjabarannya. Karena ini sangat penting anda perlu membacanya dengan perlahan dan focus ya. Ayo kita simak!

3 Penyebab Gas Mobil Kosong Yang Jarang Diketahui

Sensor Oksigen Rusak

Penyebab gas mobil kosong terjadi saat mesin panas, gas terasa loss power namun pada saat mesin dingin tidak terjadi apa—apa tapi saat mobil dijalankan mobil tersendat-sendat, tidak ada tarikan saat pedal gas diinjak dan adanya lampu cek engine menyala di dashboard. Posisi sensor oksigen berbeda-beda ada yang hanya satu dan ada juga yang dua. Biasanya pada mobil bekas taksi dengan kilometer cukup tinggi, posisi sensor oksigen adalah dekat knalpot.

Fungsi sensor oksigen ini untuk mendeteksi gas buang atau gas emisi, sensor ini kemudian memberikan informasi kepada ECU untuk menetapkan berapa banyak bahan bakar yang disemprotkan ruang bakar.

Solusinya, anda bisa menggantinya dengan membeli parts orisinil seharga kira-kira Rp. 1.700.000,- (harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan) atau atau yang bukan orisinil dengan harga setengahnya, namun biasanya tidak akan bertahan lama lebih dari 3 bulan. Jadi, saya sarankan ganti yang baru saja ya.

Fuel Pump Tersumbat

Fuel pump adalah komponen yang bertugas menyedot bahan bakar dan mendistribusikan ke ruang bakar.Ini adalah salah satu penyebab gas mobil kosong.  Gejala yang sering dirasakan jika fuel pump tersumbat atau kotor adalah ketika pedal gas diinjak mesin tidak berakselerasi atau istilah jakartanya brebet, tidak mau jalan sampai tnesin mati.

Hal ini bisa terjadi jika fuel pump tersumbat karena pasokan bahan bakar jadi tersendat dan menyempit akibat kotoran atau timbal yang ada di bahan bakar. Jadi agar fuel pump tidak tersumbat pastikan jangan mengisi bahan bakar saat akan habis, setidaknya isi bahan bakar saat bahan bakar sisa setengah. Agar kotoran yang mengendap di bawah tangki tidak ikut tersedot fuel pump.

Selain itu anda juga harus sering-sering menguras tangki bahan bakar lima tahun sekali untuk mobil baru dan dua tahun sekali untuk mobil bekas. Terakhir, pastikan mengisi bahan bakar di saat sore hari menuju malam hari. Ini dimaksudkan agar bahan bakar tidak memuai saat diisi yang menyebabkan naiknya uap bahan bakar ke permukaan tangki bahan bakar sehingga tangki terasa penuh padahal hanya diisi separuh.

Electric Injector Rusak

Ada 3 hal  penyebab elektrik injector rusak yaitu :

  • Kualitas Bahan Bakar

Bahan bakar dengan RON 91 biasanya lebih bersih dibandingkan dengan RON 88. Namun, sebersih-bersihnya bahan bakar pasti ada sepersekian persen mengandung sulfur, parafin dan kotoran seperti debu atau karbon yang menumpuk menjadi karbon atau kerak di bagian injector. Karbon atau kerak ini akan menumpuk menjadi gumpalan perlahan tapi pasti menyebabkan injector kotor.

  • Perlakuan Terhadap Mesin Mobil

Merawat mesin merupakan kewajiban untuk setiap pengendara seperti anda dan saya. Termasuk melakukan tuning, membersihkan saluran bahan bakar dan menggunakan bahan bakar yang sesuai dengan standard rekomendasi pabrikan serta melakukan pemanasan mesin sebelum digunakan. Meskipun banyak pihak pabrikan yang mengklaim mesin mobil bisa langsung dipakai tanpa harus “dihangatkan” terlebih dahulu. Namun, ada positif nya lho jika anda melakukan pemanasan sebelum mesin mobil digunakan.

Italian tune up itulah yang seharusnya anda lakukan pada mesin mobil yang akan anda pakai. Caranya injaklah pedal gas dalam-dalam beberapa kali sampai mobil mengerung. Lakukan bertahap ya, mulai dari kedalaman pendek sampai kedalaman panjang. Fungsinya tentu saja untuk merontokkan kotoran dan debu yang bisa saja terhisap oleh komponen di sekitar mesin.

  • Kondisi Lingkungan Sekitar 

Kondisi lingkungan sekitar juga menjadi salah satu peran penyebab gas mobil kosong akibat injector rusak lho. Jika anda sering bolak-balik bekerja di daerah proyek dan anda mengisi bahan bakar di SPBU dekat dengan proyek. Maka bisa jadi partikel kotoran ikut masuk saat pengisian bahan bakar. Meski ukurannya sangat kecil namun jika anda sering dan setiap hari anda lakukan maka debu yang kecil akan menggumpal membentuk kotoran dan kerak.

Baca Juga : Harga Fogging Mobil

Nah, cara mencegah penyebab gas mobil kosong anda bisa membersihkan injector dengan injector cleaner ultrasonic pada beberapa bengkel resmi. Biasanya bengkel akan mematok dengan kisaran harga Rp. 300.000,- sampai Rp. 400.000,-. Atau anda bisa menggunakan injector cleaner dengan cara menuangkan cairan pada tangki bahan bakar sebelum tangki diisi penuh.

Demikian tiga hal penyebab gas mobil kosong yang harus anda perhatikan. Terutama bagian injector ya, karena bagian ini yang cukup penting. Memang kesemuanya hal yang penting jadi jangan tunggu sampai rusak ya. Segera perbaiki injector dan fuel pump anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 47896

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bingung Check Up Beli Mobil Bekas? Dokter Mobil adalah Solusinya
Menyimpan Hand Sanitizer Gel di Mobil, Bolehkah?
Daya Tarik Hyundai Palisade Terhadap Pecinta Mobil Indonesia
8 Alasan Anda Harus Menggunakan Produk Anti Limbung Mobil di Dokter Mobil
Ciri Kipas Radiator Lemah Yang Mulai Terjadi Pada Mobil Anda