New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
penyebab mesin mobil tidak bisa langsam

3 Penyebab Mesin Mobil Tidak Bisa Langsam dan Cara Mengatasinya

3 Penyebab Mesin Mobil Tidak Bisa Langsam dan Cara Mengatasinya – Seiring dengan penggunaan kondisi mesin akan menurun, salah satunya timbul penyebab mesin mobil tidak bisa langsam sampai mesin mati mendadak. Jika sudah begini anda jangan sampai panic dulu ya. Kondisi mesin yang tidak bisa langsam bukan berarti mobil anda rusak sampai tidak bisa diperbaiki. Anda perlu mengetahui apa penyebabnya, oleh sebab itu anda perlu membaca artikel ini.

Sebelum anda membaca artikel penyebab mesin mobil tidak bisa langsam ini anda perlu tahu apa itu langsam. Langsam sendiri adalah suatu kondisi yang menunjukkan bahwa putaran mesin berada pada situasi yang stabil, efisien dan ideal bagi mesin tanpa harus menekan pedal gas sehingga mobil nyaman untuk digunakan. Biasanya putaran rpm mesin langsam ini sangat diperlukan untuk menjaga mesin agar tidak mati. Pada umumnya putaran rpm mesin untuk kondisi langsam atau idle ini berada pada 750-850 rpm.

Beberapa Penyebab Mesin Mobil Tidak Bisa Langsam atau Idle

  • Pengaturan Percampuran kurang tepat

Pengaturan percampuran yang kurang tepat antara bahan bakar dan udara bisa menjadi salah satu penyebab mesin mobil tidak bisa langsam. Hal ini dikarenakan adanya pasokan bahan bakar ke ruang bakar lebih besar daripada yang dibutuhkan oleh mesin itu sendiri. Nah, salah satu cara untuk mengetahui pas atau tidaknya pengaturan itu, saat mesin mobil dalam posisi idle atau langgsam. Jika rpm mesin naik turun maka pengaturan perbandingan bahan bakar dan udara tidak pas. Terutama saat pertama kali mesin dihidupkan. RPM seharusnya berada di titik stabil saat tidak menginjak pedal gas.

Anda perlu mewaspadai hal ini karena mesin yang tidak stabil seperti itu selain mengakibatkan konsumsi bahan bakar lebih boros, juga memungkinkan mesin tiba-tiba mati saat anda dalam perjalanan. Solusi untuk hal ini anda perlu melakukan uji emisi gas buang. Kalau hasil di kertas menunjukkan jumlah kadar HC dan CO terlalu tinggi. Maka bahan bakar yang masuk ke ruang bakar terlalu besar daripada yang dibutuhkan. Setelah anda yakin bahwa memang bahan bakar terlalu besar anda bisa ke bengkel terdekat biasanya bengkel akan melakukan pemeriksaan dan penyetelan rasio bahan bakar dan udara atau disebut juga setel CO. Kemudian untuk meyakinkannya anda bisa melakukan pemeriksaan throttle body.

  • Karburator Kotor

Pada mesin mobil konvensional karburator memiliki tugas untuk bisa menghasilkan tenaga yang optimal dibutuhkan campuran udara dan bahan bakar yang tepat. Agar bahan bakar dapat dikabutkan dengan baik di dalam karburator terdapat saluran bahan bakar dengan ukuran yang sangat kecil. Jika ada kotoran yang terbawa bersama bahan bakar maka akan membat aliran tidak lancer. Akibatnya putaran mesin tidak stabil dan tenaga berkurang.

Cara membersihkan karburator mobil yang pertama anda harus lakukan gunakan sarung tangan isolator kemudian pastikan kabel-kabel kutub negatif dari aki terbuka, buka saringan udara dan rumahnya. Saat membuka filter udara, perhatikan posisinya. Setelah itu membuka selang-selang yang terhubung ke karburator termasuk selang bahan bakar, jangan lupa buka juga kabel gas nya. Setelah semua terlepas, saatnya membuka karburator. Bukalah baut karburator lalu angkat karburator dari manifold. Kemudian lepaskan bagian karburator yang akan dibersihkan. Ingat jangan buka spuyer dan pilot jet agar tidak terbalik saat pemasangan kembali. Setelah semua komponen karburator dilepas, bersihkan dengan sikat dan karburator cleaner, pastikan sampai bersih.

Baca Juga : Penyebab Mobil Saat Jalan Terasa Goyang

Hal ini ditujukan agar kotoran yang terkandung dalam karburator terangkat. Semprot juga semua lubang di sudut karburator dengan kompresor angin tekanan rendah. Setelah anda yakin semua komponen karburator bersih dan tidak ada kotoran lagi, saatnya memasang kembali semua komponen karburator. Saat anda memasang karburator ke mesin anda bisa menambahkan sedikit lem untuk mencegah kebocoran, kemudian jangan lupa pasang semua selang dan kabel baterai negatif. Jika semuanya sudah terpasang, nyalakan mesin dan pasang ulang filter udara dan rumahnya.

Jika menurut anda semua langkah terasa sulit dan berat anda bisa datang ke bengkel langganan atau bengkel resmi untuk minta dibersihkan karburatornya. Harga yang dibanderol sekitar Rp. 400.000,- sampai Rp. 500.000,-.

  • Kerusakan pada Mekanisme Mesin

Penyebab mesin mobil tidak bisa langsam selanjutnya adalah adanya kerusakan pada mekanisme mesin. Seperti yang kita ketahui ada empat siklus mesin saat bekerja yaitu isap, kompresi, usaha dan buang. Jika ada salah satu siklus yang bermasalah maka siklus itu tidak akan efektif sehingga mesin mobil tidak bisa langsam.

Beberapa masalah yang timbul akubat kerusakan mekanisme mesin seperti kegagalan kompresi di salah satu silinder bermasalah sehingga tenaga pembakaran silinder turun. Hal inilah yang mempengaruhi kestabilan dan putaran mesin. Nah, kegagalan kompresi dapat disebabkan oleh keausan baik pada dinding silinder, ring piston, liner silinder dan klep mesin yang bocor.

Setelah mengetahui Penyebab mesin mobil tidak bisa langsam, kita juga perlu mencari tahu tentang hal lain,

Ciri-ciri kegagalan kompresi tiga diantaranya adalah mobil susah hidup di pagi hari atau mesin dalam kondisi dingin, oli sering habis dan tenaga mesin berkurang. Jika mobil anda memiliki ciri-ciri ini maka tidak dapat yang bisa anda lakukan selain overhaul mesin atau yang sering disebut turun mesin.

Tips agar Mesin Mobil Langsam atau Idle Normal

  • Bersihkan pipa filter

Kandungan oksigen yang diserap ke dalam bahan bakar biasanya akan di filter melalui pipa kemudian baru dikompresi ke ruang bakar. Jika pipa filter anda kotor akan memungkinkan filter tidak mampu menyaring oksigen dengan maksimal sehingga kualitas udara di dalam ruang bakar akan menjadi buruk dan lama kelamaan akan ada kerak berwujud karbon. Jika hal ini terjadi bisa membuat pembakaran tidak optimal dan malahan membuat bahan bakar menjadi lebih boros. Jadi pastikan pipa filter dibersihkan ya.

  • Bersihkan dan Ganti Busi

Anda perlu membersihkan busi jika sudah kotor dan anda perlu melakukan pengecekan terhadap busi pada mesin mobil anda. Anda perlu melakukan pengujian pada busi dan koilnya. Saya pernah membahas mengenai menguji busi dan koil busi. Pada intinya koil dan busi cukup penting karena mereka berdua yang bertugas dalam proses pembakaran, menghasilkan bunga api yang besar agar pembakaran bisa lebih optimal. Jika salah satu busi rusak atau mati anda perlu menggantinya dengan busi yang baru.

  • Servis Teratur

Lakukan servis secara berkala pada mesin mobil anda. Lakukan penggantian oli sesuai dengan standarisasi pabrik masing-masing mobil. Jika perlu lakukan setel CO jika hasil uji emisi gas buang anda tidak memenuhi standard dan jangan lupa untuk mencuci karburator jika menurut anda, mobil anda sedari baru sampai sekarang belum pernah melakukan cuci karburator.

  • Remap ECU

Khusus untuk mobil – mobil dengan teknologi tinggi seperti VVT-I, DOHC dan sebagainya. Remap ECU dirasa perlu karena ini merupakan pemetaan ulang program data yang tersimpan di dalam ECU (Engine Control Unit) tujuannya agar meminimalisir pembacaan data eror akibat debu yang menempel pada sensor input.

  • Katup  ISC (Idle Speed Control) Kotor

Bagi pengguna mobil dengan teknologi tinggi dengan ECU (Electronic Control Unit) dan EFI (Electric Fuel Injection) terpasang pada mobil. Anda perlu melakukan cek ISC. ISC bertugas menjaga putaran mesin dipertahankan dalam kondisi stabil yaitu saat masih dingin tanpa AC kisar 1000 rpm sampai suhu kerja mesin tercapai dan merubah ke posisi idle kisar 700 rpm yang biasanya ISC diatur oleh ECU. Ciri –ciri ISC bermasalah biasanya adalah mesin mobil tidak bisa langsam. Jika hal ini terjadi anda perlu membawanya ke bengkel resmi paling dekat dengan rumah anda.

Baca Juga : Cara Mengisi Freon AC Mobil

Menjaga mesin mobil agar bisa langsam adalah hal yang susah-susah gampang. Baik dari segi perawatan maupun penggantian. Namun tidak salah lho agarpenyebab  mesin mobil tidak bisa langsam kembali menjadi benar. Sebab jika dibiarkan bisa jadi malah anda harus overhaul. Jangan sampai deh!

Itulah penjelasan tentang artikel penyebab mesin mobil tidak bisa langsam, Semoga bermanfaat

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 7897

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Solusi Permasalahan AC di Bengkel AC Terbaik untuk Mobil 
Tanda Kerusakan serta Apa Fungsi Stator pada Alternator
Dokter Mobil Pilihan Tepat Meningkatkan Kenyamanan Selama Berkendara
 Ini Rekomendasi Service AC Mobil di Bekasi: Buka Akhir Pekan, Masalah AC dan Keunggulan 
Permasalahan Mobil: Mesin Mobil Keluar Asap