New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes

Penyebab Bunyi Berdecit Saat AC Mobil Dihidupkan dan Solusinya

Jika anda mendengar bunyi berdecit saat AC mobil dihidupkan maka anda harus segera mengatasinya. Karena jika dibiarkan, kerusakan bisa semakin parah.

Namun untuk dapat memperbaiki masalah bunyi decit ini, anda perlu mencari tahu apa penyebab munculnya masalah ini. Dengan demikian, akan lebih mudah untuk:

  • Mencari tahu solusi untuk mengatasi masalah ini
  • Tahu hal apa yang harus dan tak boleh dilakukan agar masalah ini tak muncul kembali.

Lalu apa sebenarnya penyebab bunyi berdecit ini? Dan bagaimana mengatasinya? Silahkan membaca artikel ini, dan semoga bermanfaat untuk kita semua.

Penyebab Bunyi Berdecit saat AC Mobil Dihidupkan

Kemunculkan bunyi decit pastilah berasal dari adanya masalah pada komponen AC mobil anda. Adapun sumber bunyi decit ini biasanya terjadi pada bagian:

Fan Belt AC Mobil

Ketika fan belt AC mobil terlalu kering, ketika AC mobil dihidupkan dan mesin berputar, fan belt akan bersuara decit. Hal ini terjadi akibat adanya gesekan antara pulley dengan fan belt AC mobil.

Bunyi decit ketika menyalakan AC mobil juga biasa disebabkan oleh kendornya fan belt AC mobil, sehingga terjadi selip yang gesekannya menghasilkan bunyi decit. Selain itu, bunyi decit ini juga muncul karena fan belt AC mobil terlalu ketat (kekecilan).

Gesekan Besi di Dalam Kompresor AC Mobil

Logam-logam di dalam mesin kompresor biasanya akan saling beradu dan bergesekan. Ketika kompresor AC mobil kekurangan oli kompresor, gesekan logam di dalam mesin akan semakin sering terjadi. Pada gesekan antara logam yang sudah sangat kering, akan menimbulkan bunyi decit.

Jika bunyi decit dari dalam kompresor AC mobil ini tidak segera diatasi, mesin kompresor dapat mengalami kerusakan yang lebih parah. Kompresor AC mobil dapat jebol.

Lantas apakah solusi terbaik untuk masalah ini

Lihat Juga: AC Mobil Timor Bunyi

Solusi Mengatasi Bunyi Berdecit Saat AC Mobil Dihidupkan yang Paling Efektif

Masalah bunyi decit ini harus diselesaikan dengan secepat dan seefektif mungkin. Hal ini untuk memastikan masalah tidak merembet ke komponen lainnya di mobil anda.

Adapun beberapa solusi yang bisa dipilih antara lain adalah dengan:

  • Lakukan Penggantian Fan Belt AC Mobil

    Fan belt yang terlalu besar, ataupun yang kekecilan mau tidak mau harus diganti dengan yang baru. Pastikan anda memiliki fan belt yang ukurannya sesuai dengan jarak pulley mesin dengan pulley kompresor AC mobil anda.

    Untuk fan belt AC mobil yang mengeluarkan bunyi berdecit akibat terlalu kering, anda dapat melumasinya saja. Namun jangan menggunakan pelumas yang tidak sesuai, seperti menggunakan mentega, ataupun air. Mengapa? Karena setelah beberapa saat, biasanya fan belt justru akan semakin kering.

  • Check Komponen Kompresor AC Mobil

    Jika sumber bunyi decit ketika AC mobil dinyalakan berasal dari kompresor AC mobil, maka langkah paling tepat adalah dengan melakukan check kondisi kompresor. Pastikan kondisi logam-logam di dalam mesin kompresor masih baik, dan kompresor masih dapat bekerja dengan optimal.

    Setelah itu, karena masalah decitan ini terjadi karena kurangnya oli kompresor, maka sebaiknya segeralah melakukan isi ulang oli kompresor.

Demikianlah informasi singkat mengenaik penyebab dan cara mengatasi bunyi decit saat AC mobil dihidupkan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Terimakasih sudah membaca.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Perbedaan Tune Up dan Servis Berkala! Anda Perlu Tahu
Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!