📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

10 Tips Merawat Mesin Mobil Avanza

kiat perawatan mesin mobil Avanza

Mobil Avanza sudah tidak diragukan lagi merupakan salah satu tipe mobil yang paling laris dalam sejarah otomotif Indonesia.

Oleh karena itu, tak heran jika banyak sekali orang yang membutuhkan informasi seputar cara merawat mesin mobil Toyota Avanza agar kinerjanya tetap maksimal.

Tanpa berlama-lama lagi, mari disimak penjelasan lengkap mengenai beberapa tips untuk merawat mesin mobil Toyota Avanza di bawah ini!

10 Tips Merawat Mesin Mobil Avanza

tips merawat mesin mobil avanza

Julukan ‘mobil sejuta umat’ memang sudah melekat dengan Toyota Avanza. Sehingga penanganannya pun jauh lebih mudah jika dibandingkan jenis mobil lain, karena mobil ini memang akrab ditemui di jalanan.

Namun bukan berarti Avanza tak memerlukan perawatan mesin yang baik, berikut ini tips merawat mesin mobil Avanza agar kondisinya senantiasa prima saat melaju di jalan.

  1. Ganti Oli Mesin secara Berkala

Tips merawat mesin mobil Avanza yang pertama adalah dengan mengganti oli mesin secara berkala.

Tindakan mengganti oli sangatlah penting dilakukan untuk memelihara kinerja mesin mobil, namun sayangnya masih banyak pemilik Avanza yang menganggap ini sebelah mata.

Padahal, penggantian oli mesin secara berkala dapat membuat semua bagian mesin mobil Avanza yang bergerak terlumasi dengan baik sehingga risiko keausan menjadi minimal.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Tak sampai di situ, penggantian oli yang teratur juga dapat membersihkan semua debu, kotoran, dan sedimen, serta menjauhkannya dari tempat yang tidak seharusnya.

Oleh karena itu ada baiknya bagi Anda untuk memeriksa level oli setiap bulan dan melakukan isi ulang jika levelnya rendah.

Kelas oli dan interval penggantian juga harus disesuaikan pada rekomendasi pabrikan.

Filter oli sama pentingnya karena komponen ini dapat menyaring semua sampah dari oli dan menghentikan regulasi kembali ke mesin.

Ini akan memastikan bahwa mesin Anda berjalan mulus dan tidak overheating.

Untuk mengganti oli mesin mobil Avanza secara maksimal, percayakan metode Cuci Darah di Dokter Mobil.

Menggunakan mesin khusus, oli lama akan disedot hingga terkuras habis. Sehingga oli baru yang diisi ke tangki tak terkontaminasi dengan oli bekas dan performa oli baru pun bisa lebih prima.

  1. Terus Periksa Sistem Pendingin

Tips merawat mesin mobil Avanza yang kedua adalah memeriksa sistem pendinginan mesin.

Meskipun saat ini teknologi efisiensi mesin mobil sudah mengalami perkembangan yang cukup signifikan, namun masih banyak energi yang hilang selama pembakaran dalam bentuk panas.

Logam dan paduannya yang terdapat dalam mesin mobil bukanlah kombinai yang baik untuk panas.

Oleh karena itu sangat penting untuk selalu pastikan ada cukup cairan pendingin di dalam tangki karena cairan ini sangat penting untuk pembuangan panas.

Selain itu, janganlah lupa untuk melihat pengukur suhu mesin pada hari yang cerah dan panas dan mematikan mobil Anda jika mendekati panas berlebih.

  1. Berikan Ventilasi Udara pada Mesin

Tips merawat mesin mobil Avanza yang ketiga adalah dengan memberikan ventilasi udara pada mesin kendaraan.

Tanpa disadari, mesin mobil sebenarnya membutuhkan sirkulasi udara yang memadai.

Aliran udara yang terbatas dapat menyebabkan bahan bakar tidak terbakar sepenuhnya, yang jika dibiarkan secara terus menerus dapat meningkatkan emisi dan mengurangi jarak tempuh.

Oleh sebab itu, periksalah filter udara dan bersihkan/ganti setiap kali Anda merasa ada terlalu banyak kotoran dan debu yang menempel.

Satu hal yang perlu Anda ingat adalah mesin mobil Avanza Anda juga perlu bernapas dengan benar agar berfungsi dengan baik dan terus berjalan.

  1. Periksa Kebocoran

Tips merawat mesin mobil Avanza yang keempat adalah memeriksa kebocoran. Ketika Anda pulang dan hendak memarkirkan mobil, berhentilah sejenak dan lihat lantai apakah ada cairan di tanah.

Jika ada bahan bakar atau cairan oli yang bocor, maka Anda harus mengunjungi bengkel terdekat dan memeriksanya.

Anda juga dapat memeriksa di bawah kap untuk melihat atau mencium sesuatu yang bocor. Oli mesin dan antifreeze adalah cairan yang harus Anda perhatikan saat memeriksa kebocoran.

  1. Jangan Biarkan Volume Bahan Bakar Rendah secara Terus Menerus

Tips merawat mesin mobil Avanza yang kelima adalah dengan menjaga agar volume bahan bakar selalu cukup selama berkendara.

Hal ini terjadi karena bensin mengandung sedimen yang mengendap di bagian bawah tangki Anda.

Setelah berkendara selama bertahun-tahun, pasti akan ada lapisan kotoran yang seharusnya tidak mencapai mesin.

Mengemudikan mobil Avanza dengan volume bahan bakar rendah secara terus menerus dapat menarik kotoran ini ke dalam pompa bahan bakar yang dapat menyebabkan banyak keausan.

Daripada hanya berharap agar kotoran ini tidak mencapai mesin, ada baiknya bagi Anda untuk terus menjaga level bahan bakar agar tetap ideal sehingga Anda dapat menghemat biaya perbaikan atau penggantian filter bahan bakar dan pompa.

  1. Periksa Sabuk Karet Mesin

Tips merawat mesin mobil Avanza yang keenam adalah dengan memeriksa sabuk karet mesin. Sabuk karet adalah komponen penghubung yang penting untuk menjaga semuanya tetap selaras saat mesin berjalan.

Jika Anda mendengar suara mengganggu dari bawah kap mesin, maka itulah tandanya bahwa sabuk karet mesin perlu diganti.

Anda harus memeriksa sabuk karet mesin dari keretakan dan tanda-tanda keausan meskipun biasanya komponen ini dapat bertahan lama.

Tetapi jika sabuk karet pecah saat mesin hidup, maka ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada komponen mesin lainnya.

  1. Jangan Abaikan Lampu Check Engine

Lampu check engine yang menyala adalah pertanda bahwa mesin mobil Avanza Anda memerlukan perbaikan. Jangan pernah mengabaikan hal ini dan segera periksakan mobil ke bengkel terpercaya, salah satunya di Dokter Mobil.

Lampu check engine pada mobil Avanza adalah diagnosis mandiri yang diterapkan untuk melindungi mesin mobil Avanza Anda.

Tanda lampu check engine yang menyala memang tidak selalu menandakan masalah yang serius, tetapi Anda tidak akan pernah tahu kecuali Anda memeriksanya.

  1. Ganti Filter Bahan Bakar

Sekilas, filter bahan bakar memang mirip dengan filter oli tetapi fungsinya adalah untuk menyaring kotoran dari bahan bakar agar tidak masuk ke ruang bakar.

Filter baru berarti aliran bahan bakar yang bersih ke pompa bahan bakar dan mesin.

Ini memastikan ada lebih sedikit penumpukan di dalam mesin mobil Avanza sehingga sedikit banyak dapat membantu dalam hal penghematan bahan bakar.

Baca Juga: Beberapa Alasan dan Cara Mengatasi Filter Bensin Kotor

  1. Ganti Busi dan Kabel

Busi berfungsi sebagai starter api yang menyalakan campuran udara-bahan bakar di dalam silinder dan membutuhkan sedikit perawatan karena rentang hidupnya yang panjang.

Perawatan rutin dilakukan untuk memastikan bahwa mesin mempertahankan percikannya. Terkadang komponen ini memang tidak perlu diganti.

Beberapa pembersihan dapat sangat membantu karena banyak kotoran yang terakumulasi di sekitar elektroda dari waktu ke waktu.

  1. Melakukan Pemeriksaan Rutin di Bengkel Terpercaya

Tips merawat mesin mobil Avanza yang terakhir adalah dengan melakukan pemeriksaan rutin di bengkel terpercaya.

Sampai saat ini, masih banyak pemilik mobil Avanza dan pemilik mobil lainnya yang beranggapan bahwa mobil hanya perlu diperiksa di bengkel apabila mengalami kerusakan.

Padahal, pemeriksaan mobil secara berkala sangatlah penting untuk memelihara performa kendaraan agar tetap prima sekaligus memeriksa tanda-tanda awal kerusakan agar dapat langsung diperbaiki.

Demikian penjelasan lengkap mengenai beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk merawat mesin mobil Avanza Anda.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa masalah pada mesin mobil adalah hal yang biasa ditemukan, terutama apabila mobil sudah digunakan dalam waktu yang lama.

Namun untuk mencegah masalah yang serius, ada baiknya bagi Anda untuk melakukan perawatan mesin seperti beberapa tips di atas.

Selain itu, pemeriksaan kendaraan secara rutin juga sangatlah penting untuk menjaga performa kendaraan agar tetap maksimal dalam jangka waktu yang lama.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/