New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
mengatasi karburator banjir tanpa bongkar

Penyebab Dan Cara Mengatasi Karburator Banjir Tanpa Bongkar

Bagi Anda pemilik kendaraan mobil maupun motor mungkin pernah khawatir jika terjadi kebanjiran pada karburator mobil Anda. Tapi tenang saja karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang cara mengatasi karburator banjir tanpa bongkar.

Anda tidak salah baca karena memang dalam panduan kali ini kita akan menjelsakan bagaimana sih cara mengatasi masalah karburator banjir tanpa perlu melakukan pembongkaran. Simak hingga selesai yah…

Penyebab Karburator Banjir

mengatasi karburator banjir tanpa bongkar

Nah sebelum kita memabhas bagaimana cara menagatai karburator banjir tanpa bongkar, ada baiknya Anda juga mengetahui sebenarnya apa yang menyebabkan karburator mobil bisa mengalami banjir.

Karburator banjir itu biasanya disebabkan oleh adanya kotoran-kotoran yang bertumpuk-tumpuk, akibatnya, terganjalnya jarum pelampung atau needle valve oleh kotoran-kotoran dan atau berakibat dari jarum pelampung yang sudah aus atau sedang dalam kondisi rusak.

Terjadinya kebocoran dari jarum pelampung yang aus karena valve tidak tertutup sempurna. Selain itu hal ini juga di sebabkan oleh pelammpung yang terletak di dalam mangkuk yang bocor. MEmang jarang terjadi, tetapi sebaiknya di antisipasi karena bisa menyebabkan karburator mobil menjadi banjir.

Dampak Dari Kaburator Yang Bocor

Anda harus segera memperbaiki sebuah kebocoran di karburator kendaraan Anda. Hal ini tentu agar tidak terjadi masalah yang lebih serius pada kendaraan tersayang. Ada beberapa tanda-tanda dari dampak kaburator mengalami kebocor.an dan banjir

  • Kaburator yang banjir dapat menyebabkan mesin susah di dihidupkan. Walaupun hal ini tidak selalu terjadi dan mengurangi performa kendaraan.
  • Saat kendaraan dinyalakan kadang sering mati sendiri.
  • Knalpot mengeluarkan bau bensin.
  • Konsumsi Bahan bakar menjadi semakin boros, karena terbuang percuma.
  • Dari saluran ventilasi ada tetesan bensin yang keluar.
  • Adanya rembesan pada sambungan selang udara.

Jika hal di atas sudah terjadi maka sangat disarankan untuk mencari solusinya dan mengatasi masalah karburator yang banjir tersebut.

Cara Mengatasi Karburator Banjir

Ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah kaburator banjir ini. Yang pertama Anda bisa mengecek ke bagian needle valve. Needle valve ini memiliki fungsi sebagai pengatur aliran buka tutup bensin dari tangka ke karburator. Setelah itu harusnya masalah sudah bisa di atasi.

Berikut akan dijelaskan Langkah-langkahnya:

  • Melepas dan membongkar karburator yang banjir Jika Anda belum paham betul cara melepaskannya, ada baiknya teliti bagian-bagiannya dengan baik.
  • Setelah Anda membuka semua komponen-komponennya, lepas pelampung tersebut dengan menarik keluar kawat pin nya, dan secara ototmatis pelampung akan terlepas Bersama jarus pelampung/Needle valve.
  • Perhatikan apakah ada kotoran yang mengganjal di jarum pelampung atau dudukannya. Jika ada kotoran itu hanya terganjal. Di step ini Anda tinggal melakukan pembersihan dan kembali dipasang lagi. Jika tidak ada sesuatu yang mengganjal maka silahkan lanjut ke tahap berikutnya.
  • Selanjutnya lakukan penyetelen dengan membengkokan ke atas sedikit, ada logam yang digunakan untuk dudukan needle valve ini. Sedikit catatan yang perlu diperhatikan juga, yaitu untuk bahannya yang masih plastic sebaiknya gunakann pengganjal karena tidak bis dibengkokan, atau Anda bisa ,mengganti jarum pelampung
  • Pasang kembali pelampung dan needle valve.
  • Setelah itu lakukan pengecekan dengan meniup lubang masuk yang berhubungan dengan selang bensin, dn lakukan Gerakan pada pelampung ke atas dan ke bawah.
  • Jika semua sudah Anda lakukan dan masih saja terjadi kebocoran, maka ada baiknya mengganti jarum dengan jarum pelampung yang baru.
  • Yang terakhir adalah lakukan perakitan kembali seluruh komponen karburator dan memasangnya ke mesin kendaraan Anda.

Cara Mengatasi Karburator Banjir Tanpa Bongkar

Nah, untuk Anda yang mungkin berada dalam kondisi yang tidak memungkinkan untuk membongkar karburator, maka ada acara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi karburator tanpa bongkar. Berikut lanhgkah-langkahnya:

  1. Buka baut tau sekrup pembuangan pada bagian bawah karburator yang terletak berada di mangkuk karburator
  2. Sebelum itu sebaiknya Anda tutup kran bensin terlebih dahulu. Tetapi jik Anda tidak menggunakan kran manual maka tidak perlu.
  3. Membuang bensin yang ada di bak penampungan.
  4. Setelah itu buka kran bensin.
  5. Biarkan semua bensin keluar Bersama sisa kotoran yang sudah mengendap hingga bersih.
  6. Tutup kembali baut/sekrup sisa pembuangan.

Nah itulan penjelasan tentang bagaimana cara mengatasi karburator bocor tanpa bongkar, untuk Anda yang masih kebingungan atau tidak punya banyak waktu, kami sarankan untuk membawanya ke bengkel mobil terdekat dan biarkan jasa bengkel mobil tersebut untuk mengatasi masalah karburator mobil yang banjir.

Kenapa Harus Dibawa Ke Bengkel Mobil

Walaupun Anda bisa mengatasi karburator banjir tanpa bongkar atau dengan alat yang Anda miliki, akan tetapi tidak dapat dipungkiri juga bahwa ada hal-hal teknis yang tida Anda tahu dan membutuhkan jasa bengkel mobil yang tepat.

Beberapa alasan diantaranya adalah:

  1. Lebih Mengetahui Teknis Dan Tindakan

Hal pertama yang harus kita akui bersama adalah jasa dari bengkel lebih mengetahui hal teknis dan tindakan apa yang harus diambil.

  1. Peralatan Yang Lengkap

Bengkel tentu adalah tempat paling tepat untuk Anda keluhkan masalah mobil yang anda hadapi termasuk kebocoran karburator. Selain mereka lebih memahami kendaraan, peralatan yang tersedia juga lebih siap untuk memudahkan proses pengerjaan.

  1. Minim Resiko

Seperti yang dijelaskna di atas bahwa jasa bengkel mobil sudah menyiapkan berbagai hal penting untuk membantu masalah costumernya. Bukan hanya alat saja, tapi teknisi juga sudah berpengalaman, sehingga resiko kerusakan lebih parah juga berkurang.

  1. Pengerjaan Yang Tepat Dan Cepat dan Rapih

Alasan selanjutnya yaitu pengerjaan pasti lebih cepat dan rapih. Waktu Anda lebih hemat dan tak perlu mengotori tangan sendiri untuk memperbaiki masalah bocornya karburator. Sebenarnya ada banyak alasan lainnya namun akan kita bahas pada kesempatan berikut.

Baca Juga : Informasi Terbaru Bengkel Mobil Terdekat di Kota Anda!

Dokter Mobil Solusi Mengatasi Karburator Banjir

Dokter mobil Adalah bengkel spesialis AC dan Tune-up yang sudah berhasil mengembangkan jasa bengkelnya, dan bahkan

yang menyediakan jasa untuk mengatasi karburator banjir tanpa bongkar atau pun melakukan pembongkaran jika diperlukan. Ada banyak teknisi yang berpengalaman dan memiliki kemampuan teknis yang handal sehingga apapun masalah mobil Anda bisa diatasi dengan mudah dan cepat.

Selain itu Dokter mobil juga sudah memiliki sertifikasi ISO dan diakui secara ionternasional, Anda tidak perlu kahawatir dan merasa ragu mencari solusi mobil di bengkel yang sudah tersebar hingga ke 19 cabang ini di kota-kota besar di Indonesia.

Hubungi Sekarang!
Costumer Service Rangga : +62 813-9860-1800

Reservasi dan temukan layanan terbaik dari bengkel mobil modern di Indonesia. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Bagian Mobil Yang Tidak Boleh Diabaikan
Setelah Membeli Mobil Bekas! Apa saja Yang Harus Dilakukan?
Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Harga Jual Mobil Anjlok? Ini  Penyebabnya
Perbedaan Tune Up dan Servis Berkala! Anda Perlu Tahu