New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Faktor Penyebab Mesin Mobil Tidak Nyala dan Solusi Mengatasinya

Jangan Panik, Kenali Penyebab Mesin Mobil Tidak Nyala

Kerusakan mesin belum tentu menjadi penyebab mesin mobil tidak nyala walaupun sudah distarter berulang kali. Masih ada sebab lainnya. Beda penyebab ini tentu saja menyebabkan perbedaan solusi untuk mengatasinya.

Pernahkah anda mengalami moment mobil sudah dihidupkan? Tidak jarang mesin mobil membutuhkan 5 kali starter barulah hidup. Pasti anda bertanya sebenarnya penyebab mesin mobil tidak nyala serta solusi ampuh untuk menangani kasus ini. Tangani segera mungkin, jika tidak maka insiden akan berujung menjadi mogok dijalan. Jangan sampai hal ini terjadi oleh anda.

Sebelum anda buru-buru ke bengkel, tidak ada salahnya untuk mencari tahu akar pemasalahan ini. Apa saja penyebab tersebut? Berikut beberapa di antaranya:

1. Kondisi Aki Lemah

Penyebab utama ialah kondisi aki yang sudah mulai melemah. Indikator aki lemah yakni dibawah 12 volt. Tanpa aki, mustahil mesin dapat bekerja sebab hantaran listrik sangat dipengaruhi oleh kualitas aki. Umumnya aki mempunyai umur hingga 5 tahun, namun beberapa kasus lainnya aki cepat soak atau aus sebelum 5 tahun disebabkan penggunaan yang tidak terawat.

SOLUSI

Aki yang kondisinya lemah memang perlu diganti. Untuk menghidupkan mesin yang tidak menyala karena aki lemah bisa juga dengan melakukan jumper mobil.

Agar masalah ini tidak kembali muncul, solusinya bisa dengan menggunakan volt stabilizer. Penggunaan volt stabilizer dapat meningkatkan umur aki 50-300%.

2. Dinamo Starter Bermasalah

Penyebab selanjutnya yakni dinamo starter yang mengalami permasalahan. Hal ini menyebabkan mesin mobil menjadi susah untuk dihidupkan. Meskipun beberapa diantaranya masih dapat dihidupkan, namun dinamo starter menjadi berpotensi lebih cepat panas sehingga memicu komponen sekitarnya ikut terbakar hangus hingga rusak.

Tidak ada salahnya untuk membawa ke bengkel terdekat untuk dilakukan pengecekan penyebab mesin mobil tidak nyala dan untuk mendapatkan penanganan tepat.

Ada beberapa masalah pada dinamo starter. Misalnya kabelnya putus ataupun ada korsleting di kelistrikannya.

SOLUSI

Jika mobil tidak bisa nyala karena dinamo starternya bermasalah, maka perbaikan dinamo starter perlu diperbaiki. Namun perbaikan saja tidak begitu dianjurkan. Disarankan lakukan pengecekan menyeluruh untuk mengetahui apa yang menyebabkan kerusakan dinamo starter. Part yang rusak sebaiknya diganti saja.

3. Busi, Kabel Busi, dan Koil Bermasalah

Berikutnya yakni beberapa part ruang pembakaran yang mengalami masalah. Ada banyak part di sistem pembakaran yang meskipun ukurnnya kecil namun dapat berpotensi menyebabkan mesin menjadi susah untuk dihidupkan atau dinyalakan. Bahkan tidak bisa nyala.

Beberapa part tersebut yakni busi, kabel busi serta koil. Komponen inilah yang sangat memperngaruhi kinerja sisem pembakaran sebab pemantik api bermula dari part tersebut. Bisa jadi part sudah mengalami penumpukan kotoran oleh kerak karbon.

SOLUSI

Solusinya yakni lakukan tune up oleh bengkel spesialis terdekat. Tune up bertujuan untuk membersihkan semua partike kerak karbon dalam ruang pembakaran, termasuk busi dan koil. Jika nihil, solusinya yakni mengganti part busi dan koil. Pastikan busi dan koil yang dipakai memiliki kualitas terbaik dan jangka pakai panjang.

4. Injektor Kotor 

Penyebab mesin tidak mau menyala selanjurnya adalah karena injektor kotor. Mengapa? Karena kotornya injektor juga dapat menjadi pemicu mesin susah untuk dihidupkan.

Kok bisa? Karena ketika injektor kotor dan mampet, bensin tidak masuk ke ruang pembakaran meskipun tangki bahan bakar penuh.

SOLUSI

Solusi yang harus dilakukan adalah dengan melakukan tune up untuk membersihkan ruang pembakaran agar debu dan kotoran tidak menghambat kinerja injektor.

Agar masalah ini tidak muncul kembali, tune UP perlu dilakukan secara berkala.

Nah itulah ulasan penyebab mesin mobil tidak nyala dan solusinya. Semoga informasi otomotif ini dapat membantu permasalahan yang sedang terjadi. Jika terdapat kesulitan dalam menangani masalah ini, silahkan menghubungi teknisi profesional terdekat dari lokasi anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!