📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Uji Konsumsi BBM Daihatsu Rocky, Ini Perhitungannya

Uji Konsumsi BBM Daihatsu Rocky, Ini Perhitungannya

Bagi para pemilik kendaraan Daihatsu Rocky, pasti banyak yang bertanya-tanya bagaimana konsumsi BBM Daihatsu Rocky?

Jawabannya adalah relatif, karena konsumsi BBM sangat bergantung dengan jarak, cara mengemudi, kecepatan, medan jalan, dan beban muatan.

Meski demikian, Anda tetap dapat menghitung konsumsi BBM mobil Daihatsu Rocky.

Cara Menghitung Konsumsi BBM Daihatsu Rocky

Cara Menghitung Konsumsi BBM Daihatsu Rocky

Menghitung konsumsi BBM Daihatsu Rocky tidaklah sulit. Perhitungan konsumsi BBM sudah dapat Anda lakukan dengan mudah cukup dengan mencatat jarak yang ditempuh sejak pengisian terakhir lalu catat berapa banyak bahan bakar yang dikonsumsi untuk menempuh jarak itu.

Lalu bagi liter yang digunakan dengan kilometer yang ditempuh dan kalikan dengan 100 untuk menghitung konsumsi dalam liter/100km.

Misalnya, jika kendaraan Anda menghabiskan 60 liter bahan bakar untuk menempuh jarak 450km, bagilah 60 dengan 450 lalu kalikan dengan 100 dan hasilnya adalah angka konsumsi bahan bakar yang dibulatkan menjadi 13,3L/100km.

Berbekal angka konsumsi bahan bakar, Anda sekarang dapat menghitung jarak tempuh kendaraan Anda dengan membagi kapasitas tangki bahan bakar kendaraan dengan konsumsi bahan bakar dan, sekali lagi, dikalikan dengan 100.

Misalnya, jika kendaraan Anda memiliki tangki bahan bakar 80 liter dan menggunakan 13.3L/100km (seperti pada contoh di atas), bagi 80 dengan 13,3 dan kalikan dengan 100 dan hasilnya adalah kisaran 601,5km yang dibulatkan.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Dengan potensi konsumsi bahan bakar yang bervariasi dalam kondisi mengemudi di jalan raya yang normal, Anda perlu mengurangi sekitar 50km dari hasil ini untuk menghasilkan rentang touring yang ‘aman’, yang dalam hal ini akan menjadi 551,5km.

Setelah mengetahui jangkauan konsumsi BBM mobil Daihatsu Rocky Anda, Anda akan dapat merencanakan perjalanan Anda dengan melihat apakah Anda dapat dengan aman menempuh jarak antara pemberhentian bahan bakar yang tersedia di sepanjang rute yang dituju, atau apakah Anda perlu membawa bahan bakar tambahan.

Apa Sajakah Variabelnya?

Memastikan konsumsi konsumsi BBM mobil Daihatsu Rocky paling baik dilakukan selama periode waktu tertentu, semakin lama semakin baik.

Peneliti biasanya mencatat konsumsi bahan bakar kendaraan di buku catatan setiap kali ketika mengisi bahan bakar, yang seiring waktu memberi gambaran yang lebih akurat tentang konsumsi bahan bakar rata-rata.

Ini penting karena ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar, termasuk kondisi kendaraan, tekanan ban, beban, gaya mengemudi, pemasangan rak atap, apakah Anda sedang menarik trailer, dan medan.

Jika konsumsi BBM Daihatsu Rocky tiba-tiba menjadi boros, maka Anda akan tahu mungkin ada yang salah dengan itu.

Faktor mekanis yang dapat memengaruhi konsumsi bahan bakar bisa sesederhana seperti ban yang tidak terisi penuh atau filter udara yang tersumbat hingga sesuatu yang lebih rumit yang mungkin memerlukan servis mekanik, seperti injektor yang tersumbat atau kesalahan mekanis lainnya.

Dalam kasus beberapa mesin turbo-diesel modern, misalnya, mungkin Filter Partikulat Diesel (DPF) telah melakukan siklus pembakaran, dan konsumsi bahan bakar normal akan dilanjutkan setelah siklus selesai.

Gaya mengemudi juga dapat memengaruhi konsumsi bahan bakar. Jika Anda berakselerasi dan mengerem dengan keras.

Anda akan menggunakan lebih banyak bahan bakar daripada jika Anda mencoba mempertahankan kecepatan yang relatif konstan dengan melihat ke depan.

Memprediksi arus lalu lintas dan memperlambat secara bertahap dan mempercepat dengan mulus sesuai kebutuhan.

Beban yang Anda miliki di kendaraan, dan cara mengemasnya, juga akan memengaruhi konsumsi bahan bakar.

Kendaraan dengan muatan berat akan membutuhkan lebih banyak energi untuk berakselerasi daripada kendaraan tanpa muatan dan oleh karena itu akan menggunakan lebih banyak bahan bakar.

Dan kendaraan dengan barang besar yang dimuat tinggi di rak atap tidak akan seefisien aerodinamis seperti kendaraan tanpa apa pun di atap, terutama pada kecepatan jalan raya.

Faktanya, beberapa penelitian telah menyarankan bahwa konsumsi bahan bakar dapat meningkat sebanyak 25 persen dengan rak atap yang dimuat.

Tetapi apakah hal ini terjadi pada kendaraan Anda akan tergantung pada faktor lain termasuk jenis mesin, jenis bahan bakar, jenis transmisi dan efisiensi aerodinamis asli kendaraan.

Menarik muatan yang berat juga dapat memiliki pengaruh besar pada konsumsi bahan bakar. Kendaraan Anda tidak hanya harus mengatasi beban yang lebih besar saat berakselerasi, tetapi juga akan kurang efisien secara aerodinamis.

Selain itu, kendaraan Anda harus mengatasi upaya tambahan yang diperlukan untuk menarik beban yang berat di sepanjang jalan.

Semakin berat, semakin besar dan semakin banyak muatan kendaraan, semakin banyak upaya yang diperlukan untuk memindahkannya dan semakin besar pengaruhnya terhadap konsumsi BBM mobil Daihatsu Rocky.

Tergantung pada kendaraan, berat muatan, dan kondisi mengemudi, mobil yang membawa beban berat bisa lebih dari 30 persen lebih besar daripada saat normal.

Cara Menghemat Konsumsi BBM Daihatsu Rocky

Berakselerasi dengan lembut

Cara menghemat konsumsi BBM Daihatsu Rocky yang pertama adalah berakselerasi dengan lembut. Semakin keras Anda berakselerasi, semakin banyak bahan bakar yang Anda gunakan.

Di kota, Anda dapat menggunakan lebih sedikit bahan bakar dengan menginjak pedal akselerator secara perlahan.

Agar konsumsi BBM mobil Daihatsu Rocky irit, luangkan waktu 5 detik untuk mempercepat kendaraan Anda hingga 20 kilometer per jam dari posisi berhenti.

Pertahankan kecepatan tetap

Cara menghemat konsumsi BBM Daihatsu Rocky yang kedua adalah mempertahankan kecepatan tetap.

Ketika kecepatan Anda menurun dan meningkat drastis, maka konsumsi BBM mobil Daihatsu Rocky semakin tinggi dan menghabiskan lebih banyak uang daripada yang Anda butuhkan.

Pengujian telah menunjukkan bahwa memvariasikan kecepatan Anda naik dan turun antara 75 dan 85 km per jam setiap 18 detik dapat meningkatkan penggunaan bahan bakar Anda sebesar 20%.

Pertimbangkan untuk menggunakan cruise control untuk mengemudi di jalan raya, jika kondisinya memungkinkan.

Namun, berhati-hatilah, bahwa sedikit variasi dalam kecepatan sebenarnya bisa bagus ketika gravitasi bekerja.

Jika pola lalu lintas memungkinkan, biarkan kecepatan Anda turun saat Anda melakukan perjalanan menanjak, lalu dapatkan kembali momentum Anda saat Anda meluncur menuruni bukit.

Antisipasi lalu lintas

Cara menghemat konsumsi BBM Daihatsu Rocky yang ketiga adalah mengantisipasi lalu lintas. Lihatlah ke depan saat Anda mengemudi untuk melihat apa yang akan terjadi. Dan jaga jarak yang nyaman antara kendaraan Anda dan kendaraan di depan Anda.

Dengan melihat dari dekat apa yang dilakukan pejalan kaki dan mobil lain, dan membayangkan apa yang akan mereka lakukan selanjutnya.

Anda dapat menjaga kecepatan Anda sestabil mungkin dan menggunakan lebih sedikit bahan bakar. Ini juga lebih aman untuk mengemudi dengan cara ini.

Baca Juga: Wajib Diketahui, Ini Batas Kecepatan di Jalan Tol Agar Terhindar dari Tilang

Hindari kecepatan tinggi

Cara menghemat konsumsi BBM Daihatsu Rocky yang keempat adalah menghindari kecepatan tinggi. Apabila Anda tetap pada batas kecepatan, Anda bisa menghemat konsumsi BBM mobil Daihatsu Rocky.

Sebagian besar mobil, van, truk pikap, dan SUV paling hemat bahan bakar saat melaju antara 50 dan 80 km per jam.

Di atas zona kecepatan ini, kendaraan menggunakan semakin banyak bahan bakar semakin cepat mereka melaju.

Misalnya, pada kecepatan 120 km per jam, kendaraan menggunakan bahan bakar sekitar 20% lebih banyak daripada pada kecepatan 100 km per jam.

Pada perjalanan 25 km, lonjakan kecepatan dan konsumsi bahan bakar akan memotong dua menit dari waktu perjalanan Anda.

Akhir Kata

Itulah tadi penjelasan lengkap mengenai cara menghemat konsumsi BBM Daihatsu Rocky. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, memang ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat penggunaan BBM.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Rincian Biaya Isi Freon AC Mobil Panther

Rincian Biaya Isi Freon AC Mobil Panther

Mobil Panther adalah salah satu jenis mobil keluarga niaga yang banyak diandalkan oleh masyarakat Indonesia. Performanya yang ‘bandel’ memang sangat tepat digunakan untuk kebutuhan niaga

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form