📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Apa Itu Relay AC Mobil?

relay ac mobil

Ketika berbicara tentang sistem pendingin atau AC mobil, tidak lengkap rasanya apabila tidak membahas tentang komponen relay ac mobil. Tak banyak disadari, sebenarnya komponen relay AC pada kendaraan memegang peran penting dalam memastikan agar system pendingin mobil dapat bekerja dengan baik.

Penjelasan Singkat Mengenai Relay AC Mobil

relay ac mobil

Secara sederhana, relay ac kendaraan merupakan alat yang berfungsi untuk mengontrol start dan stop AC. Ketika suhu di dalam mobil mencapai suhu target, maka sensor akan mengirimkan sinyal ke relay ac kendaraan untuk menghentikan aksi pendinginan AC lebih lanjut. Ketika suhu di dalam mobil lebih tinggi dari suhu target, maka sensor akan mengirimkan sinyal ke relay ac kendaraan untuk memulai aksi pendinginan AC.

Prinsip Kerja Relay AC Mobil

Ketika menghidupkan AC mobil, maka sakelar AC akan mengirimkan sinyal ke unit kontrol AC. Setelah itu,  unit kontrol AC akan mengirim sinyal permintaan ke mesin. Jika kondisi memungkinkan, mesin juga akan mengirimkan sinyal ke unit kontrol AC. Unit kontrol AC mengontrol relay kompresor untuk beroperasi, dan kopling elektromagnetik kompresor akan diaktifkan.

Alat AC mobil (air conditioning device) disebut juga sebagai penyejuk udara mobil. Alat ini digunakan untuk menyesuaikan dan mengontrol suhu, kelembaban, kebersihan udara, dan aliran udara di kompartemen mobil dalam kondisi terbaik, untuk menyediakan lingkungan berkendara yang nyaman bagi penumpang, dan untuk mengurangi kelelahan perjalanan, sehingga menciptakan kondisi yang baik bagi pengemudi, dan untuk memastikan mengemudi yang aman. Perangkat ventilasi sangat memainkan peran penting. Perangkat ini umumnya termasuk perangkat pendingin, perangkat pemanas dan perangkat ventilasi. Perangkat gabungan ini memanfaatkan sepenuhnya ruang terbatas di dalam mobil, memiliki struktur sederhana dan mudah dioperasikan, dan merupakan sistem pendingin udara mobil modern yang populer secara internasional.

Tanda-Tanda Kerusakan Relay AC Mobil

Relay ac mobil bertugas untuk menyuplai daya ke kompresor AC. Jika relay ac kendaraan Anda rusak dan tidak dapat melakukan tugasnya, Anda sebaiknya memastikan jendela Anda dapat terbuka sepenuhnya karena AC mobil tidak akan dapat berfungsi sampai Anda mengganti relay ac kendaraan. Kasus seperti relay ac kendaraan yang terbakar atau aus dari waktu ke waktu cukup sering ditemukan, jadi jangan kaget apabila masalah relay ac kendaraan yang serupa yang terjadi. Hal yang penting untuk diperhatikan adalah tanda-tanda yang ditunjukkan oleh mobil Anda apabila relay ac kendaraan sudah perlu diganti.

  • Pendinginan Tidak Konsisten

Kompresor AC pada dasarnya bertugas untuk mengubah bahan kimia refrigeran dari wujud cair menjadi gas dan sebaliknya untuk menghasilkan udara dingin saat ditenagai oleh relay ac mobil. Relay ac kendaraan yang rusak atau putus akan melemahkan atau menyebabkan terputusnya suplai daya ke kompresor, sehingga menghambat kinerja AC. Sistem pendinginan mungkin saja dapat bekerja dengan baik di satu waktu namun akan berhenti bekerja di waktu yang lain.

  • Kompresor AC Gagal Nyala

Setiap kali Anda menyalakan AC, Anda dapat mendengar sedikit suara klik saat sistem kompresor dihidupkan. Jika sistem memiliki relay ac kendaraan yang rusak dan catu daya tidak lengkap, maka kompresor tidak akan menyala sama sekali, dan Anda tidak akan mendengar suara klik.

  • Tidak Ada Pendinginan

Jika komponen kendaraan satu ini gagal bekerja dan kompresor tidak menerima sinyal untuk mulai bekerja, maka sistem tidak akan bisa menyediakan udara dingin.

  • Muncul Suara Kebisingan

Sebelum suatu komponen gagal dalam suatu system pendinginan, biasanya diperlukan waktu atau lebih banyak energi untuk mulai bekerja. Terkadang proses untuk menghidupkan akan menyebabkan suara berderak yang menunjukkan sakelar relay ac mobil yang rusak. Kesalahan ini dapat terjadi pada komponen elektromagnetik relay ac mobil karena alasan berikut:

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
    • COILS

      Perubahan suhu lingkungan, kelembaban, hubungan pendek antara putaran karena korosi atau tegangan koil melebihi 110% dari tegangan yang ditentukan adalah alasan umum dari kegagalan system koil. Alasan lain mungkin termasuk koneksi yang salah dan isolasi koil yang rusak.

    • IRON CORE

Cincin sub-magnetik yang rusak, karat, dan celah udara minimum yang semakin kecil akan menyebabkan kegagalan iron core (inti besi).

    • KOMPONEN KONTAK

Jika kontak tidak dapat membuka/menutup karena beban berlebih, celah, kapasitas kontak kecil, terkadang celah kontak dapat mengalami kerusakan. Ini mungkin terjadi karena kondisi lingkungan atau pemilihan parameter yang tidak tepat untuk kerja yang efisien.

Oleh karena itu sangat disarankan untuk mencari perbaikan AC terdekat untuk melihat tanda-tanda awal kegagalan sistem untuk menghemat biaya perbaikan tambahan dan mendapatkan pendinginan yang tepat. Apabila sistem pendingin sudah terlanjur rusak, maka ini akan membutuhkan lebih banyak energi untuk memulai dan menjalankan, sehingga meningkatkan konsumsi listrik pada kendaraan Anda secara eksponensial.

Menguji Relay AC Mobil

Anda harus ingat bahwa relay ac mobil tidak lebih dari sakelar yang dioperasikan dari jarak jauh. Ini menggunakan magnet untuk menyelesaikan aksi pembukaan dan penutupan. Ketika relay memberikan energi, maka alat ini dapat menciptakan medan magnet yang menarik kontak agar tertutup. Mematikan daya ke relay dapat menutup medan dan sakelar menjadi terbuka secara alami. Ada banyak alasan berbeda yang menyebabkan relay gagal beroperasi.

Baca Juga: 10 Tips Atasi AC Mobil Panas Saat Cuaca Panas 2022

Ketika bagian itu sendiri gagal, lihat kemungkinan penyebabnya seperti penumpukan korosi di antara kontak. Ini adalah kondisi yang dapat diperbaiki. Anda dapat mengambil papan ampelas atau amplas halus dan membersihkan kontak ini. Hal ini sering membuat relay bekerja kembali dan Anda tidak akan kehilangan apa pun dengan mencoba memperbaikinya.

Pertanyaan Seputar Relay AC Mobil

Letak relay ac mobil bisa berbeda-beda, tergantung dari jenis mobil dan bahkan tergantung dari edisi keluaran mobil tersebut. Contohnya di Toyota Avanza. Posisi relay AC mobil di Avanza tahun 2011 hingga 2014 terletak di bagian dalam box sekring, dan peletakan posisi ini berbeda pula untuk keluaran terbaru Avanza. Jika kamu kurang paham, tanyakan ke bengkel terpercaya mengenai hal ini.
Jika relay ac mobil kondisinya sudah sangat buruk, disarankan untuk diganti dengan yang baru. Karena perbaikan di kondisi relay ac yang sudah rusak tidak akan membantu apapun.
Jika terjadi putusnya kumparan kawat yang menimbulkan medan magnet maka relay AC mobil dapat menjadi rusak. Masalah ini mudah dicari tahu dengan alat voltmeter yang murah. Pertama, Anda memilih fungsi pemeriksaan kontinuitas. Kemudian pasang kabel uji ke tanah dan pasang terminal sinyal. Jika hasilnya terbuka, maka kondisi relay buruk. Alat itu harus mengukur resistansi nol atau membuat suara bip yang menunjukkan kontinuitasnya bagus.

Memeriksakan dan Memperbaiki Relay AC Mobil Melalui Layanan Profesional

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, relay AC mobil merupakan salah satu komponen kendaraan yang cukup penting, terutama dalam system pendinginan mobil. Oleh karena itu, sangatlah penting untuk memeriksakan kondisi dari komponen relay AC untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih serius. Di samping itu, penting juga dilakukan servis atau pembetulan pada komponen relay apabila mulai terlihat tanda-tanda awal kerusakan.

Untuk melakukan pemeriksaan atau servis komponen relay AC kendaraan, sangat disarankan untuk mendapatkan layanan professional dari bengkel terkemuka seperti Bengkel Dokter Mobil. Sesuai dengan namanya, Dokter Mobil merupakan bengkel mobil yang menyediakan ragam jenis layanan pengecekan dan perbaikan berbagai masalah pada kendaraan Anda. Proses pemeriksaan dan servis di bengkel Dokter Mobil semuanya dikerjakan oleh para profesional dan menggunakan alat serta bahan yang sudah sesuai standar, sehingga layanan ini dijamin dapat memberikan efek maksimal bagi kendaraan Anda.

Akhir Kata

Demikianlah tadi penjelasan lengkap mengenai Relay AC Mobil. Setelah membaca penjelasan di atas, kita semua pasti setuju kalau relay AC merupakan salah satu komponen kelistrikan yang sangat penting dalam system pendingin kendaraan. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk memeriksakan sekaligus mendapatkan servis komponen relay di bengkel professional seperti Dokter Mobil untuk hasil terbaik. Jika Anda membutuhkan service untuk memeriksa relay AC mobil, silahkan hubungi kontak Dokter Mobil (klik di sini) atau datangi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat dari daerah Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8987

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.