📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Patut Diwaspadai, Ini Efek Mobil Ngelitik pada Mesin dan Performa Mobil

efek mobil ngelitik pada mesin dan performa mobil

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Setiap benda yang digunakan tentu akan mengalami penurunan kualitas hingga fungsinya, begitu pun dengan mobil. Kondisi mobil yang Anda gunakan saat ini tentu tak akan sama seperti saat mobil pertama kali digunakan. Tak hanya dari tampilannya saja, performanya pun biasanya mengalami penurunan yang cukup signifikan.   

Salah satu permasalahan pada performa mobil yang banyak terjadi adalah gejala mesin ngelitik. Karena lumrah terjadi, seringkali masalah mesin ngelitik ini dianggap “angin lalu” semata. Bagaimana efek mobil ngelitik ini jika dibiarkan secara terus menerus? Apakah akan terjadi kerusakan fatal jika dibiarkan tanpa tindakan perbaikan? 

Mari kita cari tahu selengkapnya di bawah ini!

Apa Itu Mesin Mobil Ngelitik

efek mobil ngelitik yang menyebabkan kerusakan pada mesin hingga performa mobil

Dalam istilah otomotif, mesin mobil ngelitik disebut dengan engine knocking, namun umumnya masalah ini akrab disebut dengan mesin mobil ngelitik. 

Mesin ngelitik adalah suatu permasalahan pada mesin yang ditandai dengan adanya getaran saat mobil dijalankan dengan muncul suara aneh dari bagian mesin. Permasalahan mesin mobil ngelitik ini disebabkan oleh proses pembakaran di ruang bakar yang berjalan dengan tidak sempurna. 

Penyebab dari mesin mobil ngelitik ini cukup beragam, mulai dari menumpuknya kerak-kerak karbon hasil sisa pembakaran, penggunaan busi yang tak tepat, hingga asupan bahan bakar dan udara untuk pembakaran yang tidak sesuai dengan standar.

Efek Mobil Ngelitik Jika Tak Segera Ditangani

Saat mesin mobil mulai ngelitik, memang sudah seharusnya untuk segera ditangani. Karena efek mobil ngelitik ini memang tak hanya akan memperparah kondisi mesin pada mobil, namun juga mengganggu kenyamanan pengguna mobil saat berkendara. 

Berikut adalah efek mobil ngelitik jika tak segera ditangani, yakni:

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Efek Mobil Ngelitik Jika Tak Segera Ditangani

  • Penurunan Performa pada Mesin Mobil

Efek mobil ngelitik yang pertama jika tak segera ditangani dengan baik pada mobil Anda adalah menurunnya performa pada mesin. Biasanya efek mobil ngelitik pada performa mesin ini ditandai dengan tenaga mesin yang mulai kurang bertenaga dan loyo

Hal ini berkaitan dengan proses pembakaran di bagian ruang bakar yang berjalan tidak sempurna ketika mobil ngelitik. Sehingga tarikan mesin agar mobil dapat melaju pun jadi terasa berat. Efek mobil ngelitik pada performa mobil yang menurun ini tentu akan membuat kenyamanan saat berkendara jadi terganggu. 

Baca Juga: 7 Tips Tingkatkan Performa Mobil, Bikin Akselerasi Makin Melesat

  • Memperparah Kerusakan pada Komponen-Komponen yang Ada

Efek mobil ngelitik yang kedua jika permasalahan ini tak segera ditangani dengan baik adalah dapat memperparah komponen-komponen yang sudah mulai rusak menjadi semakin rusak. 

Proses pembakaran yang berjalan kurang optimal ini salah satunya disebabkan oleh adanya penumpukan kerak-kerak karbon di komponen mesin yang berhubungan dengan proses pembakaran. Penumpukan dan sumbatan dari kerak-kerak karbon ini akan menghambat kinerja pada komponen mesin di ruang pembakaran sehingga kinerjanya berat dan kurang optimal. 

Jika kinerjanya sudah kurang optimal hal ini membuat komponen mesin jadi aus dan akan berujung pada efek mobil ngelitik yang kedua, yakni kerusakan pada komponen-komponen mesin di ruang pembakaran jadi semakin parah.

  • Konsumsi Bahan Bakar Semakin Boros

Efek mobil ngelitik yang ketiga adalah konsumsi bahan bakar pada mobil akan semakin boros dari biasanya. Efek mobil ngelitik yang satu ini ada kaitannya dengan efek mobil ngelitik yang pertama, yakni adanya penurunan performa pada mesin. 

Saat performa mobil menurun, tarikan mesin akan lebih berat dari biasanya. Sehingga mesin pun akan bekerja dengan ekstra agar performa bisa lebih ditingkatkan. Hal ini akan berujung pada konsumsi bahan bakar pun jadi lebih boros guna memberikan asupan “energi” agar tenaga dapat bekerja lebih ekstra. 

Mengingat saat ini harga bahan bakar minyak yang mengalami kenaikan, efek mobil ngelitik yang satu ini tentu akan sangat merugikan Anda dari sisi finansial, bukan? Oleh karena itu penting untuk segera ditangani dengan baik agar efek mobil ngelitik ini tak semakin parah. 

  • Suara Mesin Mobil Ngelitik Akan Sangat Menganggu Kenyamanan Berkendara

Saat mesin mobil ngelitik, biasanya akan ditandai dengan munculnya suara-suara bising dari bagian mesin. Sehingga efek dari mobil ngelitik ini dapat mengganggu kenyamanan saat berkendara mobil akibat dari munculnya suara-suara bising dari dalam mesin.

Efek mobil ngelitik ini mungkin tak akan begitu terasa jika hanya terdengar sekilas saja. Namun apabila suara yang muncul sudah sangat bising, hal ini dapat mengganggu konsentrasi pengendara saat mengemudi mobil. Terutama jika pengendara mobil kurang piawai dalam berkendara dan sangat membutuhkan konsentrasi yang tinggi, efek mobil ngelitik dari suara-suara bising ini justru akan berpotensi menimbulkan kecelakaan lalu lintas. 

  • Terjadinya Pre-Ignition yang Menyebabkan Suhu Mesin Jadi Overheat

Efek mobil ngelitik yang kelima adalah terjadinya pre-ignition yang menjadi penyebab temperatur atau suhu mesin meningkat terlalu tinggi/overheat

Pre-ignition adalah kondisi terjadinya pembakaran terlebih dahulu udara dan bahan bakar sebelum busi memercikan api. Pre-ignition ini terjadi karena suhu atau temperatur pada ruang bakar menjadi sangat panas. Suhu yang panas pada ruang bakar ini akan berefek pada suhu mesin yang jadi sangat tinggi atau overheat.

Sehingga efek mobil ngelitik ini akan seperti domino effect, yakni dapat menjadi pemicu terjadinya pre-ignition yang berujung pada suhu mesin jadi sangat tinggi atau overheat

Begitu beragamnya efek mobil ngelitik yang ditimbulkan ini sehingga sangat penting untuk segera ditangani apabil mesin mobil mulai terjadi permasalahan seperti mesin ngelitik. 

Karena apabila tidak ditangani dengan baik dan sesegera mungkin, efek mobil ngelitik ini akan menimbulkan kerusakan pada komponen-komponen lain yang berujung pada biaya perbaikan pada komponen mobil jadi membengkak dari budget yang ditentukan

Kiat Mengatasi Efek Mobil Ngelitik Agar Tak Timbul Kerusakan Semakin Parah

Seperti yang dipaparkan sebelumnya, mesin mobil ngelitik ini dapat terjadi karena beberapa sebab, mulai dari adanya penggunaan busi yang tak tepat, asupan bahan bakar dan udara yang tak tepat, hingga kerak-kerak karbon yang menumpuk. 

Selain menggunakan komponen busi yang tepat, asupan bahan bakar dan udara yang tepat hingga kerak-kerak karbon yang menumpuk ini dapat diatasi melalui layanan Jet Clean di Dokter Mobil. 

Jet Clean bertujuan untuk membersihkan berbagai komponen mesin pada bagian yang terhubung dengan proses pembakaran agar terhindar dari adanya penumpukan kerak-kerak karbon hasil sisa proses pembakaran tanpa harus dilakukan pembongkaran mesin. 

Pembersihan pada komponen-komponen mesin dengan layanan Jet Clean ini akan dilakukan secara menyeluruh, mulai dari piston, throttle body, air intake, injector, valve, catalytic, EGR (pada mobil bermesin diesel), hingga komponen-komponen lainnya. 

Pertanyaan Seputar Jet Clean Dokter Mobil

Jet Clean adalah membersihkan seluruh bagian yang berhubungan dengan ruang bakar, seperti piston, valve dan intake, injector, throttle body, catalytic converter dan EGR untuk mobil bermesin diesel.
Untuk harga yang dibanderol terkait layanan Jet Clean di Dokter Mobil, anda bisa langsung menghubungi kontak CS Dokter Mobil. CS kami akan senang hati untuk menjelaskan berbagai pertanyaan Anda seputar layanan Jet Clean ini.
Jet Clean bertujuan untuk mengembalikan performa mobil lama anda seperti baru kembali. Proses Jet Clean merupakan pembersihan kerak karbon sisa dari pembakaran, di beberapa komponen yang terhubung ruang bakar hingga saluran Injector. Karena kerak karbon yang menumpuk merupakan penyebab dari tenaga mobil berkurang, mengelitik, dan boros.
Tune up di bengkel-bengkel lain juga turut serta melakukan proses pergantian oli. Proses pergantian oli secara konvensional ini umumnya masih menyisakan sisa oli di pompa oli dan dinding mesin hingga mencapai 900 ml! Dokter Mobil memiliki cara mutakhir untuk mengganti oli agar lebih maksimal, yakni Cuci Darah. Cuci Darah merupakan metode penggantian oli mesin dengan cara dirontokkan sisa oli dan disedot hingga oli terkuras dengan bersih. Untuk performa yang lebih memuaskan untuk mobil kesayangan Anda, disarankan untuk mencoba layanan Jet Clean serta Cuci Darah di Dokter Mobil.

Layanan Jet Clean di Dokter Mobil tersedia dalam dua varian, yakni Jet Clean Performance dan Jet Clean Ultimate. Sama-sama membersihkan komponen-komponen mesin yang terhubung dengan aktivitas pembakaran, namun pada varian Jet Clean Ultimate dilengkapi dengan layanan pengaturan ECU. Pengaturan ECU ini bertujuan agar settingan ECU dapat dioptimalkan seperti settingan standar awal, karena settingan ECU ini berpengaruh pada sensor-sensor tertentu, seperti untuk menyetel asupan bahan bakar dan udara di ruang pembakaran agar proporsional. 

Dengan melakukan layanan Jet Clean di Dokter Mobil, mesin mobil ngelitik akan dapat teratasi dengan tuntas sehingga efek mobil ngelitik yang dapat memperburuk kondisi mobil pun tak akan terjadi. 

Tertarik coba layanan Jet Clean di Dokter Mobil untuk atasi efek mobil ngelitik? Lakukan reservasi Jet Clean sekarang (klik di sini) atau hubungi via WhatsApp untuk dapat informasi lengkap hingga promo-promo menarik yang ditawarkan. Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda untuk saksikan dan rasakan langsung layanan Jet Clean untuk atasi efek mobil ngelitik pada mobil kesayangan Anda. 

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Demikian informasi seputar efek mobil ngelitik hingga kiat efektif untuk mengatasi efek mobil ngelitik ini. Patut untuk diperhatikan bahwa kondisi mesin pada mobil Anda akan sangat berpengaruh pada kenyamanan dan keselamatan berkendara. Agar senantiasa nyaman saat berkendara hingga sampai di tempat yang dituju, rawat selalu mobil Anda agar kondisinya tetap prima.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 6754

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *