New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Pahami Jenis Kompresor AC Mobil Anda

Pahami Jenis Kompresor AC Mobil Anda

Mengapa Anda harus Pahami Jenis Kompresor AC Mobil Anda?

kompresor-ac-mobil-baru

kompresor-ac-mobil-baru

 

 

 

 

 

 

 

 

Pahami jenis kompresor AC mobil Anda – karena kompresor ibarat jantung dalam sebuah sistem AC, komponen ini bertugas mengatur sirkulasi atau memompa refrigerant dari kondensor ke evaporator. AC (Air Conditioner) merupakan sebuah sistem pengatur suhu udara di dalam ruangan kabin mobil. Definisi tersebut merupakan ringkasan dari keseluruhan pekerjaan yang dilakukan oleh sebuah sistem kompleks bernama AC.

Pengoperasian AC di dalam mobil pun sengaja dibuat sederhana oleh para produsen mobil agar penggunanya bisa dengan mudah mendapatkan kondisi suhu udara yang diinginkan. Umumnya AC dioperasikan lewat dua tombol.

Tombol pertama mengatur besarnya hembusan angin, sementara tombol kedua berfungsi mengatur tingkat suhu udara.  Suhu udara yang diinginkan bisa diwujudkan karena adanya sirkulasi refrigerant yang dikerjakan oleh sebuah sistem AC. Kali ini Anda akan dibekali tentang jenis kompresor untuk AC mobil.

Selanjutnya tentang Jenis Kompresor AC Mobil Anda, adalah Kompresor. Kompresor ibarat jantung dalam sebuah sistem AC, komponen ini bertugas mengatur sirkulasi atau memompa refrigerant dari kondensor ke evaporator sekaligus mengkompresinya. Sederhananya, ia adalah pemompa refrigerant di seluruh kesatuan sistem AC.

Meski merupakan bagian penting, bukan berarti kompresor merupakan satu-satunya yang harus diperhatikan dalam sistem AC. Pasalnya, seluruh komponen merupakan kesatuan sistem yang tak dapat dipisahkan dan memiliki kewajiban penting masing-masing. Kompresor dapat bekerja dengan adanya putaran mesin yang terkoneksi via belt.

Dengan demikian, beban kerja mesin akan bertambah seiring jeis kompresor AC bekerja. Wajar bila produsen mobil terus mencari kompresor AC yang memiliki beban kerja seringan mungkin agar tidak terlalu membebani mesin. Alhasil, teknologi kompresor pun terus berkembang untuk menciptakan gesekan seminim mungkin.

Menggunakan single belt untuk memutar beragam komponen di mesin merupakan salah satu usaha produsen mobil untuk mengurangi gesekan di mesin.

Kompresor Variable Capacity Swash Plate

Kompresor ini merupakan pengembangan dari kompresor Swash Plate. Secara umum, konstruksi kedua kompresor ini sama, namun pada kompresor ini, terdapat katup yang bertugas mengatur sudut kemiringan swash plate. Kompresor jenis ini umumnya disematkan di mobil-mobil kelas menengah ke atas seperti Toyota Camry, BMW Seri 3-5-7, MINI Cooper, dan lain-lain.

Kompresor Fixed Capacity Swash Plate

Kompresor yang paling banyak disematkan oleh para pabrikan untuk digunakan di berbagai macam kendaraan. Penggunaannya mulai dari mobil kecil hingga minibus. Seperti Kia Rio, Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, dan lain-lain.

Kompresor Scroll Type

Kompresor ini menggunakan gulungan pelat yang bergerak secara simultan untuk memompa dan mengompres refrigerant. jenis kompresor AC mobil ini dapat ditemukan pada mobil hybrid ataupun mobil kompak berkapasitas mesin kecil seperti smart, Peugeot 107, dan lain-lain.

Itulah beberapa jenis kompresor yang perlu Anda ketahui. Pahami Jenis Kompresor AC Mobil Anda, Pilih bengkel AC mobil terbaik yang mengerti akan kebutuhan perawatan dan perbaikan mobil Anda.

Nah, itulah ulasan terkait bagaimana Jenis Kompresor AC Mobil. Semoga bermanfaat untuk Sobat DomoLovers yaa, dan jangan lupa dipraktekkan juga ! GoodLuck

Butuh Jasa Bengkel Mobil?

Dokter Mobil adalah Solusi Tepat Untuk Anda !

Tunggu apalagi? Yuk segera hubungi kami. Dapatkan pengalaman pelayanan service berkualitas dan jaminan garansi hanya untukmu, DomoLovers..

Tidak perlu takut mengenai biaya service di Dokter Mobil karena estimasi biaya service dapat diperlihatkan di muka sebelum melakukan service. Selain itu beberapa service di Dokter Mobil bersifat free alias GRATIS.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4569

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Latest Posts

Bingung Check Up Beli Mobil Bekas? Dokter Mobil adalah Solusinya
Menyimpan Hand Sanitizer Gel di Mobil, Bolehkah?
Daya Tarik Hyundai Palisade Terhadap Pecinta Mobil Indonesia
8 Alasan Anda Harus Menggunakan Produk Anti Limbung Mobil di Dokter Mobil
Ciri Kipas Radiator Lemah Yang Mulai Terjadi Pada Mobil Anda