📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Pentingnya Pahami Jenis Kompresor AC Mobil Anda

AC mobil tersusun dalam berbagai komponen dalam menyokong kinerjanya, salah satunya adalah kondensor. Memiliki fungsi yang cukup vital dalam AC mobil, penting bagi Anda sebagai pengguna mobil untuk mengetahui apakah jenis kompresor AC mobil yang mobil Anda gunakan. Sehingga Anda dapat dengan mudah melakukan perawatan dan menghindari hal-hal yang dapat menyebabkan kerusakannya, contohnya pada kerusakan AC mobil Camry Hybrid hingga membutuhkan layanan service AC mobil Camry Hybrid.

Agar memahami lebih lanjut, berikut ini dipaparkan mengapa penting untuk mempelajari jenis kompresor AC mobil dan apa saja jenis kompresor AC mobil. Mari disimak!

Mengapa Harus Pahami Jenis Kompresor AC Mobil Anda?

Mengapa Harus Pahami Jenis Kompresor AC Mobil Anda

Karena kompresor ibarat jantung dalam sebuah sistem AC, komponen ini bertugas mengatur sirkulasi atau memompa refrigerant dari kondensor ke evaporator. AC Mobil (air conditioner) merupakan sebuah sistem pengatur suhu udara di dalam ruangan kabin mobil. Definisi tersebut merupakan ringkasan dari keseluruhan pekerjaan yang dilakukan oleh sebuah sistem kompleks bernama AC.

Pengoperasian AC di dalam mobil pun sengaja dibuat sederhana oleh para produsen mobil agar penggunanya bisa dengan mudah mendapatkan kondisi suhu udara yang diinginkan. Umumnya, AC dioperasikan lewat dua tombol.

Tombol pertama mengatur besarnya hembusan angin, sementara tombol kedua berfungsi mengatur tingkat suhu udara.  Suhu udara yang diinginkan bisa diwujudkan karena adanya sirkulasi refrigerant yang dikerjakan oleh sebuah sistem AC. Kali ini, Anda akan dibekali tentang pemahaman seputar jenis kompresor AC mobil.

Kompresor ibarat jantung dalam sebuah sistem AC, komponen ini bertugas mengatur sirkulasi atau memompa refrigerant dari kondensor ke evaporator sekaligus mengkompresinya. Sederhananya, ia adalah pemompa refrigerant di seluruh kesatuan sistem AC.

Meski merupakan bagian penting, bukan berarti kompresor merupakan satu-satunya yang harus diperhatikan dalam sistem AC. Pasalnya, seluruh komponen merupakan kesatuan sistem yang tak dapat dipisahkan dan memiliki kewajiban penting masing-masing. Kompresor dapat bekerja dengan adanya putaran mesin yang terkoneksi via belt.

Dengan demikian, beban kerja mesin akan bertambah seiring jenis kompresor AC mobil bekerja. Wajar bila produsen mobil terus mencari kompresor AC yang memiliki beban kerja seringan mungkin agar tidak terlalu membebani mesin. Alhasil, teknologi kompresor pun terus berkembang untuk menciptakan gesekan seminim mungkin.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Menggunakan single belt untuk memutar beragam komponen di mesin merupakan salah satu usaha produsen mobil untuk mengurangi gesekan di mesin.

Baca Juga: 6 Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!

Jenis Kompresor AC Mobil yang Umum Digunakan

Jenis Kompresor AC Mobil yang Umum Digunakan

Semakin berkembangnya pembaharuan dalam kompresor AC mobil, membuat jenis kompresor AC mobil pun cukup beragam. Agar mengenali lebih dalam, berikut ini adalah jenis kompresor AC mobil yang umum digunakan pada berbagai jenis mobil.

  1. Kompresor Variable Capacity Swash Plate

Kompresor ini merupakan pengembangan dari kompresor Swash Plate. Secara umum, konstruksi kedua kompresor ini sama, namun pada kompresor ini, terdapat katup yang bertugas mengatur sudut kemiringan swash plate. Kompresor jenis ini umumnya disematkan di mobil-mobil kelas menengah ke atas seperti Toyota Camry, BMW Seri 3-5-7, MINI Cooper, dan lain-lain.

  1. Kompresor Fixed Capacity Swash Plate

Kompresor yang paling banyak disematkan oleh para pabrikan untuk digunakan di berbagai macam kendaraan. Penggunaannya mulai dari mobil kecil hingga minibus. Seperti Kia Rio, Toyota Avanza, Suzuki Ertiga, dan lain-lain.

  1. Kompresor Scroll Type

Kompresor ini menggunakan gulungan pelat yang bergerak secara simultan untuk memompa dan mengompres refrigerant. Jenis kompresor AC mobil ini dapat ditemukan pada mobil hybrid, contohnya adalah Toyota Camry Hybrid hingga membutuhkan service AC mobil Camry Hybrid, ataupun mobil compact berkapasitas mesin kecil seperti Smart, Peugeot 107, dan lain-lain.

Perlu Perawatan Tepat untuk Setiap Jenis Kompresor AC Mobil

Mengingat ada banyak jenis kompresor AC mobil untuk beragam jenis mobil pula, maka penanganannya pun memerlukan kecermatan tertentu karena tiap komponen memiliki sistem yang berbeda. Agar penanganan jenis kompresor AC mobil yang Anda gunakan tidak salah hingga bisa sebabkan kerusakan, pastikan untuk memilih bengkel service AC mobil terpercaya, seperti Dokter Mobil.

Reputasi Dokter Mobil sebagai bengkel spesialis AC mobil sudah dikenal luas di berbagai daerah di Indonesia. Menggunakan peralatan canggih serta ditangani langsung oleh teknisi yang ahli, membuat kualitas layanan service AC mobil di Dokter Mobil tak perlu diragukan lagi. Untuk menjamin kualitas mutu dalam setiap layanannya, Dokter Mobil bahkan telah mengantongi sertifikasi internasional standar ISO 9001:2015 Quality Management System. 

Tertarik untuk berkonsultasi hingga nikmati layanan service untuk beragam jenis kompresor AC mobil terpercaya? Reservasi layanan Dokter Mobil via WhatsApp atau isi form daring (klik di sini) untuk nikmati langsung kehebatan dari layanan service AC mobil di Dokter Mobil. Hadir di berbagai daerah di Indonesia, Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat dari wilayah Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Inilah informasi lengkap seputar mengapa penting untuk memahami jenis kompresor AC mobil Anda, berbagai jenis kompresor AC mobil yang umum digunakan, hingga pentingnya perawatan yang tepat untuk jenis kompresor AC mobil yang beragam.

Dokter Mobil selalu menjadi tempat yang tepat untuk atasi masalah AC mobil,  salah satunya terkait perawatan kompresor AC mobil. Dari mulai service AC mobil Avanza hingga service AC mobil Camry Hybrid, semua perawatan dan perbaikan AC mobil bisa Anda percayakan ke Dokter Mobil. Karena di Dokter Mobil, semua pasti beres!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4570

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya