🚗 Seluruh Bengkel Dokter Mobil Libur Pada Tanggal 1 - 6 Mei dan Buka kembali Tanggal 7 Mei | 🔧 Dokter Mobil Kelapa Gading 1 Tetap Buka | ✨ Selamat Hari Raya Idul Fitri 1443 H

AC Mobil Angin Doang? Berikut Faktor yang Membuat Hal Tersebut Bisa Terjadi

AC Mobil Angin Doang

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Apakah Anda pernah mengalami saat di mana sedang berkendara tetapi tiba tiba saja Anda merasa jika AC mobil angin doang? Tentu, kebanyakan orang yang memiliki kendaraan mobil pasti pernah mengalami hal seperti ini. Ketika mobil Anda mengalami fase AC mobil angin doang pasti akan sangat mengganggu kenyamanan berkendara Anda. Apalagi kalau Anda mengalami hal ini ketika sedang melakukan perjalanan yang jauh atau misalnya Anda terjebak di kemacetan lalu lintas yang akan memakan waktu sangat lama ditengah teriknya panas matahari, pasti kondisi di mana AC mobil angin doang bisa membuat mood Anda berantakan.

Tentu, hal seperti AC mobil angin doang bisa terjadi karena terjadinya masalah pada komponen dari sistem AC pada mobil Anda. Tetapi, Anda tidak perlu khawatir karena terjadinya masalah seperti ini pasti dapat di atasi dengan baik, terlebih ketika Anda sudah tahu pasti faktor apa yang membuat AC mobil angin doang sehingga penanganannya nanti bisa lebih spesifik.

Faktor yang Membuat AC Mobil Angin Doang

AC Mobil Angin Doang

Namun, jika Anda masih sangat awam dan bingung bagaimana mengecek dan mengatasi masalah ini, akan jauh lebih baik jika Anda membawanya ke bengkel dokter mobil. Di bengkel dokter mobil, mobil Anda akan ditangani oleh mekanik yang handal dan berpengalaman, di bekel dokter mobil juga Anda bisa mendapat free general check up mobil.

Penyebab AC Mobil Rusak

Secara umum, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan AC mobil angin doang. Anda bisa melakukan pengecekan secara manual jika Anda mengerti tentang komponen komponen yang ada di dalam mobil. Namun, sekali lagi, jika Anda masih awam dan ragu untuk memeriksa sendiri Anda bisa langsung membawa ke bengkel dokter mobil. Beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab AC mobil angin doang, antara lain:

Filter Kabin Pada Mobil Kotor

AC mobil angin doang bisa disebabkan karena terjadinya penumpukan kotoran seperti debu pada filter kabin. Adanya penumpukan kotoran pada filter kabin ini tentu akan membuat sirkulasi udara yang dikeluarkan menjadi tidak lancar karena terhambat oleh kotoran yang menumpuk. Untuk mengatasi filter kabin pada mobil yang menumpuk kotoran, Anda bisa melakukan sebuah antisipasi dengan ganti filter mobil Anda setiap jarak 10.000 KM.

Selain mengganti filter mobil, sebaiknya Anda juga melakukan perawatan mobil rutin setiap 3 sampai 6 bulan sekali untuk menjaga kualitas kondisi mesin mobil Anda. Anda bisa melakukan perawatan mobil di bengkel dokter mobil dan mendapat free general check up.

Evaporator Mobil Bermasalah

Selain dari filter kabin yang kotor, faktor lain yang menyebabkan AC mobil angin doang juga bisa disebabkan oleh kondisi evaporator yang bermasalah. Penyebab kenapa evaporator bisa membuat AC mobil angin doang jika bermasalah karena komponen satu ini jika dipenuhi oleh debu dan kotoran yang menempel pada blower bisa mengakibatkan sirkulasi udara pada AC mobil terganggu. Maka dari itu bisa jadi AC mobil angin doang karena evaporator pada mobil Anda kotor.

Dibaca Juga: AC Mobil Mendadak Mati? Ini Penjelasannya

Puli Kompresor Dari Mobil Tidak Berputar

Belt merupakan komponen penting lain di dalam mobil yang memiliki fungsi sebagai penggerak kompresor, kalau komponen satu ini sampai putus tentu dapat menyebabkan kompresor tidak dapat berkerja. Jika kompresor mobil tidak berkerja tentu akan menyebabkan masalah lain seperti suhu dari mobil meningkat atau overheating. Selain terjadinya overheating, bisa menyebabkan masalah seperti AC mobil angin doang. Hal ini karena tidak adanya proses pendinginan.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Freon Mobil Habis atau Berkurang

Kebanyakan orang pasti langsung berpikir ketika AC mobil angin doang pasti ada yang salah dengan freon AC mobil. Entah itu karena freon AC mobil sudah berkurang atau habis. Tetapi, habisnya freon AC mobil juga bisa disebabkan karena terjadinya komponen kebocoran. Untuk itu, agar lebih memastikan, lebih baik Anda melakukan pemeriksaan di bengkel dokter mobil untuk mengantisipasi terjadinya kebocoran pada freon.

Magnetic Clutch dan Thermistor Mobil Rusak

Magnetic clutch atau orang juga biasa menyebutnya dengan katup magnetic adalah komponen yang menjadi penghubung antara mesin dan kompresor sehingga jika katup magnetic ini sampai rusak bisa dipastikan jika kompresor tidak akan bisa jalan. Sementara, thermistor atau thermo merupakan komponen yang nantinya akan mengirim sinyal ke kompresor agar berhenti berkerja. Jadi, kalau komponen ini juga sampai rusak, akan mengakibatkan kompresor akan terus bekerja hingga membuat evaporator menjadi beku. Evaporator yang beku tidak membuat AC yang keluar menjadi semakin dingin, tetapi sebaliknya. Kalau komponen ini beku maka hanya angin saja yang akan keluar.

Sekring AC Putus dan Resistor Rusak

Terjadinya arus pendek bisa menjadi sebuah indikasi adanya korsleting di bagian sistem listrik AC mobil. Jika Anda mengalami hal ini, Anda harus segera membawa mobil Anda ke bengkel dokter mobil karena permasalahan dari listrik yang korslet hanya bisa diatasi oleh mekanik yang ahli dan berpengalaman menangani hal ini. Kalau Anda tetap memaksa untuk mengeceknya sendiri akan sangat beresiko dan yang paling parah bisa sampai terjadi hal yang fatal.

Tingginya Suhu Mesin Mobil

Kalau mesin mobil Anda mengalami masalah kenaikan suhu atau overheating pada mesin, hal ini dapat menyebabkan sight glass akan terlihat hitam dan receiver driver serta ekspansi mengalami penyumbatan. Terjadinya kenaikan suhu pada mesin mobil ini bisa terjadi karena mesin mobil yang terus berkerja tanpa adanya istirahat, misalnya Anda sedang melakukan perjalanan yang jauh tetapi Anda tidak melakukan jeda istirahat dan memaksa mesin mobil terus berkerja. Hal ini bukan hanya berbahaya kepada Anda tetapi juga pada komponen mesin mobil salah satunya adalah kompresor yang memiliki fungsi untuk menyalurkan udara dingin. Kenaikan suhu mesin ini dapat mengakibatkan kerusakan komponen mesin yang ada di dalam mobil.

Extra Fan AC Mobil Bermasalah

Saat Anda merasakan AC mobil hanya mengeluarkan angin padahal Anda sudah mengatur suhu ke yang paling tinggi, bisa jadi salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya hal ini adalah karena extra fan mobil yang bermasalah atau putarannya yang tidak optimal. Ketika putaran dari extra fan ini mengalami masalah, hal ini bisa menyebabkan kondensasi di kondensor menjadi terhambat proses kerjanya. Jika proses kondensasi pada kondensor ini terhambat sudah pasti dapat membuat AC mobil bermasalah.

Kondisi Kaca Film Mobil Perlu Diganti

Kaca film dari mobil juga bisa menjadi salah satu penyebab karena jika kaca film yang Anda gunakan sudah terlalu lama, ini dapat menyebabkan kaca film yang tidak bisa menahan panasnya sinar matahari. Untuk itulah, coba periksa kaca film mobil Anda apakah masih layak pakai atau tidak.

Penutup

Demikian beberapa ulasan mengenai penyebab AC mobil angin doang. Akan lebih baik jika Anda melakukan perawatan rutin untuk menjaga kualitas dari mesin mobil Anda dalam keadaan baik. Anda bisa melakukan perawatan di bengkel dokter mobil dan mendapat free general check up.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5124

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Artikel Lainnya

Review Bintang 5 di Google

Review Kami adalah bukti nyata kepuasan
customer yang menyukai kualiatas & service kami.

5.0 of 5.0

Average Reviews

5/5

Google Reviews

1000+ Reviews

5.0/5.0

1000+ Reviews

Instagram

246K Followers

Leave a Reply

Your email address will not be published.