📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

AC Mobil Mendadak Mati? Ini Penjelasannya

AC Mobil Mendadak Mati

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Ketenangan dan kenyaman berkendara adalah hal utama dalam seseorang memilih kendaraan. Banyak yang memilih kendaraan yaitu mobil karena banyak kelebihan yang ditawarkan daripada menggunakan moda transportasi lainnya. Salah satunya adalah terhindar dari panasnya lalu lintas. Pengguna mobil umumnya memilih mobil karena dapat menggunakan pendingin udara atau AC yang akan sangat sulit ditemukan di moda transportasi lainnya. Namun tedeapat banyak masalah jika AC mobil tidak terawat contohnya AC mobil mendadak mati.

Namun, apa jadinya jika kelebihan itu justru tidak dapat kita rasakan karena terjadi kerusakan pada sistem AC sendiri? Kenyamanan dan kesejukan mobil yang kita diamkan akan tidak dapat terpenuhi sehingga kita tidak dapat memiliki pengalam berkendara yang tenang dan baik. Kondisi AC yang paling sering dijumpai oleh pengendara adalah AC mobil mendadak mati. AC mobil mendadak mati akan membuat suhu mobil tidak dapat didinginkan.

AC Mobil Mendadak Mati

AC Mobil Mendadak Mati

Terdapat beberapa penyebab yang mungkin tidak anda sadar yang dapat membuat AC mobil mendadak tidak berfungsi. Artikel ini akan membahas mengenai penyebab AC mobil mendadak mati serta solusi untuk mengatasinya. Jadi, pastikan ada menyimak dan membaca artikel ini hingga akhir agar dapat mengatasi permasalahan mobil yang krusial saat ini.

Penyebab AC mobil mendadak mati itu bisa jadi dari beberapa masalah, antara lain:

  1. Sekring AC rusak atau putus

Sekring AC yang putus akan membatasi cara kerja AC dimana jika sekering rusak atau putus, AC akan kehilangan tenaga untuk menyalakan putarannya. Hal ini membuat AC mobil mendadak mati. Penyebab kerusakan atau putusnya sekring umumnya karena terjadinya korsleting pada sistemnya. Jadi pastikan anda mengecek sekring mobil anda jika terjadi masalah AC mobil mendadak tidak berfungsi.

  1. Relay AC rusak atau putus

Relay AC merupakan komponen pada sistem AC yang bekerja sebagai pemompa listrik ke bagian AC yaitu magnetic clutch. Jika terjadi masalah atau kerusakan pada relay, tentunya akan menghentikan proses bekerjanya AC karena tidak adanya suplai listrik untuk melakukan proses penyalaan pada AC. Jika relay putus maka AC mobil mendadak mati.

  1. Motor Cooling Fan Bermasalah

Cooling fan merupakan komponen mobil yang berfungsi sebagai pembuang gas panas yang dihasilkan dari komponen kondensor. Saat terjadi masalah atau kerusakan pada cooling fan, maka suhu mobil otomatis tidak menjadi dingin seperti sebelumnya. Karena cooling fan tidak bekerja, hal ini juga berdampak pada suhu mobil sehingga dapat terjadi overheat yang dapat menyebabkan AC mobil mendadak mati.

  1. Kompresor Rusak atau mati

Kompresor berfungsi sebagai penyalur udara atau angin bersuhu dingin ke bagian dalam mobil. Jika terjadi masalah atau kerusakan pada kompresor, maka proses menghirup uap dari refrigerator mobil tidak dapat berlangsung. Hal inilah yang menyebabkan AC mobil mendadak mati.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Selain kompresor yang mati, kompresor juga dapat mengalami kemacetan yang dapat terjadi akibat kompresor kehabisan oli atau perawatan AC yang kurang baik. Perawatan AC yang kurang baik seperti tidak mengganti atau membersihkan filter, kebocoran pada sistem freon, dan lainnya dapat membuat kompresor macet atau berhenti bekerja. Macetnya kompresor juga secara langsung akan AC mobil mendadak mati.

  1. Freon Habis

Freon merupakan bahan utama dalam proses pendinginan mesin atau pada proses bekerjanya sistem AC. Freon dapat berkurang jumlahnya atau habis karena adanya kebocoran pada sistem. Jika tidak karena bocor, maka freon akan tetap bersirkulasi pada sistem AC. Oleh karena itu, anda perlu mengecek komponen mobil anda jika terjadi AC mobil mendadak mati karena freonnya yang habis.

  1. Evaporator yang Kotor

Evaporator dapat menyerap debu atau kotoran yang berada di sekitar sistem sehingga dapat menjadi kotor dan tersumbat. Kotornya evaporator akan menghambat proses untuk menghembuskan udara ke bagian kabin. Karena pada dasarnya evaporator merupakan komponen mobil yang berfungsi sebagai penyaring udara yang berhembus pada sistem mobil. Jadi jika evaporator mengalami kerusakan atau kotor, maka dapat mengakibatkan AC mobil mendadak mati.

  1. V Belt Putus

V Belt merupakan komponen mobil yang berfungsi untuk menghubungkan kompresor dengan bagan putaran mesin mobil. Jika terjadi kerusakan atau putus pada V Belt. maka kompresor tidak dapat bekerja dengan maksimal. Hal ini dapat memicu AC mobil mendadak tidak berfungsi sehingga suhu di dalam mobil akan sangat panas dan membuat pengalam berkendara anda menjadi tidak menyenangkan.

Solusi

Setelah mengetahui beberapa penyebab dari AC mobil mendadak tidak berfungsi, anda tentunya sudah dapat mengetahui bahwa mobil anda membutuhkan perawatan layaknya manusia atau peralatan lainnya. Dengan melakukan perawatan yang rutin dan berkala, anda dapat mencegah kerusakan komponen mobil yang justru dapat berdampak pada AC mobil mendadak mati. AC sebagai salah satu alasan utama dalam terciptanya kenyamanan dan keamanan berkendara, tentunya akan membutuhkan perawatan yang cukup ekstra agar dapat bekerja sesuai dengan fungsinya secara maksimal.

Anda sebagai pemilik atau pengendara mobil sebaiknya melakukan pemeriksaan dan perawatan AC ke bengkel terpercaya yang menyediakan berbagai jenis peralatan AC. AC mobil mendadak mati belum tentu harus diganti dan ada kemungkinan dapat diperbaiki sehingga anda tidak mengeluarkan dana yang lebih banyak. Untuk itu, anda perlu memilih bengkel yang terpercaya dan berkualitas agar mobil anda dapat menjadi lebih sehat dan baik setelah melakukan perawatan di bengkel. Salah satu bengkel yang dapat merawat dan memaksimalkan pekerjaan AC anda agar tidak terjadi AC mobil mendadak mati adalah Dokter Mobil.

Dibaca Juga: Cek Semua Kondisi Mobil Sebelum Mengeluarkan Biaya Lebih Banyak  

Dokter Mobil merupakan sebuah bengkel yang sudah memiliki banyak cabang di berbagai lokasi dari Jakarta, Cibubur, Bekasi, Tangerang, Depok hingga Lampung. Anda dapat melakukan perawatan AC seperti cuci komponen evaporator, cuci kondensor, dan masih banyak lagi di Dokter Mobil secara langsung. Selain itu, anda akan diberi pelayan ekstra yaitu layanan gratis untuk melakukan general check up untuk mobil anda. Hal ini dilakukan untuk mengetahui berbagai macam masalah atau hal yang harus diperbaiki pada mobil anda agar mobil anda dapat bekerja secara maksimal seperti baru.

Dokter Mobil menggunakan teknologi yang canggih untuk merawat mobil anda agar AC mobil mendadak tidak berfungsi tidak akan terjadi lagi. Penggunaan tenaga ahli tentunya juga merupakan sebuah syarat untuk bengkel dapat dipercaya. DOkter Mobil menggunakan 70 persen mesin berkualitas tinggi dan 30 persen tenaga yang ahli dalam proses pelayanannya. Anda tidak perlu lagi merasa curiga atau takut untuk menggunakan jasa Dokter Mobil.

Penutup

Demikianlah artikel mengenai penyebab dan solusi cara mengatasi AC mobil mendadak mati. Pemeriksaan dan perawatan rutin adalah cara paling efektif untuk menghindari terjadinya AC mobil mendadak tidak berfungsi sehingga pengalam berkendara anda akan semakin dan nyaman. Dokter Mobil akan membantu anda untuk mewujudkan performa dan kualitas mobil yang anda idamkan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi seluruh pembaca.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 5132

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️


Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *