📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Cara Agar Temperatur Kabin Mobil Tidak Panas

Cara Agar Temperatur Kabin Mobil Tidak Panas

Selama melakukan perjalanan, menjaga kenyamanan ketika didalam mobil atau mengendarai mobil sendiri tentu menjadi hal penting. Anda akan selalu berusaha ketika berada dalam perjalanan dapat menikmati dengan senang dan gembira terlebih jika pada perjalanan panjang yang menghabiskan banyak waktu. Berkendara di daerah tropis seperti Indonesia pastinya terkadang menjadi tantangan yang berat ketika harus melakukan perjalanan jaug di siang hari.

Perjalanan panjang di siang hari, pastinya tidak akan nyaman ketika panas matahari memancar. Merkipun Anda berada dalaam mobil dan sudah ada pendingin yang bekerja untuk mendinginkan kebin, tetapi hawa panas ini akan sulit membuat Anda nyaman. Bahkan pendingin AC mobil saja kadang tidak terasa jika panas diluar terlalu terik. Anda pasti merasakan gerah dan tidak nyaman selama berada didalam mobil ini. Namun ada beberapa cara ampuh yang akan menjaga kabin agar temperatur kabin mobil tidak panas.

Suhu Luar Panas, Bagian Dalam Ikutan Panas

Perjalanan pada suhu panas jalanan, memang sangat tidak nyaman. Terleih sorot panas matahari benar-benar menyiksa seakan-akan matahari juga berada didalam kabin mobil. Meskipun dari dalam mobil sudah dinyalakan pendingin AC maksimal namun tetap saja tidak akan menghilangkan panas dan suhu yang memang sudah sangat panas. Cara pertama yang dilakukan agar temperatur kabin mobil tidak panas.

Ada bagian mobil yang membuat suhu panas terasa masuk ke dalam kabin mobil. Biasanya pemasangan peredam kabin atau kaca film akan membantu meredam suhu panas yang ada didalam kabin mobil. Penting untuk memperhatikan titik-titik pemasangan pendingin dan beberapa hal yang membuat panas ini masuk. Ini dapat berasal dari kaca depan mobil yang paling luas dan ukuran lebih besar daripada kaca samping atau bagian belakang mobil.

Tips Agar Temperatur Kabin Mobil Tidak Panas

Tips Agar Temperatur Kabin Mobil Tidak Panas

Kondisi panas dalam interior mobil praktis membuat perjalanan dan suasana didalam kabin menjadi tidak nyaman. Pengendara maupun penumpang mobil pasti akan mengeluhkan perjalanan yang tidak menyenangkan ini. Banyak faktor penyebab dari panasnya luar jalanan ikut mauk kedalam kabin mobil. Namun akan diberikan pula beberapa penanggulangannya.

Menggunakan Kaca Film Gelap

Tentunya ini menjadi cara paling banyak dipakai agar temperatur kabin mobil tidak panas, yaitu dengan meredam panas matahari datang. Panas matahari memang tidak bisa dikendalikan, terkadang terasa hangat, namun kadang juga membuat resah karena terlalu panas dan menyiksa. Untuk itu pemilik mobil sengaja memberikan alternative dengan menggunakan kaca film gelap. Pemakaian kaca film ini menjadi hal yang cukup ampuh dalam membuat suhu kabin mobil menjadi lebih sejuk.

Rasa sejuk dari dalam mobil diambil ketika kaca semakin gelap dan panas yang masuk teredam lebih banyak. Sinar matahati tidak dapat masuk maksimal ke dalam ruangan mobil. Menjaga suhu mobil dengan menggunakan ini akan menjadi penanggulangan sinar matahari yang datang ke ruangan. Pastikan untuk tetap menggunakan kaca berkualitas baik agar temperatur kabin mobil tidak panas, dan mencari yang tidak akan menganggu Anda selama menyetir mobil. Karena kaca yang terlalu gelap juga akan bermasalah ketika malam hari yang gelap.

Parkirkan Mobil di Tempat Paling Teduh

Cara agar temperatur kabin mobil tidak panas kedua dapat Anda ambil dengan memilih tempat parkir paling dingin dan paling sejuk untuk dapat Anda pakai. Anda dapat memilih tempat sejuk dibawah pohon, dibawah tenda besar atau dimanapun yang menghalangi mobil dari panas matahari secara langsung. Ini penting juga untuk memelihara mobil.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Sinar matahari secara langsung juga akan membuat cat mobil rusak lebih cepat. Kabin mobil pastinya juga terasa lebih panas dan gerah saat mobil awal dinyalakan. Cat mobil akan mudah mengalami pemudaran warna jika terus menerus terpapar panas matahari ini. Dengan mencari cara agar temperatur kabin mobil tidak panas menggunakan parkir dibawah pohon rindang, parkir beratap. Dengan parkir pada tempat yang sejuk ini, Anda tidak perlu melakukan menggunakan AC begitu mobil dinyalakan.

Baca Juga: Hati-hati! Ini Dampak Mobil Sering Terkena Panas Matahari

Buka Sedikit Kaca Mobil Anda

Masih pada pembahasan mengenai cara parkir. Cara selanjutnya agar temperatur kabin mobil tidak panas adalah dengan membuka sedikit kaca didalam mobil. Tidak perlu semua kaca terbuka ataupun kaca terbuka keseluruhan, hanya sedikit saja. Ini dilakukan untuk memastikan adanya sirkulasi udara yang ada didalam kabin sehingga panas tidak meluap. Mencari tempat parkir yang aman juga perlu untuk menjamin keamanan mobil Anda.

Memang hanya sedikit kaca yang terbuka, namun keamanan mobil menjadi hal yang utama. Anda hatus mencari tempat yang sekiranya aman dari bahaya dan dekat dengan pengawasan dari petugas yang bekerja dalam nya, membukakaca sedikit akan membuat mobil kabin tidak pengap ataupun gerah karena ada aliran udara yang masuk dari luar. Anda dapat memperkirakan berapa luas kaca yang terbuka dan kaca mana yang akan Anda buka.

Jangan Lupa Cek Freon AC

Suasana panas dan gerah pada mobil ternyata tidak dapat hanya dikarenakan panasnya jalanan yang terlalu menyiksa. Anda dapat juga melihat optimalisasi AC dengan melakukan pengecekan pada freon AC. Sebagai cara agar temperatur kabin mobil tidak panas perlu adanya temperature yang membuat air freon mobil Anda ini bermasalah ataupun tidak. Anda perlu untuk melakukan pengecekan secara rutin sebelum melakukan perjalanan jauh bersama dengan keluarga besar.

Ini sangat penting untuk melihat kinerja AC mobil sebaga pendingin bekerja secara optimal ataupun tidak. Anda perlu untuk melakukan pengecekan rutin sebelum melakukan perjalanan. Pengecekan ini dapat berupa memastikan AC mobil secara berkala, melihat saringan udara didalamnya kotor atau tidak, atau ada gas Freon atau tidak di dalamnya.

Untuk periksa freon AC mobil Anda, segera reservasi layanan service AC di Dokter Mobil sekarang (klik di sini) atau hubungi via WhatsApp untuk dapatkan informasi lengkap seputar layanan yang ada hingga diskon menarik yang ditawarkan.

Gunakan Pelindung Kaca Depan

Dari banyaknya penyebab kabin panas, penyebab paling sering jatuh pada panasnya matahari yang masuk dari arah kaca depan mobil. Menjadi kaca terbesar membuat panas yang masuk juga ikut banyak. Cara agar temperatur kabin mobil tidak panas dengan melakukan pemasangan atau pelindung kaca depan. Pelindung ini dapat berupa meberian beberapa lapisan pelindung yang akan mengurangi intensitas panas yang akan masuk ke dalam mobil.

Penggunaan pelindungan kaca besar atau kaca depan mobil ini dilakukan pada saat parkir yang panas sehingga sinar matahati tidak langsung mengenai dashboard mobil yang bisa membuat panas tersimpan didalam kabin dan membuat kabin menjadi lebih gerah dan tidak nyaman.

Kualitas Jok Mobil

Ini akan menjadi penyebab sekaligus agar temperatur kabin mobil tidak panas yang terkahir mengenai kualitas jok mobil. Tipas selanjutnya adalah dengan mempergunakan jok mobil dengan kualitas paling bagus sehingga lebih optimal dalam menjalankan penyerapan panasnya. Panas matahari yang masuk ke dalam mobil juga ternyata dapat diperparah oleh jok mobil yang tidak nyaman. Ketika jok mobil mampu memberikan kenyamanan dan memberikan suasana dingin, terutama dapat menyerap keringat atau air pastinya panas yang ditimbulkan sedikit berkurang.

Di atas beberapa tips dan cara agar temperatur kabin mobil tidak panas mulai dari pencegahan melalui lapisan pelindung, hingga pada penyelesaiannya melalui pengecekan beberapa komponen mobil atau pembukaan kaca, dapat menjadicara agar temperatur kabin mobil tidak panas perjalanan Anda bersama keluarga. Semoga perjalanan Anda lebih menyenangkan dengan beberapa tips agar temperatur kabin mobil tidak panas di atas.

Anda juga bisa langsung mengunjungi cabang-cabang Dokter Mobil terdekat untuk periksakan dan mengatasi permasalahan mobil agar temperatur kabin mobil tidak panas.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Pegangsaan Dua

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Jl Raya Pondok Betung No. 18, RT. 06, RW. 02, Bintaro sektor 3 arah sektor 4 Kel. Pondok Karya, Kec. Pondok Aren, Bintaro, Tangerang Selatan, 15225

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Kalimalang

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Narogong

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!

Form Reservasi

Main Form