📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Hati-hati! Ini Dampak Mobil Sering Terkena Panas Matahari

dampak mobil sering terkena panas matahari

Dampak mobil sering terkena panas matahari akan berakibat fatal pada mobil Anda. Pasalnya, panas terik matahari yang sering terkena pada bagian mobil akan menimbulkan beberapa efek negatif pada bagian bodi mobil maupun komponen mobil lainnya. Cuaca merupakan salah satu faktor terbesar yang dapat mempengaruhi kondisi pada mobil. Baik saat cuaca hujan maupun panas nantinya akan tetap berimbas pada kendaraan saat sedang dipakai dijalan maupun saat berada ditempat parkir.

Apakah Aman Menjemur Mobil Di Bawah Panas Matahari

Menjemur tubuh dibawah sinar matahari memang terbukti baik untuk kesehatan tubuh pada manusia, namun kali ini bukan menjemur tubuh melainkan menjemur mobil, Pasti kalian penasaran bukan, Apakah menjemur mobil dibawah panas matahari itu aman?

Cuaca merupakan salah satu faktor utama yang dapat mempengaruhi kondisi pada mobil Anda. Baik saat cuaca hujan maupun panas nantinya akan tetap berimbas pada kendaraan Anda saat sedang dipakai dijalan maupun saat mobil Anda berada ditempat parkir. Selain itu, saat ini banyak tempat parkir yang memanfaatkan lahan kosong tanpa atap. Hal inilah ang membuat mobil anda dijemur dibawah teriknya panasa matahari.

Apalagi saat memasuki pertengahan tahun 2022 ini, beberapa wilayah di Indonesia lebih sering mengalami cuaca yang sangat panas dan terik kala di siang hari. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Suhu tinggi, cuaca udara yang panas, dan paparan sinar matahari secara langsung dapat memberikan efek buruk pada mobil Anda jika sering diparkir pada lahan terbuka tanpa atap dalam waktu yang cukup lama.

Dampak Mobil Sering Terpapar Panas Matahari Secara Langsung

Berikut beberapa dampak mobil sering terkena panas matahari yang dapat berakibat fatal untuk beberapa komponen mobil Anda:

  • Menimbulkan Kerusakan pada Eksterior Mobil

Salah satu dampak mobil sering terkena panas matahari yakni eksterior pada mobil. Eksterior mobil sama halnya dengan warna cat memudar, Hal tersebut juga diakibatkan oleh sengatan dari panas matahari sehingga membuat warna cat jauh lebih kusam, bahkan pada kendaraan yang memiliki warna putih, maka warna cat pun dapat menguning.

Hal tersebut tentunya tidak secara langsung terjadi pada kendaraan Anda pada saat itu juga, namun warna cat akan memudar berangsur-angsur seiring waktu jika terlalu sering terpapar sinar matahari. Oleh karena itu Anda agar selalu berhati-hati dan tetap menjaga mobi Anda dari paparan panas matahari.

  • Menimbulkan Kerusakan pada Bilah Wiper

Selanjutnya dampak mobil sering terkena panas matahari adalah terjadinya kerusakan pada Bilah wiper pada mobil Anda. Bagian karet pada wiper nantinya juga dapat mengeras dan menimbulkan kerusakan. Selain itu jika Anda memarkirkan mobil Anda ditempat terbuka tanpa atap membuat debu yang menempel jauh lebih banyak serta menyebabkan baret pada kaca ketika digunakan dan karet wiper yang tidak elastis juga dapat menimbulkan baret.

Untuk terhindar dari masalah diatas ada tips untuk anda yakni biasakan untuk menegakkan batang wiper agar tidak terjadi bersentuhan langsung dengan kaca sebelum Anda meninggalkan mobil. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari karet wiper mengeras dan menjadi tidak rata, karena menempel dengan kaca yang disebabkan oleh dampak mobil sering terkena panas matahari.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :
  • Menyebabkan Kerusakan Interior Mobil

Dampak mobil sering terkena panas matahari selanjutnya adalah menyebabkan kerusakan pada interior mobil itu sendiri. Suhu yang berada didalam kabin dapat menjadi sangat tinggi bahkan hingga mencapai 70 derajat celcius. Hal itu membuat suasana tidak nyaman, suhu yang tinggi ini juga dapat berpengaruh pada cat dashboard mobil Anda. Untuk mengatasi masalah diatas, Anda dapat menggunakan salah satu tips berikut, Anda bisa melapisi kaca mobil dengan kaca film yang telah terbukti mampu untuk mengurangi efek sinar ultraviolet ke kabin. Salah satu kaca film yang patut Anda coba pasang di mobil kesayangan Anda adalah DOMO FILM dari Dokter Mobil, yang dilengkapi Nano Armor Technology sehingga mampu menghalau sinar UVA dan UVB lebih efektif hingga 99%.

  • Kulit Jok Dapat Mengelupas

Akibat lainnya yang dapat terjadi karena dampak mobil sering terkena panas matahari adalah Kulit jok pada mobil dapat mengelupas. Untuk Anda yang memiliki kendaraan dengan bahan jok yang terbuat dari kulit, maka Anda perlu mengetahui beberapa cara untuk mengatasi kulit jok agar tidak mengelupas akibat panas matahari. Karena jok yang terbuat dari kulit sintetis, cenderung akan lebih mudah rusak dan kulit dapat mengalami pecah-pecah. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan perawatan secara rutin yakni misalnya melakukan chemical khusus untuk bahan kulit jok tersebut.

Begini Dampak Mobil Sering Terkena Panas Matahari dan Langsung Menyalakan AC Mobil

Mungkin sudah menjadi kebiasaan umum untuk warga Indonesia ini, ketika saat masuk kabin setelah mobil terparkir dan terpapar sinar matahari, yakni langsung menyalakan AC untuk mengurangi suasana panas dan gerah. Namun hal tersebut dapat membahayakan mobil, lho! Mengapa demikian?

Menyalakan AC usai mobil terpapar panas matahari memang berbahaya bagi mobil. Saat terpapar panas matahari, kabin mobil dapat berubah layaknya “oven” yang membuat suhu panas meningkat. Untuk itu membutuhkan waktu untuk dapat menurunkan suhunya agar penumpang nyaman dan perjalanan pun dapat dilakukan. AC akan bekerja dengan lebih keras guna menurunkan suhu ruang di kabin mobil, yang mana hal ini berdampak pada AC yang jadi mudah rusak karena dipaksa untuk beroperasi dengan keras hingga konsumsi bahan bakar pun jadi lebih boros.

Tips Untuk Mengurangi Dampak Mobil Sering Terkena Panas Matahari

Dampak Mobil Sering Terkena Panas Matahari

  • Menggunakan Mantel atau Cover Mobil

Tips yang pertama untuk mengurangi dampak mobil sering terkena panas matahari yakni dengan menggunakan cover mobil, Jika Anda tidak bisa untuk meletakkan mobil didalam garasi. Maka sebaiknya Anda harus memilih cover yang tepat untuk kebutuhan mobil Anda. Cover mobil ini nantinya dapat melindungi kendaraan dari panas, sehingga cat dan kaca juga tidak akan terkena sinar matahari secara langsung.

  • Menjauhkan Wiper dari Kaca

Tips yang selanjutnya untuk mengurangi dampak mobil sering terkena panas matahari adalah dengan menegakkan wiper dengan tujuan agar tidak bersentuhan langsung dengan kaca mobil. Karena wiper dapat mengalami pengerasan dan perubahan bentuk jika terlalu sering terpapar panas. Jadi, sebaiknya jika Anda memarkirkan kendaraan anda diluar dengan waktu yang cukup lama, maka pastikan posisikan wiper agar tidak menempel dengan kaca, untuk menjaga kelembaban karet wiper.

  • Mengaplikasikan Kaca Film yang Berkualitas

Tips yang selanjutnya untuk mengurangi dampak mobil sering terkena panas matahari yakni dengan mengaplikasikan kaca film pada kaca mobil Anda. Dengan hal tersebut sinar matahari akan sulit menembus ke dalam mobil Anda. Kaca film ini memang tidak dapat melindungi pada bagian cat mobil, namun kaca tersebut membuat bagian interior kendaraan terlindungi dengan baik.

Baca Juga: Daftar Merk Kaca Film Mobil Terbaik!

Salah satu kaca film yang patut Anda pertimbangkan untuk dipasang di mobil kesayangan Anda adalah DOMO FILM. DOMO FILM dari Dokter Mobil didesain sedemikian rupa agar cocok di iklim panas dan tropis seperti Indonesia. Menyematkan Nano Armor Technology, DOMO FILM mampu menghalau terik panas matahari dan sinar UVA UVB hingga 99%. Sehingga panas matahari tak akan dengan mudah masuk ke dalam kabin mobil, kinerja AC jadi lebih ringgan, dan konsumsi bahan bakar pun jadi lebih efisien. Terdapat pilihan warna hitam (tipe Fuji) dan biru (tipe Daisen), yang dapat disesuaikan tingkat kegelapannya dari mulai 40% hingga 80% serta bergaransi lama hingga 8 tahun.

Pertanyaan Seputar Kaca Film

Kaca Film ini merupakan pelapis yang ditempelkan pada kaca mobil untuk dapat mengurangi paparan sinar matahari di siang hari. Dan mempunyai kelebihan-kelebihan lainnya yang dijelaskan pada artikel ini.
Untuk urusan keselamatan dan juga safety , kaca film di Domo Film itu menganjurkan bahwa kaca mobil depan maksimal itu di angka kegelapan 40% kaca belakang 60-80% dan juga kaca samping 60%.
Kaca film ini mempunyai manfaat lainnya seperti terjadi kondisi dimana kaca anda mendapatkan tekanan atau benturan. Lapisan kaca film dapat melindungi agar kaca tidak pecah berhamburan apalagi sampai mengenai anda atau penumpang lainnya, jadi kaca yang pecah ini terlebih dahulu akan merekat ke kaca film
Kaca film yang dipakai oleh Domo Film ini dapat menahan panas karena Domo Film menggunakan Nano Armor Technology yang dibuat di Jepang.
Untuk harga pada kaca film ini sungguh bervariasi anda bisa menghubungi admin Dokter Mobil Indonesia untuk mengetahui harga dari Domo Film serta mendapatkan promo yang sedang berlangsung di Domo Film

  • Memarkirkan Mobil di Tempat Teduh

Tips yang terakhir untuk mengurangi dampak mobil sering terkena panas matahari adalah dengan memarkirkannya ditempat yang teduh. Karena tak jarang saat ini banyak yang menggunakan lahan kosong tanpa atap yang digunakan sebagai parkir kendaraan. Oleh karena itu parkir di tempat teduh akan membuat mobil Anda terhindar dari paparan panas matahari secara langsung.

Antisipasi Mencegah Kerusakan Mobil Terpapar Panas Matahari

  • Jangan meletakkan barang yang mudah meledak di dalam mobil.
  • Selalu rutin melakukan cek pemeriksaan pada mesin.
  • Jangan meninggalkan mobil dalam keadaan mesin menyala.
  • Pasang kaca film mobil yang berkualitas dan sesuai dengan iklim setempat, seperti DOMO FILM yang didesain khusus sehingga cocok dengan iklim tropis di Indonesia.

Kesimpulan

Cuaca merupakan faktor utama yang menyebabkan dampak mobil sering terkena panas matahari mengurangi kinerja atau bahkan dapat merusak beberapa komponen pada mobil Anda. Untuk itu anda dianjurkan untuk selalu waspada dan menjaga kesehatan mobil Anda dengan baik. Salah satunya yakni dengan mengurangi pemarkiran mobil ditempat yang terbuka tanpa atap agar tidak mendapat paparan panas matahari secara langsung, karena dapat berakibat fatal merusak beberapa komponen pada mobil Anda.

Tindakan preventif lain juga perlu dilakukan, contohnya adalah dengan memasang kaca film yang berkualitas dalam menghalau panas terik matahari. DOMO FILM dari Dokter Mobil merupakan salah satu opsi kaca film berkualitas yang patut Anda pertimbangkan untuk dipasang di mobil kesayangan. Karena memiliki Nano Armor Technology serta pilihan warna yang dapat disesuaikan tingkat kegelapannya, DOMO FILM dapat menghalau panas terik matahari, sinar UVA UVB, serta sinar inframerah lebih baik. Sehingga terik matahari tak mudah masuk ke dalam kabin mobil dan memperberat kinerja AC, konsumsi bahan bakar pun akan lebih efisien dibandingkan sebelumnya.

Untuk pemasangan DOMO FILM dalam memberikan perlindungan prima pada kaca mobil kesayangan Anda, dapat langsung hubungi kontak Dokter Mobil (klik di sini) atau kunjungi langsung cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi Anda.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

Sekian beberapa pembahasan mengenai dampak mobil sering terkena panas matahari secara langsung yang dapat merusak dan mengurangi kinerja beberapa komponen mobil. Semoga informasi ini dapat memberitahu Anda untuk tidak mengangap sepele permasalahan di atas dan menambah wawasan Anda untuk tetap melindungi kendaraan kesayangan Anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 7906

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.