📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini

Sesuaikan Performa Mobil Seperti yang Diharapkan, Inilah Cara Kerja Piggyback Mobil

piggyback

Piggyback merupakan salah satu dari teknologi komputer yang diletakkan pada mesin mobil Anda. Teknologi satu ini memiliki ukuran kecil yang berbentuk chip microcomputer yang nantinya akan ditanamkan pada ECU atau dikenal dengan electronic control unit (ECU) pada sebuah mobil. Teknologi sistem mobil ini biasanya digunakan pada kendaraan seperti mobil balap.

Dengan fungsi dari piggyback akan membuat performa mobil jauh lebih meningkat dan Anda bisa menggunakan mobil dengan lebih baik, bahkan jauh lebih efisien.

Mengenal Apa Itu Piggyback pada Mobil

piggyback

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa sistem ini sendiri merupakan salah satu dari teknologi komputer yang terpasang di dalam mobil. Ukuran yang dimiliki teknologi canggih ini kecil seperti chip dan posisinya terletak pada ECU mobil atau yang biasa kebanyakan pengguna mobil kenal dengan electronic control unit. Secara umum, teknologi ini lebih banyak digunakan oleh mobil mobil balap.

Akan tetapi, seiring dengan perkembangan zaman yang saat ini sudah semakin canggih dan berkembang, kini teknologi tersebut juga sudah bisa dipasang dan digunakan pada mobil mobil konvensional.

Fungsi dari Piggyback pada Mobil

piggyback

Mungkin sebagian pengguna mobil masih belum begitu mengerti apa fungsi dari teknologi komputer satu ini. Nyatanya, fungsi yang dimiliki sistem ini pada mobil tidak bisa Anda anggap remeh karena teknologi ini bisa menjadi salah satu penunjang performa dari mobil kesayangan Anda. Tidak hanya itu saja, penggunaan dari piggyback pada mobil ini juga bisa menjadi salah satu alasan yang membuat penggunaan dari bahan bakar kendaraan Anda bisa lebih awet.

Efisiensi bahan bakar kendaraan yang lebih awet ini tentu akan sangat menguntungkan para pengguna mobil. Oleh karena itu, tidak salah jika menggunakan teknologi ini pada mobil menjadi salah satu cara untuk menunjang performa mobil lebih baik.

Cara Kerja dari Piggyback pada Mobil

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Loading...
Cabang :
Service :

Penggunaan teknologi ini memang lebih banyak digunakan oleh mobil mobil balap jika dibandingkan dengan mobil konvensional, tetapi untuk saat ini mobil konvensional pun juga sudah bisa menggunakan teknologi satu. Namun, sebagian dari pengguna mobil mungkin belum begitu paham atau familiar kira kira bagaimana cara kerja dari teknologi ini tersebut ketika Anda memasangkan pada mobil konvensional.

Secara umum, ECU (electronic control unit) pada mobil ini akan memberi sebuah sinyal pada sistem injeksi mobil yang sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh mobil Anda. Akan tetapi, ketika Anda menggunakan teknologi ini pada mobil konvensional milik Anda nantinya sinyal tersebut akan dimanipulasi dan hal tersebut lah yang membuat power dari mesin mobil yang dihasilkan akan jauh lebih besar. Untuk cara kerja dari teknologi ini pada dasarnya teknologi piggyback pertama-tama akan membaca sinyal yang diberikan oleh electronic control unit (ECU) yang seharusnya diterima oleh sistem dari injeksi mobil.

Baca Juga: Mengenal Fungsi Engine Control Unit dan Cara Mendeteksi Kerusakan ECU Mobil

Setelah itu, teknologi tersebut akan melakukan manipulasi dari sinyal yang sebelumnya sudah dikirim oleh electronic control unit (ECU) mobil dan hal tersebut akan membuat injeksi bahan bakar mobil pada akhirnya mengikuti teknologi tersebut dan bukannya sistem electronic control unit (ECU) mobil. Selain itu, teknologi ini pun juga akan terhubung dengan sebuah panel khusus yang telah disediakan dan dengan adanya panel tersebut akan memberi kebebasan kepada para pengendara mobil untuk mengatur sendiri bagaimana injeksi dari bahan bakar sesuai dengan keinginan masing masing para pengendara.

Jika melihat bagaimana pasaran dari teknologi satu ini ada beberapa macam pilihan pengaturan yang bisa Anda temukan.

Tipe Pemasangan dari Piggyback

Secara umum, terdapat dua tipe pemasangan ketika Anda ingin memasangkan teknologi piggyback pada mobil, 2 tipe mobil, yaitu:

  • Pemasangan Piggyback Sebelum ECU (electronic control unit)

Untuk pemasangan dari sistem ini sendiri terletak di antara sensor serta electronic control unit (ECU) sehingga mesin mobil bisa bekerja sesuai dengan keinginan Anda. Sebagai contoh saat Anda ingin jika sistem dari injektor mobil melakukan semprotan lebih banyak bahan bakar pada mesin mobil dengan harapan dan tujuan jika hal tersebut dapat meningkatkan tenaga dari mobil.

Nantinya, sistem dari teknologi yang terpasang pada mobil ini akan melakukan manipulasi data yang telah dikirim oleh sensor dengan sedemikian rupa sehingga electronic control unit (ECU) akan menganggap jika mesin mobil sedang bekerja dengan kondisi di mana campuran gas yang miskin atau kondisi di mana campuran dari bahan bakar tersebut masuk ke ruang bakar mobil.

Nantinya sistem dari electronic control unit (ECU) tersebut akan memberi perintah kepada sistem dari injektor untuk melakukan semprotan lebih banyak bahan bakar ke ruang bakar atau juga bisa dilakukan dengan cara mencegat informasi yang dikirimkan oleh sistem MAF Sensor lalu memberi tahu sistem dari electronic control unit padahal kenyataan sebenarnya hal tersebut tidak dilakukan dan pada akhirnya electronic unit control (ECU) secara otomatis melakukan penambahan bahan bakar ke sistem injektor.

  • Sesudah dari Elektronic Control Unit (ECU)

Metode yang kedua adalah dengan cara melakukan manipulasi perintah yang diberikan oleh sistem electronic control unit (ECU) pada setiap output yang sudah terhubung oleh sistem. Teknologi ini akan melakukan pemasangan di antara sistem electronic control unit (ECU) serta sistem output misalnya sistem injektor.

Nantinya sistem electronic control unit akan menerima sebuah data yang akurat dari berbagai sensor yang ada pada mesin mobil. Akan tetapi, ketika perintah tersebut dikirimkan kepada sistem daru output misalnya seperti injektor maka piggyback secara otomatis akan melakukan pengurangan maupun penambahan dari jumlah bahan bakar yang disemprotkan atau dengan melakukan pengaturan waktu untuk menyemprot bahan bakar tersebut pada sistem nosel sesuai dengan setingan yang ada pada piggyback mobil Anda.

Kelebihan Menggunakan Piggyback pada Mobil

Tentunya, ketika mobil kesayangan Anda menggunakan sistem ini pada sistem electronic control unit (ECU) mobil ini memiliki beberapa kelebihan. Salah satunya adalah horse power atau yang dikenal sebagai tenaga mobil yang nantinya dihasilkan oleh mesin akan mengalami peningkatan. Hal tersebut bisa terjadi karena data yang dikirim oleh sistem electronic control unit (ECU) pada sistem injeksi sudah mengalami perubahan karena keinginan dari masing masing pengendara mobil. Tidak hanya itu saja, masih banyak keunggulan lain yang bisa Anda dapatkan ketika memasang sistem ini pada electronic control unit (ECU) mobil.

Berikut adalah kelebihan yang akan Anda dapatkan ketika menggunakan sistem satu ini, antara lain:

  • Lebih mudah untuk melakukan tuning dan set up

Komponen tambahan dari piggyback pada mobil ini ketika dilakukan setting memang dapat dilakukan dengan lebih mudah, bahkan untuk melakukan seting tersebut Anda tidak memerlukan waktu yang lama. Namun, jika Anda ingin melakukan setting dengan sistem ini maka hal tersebut tetap harus dilakukan oleh tenaga teknisi yang memang sudah ahli serta berpengalaman dalam menangani mesin maupun program mobil.

  • Lebih murah

Tidak bisa dipungkiri jika sebagian orang pasti akan berpikir jika sistem piggyback pada mobil ini memiliki harga yang mahal atau akan menguras kantong seperti dengan komponen komponen tambahan mobil yang lainnya. Padahal nyatanya harga dari sistem satu ini bisa dikatakan relatif lebih murah, bahkan jauh lebih murah jika Anda membandingkannya dengan harus mengganti sistem electronic control unit (ECU) mobil dengan komponen type stand alone atau saat Anda berpikir barus mengganti komponen dari electronic control unit (ECU) dengan remapping electronic control unit yang standar.

  • Alternatif lain jika mobil tak bisa diremap

Peningkatan performa mobil juga sebenarnya dapat ditingkatkan melalui remap. Namun sayangnya, remap tak dapat dilakukan jika memori pada ECU mobil tak mumpuni untuk dilakukan remap. Sehingga piggyback menjadi salah satu alternatif untuk dapat meningkatkan performa pada mobil yang tak bisa diremap.

Pentingnya Memasang Piggyback di Bengkel Mobil yang Kredibel

Pemasangan piggyback pada mobil tentu kamu perhatikan dengan lebih teliti, karena memasang piggyback di bengkel yang tak terpercaya justru malah menimbulkan risiko kerusakan pada mobil sehingga performanya akan “pincag” atau justru mobil jadi tak bisa digunakan seperti sediakala.

Maka dari itu pilihlah bengkel yang sudah terpercaya dalam melakukan pemasangan piggyback, salah satunya di Dokter Mobil. Dengan nama Piggyback Pro, pemasangan piggyback pro di Dokter Mobil terjamin kualitas pemasangannya karena ditangani langsung oleh tuner-tuner yang telah dipercaya dalam melakukan proses piggyback pro pada ribuan mobil.

Proses piggyback pro di Dokter Mobil ini tak akan merusak garansi asli dari pabrikan mobil, karena settingan akan kembali ke awal ketika aki mobil tak hidup. Oleh karena itu, Dokter Mobil juga memberikan garansi setting ulang hingga 3 kali jika aki mobil mati dan ingin disetting kembali piggyback pro.

Pertanyaan Seputar Piggyback Pro di Dokter Mobil

Piggyback pro di Dokter Mobil adalah sebuah proses setting ECU yang berfungsi untuk mengeluarkan potensi performa mobil sesuai dengan permintaan penggunanya, baik itu untuk tenaganya, horse power, maupun tingkat konsumsi BBM. Adapun untuk konsumsi BBM diatur sesuai dengan tipe mobil nya masing-masing.
Mobil yang tak bisa diremap biasanya karena memiliki memori ECU yang ukurannya tak memungkinkan untuk diremap. Sehingga jika mobil yang ingin ditingkatkan performanya memiliki ECU dan OB2 Port, maka piggyback pro adalah solusi alternatif yang ditawarkan untuk hal ini.
Untuk settingan piggyback pro ini tidak permanen. Karena jika aki mobil mati, maka settingan dari piggyback pro pun otomatis akan terhapus dan kembali ke settingan software awal dari pabrikannya. Namun khusus di Dokter Mobil, settingan piggyback pro mendapatkan garansi hingga 3 kali setting ulang.
Untuk pemasangan piggyback pro di Doter Mobil ini relatif singkat, yakni hanya perlu waktu 10 menit saja. Selain itu, tak ada penambahan aksesoris, pergantian komponen, ataupun pemotongan kabel pada saat proses pemasangan piggyback pro.
Karena bisa disetel sesuai kebutuhan, maka piggyback pro dapat menghemat BBM kendaraan tanpa mengurangi tenaga dan performa sampai dengan 30% penghematan.

Penutup

Demikianlah penjelasan kami mengenai cara kerja piggyback pada mobil. Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa ada begitu banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan sehingga tidak ada salahnya untuk mencoba piggyback pada mobil Anda. Pemilihan bengkel mobil yang kredibel untuk pemasangan piggyback, seperti di Dokter Mobil, juga perlu Anda pertimbangkan dengan matang karena proses pemasangannya akan sangat berpengaruh pada performa mobil Anda.

Ingin coba tingkatkan performa mobil Anda sesuai dengan yang diidamkan? Hubungi kontak Dokter Mobil (klik di sini) untuk menanyakan seputar layanan piggyback pro, atau kunjungi langsung cabang-cabang Dokter Mobil agar Anda bisa lebih puas bertanya sembari melihat proses pemasangan piggyback pro.

CabangAlamat LengkapKontak Kami

Kelapa Gading 2

Ruko Gading Lavender No.88D, Jl. Pegangsaan Dua No.169, RT.4/RW.3, Pegangsaan Dua, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14250

Bintaro

Graha Nusantara, Ruko, Jl. RC. Veteran Raya No.8i, RT.3/RW.7, Bintaro, Kec. Pesanggrahan, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12330

Cirendeu

Jl. Raya Cirendeu No.2A, RW.3, Cireundeu, Kec. Ciputat Tim., Kota Tangerang Selatan, Banten 15419

Kelapa Gading

Jalan Boulevard Raya Blok QJ 1 No. 17, RT.12/RW.15, West Kelapa Gading, Kelapa Gading, North Jakarta City, Jakarta 14240

Depok

Jl. H. Asmawi No.98, Beji, Kecamatan Beji, Kota Depok, Jawa Barat 16425

Serpong

Ruko Paramount Gadget, Jl. Boulevard Raya Gading Serpong No.7, Curug Sangereng, Kec. Klp. Dua, Tangerang, Banten 15311

BSD

Jl. Ciater Bar. No.182, Buaran, Kec. Serpong, Tangerang, Banten 15310

Alam Sutera

Jl. Raya Serpong No.KM.7 No.88, RT.2/RW.1, Pakualam, Kec. Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan, Banten 15320

Bekasi

Service, Mobil, Jl. Inspeksi Kalimalang No.8C, RT.2/RW.11, Pd. Klp., Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13450

Bekasi 2

Jl. Raya Narogong KM. 5, Jl. Asrama Yonif 202 Tajimalela No.Depan, RT.002/RW.001, Bojong Menteng, Kec. Rawalumbu, Kota Bks, Jawa Barat 17116

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 7865

No votes so far! Be the first to rate this post.

Ingin Reservasi
Sekarang ?

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Hubungi CS Sekarang

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.