New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Proses Pengerjaan Flushing AC Mobil di Dokter Mobil

Kelebihan dan Kerugian Perawatan dengan Flushing AC Mobil

Seiring dengan waktu, semakin banyak bengkel mobil menawarkan jasa flushing AC mobil dalam setiap servicenya. Hal ini sebenarnya wajar. Karena pengerjaan perawatan dengan flushing dapat memastikan perawatan dan service AC mobil bisa dilakukan dengan lebih cepat.

Namun sayangnya, walaupun memiliki banyak kelebihan, flushing AC mobil juga bisa merugikan loh. Kok bisa?

Pengertian Apa Itu Flushing AC Mobil

flushing ac mobil

Pada dasarnya flushing AC mobil adalah pembersihan dan pembilasan seluruh sistem AC mobil. Seluruh kotoran dan partikel yang tidak diinginkan akan dibersihkan dari kompresor dan seluruh saluran AC mobil.

Nah, flushing ini membutuhkan mesin canggih bernama mesin flushing.

Tanpa adanya mesin flushing, maka pengerjaan harus dilakukan secara manual. Bahkan harus dilakukan dengan turun seluruh komponen AC mobil. Jika dilakukan secara manual (tanpa mesin), maka kita tidak menyebutnya sebagai flushing. Dan proses manual ini akan membutuhkan waktu paling cepat 8 jam.

Kelebihan Menggunakan Mesin Flushing

flushing ac mobil

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika tanpa mesin flushing, maka bengkel membutuhkan waktu 8 jam hingga beberapa hari untuk melakukan perawatan AC mobil. Karena untuk membersihkan kompresor dan saluran AC mobil diperlukan bongkar AC. Proses bongkar dan pasang ini tentu akan memakan waktu.

Dengan menggunakan mesin flushing ini, proses bongkar pasang bisa ditiadakan. Hal ini tentu mencegah terjadinya salah pasang yang kerap terjadi. Juga mencegah terjadinya aus atau patah baut saat melakukan pembongkaran mesin.

Nah, penggunaan mesin bilas otomatis ini bukan hanya memastikan pembersihan sistem AC mobil menjadi lebih cepat. Namun juga memastikan seluruh sistem saluran AC mobil bisa dibersihkan secara tuntas dan bersih. Dengan demikian, masalah-masalah seperti adanya gram besi yang membuat mesin kompresor ngorok dapat teratasi.

Kelemahan dan Kerugian Menggunakan Mesin untuk Flushing

Walaupun menjadikan proses pengerjaan lebih mudah dan cepat, serta hasil pembersihannya relatif lebih bersih, namun masih ada hal yang perlu untuk sangat diperhatikan. Bahwa pada dasarnya tidak semua mesin mampu bekerja optimal.

Banyak sekali bengkel mobil yang menggunakan mesin flushing berteknologi “kuno” sehingga hasil pembersihannya kurang sempurna. Selain itu banyak juga bengkel mobil yang kurang merawat mesin canggih untuk perawatan AC mobil yang dimilikinya. Hal ini tentunya menyebabkan daya bilas dan sedot mesin menjadi kurang optimal.

Jadi jangan heran ketika melakukan perawatan AC mobil dengan mesin canggih, namun masalah AC mobil belum juga terselesaikan dengan sempurna. Karena memang beberapa mesin bisa bermasalah.

Cara Flushing AC di Dokter Mobil

Flushing di Dokter Mobil dilakukan menggunakan mesin berteknologi canggi dari Jerman. Mesin flushing di Dokter Mobil seluruh pengerjaannya dipantau melalui proses komputerisasi. Dengan demikian, baik input maupun output pengerjaannya memiliki standart yang sangat jelas. Jika ada komponen yang belum sesuai standart, mesin akan memberikan peringatan, atau memaksimalkan kerja sehingga standart tersebut bisa terpenuhi.

Untuk lebih memahami proses pengerjaan flushing yang biasa dilakukan di Dokter Mobil, silahkan menonton secara langsung video di bawah ini:

Demikianlah beberapa informasi yang bisa diberikan perihal flushing AC mobil yang wajib anda ketahui. Semoga informasi ini membantu anda untuk selalu mencari bengkel AC mobil yang memang berkompeten dan canggih di bengkel mobil terdekat. Senang bisa menjadi bagian dari anda yang haus akan informasi.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!