📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

Pengertian Remap ECU, Bagaimana Cara Kerjanya, dan Apakah Aman?

remap ecu
remap ecu

Pelajari tentang remap ECU, prosesnya, dan keamanannya. Temukan semua yang perlu Anda ketahui tentang peningkatan kinerja mesin mobil dengan remap ECU di sini.

Remap ECU, atau Electronic Control Unit, adalah proses penyesuaian ulang parameter dalam unit kontrol mesin kendaraan untuk meningkatkan kinerja.

Ini melibatkan mengubah software yang mengatur bagaimana mesin beroperasi, termasuk faktor seperti bahan bakar, timing pengapian, dan tekanan turbo.

Dengan memodifikasi pengaturan ini, remap ECU dapat meningkatkan tenaga, torsi, dan responsivitas mesin, serta meningkatkan efisiensi bahan bakar dalam beberapa kasus.

Bagaimana Cara Kerja Remap ECU?

Remap ECU biasanya dilakukan oleh spesialis menggunakan perangkat lunak khusus yang terhubung ke port diagnostik kendaraan.

Pertama, spesialis akan membaca data yang ada di ECU untuk memahami pengaturan mesin saat ini. Kemudian, mereka akan membuat perubahan yang sesuai berdasarkan kebutuhan dan preferensi pengguna.

Setelah modifikasi selesai, data baru ditulis kembali ke ECU, menggantikan pengaturan lama dengan yang baru. Hasilnya adalah peningkatan performa yang dapat dirasakan langsung oleh pengemudi.

Apakah Remap ECU Aman?

Remap ECU dapat aman jika dilakukan oleh profesional yang terlatih dan menggunakan peralatan yang tepat.

Pastikan untuk memilih penyedia layanan yang terpercaya dan diskusikan risiko serta keuntungan potensial sebelum membuat keputusan.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Selalu ingat bahwa modifikasi seperti ini dapat membatalkan garansi pabrik dan mempengaruhi kinerja dan daya tahan mesin dalam jangka panjang.

Remap ECU (engine control unit) atau yang mungkin lebih banyak dikenal oleh banyak pengguna mobil dengan tuning ECU (engine control unit) ini pada dasarnya merupakan sebuah proses untuk melakukan kalibrasi dari electronic control unit pada mesin mobil.

Atau bisa dikatakan sebagai proses dari melakukan setting ulang pada sistem engine control unit (ECU) yang menggunakan software tertentu untuk menyesuaikan kebutuhan.

Pada era modern seperti saat ini pun berbagai jenis dari kendaraan tentu sudah memiliki komponen mesin yang dipadukan dengan teknologi canggih misalnya seperti injeksi dan hal ini pun juga sama seperti mesin mobil konvensional karburator di mana mesin mobil yang kental dengan sistem komputerisasi ini akan dibuat menjadi lebih gesit dan tentunya lincah.

Agar hal tersebut bisa terjadi, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan setting ulang pada sistem yang menjadi otak pada mobil yaitu ECU (engine control unit)

Secara umum, ECU (engine control unit) pada mobil yang standar akan disetel oleh pabrik dengan tingkatan batas yang tertentu dan hal tersebut akan membuat performa yang dihasilkan oleh mesin mobil pun tidak akan semuanya keluar di mana biasanya tenaga mesin mobil yang keluar biasanya hanya sebesar 70% hingga 80% saja dari batasan yang telah disetel oleh pabrikan

Sebelum Anda melakukan proses tuning maka ada baiknya Anda memperhatikan secara teliti kira kira apa saja dampak setelahnya.

Mengenal Apa Itu Remap ECU (Engine Control Unit)

remap ecu

ECU (engine control unit) merupakan sebuah komponen mesin yang akan bekerja untuk mengatur sekaligus melakukan kontrol pada mesin mobil dan untuk masing masing pabrikan biasanya sudah memiliki setelan mereka masing masing sehingga busa dikatakan jika ECU ini akan menjadi pusat dari pengaturan seluruh kegiatan yang terjadi di dalam mobil. Secara sederhana, ECU (engine control unit) ini memiliki fungsi yang sama dengan CPU (central processor unit) yang menjadi otak dari komputer.

ECU (engine control unit) akan menerima keseluruhan data maupun informasi dari sistem mobil seperti berapa banyak bensin yang dibutuhkan oleh mesin mobil, sistem pendinginan mesin mobil, udara yang dibutuhkan oleh mesin, hingga bagaimana karakter berkendara dari sang pengemudi.

Tujuan dari melakukan remap ECU (engine control unit) ini adalah untuk melakukan perubahan pengaturan lada beberapa komponen parameter di mana komponen tersebut terkait dengan mesin atau lebih biasa dikenal oleh kebanyakan para pengendara dengan istilah tuning. Perubahan yang terjadi akibat remap ini dilakukan agar mesin dari mobil kesayangan Anda performanya bisa lebih meningkat dari versi yang standar.

Cara Untuk Melakukan Remap ECU (Engine Control Unit) pada Mobil

remap ecu

Kebanyakan pengendara mungkin masih belum paham bagaimana cara untuk melakukan remap ECU (engine control unit) dan apakah proses dari remap tersebut bisa Anda lakukan sendiri di rumah?

Jawabannya adalah tidak. Jika Anda ingin melakukan remap ECU maka solusi terbaik adalah dengan mendatangi bengkel mobil terpercaya yang sudah memiliki tenaga kerja teknisi yang sudah ahli dab berpengalaman karena proses dari remap ini tidak boleh dilakukan sembarangan. Jika Anda ingin melakukan proses remap engine control unit ini maka Anda wajib untuk mengetahui batasan dari setiap mobil milik Anda mulai dari bahan bakar, pengapian, boost controller, speed limiter, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Fungsi Remap Mobil Yang Perlu Anda Ketahui

Akan tetapi, jika Anda ingin melakukan proses dari remap tetapi masih belum mengetahui batasan batasan dari mesin mobil Anda maka besar kemungkinan akan membuat mesin mobil Anda menjadi jebol. Oleh karena itu, untuk mengantisipasi hal tersebut ada baiknya jika proses dari remap harus dilakukan dengan baik dan benar sekaligus terukur sehingga kebanyakan dari pemilik kendaraan yang ingin melakukan proses remap akan lebih disarankan untuk membawa kendaraan mereka ke bengkel mobil yang sudah berpengalaman.

DOMO Remap di Dokter Mobil adalah tempat remap ECU mobil yang banyak direkomendasikan jika Anda ingin meningkatkan performa mobil, mulai dari tarikan tenaga hingga konsumi bahan bakar agar lebih irit. Bukan hanya mampu meningkatkan performa mobil agar lebih prima, proses remap di Dokter Mobil juga tak akan menghilangkan garansi pabrikan mobil karena software yang digunakan saat proses remap merupakan lisensi asli dari ALIENTECH ITALIA.

Jika seringkali remap di bengkel-bengkel lain turut menghilangkan software standar dari pabrikan mobil, hal tersebut tak akan Anda jumpai saat melakukan proses remap di Dokter Mobil. Seluruh software standar mobil akan disimpan di database saat melakukan proses remap, sehingga Anda tak perlu khawatir jika sewaktu-waktu memerlukan software standar pabrikan tersebut.

Gambaran Dari Melakukan Remap ECU (Engine Control Unit)

Anda masih belum memahami proses dari remap ECU (engine control unit) ini maka Anda bisa melihat gambaran yang akan kami berikan.

Sebagai sebuah contoh, mobil toyota Kijang Innova yang memiliki mesin diesel dengan kode 2KD-FTV yang memiliki kapasitas mesin yakni 2.500 cc dan memiliki empat silinder dengan tenaga bawaan dibawah angka 104 hp. Ketika melewati proses remap ini ternyata mesin mobil dari kijang toyota mampu untuk menghasilkan tenga hingga 120 ho atau mengalami kenaikan sebanyak 60 hp di mana tenaga sehabis Anda melakukan remap ECU (engine control unit) ini jauh lebih besar jika dibandingkan dengan setelah yang mana hanya 120 hp saja.

Tidak hanya itu saja karena konsumsi dari bahan bakar yang lebih besar dari mobil kijang innova tersebut pun juga nyatanyanya bisa meningkatkan konsumsi bahan bakar pada angka 1:13 yang dimiliki oleh Kijang Innova di mana setelah melakukan remap ECU akan membuat konsumsi lebih baik yaitu 1:15.

Kelebihan Melakukan Remap ECU (Engine Control Unit)

Jika Anda masih bingung ingin melakukan proses remap ecu atau tidak maka Anda bisa melihat apa saja yang bisa dihasilkan ketika melakukan proses remap engine control unit pada mobil, antara lain:

  • Membuat Tenaga Mobil Bisa Lebih Terdongkrak

Ketika ECU (engine control unit) sudah melewati proses remap maka tenaga yang akan dihasilkan oleh mesin mobil pasti mengalami peningkatan. Kenaikan mesin ini pun sangat lah bervariasi mulai dari 10 hingga 30% tergantung dengan bagaimana proses dari remap ini dilakukan.

Karena proses dari remap engine control unit ini membuat putaran dari mesin torsi pada putaran bawah akan lebih optimal jika dibandingkan pada saat Anda belum melakukan proses remap engine control unit. Dengan begitu, proses dari effort yang perlu dikeluarkan oleh mesin untuk menggerakkan body mobil akan lebih sedikit. Oleh karena itu, jika mobil sudah melewati proses remap biasanya torsi mesin bawah mobil akan cenderung lebih besar dan bagi Anda yang menyukai torsi besar maka hal ini akan sangat cocok untuk Anda.

Kedepannya mobil kesayangan Anda akan lebih mudah dalam melewati berbagai kondisi medan jalan karena adanya lonjakan yang besar dibandingkan sebelumnya.

  • Membuat Bahan Bakar Kendaraan Jauh Lebih Irit

Seperti yang sudah kami jelaskan bahwa konsumsi bahan bakar mobil setelah dilakukan remap ecu ini akan jauh lebih irit dan hal tersebut menjadi salah satu kelebihan dari proses remap yang Anda lakukan pada mobil kesayangan Anda.

Kebanyakan orang menduga jika konsumsi bahan bakar yang jauh lebih irit ini terjadi karena adanya kenaikan dari tenaga serta torsi mobil yang lebih besar sehingga akan cukup terasa. Hal tersebut pun akan memberikan efek kepada para pengendara agar tidak perlu lagi menginjak pedal gas mobil dalan dalam agar bisa mendapat kecepatan mobil yang ideal.

Pengaruh Remap ECU pada Umur Mesin Mobil

1. Dampak pada Umur Mesin

Proses remap ECU dapat mempengaruhi umur mesin mobil dalam jangka panjang, baik secara positif maupun negatif.

Efek positif:

  • Peningkatan efisiensi bahan bakar: Remap ECU yang tepat dapat mengoptimalkan pembakaran, sehingga konsumsi bahan bakar lebih hemat.
  • Peningkatan performa: Mesin yang lebih responsif dan bertenaga dapat mengurangi stres pada mesin saat berkendara.

Efek negatif:

  • Kenaikan temperatur mesin: Jika remap ECU tidak dilakukan dengan tepat, temperatur mesin bisa meningkat dan berakibat fatal.
  • Keausan komponen: Peningkatan tenaga dan torsi dapat mempercepat keausan komponen mesin, seperti piston, ring, dan bearing.

Faktor yang menentukan:

  • Kualitas remap: Remap ECU yang dilakukan oleh tuner profesional dan berpengalaman akan lebih aman dan minim risiko.
  • Kondisi mesin: Mesin yang terawat dengan baik akan lebih tahan terhadap efek remap ECU.
  • Tipe dan model mobil: Mobil dengan mesin yang dirancang untuk performa tinggi umumnya lebih aman untuk di-remap.

Kesimpulan:

Remap ECU dapat memperpanjang umur mesin jika dilakukan dengan tepat dan profesional. Namun, jika tidak dilakukan dengan benar, remap ECU dapat memperpendek umur mesin.

2. Batasan Remap ECU

Tidak semua mobil dapat melakukan remap ECU. Berikut beberapa batasannya:

  • Jenis ECU: Beberapa jenis ECU tidak dapat di-remap, seperti ECU yang terkunci atau memiliki sistem keamanan yang kompleks.
  • Model mobil: Mobil yang terlalu tua atau memiliki teknologi ECU yang sederhana mungkin tidak kompatibel dengan remap ECU.
  • Ketersediaan tuner: Tidak semua bengkel atau tuner memiliki kemampuan dan pengalaman untuk melakukan remap ECU.

Saran:

Sebelum melakukan remap ECU, pastikan mobil Anda kompatibel dan carilah tuner yang profesional dan berpengalaman.

3. Efek Negatif Remap ECU

Selain efek positif, remap ECU juga dapat memiliki beberapa efek negatif, seperti:

  • Meningkatnya tingkat emisi: Remap ECU yang tidak tepat dapat meningkatkan emisi gas buang, terutama NOx dan CO2.
  • Ketahanan mesin berkurang: Peningkatan tenaga dan torsi dapat mempercepat keausan komponen mesin.
  • Garansi mobil hangus: Melakukan remap ECU dapat membatalkan garansi mobil Anda.

Saran:

Pastikan tuner yang Anda pilih memiliki reputasi yang baik dan dapat memberikan garansi atas pekerjaannya. Lakukan riset dan pertimbangkan semua risiko sebelum melakukan remap ECU.

Kesimpulan:

Remap ECU dapat memberikan banyak manfaat, seperti meningkatkan performa dan efisiensi bahan bakar. Namun, penting untuk memahami risiko dan batasannya sebelum melakukan remap ECU. Pastikan Anda memilih tuner yang profesional dan berpengalaman untuk meminimalkan efek negatif.

Demikianlah penjelasan kami mengenai remap ecu (engine control unit) yang nyatanya bisa meningkatkan performa mobil lebih melesat. Jika Anda tertarik, maka Anda bisa melakukan proses dari remap ecu (engine control unit) pada mobil kesayangan Anda. Akan tetapi, hal yang perlu Anda ingat adalah untuk melakukan proses ini Anda harus membawa mobil ke bengkel mobil yang tepat untuk mendapatkan proses remap yang baik, seperti di Dokter Mobil.

Pertanyaan Seputar DOMO Remap di Dokter Mobil

DOMO Remap adalah proses mengubah pengaturan standar pada ECU mobil agar potensi mobil dapat dimaksimalkan, baik dari sisi performa tarikan, tenaga, akselerasi, hingga konsumsi bahan bakar yang dibuat lebih irit.
Pada dasarnya pabrikan mobil menetapkan limit untuk performa mobil, sehingga sesungguhnya performa pada mobil tak mengeluarkan potensinya semaksimal mungkin. DOMO Remap adalah salah satu cara agar mobil dapat mengeluarkan potensinya seoptimal mungkin.
Ya, DOMO Remap bersifat permanen. Namun bukan berarti pengaturan standar pabrikan mobil akan hilang. Karena di Dokter Mobil, pengaturan standar pabrikan mobil pada softwarenya akan disimpan di database jika sewaktu-waktu penggunanya ingin kembali ke pengaturan standar.
Jika dilakukan di tempat abal-abal, remap ini seringkali menimbulkan kerusakan. Tapi lain halnya dengan Dokter Mobil. Meskipun mobil akan diupgrade agar performanya lebih optimal, kami juga tetap memperhatikan kondisi mesin yang ada sehingga mesin tak akan terbebani secara berlebihan akibat performa yang ditingkatkan.
Tidak. Karena sebetulnya hasil remap ini hanya dapat terdeteksi oleh tuner yang memang memiliki software remap khusus. Sedangkan dealer umumnya tak memiliki program ini, sehingga tentu hal ini tak akan berdampak pada masa garansi mobil Anda.

Dokter Mobil telah dipercayakan oleh ribuan mobil untuk dilakukan proses remap ecu, ditangani oleh teknisi yang ahli dan berpengalaman, serta menggunakan software berlisensi asli ALIENTECH ITALIA, sehingga Anda tak perlu khawatir saat mempercayakan peningkatan performa mobil Anda melalui remap di Dokter Mobil. Rasakan sensasi berkendara lebih cepat dan melesat hingga konsumsi bahan bakar yang hemat dengan DOMO Remap di Dokter Mobil, hubungi kontak Dokter Mobil (klik di sini) atau kunjungi langsung cabang Dokter Mobil terdekat dari lokasi Anda.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Links

👨🏻‍🔧RESERVASI SERVICE AC MOBIL

https://www.doktermobil.com/tanya-ac-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI TUNE UP JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-tune-up/

👨🏻‍🔧RESERVASI GANTI OLI 9CIRCLE

https://www.doktermobil.com/tanya-oli-mobil/

👨🏻‍🔧RESERVASI MATIC JET CLEAN

https://www.doktermobil.com/tanya-matic-jet-clean/