📢 SELAMAT!! Kamu dapat promo service special di Dokter Mobil! Ambil promo-nya dengan cara klik di sinil Klik Disini   📢 Nantikan Promo Special Bulan Ini Untuk Domo Lovers, Lihat Promo Dengan Cara Klik Tombol Klik Disini   ⏩ Cek Juga Youtube Dokter Mobil Untuk Informasi Seputar Otomotif Klik Disini
bengkel mobil terdekat

6 Penyebab Filter Bensin Mobil Kotor, Gara-gara Salah Isi Bensin?

Penyebab Filter Bensin Mobil Kotor

Filter bensin mobil memainkan peran yang sangat penting dalam menjaga performa kendaraan yang optimal. Filter ini bertugas menyaring kotoran dan partikel-partikel kecil yang dapat merusak mesin dan sistem bahan bakar mobil.

Namun, terkadang sering muncul masalah filter bensin mobil kotor dan tersumbat, menghambat aliran bensin yang bersih ke mesin. Agar lebih paham, mari simak informasi seputar penyebab filter bensin mobil kotor berikut ini!

Penyebab Filter Bensin Mobil Kotor

Karena filter bensin mobil kotor ini bisa terjadi karena beberapa faktor, berikut ini penyebab filter bensin mobil kotor, serta memberikan wawasan yang berguna tentang cara mencegah dan mengatasi masalah ini. Mari disimak!

  1. Kualitas Bensin Rendah

Salah satu penyebab filter bensin mobil kotor adalah kualitas bensin yang rendah. Bensin yang tidak berkualitas baik mengandung lebih banyak kotoran dan kontaminan seperti pasir, debu, air, dan kerak.

Ketika bensin dengan kualitas rendah masuk ke dalam sistem bahan bakar, partikel-partikel ini dapat mengendap dan mengotori filter bensin.

Oleh karena itu, sangat penting untuk memilih bensin yang memiliki standar kualitas tinggi.

Hindarilah mengisi bensin di tempat-tempat yang tidak terpercaya atau yang memiliki reputasi buruk. Pilihlah stasiun pengisian bahan bakar yang terkenal akan kualitas bensinnya.

  1. Penumpukan Kerak di Tangki Bahan Bakar

Tangki bahan bakar mobil terkadang dapat mengumpulkan kerak, terutama jika mobil jarang digunakan atau jika bensin yang digunakan mengandung aditif yang kurang efektif.

Kerak adalah endapan yang terbentuk dari bahan kimia yang ada dalam bensin dan dapat mengeras seiring waktu, menjadi penyebab filter bensin mobil kotor.

Reservasi Sekarang

Halo Domo Lovers 👋, reservasi sekarang juga untuk mendapatkan promo menarik dari kami,
cs kami akan membalas secepat mungkin ❤️

Jika terdapat penumpukan kerak di dalam tangki bahan bakar, kemungkinan besar partikel-partikel kerak ini akan tersaring oleh filter bensin, menyebabkannya menjadi kotor dan tersumbat.

Untuk mencegah hal ini, sangat penting untuk menjaga kebersihan tangki bahan bakar dengan rutin membersihkannya.

Selain itu, menggunakan bensin berkualitas tinggi yang mengandung aditif pembersih juga dapat membantu mengurangi pembentukan kerak di dalam tangki bahan bakar.

  1. Debu dan Kotoran dari Lingkungan

Lingkungan tempat kendaraan digunakan juga dapat menjadi penyebab filter bensin mobil kotor, dan masuk ke dalam sistem bahan bakar.

Debu, kotoran jalan, dan partikel-partikel lainnya dapat masuk melalui lubang pengisian bahan bakar atau melalui sistem ventilasi udara.

Jika partikel-partikel ini tidak tertangkap oleh filter udara, mereka dapat terbawa bersama aliran bensin dan menjadi penyebab filter bensin mobil kotor.

Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga kebersihan lingkungan sekitar kendaraan Anda. Pastikan area tempat pengisian bahan bakar tetap bersih dan hindari paparan debu yang berlebihan.

Selain itu, perawatan rutin pada sistem filter udara juga diperlukan untuk mencegah partikel-partikel tersebut masuk ke dalam sistem bahan bakar.

  1. Umur Filter Bensin yang Lama

Filter bensin tidak akan bertahan selamanya. Seiring waktu, filter bensin mobil kotor dan partikel yang disaring dari bahan bakar.

Akumulasi ini dapat menjadi penyebab filter bensin mobil kotor dan tersumbat, mengurangi kemampuannya untuk menyaring bahan bakar secara efektif.

Penggunaan filter bensin yang sudah tua dan aus juga dapat mengurangi efektivitas penyaringan, mempengaruhi aliran bensin yang bersih ke mesin.

Untuk cegah penyebab filter bensin mobil kotor ini, penting untuk secara teratur memeriksa dan mengganti filter bensin sesuai dengan rekomendasi produsen mobil Anda.

Biasanya, filter bensin perlu diganti setiap 20.000 hingga 40.000 kilometer tergantung pada kondisi penggunaan dan lingkungan operasional.

  1. Kandungan Air dalam Bensin

Air adalah musuh utama dalam sistem bahan bakar mobil. Ketika bensin mengandung kadar air yang tinggi, terutama jika terjadi kondensasi di dalam tangki bahan bakar, air ini dapat mencemari filter bensin.

Air tidak hanya dapat menyebabkan korosi pada komponen sistem bahan bakar, tetapi juga dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri dan jamur yang dapat menjadi penyebab filter bensin mobil kotor.

Agar filter bensin tetap bersih, pastikan tangki bahan bakar tetap terjaga kebersihannya dan hindari penggunaan bensin yang mengandung air, sebagai penyebab filter bensin mobil kotor.

Jika Anda mencurigai adanya air dalam sistem bahan bakar, ada alat yang dapat membantu Anda memeriksa kadar air dalam bensin sebelum mengisi tangki.

Baca Juga: Bensin Kecampur Air: Penyebab, Efek Buruk, hingga Solusi

  1. Kualitas Rendah pada Sistem Filter Bensin

Terkadang, filter bensin yang dipasang pada mobil Anda bisa jadi memiliki kualitas yang rendah.

Filter bensin yang kurang berkualitas mungkin tidak mampu menyaring partikel-partikel kecil dengan efektif, atau bahkan dapat menjadi lebih cepat tersumbat sehingga menjadi penyebab filter bensin mobil kotor.

Oleh karena itu, penting untuk memilih filter bensin yang berkualitas baik dan diproduksi oleh produsen yang terpercaya untuk cegah penyebab filter bensin mobil kotor.

Lakukan riset sebelum membeli filter bensin, perhatikan merek dan ulasan pengguna lainnya untuk memastikan Anda mendapatkan produk yang dapat bekerja dengan baik dan mempertahankan kebersihan sistem bahan bakar.

Tindakan Pencegahan yang Perlu Dilakukan

Selain mengetahui penyebab filter bensin mobil yang kotor, ada beberapa tindakan pencegahan yang dapat Anda ambil untuk menjaga filter bensin tetap bersih dan menghindari masalah yang mungkin timbul:

  • Gunakan bensin berkualitas tinggi dari stasiun pengisian bahan bakar yang terpercaya.
  • Pastikan tangki bahan bakar tetap bersih dan hindari penggunaan bensin yang mengandung air.
  • Periksa dan ganti filter bensin secara teratur sesuai dengan rekomendasi produsen mobil.
  • Jaga kebersihan lingkungan sekitar kendaraan, hindari paparan debu dan kotoran yang berlebihan.
  • Lakukan perawatan rutin pada sistem filter udara untuk mencegah partikel-partikel masuk ke dalam sistem bahan bakar.

Penting untuk selalu mengganti filter bensin mobil yang kotor, karena filter yang tidak bersih jelas tidak akan memberikan kinerja yang optimal.

Filter yang kotor dapat menghambat aliran bensin yang bersih ke mesin, menyebabkan performa mobil terganggu.

Untuk menjaga agar mobil berjalan dengan baik, pastikan untuk secara teratur memeriksa filter bensin dan menggantinya ketika sudah kotor.

Hubungi Bengkel Dokter Mobil Sekarang!

Halo Domo Lovers 👋, reservasi ke bengkel Kami sekarang juga dan dapatkan promo menarik dari kami, cs kami akan membalas secepat mungkin


Hubungi CS Sekarang

Ditinjau oleh team teknisi

Penulis Sejak Sept 2021

Dokter Mobil | Bengkel Mobil Terdekat - Spesialis Upgrade Performance - Logo

Artikel Lainnya

manfaat oli kompresor ac mobil

Manfaat Oli Kompresor AC Mobil

Ketika musim panas tiba, udara sejuk dari AC mobil menjadi penyelamat bagi perjalanan yang nyaman. Tapi tahukah Kamu bahwa di balik kemampuan ini ada komponen

Links

‼️ FREE GENERAL CHECK UP ‼️

Saya mau ambil promo free general checkup!