New Year 2022 Countdown

Days
Hours
Minutes
Idle Up yang Kerap Menyebabkan Mesin Mobil Bergetar saat AC Dinyalakan Jika Rusak

Faktor Penyebab Mesin Mobil Bergetar saat AC Dinyalakan

Gejala mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan jadi tanda adanya kerusakan sistem idle up. Biasanya terjadi ketika RPM terlalu rendah. Ciri dari masalah ini adalah mesin mobil bergetar saat berjalan dengan AC yang menyala. Namun ketika AC dimatikan, maka mesin berhenti bergetar.

Masalah ini perlu untuk segera diatasi.

Untuk mengatasi masalah ini biasanya pemilik mobil akan langsung mematikan AC mobil. Namun tentunya solusi ini tidak efektif karena artinya anda harus membawa mobil dalam kondisi kabin yang panas dan pengap.

Penyebab Utama Mesin Mobil Bergetar saat AC Dinyalakan

mesin mobil bergetar saat ac dinyalakan

Mesin mobil yang bergetar disebabkan oleh beberapa penyebab. Bukan hanya disebabkan oleh masalah di idle up. Oleh sebab itu, pengecekan secara menyeluruh perlu dilakukan.

Berikut ini adalah beberapa masalah di idle up yang menyebabkan mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan, di antaranya adalah:

Masalah yang Biasa Terjadi pada Sistem Idle Up

Kerusakan pada sistem sensor dan aktuator menyebabkan idle up tidak dapat bekerja dengan benar. Ciri dari kerusakan idle up adalah mesin mobil bergetar dan AC mobil menjadi kurang dingin.

Mengapa masalah di idle up ini bisa menyebabkan mesin mobil bergetar?

Ketika AC mobil menyala, maka beban mobil akan bertambah. Khususnya beban untuk memutar kompresor AC mobil. Ketika idle up bermasalah maka beban mesin bertambah khususnya ketika berada di RPM rendah. Hal ini menyebabkan kerja mesin menjadi tidak optimal dan mempengaruhi kinerja kompresor AC sehingga AC mobil menjadi kurang dingin.

Solusi Mengatasi Masalah di Idle Up

Ketika mesin bergetar saat AC mobil dinyalakan cobalah matikan AC mobilnya. Jika masalah getar di mesin hilang maka 80 persen ada kendala pada sistem idle up.

Masalah idle up ini biasa dialami mobil yang berusia di atas 5 tahun, khususnya pada mobil keluaran Jepang.

Lihat Juga: Penyebab Mobil Avanza Ndut Ndutan saat RPM Rendah

Untuk mengatasi masalah mesin mobil bergetar saat ac dinyalakan cobalah cek sistem sensor dan aktuator. Biasanya dengan melakukan penggantian sistem sensor dan aktuator masalah AC mobil akan langsung beres.

Penyebab Lain yang Menyebabkan Mesin Mobil Bergetar

mesin mobil bergetar saat ac dinyalakan

Beda mobil bisa jadi beda juga penyebab gejala mesin mobil bergetar ketika AC mobil dinyalakan. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengecek seluruh komponen mobil untuk menemukan detail penyebab masalah secara lengkap.

Adapun beberapa sumber masalah mesin bergetar akibat AC menyala di antaranya adalah:

  • Mesin Mobil Kebanyakan Freon

    Mesin mobil bergetar saat ac dinyalakan, Ketika freon mobil kurang atau habis maka AC mobil menjadi kurang atau bahkan tidak dingin. Namun ketika anda mengisi freon terlalu banyak maka kompresor dapat bergetar. Getaran kompresor inilah yang terasa sehingga menyebabkan mesin yang terasa bergetar.

  • Sistem AC Mobil Buntu

    Mesin mobil bergetar saat ac dinyalakan  juga bisa terjadi karena sistem AC mobil buntu. Kasus saluran AC mobil yang buntu ini biasa disebabkan oleh adanya frosting pada saluran AC mobil. Frosting adalah pembekuan freon yang menyebabkan aliran freon terhambat. Selain itu, buntunya sistem AC mobil juga terjadi karena.

  • Kerusakan Pulley AC Mobil

    Bearing atau pulley ketika rusak akan menyebabkan putaran kompresor menjadi sendat-sendat. Sendat-sendat di kompresor ini menyebabkan munculnya gejala getaran. Jika masalah kerusakan pulley ini dibiarkan maka lakher timing belt akan mengalami gancet atau rusak.

Demikianlah beberapa hal yang menyebabkan mesin mobil bergetar saat AC dinyalakan dan menyebabkan kenyamanan perjalanan anda menjadi terganggu. Masalah ini memerlukan penganan profesional walaupun sebenarnya anda bisa mencoba untuk memperbaiki sendiri. Namun sangat disarankan untuk menggunakan jasa teknisi profesional untuk memastikan masalah ini benar-benar dapat diselesaikan dengan tuntas.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 4213

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tags :

2 Responses

  1. Halo,

    Saya mau tanya seputar ac.
    Mobil saya kalo ac nyala, kondisi mobil berhenti atau rpm idle, saat kompresor aktif terasa ada getaran sekitar 1 detik. Seperti brebet atau rpm yabg terlalu rendah, tapi bilq ac mati, tidak ada getaran itu.
    Saya cek dengan obd untuk baca rpm, saat terjadi getaran (kompresor aktif) rpm mesin berada di kisaran 600 sampe 700 dan tidak ada drop rpm dibawah 600.
    Mobil saya honda freed.

    Kira-kira apa ya penyebabnya dan estimaai biaya perbaikannya.

    Terima kasih

    1. hallo kak Ardyan untuk perihal mobil kk ada beberapa kendala ya kak, dan alangkah baiknya bisa langsung cek di doktermobil ya kak, dan kami masih ada free Pengerjaan loh kak tanpa biaya apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Latest Posts

Apa Pengertian Tune up, Manfaat, & Kriteria Bengkel Yang Tepat!
Komponen Kaki Kaki Mobil Dan tips Merawatnya!
Tips Dan Cara Merawat Kompresor AC Mobil Agar Awet!
Cara Merawat Ac Mobil Sesuai Rekomendasi Bengkel Mobil Spesialis!
Tips Merawat Mobil di Rumah Tanpa Harus ke Bengkel!